Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Cara Mengirim Naskah Buku ke Penerbit Gramedia

Cara Mengirim Naskah Buku ke Penerbit Gramedia

Pernah bermimpi untuk menjadi penulis? Atau kamu sudah pernah menulis tapi masih bingung mau dikirim ke mana? Sekarang kamu tidak perlu bingung lagi karena ada 4 penerbit besar dari Gramedia yang siap menerima naskahmu!

Simak juga tips dan langkah-langkah berikut supaya tulisan kamu bisa diterbitkan secara official oleh salah satu dari penerbit di Gramedia Group, dan cara mengirimkan naskahnya agar cepat dilirik editor!

Cara Mengirim Naskah Buku ke Penerbit Gramedia

1. Persyaratan & Tata Cara Pengiriman Naskah ke Penerbit Grasindo

Logo-Baru-Grasindo-2-1

Tentukan jenis naskah apa yang ingin kamu tulis. Kamu dapat mengirimkan naskah fiksi yang mencakup fiksi anak, novel remaja, novel dewasa, k-fiction (fiksi bernuansa Korea), dan kumpulan cerpen.

Selanjutnya, kamu juga dapat mengirimkan naskah nonfiksi seperti pengembangan diri, psikologi, parenting, kumpulan soal psikotes, bisnis & ekonomi, gaya hidup & hiburan, buku panduan (How to) ataupun hobi (traveling, fotografi), pengetahuan populer, dan entertainment.

Yang terakhir ialah naskah referensi, di antaranya Kumpulan Soal, Buku Pengayaan (TK – Perguruan Tinggi), Buku Sekolah Berbasis Kurikulum (TK – Perguruan Tinggi), Buku Referensi Pendidikan.

Jika kamu sudah menentukan jenis naskah apa yang akan kamu tulis, penerbit Grasindo memiliki beberapa prosedur dalam proses penulisan dan pengiriman, di antaranya:

  1. Mengetik naskah dengan rapi menggunakan font Times New Roman (atau sejenisnya) dan font 12 pt.

2.  Panjang naskah tidak kurang dari 70 halaman dan tidak lebih dari 150 halaman kertas A4.

Yang terakhir adalah memberikan beberapa lampiran berikut saat kamu mengirimkan naskah.

  1. Sinopsis
    Pastikan kamu sudah menulis sinopsis dengan tepat. Sinopsis tidak boleh lebih dari dua halaman dan sinopsismu harus sudah merangkum isi naskah secara keseluruhan agar penerbit dapat menangkap garis besar naskah.
  2. Proposal
    Tulis proposal singkat yang menjelaskan alasan dari Penerbit Grasindo untuk menerbitkan naskahmu. Proposal yang kamu tulis harus kurang dari dua halaman.
  3. Data Diri
    Cantumkan data dirimu. Data diri dapat berupa latar belakang, kompetensi yang kamu miliki, maupun keterlibatanmu dalam suatu keanggotaan atau organisasi tertentu.

Penerbit Grasindo akan me-review naskahmu selama kurang lebih dua bulan. Jika dalam kurun waktu 2 bulan kamu belum menerima feedback apa pun dari penerbit, kamu dapat mengirimkan naskah tersebut ke penerbit lain, karena naskah yang tidak diterima tidak akan disimpan oleh Penerbut Grasindo.

2. Persyaratan & Tata Cara Pengiriman Naskah ke Penerbit GPU

gramedia-pustaka-utama

Untuk para penulis, Penerbit GPU menerima naskah untuk diterbitkan, namun naskah yang ditulis haruslah memenuhi standar penerbitan dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Naskah yang kamu kirimkan haruslah berjumlah 100 sampai dengan 200 halaman.
  2. Jika kamu mengirimkan naskah untuk buku anak, terlebih naskah buku berseri, lengkapilah naskah dengan ilustrasi serta konsep cerita.
  3. Naskah diketik dalam ukuran font 12 pt dan spasi 1,5.
  4. Kamu dapat menulis naskah dengan tema apa pun asalkan tidak menyinggung SARA dan tidak vulgar.
  5. Sertakan ringkasan cerita/sinopsis mengenai naskah yang kamu tulis.
  6. Jangan lupa untuk mencantumkan jenis naskah yang kamu tulis (fiksi, nonfiksi, remaja, dewasa, dll)

Naskah yang sudah kamu kirimkan, akan dipertimbangkan oleh tim editor paling lambat tiga bulan. Jika naskah kamu tidak lolos seleksi, naskah tidak dapat dikembalikan dan akan dimusnahkan.

Jika kamu membutuhkan keterangan yang lebih lanjut, kamu dapat menghubungi Redaksi Gramedia Pustaka Utama di nomor telepon 53650110 ext. 3511/3512 dan mengirimkan email ke fiksi@gramediapublishers.com atau nonfiksi@gramediapublishers.com.

3. Persyaratan & Tata Cara Pengiriman Naskah ke Penerbit Elexmedia Komputindo

elexmedia-1

Kamu dapat menuliskan Direct Message (DM) ke akun Instagram penerbit di @elexmedia, selanjutnya Admin akan memandu kamu lebih lanjut karena setiap kategori naskah memiliki panduan arah yang berbeda.

4. Persyaratan & Tata Cara Pengiriman Naskah ke Penerbit KPG

kpg-01

Penerbit KPG memberikan kebebasan kepada kamu dalam penggunaan font maupun spasi asalkan naskah rapi dan mudah dibaca. Namun beberapa hal yang tidak boleh lupa kamu cantumkan adalah sinopsis naskah, naskah, dan data diri lengkap.

Apabila kamu belum menerima feedback dalam kurun waktu 3 sampai 6 bulan setelah pengiriman naskah, berarti naskahmu tidak diterima oleh penerbit.


Selain dari empat penerbit besar di Gramedia Group yang akan siap membantu kamu menerbitkan buku, masih ada dua penerbit lainnya yang bisa ikut melirik naskah kamu, yaitu penerbit Bhuana Ilmu Populer (BIP) dan m&c! Bahkan, kamu bisa mengirim sampai ke tiga penerbit sekaligus, lho! Sekarang ada cara terbaru untuk mengirim naskah ke Gramedia yang lebih mudah dan praktis, yaitu melalui Digital Publishing System.

Apa Itu Digital Publishing System?

Digital Publishing System adalah website yang menjembatani calon penulis dengan 6 penerbit yang berada di grup penerbit Gramedia. Di antaranya adalah Gramedia Pustaka Utama (GPU), Elex Media Komputindo, Grasindo, Kepustakaan Populer Gramedia (KPG), m&c!, dan Bhuana Ilmu Populer (BIP).

Apa Kelebihan Mengirim Naskah via Digital Publishing System?

  1. Calon penulis bisa mengirim ke lebih dari 1 penerbit dalam satu kali proses upload. Apabila naskah ditolak oleh penerbit pilihan pertama, naskah tersebut bisa langsung di-review oleh penerbit pilihan kedua yang sudah dipilih tanpa harus upload naskah lagi. Lebih praktis, bukan?
  2. Status perjalanan naskah bisa dipantau oleh calon penulis. Semua proses naskah akan terekam di sistem dan bisa dilihat di dashboard akun calon penulis. Apabila naskah diterima ataupun ditolak, calon penulis akan mendapat pemberitahuan juga via email.
  3. Membuka peluang untuk diterbitkan dalam berbagai bentuk seperti cetak, digital, maupun Print on Demand (POD).

Bagaimana Cara Mendaftar di Digital Publishing System?

Akses website Digital Publishing System di dps.gramedia.com. Lakukan registrasi dengan mendaftarkan e-mail yang aktif, buat password akun, lalu klik "Register".

cara

Cek kotak masuk e-mail yang digunakan untuk registrasi. Buka e-mail aktivasi lalu klik link aktivasi. Apabila sudah berhasil melakukan aktivasi, login lagi untuk mengisi data pribadi.  

Jika sudah mengisi data dan klik "Simpan", berarti kalian sudah berhasil bergabung di Digital Publishing System. Registrasi ini gratis dan siapa pun bisa mendaftar.

cara

Setelah kamu memahami hal-hal di atas dan berhasil melakukan registrasi dan aktivasi akun, kini saatnya mengirim naskah.

Untuk format naskah, tidak ada ketentuan khusus mengenai format penulisan maupun jumlah halaman, yang terpenting saat naskah dikirim ke penerbit, pastikan format file berupa PDF dengan maksimal ukuran 50Mb. Pastikan bentuk naskah sudah rapi ya, supaya editor bisa nyaman saat me-review naskah kamu. Untuk naskah bergambar, bisa dikirim dengan versi resolusi rendah terlebih dahulu, apabila ukuran file tidak mencukupi batas 50Mb. 🤗

Cara Mengirim Naskah

Caranya sangat mudah. Di dashboard akun, klik tombol "Kirim Naskah".

cara

Pilih penerbit yang akan dituju. Dalam satu kali proses upload, boleh memilih maksimal tiga penerbit, namun tetap diperbolehkan jika kamu hanya ingin mengirim ke 1 penerbit saja.

Ikuti tahap-tahapnya sampai selesai, dari mulai menulis judul, menulis sinopsis, mengunggah file, hingga mengisi data naskah, lalu klik "Selesai".

cara
cara

Jika sudah ada tampilan bahwa "Naskah Telah Diunggah", berarti naskah kalian sudah berhasil dikirim ke penerbit.

cara

Ketika naskah berhasil diunggah, tunggu sampai naskah kalian di-review oleh editor, ya. Setiap ada perubahan status bisa dipantau sendiri di dashboard.

FAQ Mengenai Digital and Publishing System Gramedia

  1. Mengapa status pengiriman naskah tidak berubah dalam waktu yang lama?
    Periode lamanya suatu naskah dalam sebuah penerbit tergantung dari seberapa banyak antrean naskah yang masuk dan waktu yang dibutuhkan editor untuk me-review sebuah tulisan.
  2. Jika naskah diterima, apakah harus membayar cetak buku?
    Tidak, silakan konfirmasi ke penerbit yang dipilih.
  3. Jika naskah tidak diterima, apakah bisa diambil kembali untuk diberikan kepada penerbit lain?
    Penulis berhak menghapus naskah di DPS dan mengirim ke penerbit lain apabila sudah ditolak.
  4. Apa saja aspek nilai yang dilihat agar naskah bisa lolos?
    Sesuaikan dengan karakteristik penerbit yang dituju dengan melihat dari buku-buku yang sudah pernah diterbitkan oleh penerbit tersebut.
  5. Berapa lama proses review dari penerbit?
    Minimal 3 bulan, namun setiap penerbit memiliki kebijakannya masing-masing, sehingga bisa lebih lama atau bahkan lebih cepat.
  6. Jika naskah sudah pernah dicetak sebelumnya melalui penerbit indie, apakah naskah bisa dikirim kembali ke DPS?
    Apabila tidak terikat kontrak dengan penerbit manapun, naskahmu boleh dikirim ke DPS.
  7. Apakah bisa mengirimkan komik?
    Tentu saja bisa! Namun karena keterbatasan ukuran dalam mengunggah, pastikan mengirim gambar dengan kualitas lebih rendah terlebih dahulu. Ingat, maksimal ukuran file untuk diunggah yaitu 50Mb.

Baca juga:

Hubungan Membaca Bisa Memengaruhi Kemampuan Menulis

7 Tips Ampuh Agar Tetap Produktif Menulis


Selamat berjuang dan raih mimpi kamu menjadi penulis terkenal ya, Grameds!

Kalau kamu membutuhkan bantuan maupun ingin mengajukan pertanyaan, jangan ragu untuk mengirimkan pertanyaanmu melalui e-mail dps@gramedia.com.

Tunggu apa lagi? Yuk, mulai langkahmu menjadi penulis sekarang juga!


Photo header source by Gramedia.com

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Baca juga:

Cara Terbaru Mengirim Naskah ke Penerbit Gramedia

Tips Agar Naskah Dilirik Penerbit dan Editor



Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus