Dengan 5 Aplikasi Ini Kamu Bisa Menjadi Seorang Penulis!

Dengan 5 Aplikasi Ini Kamu Bisa Menjadi Seorang Penulis!

. 3 min read

5 Aplikasi Menulis - Di zaman modern sekarang ini semuanya serba instan dan serba online. Mulai dari belanja buku, hingga menulis bisa kita lakukan secara online. Menulis online bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital berupa gadget dan aplikasi.

Jadi kalau kamu suka menulis tidak perlu ribet lagi jika ingin menyimpan naskah hasil karya kalian. Karena cukup download aplikasi untuk menulis dalam gadget, kamu pun sudah langsung bisa menulis di mana pun dan kapan pun Grameds berada!

Bagi yang tidak tahu aplikasi apa saja yang dapat membantu dan memudahkan kamu untuk menjadi penulis. Gramedia.com punya rekomendasinya nih.

1. Wattpad

WATTPAD

Wattpad adalah aplikasi untuk membaca ataupun mengirimkan karya tulisan dalam bentuk artikel, cerita pendek, novel, puisi, atau sejenisnya. Wattpad diluncurkan pada tahun 2006 oleh Allen Lau dan Ivan Yuen.

Aplikasi menulis ini sudah tidak asing dan cukup populer. Dari Wattpad kini banyak sekali penulis yang dapat menerbitkan bukunya secara fisik dan tidak sedikit pula yang berhasil menjadi best seller.

Sebut saja Almira Bastari dan Valerie Patkar yang sama-sama berangkat dari Wattpad hingga kini menjadi penulis buku best seller. Almira telah menerbitkan Resign! sementara Valerie sukses dengan Claires.

Hingga saat ini Wattpad memiliki 100 juta cerita yang bisa dibaca secara online.  Untuk membuat akun, kamu cukup registrasi dengan menghubungkan akunmu dengan Facebook atau Google+, kemudian ikuti petunjuk yang tersedia. Agar lebih mudah diakses, kini aplikasi wattpad sudah tersedia di Android dan iOS.

2. Storial.co

STORIAL.CO

Storial.co merupakan situs menulis online di Indonesia, yang dibuat dengan tujuan melahirkan banyak penulis baru. Baru beberapa bulan diluncurkan, Storial.co sudah memiliki lebih dari 500 judul cerita.

Aplikasi ini juga memiliki komunitas menulis. Jadi bagi kamu yang bingung mencari inspirasi, ingin berdiskusi dengan sesama penulis, atau memiliki pertanyaan seputar kegiatan menulis, kamu dapat bergabung dalam komunitas di Storial.co ini.

Tampilan Storial.com memiliki desain yang modern dan cantik yang menjadi kelebihan tersendiri bagi aplikasi ini. Selain itu terdapat pula fitur khusus yang bisa menghubungkan langsung penulis dengan para pembacanya.


Baca juga: 7 Tips Ampuh Agar Tetap Produktif Menulis


3. JotterPad

JOTTERPAD

JotterPad sangat cocok digunakan untuk para penulis yang ingin menulis novel, puisi, lirik lagu, hingga artikel. Format tulisan yang dapat dibuat di JotterPad memiliki banyak pilihan. Mulai dari txt, pdf, markdown, hingga docx.

Aplikasi ini juga memiliki desain yang user-friendly, sehingga mudah untuk digunakan di mana saja dan kapan saja.

Font tulisan yang ada di Jotterpad memiliki banyak pilihan dan enak dibaca. Kamu pun dapat merasakan sensasi membaca secara online layaknya membaca dari buku fisiknya.

4. Penana

PENANA

Aplikasi ini tergolong baru di antara aplikasi lainnya. Selain menyediakan fitur-fitur menulis, Penana juga menyediakan fitur yang cukup unik yang jarang dimiliki aplikasi menulis lainnya yaitu, fitur lomba menulis rutin yang disebut NaNoWrimo.

Cara menggunakan aplikasi Penana sangat mudah, cukup mengunduh aplikasi Penana, buat akunnya, dan Penana langsung siap digunakan untuk menulis. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan notifikasi dari pembaca yang berkomentar pada tulisanmu.

Jika ingin mencari referensi tulisan dari tulisan-tulisan yang populer Grameds juga bisa langsung melihatnya dalam fitur trending topic. Bisa dibilang aplikasi ini adalah aplikasi yang memiliki fitur paling beragam dan menarik.

5. Steller

STELLER

Steller merupakan singkatan dari storyteller yang jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti penutur cerita atau pendongeng. Aplikasi ini sangat memudahkan penggunanya, karena semua elemen untuk bercerita, meliputi teks, foto, dan video tersedia lengkap di sini.

Jadi, tulisan yang dihasilkan dalam Steller akan lebih menarik dan interaktif karena menggabungkan elemen teks, foto, dan video. Cocok banget buat kamu yang suka menulis quotes atau puisi zaman now.


Semakin hari semakin banyak aplikasi yang mendukung para penulis untuk membuat karya. Bagi Grameds yang memang malas menulis secara manual dan juga keberatan membawa laptop. Lima aplikasi menulis di atas akan sangat membantu kamu lho Grameds! Kalian mau coba yang mana?


Header image source: Unsplash.com

Baca juga: Cara Mengirim Naskah Buku ke Penerbit Gramedia