7 Tips Ampuh Agar Tetap Produktif Menulis

7 Tips Ampuh Agar Tetap Produktif Menulis

. 2 min read

Seringkali ketika menulis, yang kita perjuangkan bukan lagi tinta ataupun kertas, melainkan semangat yang seharusnya tetap dalam kondisi membara agar tulisan kita cepat selesai dengan hasil yang memuaskan.

Apapun tulisan yang sedang kalian coba selesaikan, baik itu skripsi, jurnal, cerpen, atau mungkin novel, ini dia beberapa tips ampuh untuk membuatmu tetap semangat sampai menyemat tanda titik yang terakhir.

1. Menulis setiap hari

Untuk mencapai tujuan tepat waktu, tentu dorongan dalam diri harus terisi penuh. Untuk menyiasatinya, menulislah meskipun sedang buntu sekalipun. Otak akan terpacu untuk menemukan kalimat tepat yang ingin disampaikan dengan tetap menulis.

Saat menulis, jangan lupa untuk menetapkan tujuan. Misalnya dengan membuat goal dan berkomitmen untuk mengharuskan diri menulis minimal 100 kata atau mungkin satu lembar setiap hari. Cara ini juga akan membuat proses menulismu lebih efektif.

2. Hindari mengedit saat menulis

Menulis dan mengedit dalam satu waktu adalah hal yang paling terlarang untuk seorang penulis, karena akan membuang waktu dan menghambat proses kreatifmu saat menulis.

Akan lebih baik jika menuliskan segala yang terlintas di pikiranmu terlebih dahulu, kemudian edit semuanya ketika tulisanmu sudah benar-benar selesai. Hal ini juga akan membuatmu lebih fokus dalam menulis.

3. Jauhkan Pengganggu

Percaya atau tidak, smartphone menjadi salah satu benda yang bisa menurunkan motivasi menulis kita, lho! Karena kebiasaan kita untuk scrolling media sosial bisa menghambat laju proses kreatif. Akan lebih baik jika smartphone diubah ke silent mode sebelum mulai menulis.

Namun sebelum itu, usahakan untuk menulis di tempat yang paling nyaman versi kamu, entah itu di antara kebisingan, atau justru jauh dari kebisingan.

4. Istirahatlah

Fokus itu perlu, tapi istirahat juga suatu keharusan. Jangan lupa untuk mengistirahatkan mata, jari, juga pikiran tiap satu jam sekali selama 10 menit.

Regangkan jari-jemari, tutup mata, atau melihat pemandangan yang hijau untuk merelaksasi mata, sebelum kemudian kembali menulis. Tetap dalam kondisi yang prima dapat menjaga konsistensi dalam menulis.

5. Seimbangkan dengan membaca

Salah satu hal yang bisa menghambat motivasi untuk menulis adalah merasa tidak tahu apa yang ingin ditulis, ataupun kesulitan untuk mengungkapkan isi kepala. Tapi hambatan ini bisa disiasati dengan menyeimbangkan diri untuk tetap membaca buku.

Tetap meluangkan waktu untuk membaca juga dapat menjadi salah satu faktor pendukung terciptanya motivasi menulis. Ketika membaca, dan banyak membaca, dapat membuat kita lebih kreatif karena menelan berbagai macam kosakata baru ataupun frasa untuk mengungkapkan sesuatu.

6. Menulis seolah berbicara

Cara lain ketika kamu kesulitan untuk menuliskan isi kepalamu, jangan diam, jangan berhenti menulis. Cobalah untuk menuliskan apapun yang ada dalam kepalamu dengan seolah-olah sedang berbicara kepada seseorang.

Setelah selesai menuliskannya, kamu bisa membacanya kembali, dan mulai mengubahnya dari bahasa lisan ke bahasa tulisan.

7. Berlatih menulis lepas

Di luar dari segala hal untuk fkus dalam tulisan yang sedang kalian selesaikan, cobalah melatih diri untuk menuliskan apapun yang terlihat dengan mendeskripsikannya secara rinci. Hal ini bisa melatih diri untuk menjadi kreatif dalam menggunakan diksi.

Hal ini bisa membantumu untuk lebih terbiasa dengan mudah mengungkapkan apa yang sudah dengan baik teramu di dalam kepala.


Yang terakhir dan yang paling penting adalah mulailah menulis! Dan jangan lupa, tips ini hanya akan berhasil untuk mereka yang mau dan punya niat memraktekkannya.

Selamat menulis!


Header image source: Unsplash