Alasan Kenapa Orang Suka Cerita Horor

Alasan Kenapa Orang Suka Cerita Horor

. 6 min read

Mau dalam bentuk apapun, semua konten yang berbau horor pasti disenangi masyarakat. Nggak usah heran kenapa orang-orang rela bayar nonton film horor di bioskop, sampai bikin film-film itu jadi box office. Seperti film A Quiet Place dan The Conjuring yang baru tayang kemarin di bioskop dan masih di masa pandemi. Masyarakat tetap datang ke bioskop untuk menikmati sensasi ketegangannya.

Bukan cuma film, buku-buku horor di Gramedia.com juga banyak yang sering jadi best seller. Awal tahun ini buku Wingit dari Sara Wijayanto dan Kisah Tanah Jawa: Tikungan Maut, sukses diserbu habis oleh Grameds.

Padahal ya, dengan kita mendengar cerita horor, perasaan rasanya jadi dagdigdug, bulu kuduk merinding, dan bikin diri sendiri ketakutan. Tapi kenapa ya orang-orang malah tetap menikmati sajian horor ini? Nah, berikut beberapa alasannya yang sudah Admin rangkum dari berbagai sumber.

Alasan Kenapa Orang Senang Cerita Horor

Memicu Adrenalin

Hal-hal yang berbau horor pasti selalu diwarnai jump scare dan kemunculan adegan-adegan yang mencekam sekaligus tak terduga. Bagian ini nih yang malah dicari sama pecinta horor dan bikin ketagihan sama ceritanya.

alasan
Sumber foto: Shutterstock

Emosi yang dimainkan bisa membuat kita berteriak saat jump scare tiba. Teriakan ini yang justru membuat lega dan bisa melepas beban yang dimiliki. Luapan emosi tersebut juga membuat kita masuk ke dalam fase ternyaman untuk melepas penat.

Mengontrol Kecemasan

Pasti pernah kan taruhan berani-beranian nonton film horor atau uji nyali siapa yang teriakannya paling kenceng karena ketakutan? Biar kita nggak kalah, makanya kita mencoba untuk mengontrol kecemasan kita sendiri.

alasan
Sumber foto: Shutterstock

Dikutip dari IDNTimes (2020), Soren Birkvad pada laman Science Nordic mengatakan bahwa film horor adalah terapi untuk menghadapi kecemasan kita sendiri. Dengan menikmati cerita horor kita bisa mengontrol rasa takut dan kecemasan, karena merasa bahwa itu semua terjadi dalam dunia cerita saja, bukan di dunia nyata.

Menimbulkan Kesenangan

Seperti yang sudah disampaikan di atas, adanya dorongan adrenalin itu malah dinikmati, karena kita merasa takut sekaligus aman pada saat yang bersamaan. Setelah berhasil menyelesaikan cerita horor itu, rasanya tingkat keberanian dan kepercayaan diri meningkat.

Mendengar cerita horor memang memiliki sensasi tersendiri. Menurut Margee Kerr, seorang staf sosiolog di Scare House, Amerika, kesukaan orang terhadap hiburan horor muncul karena proses kimiawi dalam otak manusia (Tirto, 2019).

alasan
Sumber foto: iStockphotos

Professor dari Purdue University, Glenn Sparks, juga mengatakan bahwa pada saat mendengar, melihat, atau membaca cerita horor, dari ketakutan, detak jantung berdetak lebih cepat, tekanan darah dan pernapasan meningkat, nah sensasi itu akan bertahan sampai film usai dan memengaruhi emosi setelahnya (Tirto, 2019). Rasanya jadi bukan takut lagi, tapi malah jadi teringat betapa serunya cerita horor tersebut, dan merasa bangga telah berhasil menyelesaikan ceritanya. Apalagi jika kita menikmatinya bersama teman-teman.

Dikutip dari laman Flavorwire (2020), menonton film horor terbukti membuat tubuh mengeluarkan hormon endorfin, adrenalin, dopamin, serotonin, dan oksitosin, yang menghadirkan gairah menyenangkan, bersemangat, dan merasa sukacita setelah menyelesaikan cerita horor.

Well, cerita horor memang seru banget untuk dinikmati. Tapi ngomong-ngomong kamu berani uji nyali nggak untuk baca buku-buku horor? Dijamin nggak kalah menegangkan dan pasti seru banget buat baca sendirian di kamar pas malam hari, hihihi...


Baca juga: Dibalik Seramnya Cerita Horor, Ada Manfaat bagi Kita yang Membacanya


Rekomendasi Buku Horor Best Seller

Wingit

BukuBeli Sekarang!

Bukan cuma channel YouTubenya aja yang ramai ditonton banyak orang. Novel dari Sara Wijayanto juga sempat jadi best seller di awal tahun 2021. Buku pertamanya ini menceritakan tentang 7 hantu yang pernah ia dan beserta timnya temukan, selama perjalanannya dalam menekuni dunia supranatural. Kisahnya diceritakan dalam novel Wingit berdasarkan komunikasinya bersama hantu-hantu tersebut.

Kisah Tanah Jawa: Tikungan Maut

KisahBeli Sekarang!

Sama seperti Wingit, cerita-cerita dari penelusuran tim Kisah Tanah Jawa mencari sejarah dan kisah kelam dari setiap daerah yang ada di pulau Jawa benar-benar menarik perhatian banyak orang. Buku terbarunya kali ini bercerita tentang kengerian kecelakaan bus study tour di tikungan maut Paiton, Jawa Timur, yang benar terjadi pada tahun 2003 silam.

Confessions

Bercerita tentang Moriguchi Yuko yang merupakan guru SMP dan anaknya ditemukan meninggal saat berusia 4 tahun. Semua orang mengira itu cuma kecelakaan nahas, tapi Moriguchi yakin anaknya dibunuh oleh dua dari anak didiknya. Ia tidak akan membiarkan anak-anak itu bebas dan ia ingin membalas dendam. Tapi balas dendam tersebut hanyalah awal dari sebuah mimpi.

BukuBeli Sekarang!

Cerita horor dari Jepang ini bisa bikin kamu kaget setelah menyelesaikannya. Setiap bab benar-benar bikin berdebar! Di mana lebih menonjolkan sisi psychological thriller dan cerita ini memperlihatkan sisi gelap sifat manusia.

Psychic Detective Yakumo – Secret Files – Bond

Yakumo Saitou, anak SMP yang dirumorkan bisa melihat hantu. Karena hal tersebut, ia dikucilkan oleh teman-teman sekelasnya. Sang guru bernama Akemi, mengkhawatirkan Yakumo yang matanya terlihat kesepian dan tidak mengizinkan orang lain untuk mendekatinya.

PsychicBeli Sekarang!

Sampai suatu ketika sebuah kasus dan tragedi yang mengerikan sedang membayangi mereka. Masa kecil Yakumo yang mengejutkan dan dipenuhi misteri akhirnya terungkap! Saat hal itu terjadi, apa yang akan dilakukan Yakumo?

Goosebumps: Si Boneka Hidup Beraksi (Night of The Living Dummy)

Semua pasti tahu kalau seri buku Goosebumps selalu seru untuk diikuti dan nggak kalah bikin deg-degan! Nah, kali ini bercerita tentang boneka yang bisa bergerak. Hal ini berawal dari saudara kembar Kris yang baru saja mendapatkan boneka ventrilokuis.

goosebumpsBeli Sekarang!

Boneka tersebut mencuri perhatian semua orang, dari teman-teman, orang tua mereka dan tetangga lainnya. Karena hal tersebut, Kris merasa tersisih dan kesal karena dirinya diacuhkan. Jadi, dia mencari boneka lain supaya dapat bersaing dengan saudaranya. Tapi dua boneka rupanya menimbulkan masalah… apalagi ketika hal-hal seram mulai terjadi!

Aksara Berdarah

Jangan tertipu dengan sampulnya yang biasa saja, cerita di dalamnya bisa membuat bulu kuduk berdiri. Berlatar di sekolah Wiyata Guna yang terkenal sebagai salah satu sekolah favorit dengan sederet prestasi gemilang. Tidak ada yang aneh dari sekolah tersebut, hingga tragedi mengerikan satu demi satu muncul dan menjadi teror bagi warga sekolah.

aksaraBeli Sekarang!

Farel meninggal secara misterius, lalu terjadi juga kecelakaan mobil antar-jemput, hingga salah seorang siswa terjatuh saat kegiatan luar kelas. Resty yang merupakan guru baru, dan Miko si sopir mobil antar-jemput, selalu mendapat kode-kode sebelum tragedi itu terjadi. Sebuah tulisan merah darah yang mereka temukan di jendela kelas, kaca mobil, atau secarik surat tanpa nama pengirim, seperti pesan misterius dari makhluk tak kasat mata.

Resty dan Miko lantas mencoba mencari siapa di balik teror berdarah ini. Benarkah makhluk gaib atau orang-orang yang sengaja menebar fitnah demi memperburuk citra sekolah?

Lewat Tengah Malam – Ganjil

lewatBeli Sekarang!

Kumpulan cerita pendek dari Sweta Kartika ini sepertinya bisa kamu icip satu persatu setiap malam. Walaupun pendek, tapi kisahnya mencekam dan menyeramkan, apalagi ada yang berasal dari kisah nyata. Ditambah gambar-gambar yang mendukung kisah-kisah tersebut, akan semakin memacu adrenalinmu!

Permainan Hantu-Hantu (A Game of Ghosts)

Musim dingin kelam dan kegelapan tak berujung dalam novel thriller berikut. Detektif swasta bernama Jaycob Eklund menghilang, dan Charlie Parker ditugaskan melacak jejaknya. Atasan Parker, agen FBI bernama Edgar Ross, mempunyai alasan sendiri, mengapa dia ingin Eklund ditemukan.

permainanBeli Sekarang!

Eklund bukan detektif biasa. Dia sangat terobsesi melacak serangkaian pembunuhan dan orang-orang hilang yang terkait dengan laporan kemunculan hantu-hantu. Sekarang Parker akan ditarik masuk ke dalam dunia Eklund, di mana manusia tawar-menawar dengan malaikat, dan mereka yang bersalah maupun tak bersalah sama-sama menjadi budak dalam permainan hantu-hantu.

Nah, itu dia beberapa novel horor rekomendasi dari Admin. Kalau kamu mau hunting novel horor lainnya, kamu bisa cek semua koleksinya di Gramedia.com.

Selamat membaca!


Sumber foto header: thecarousel.com