Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Cara Terbaru Mengirim Naskah ke Penerbit Gramedia

Cara Terbaru Mengirim Naskah ke Penerbit Gramedia

Ada kabar baik buat kalian semua yang suka menulis dan ingin menerbitkan buku di grup penerbit Gramedia. Sekarang ada cara terbaru untuk mengirim naskah ke Gramedia yang lebih mudah dan praktis, yaitu melalui Digital Publishing System. Dengan cara ini, kamu nggak perlu lagi mengirim naskahmu via email atau lewat pos, ya!

Sebelum mengirim naskah, berikut hal-hal yang perlu kamu ketahui seputar Digital Publishing System. Simak juga tips dan langkah-langkah berikut supaya tulisan kamu bisa diterbitkan secara official oleh salah satu dari penerbit besar Gramedia Group!

Apa Itu Digital Publishing System?

Digital Publishing System adalah website yang menjembatani calon penulis dengan 6 penerbit yang berada di grup penerbit Gramedia. Di antaranya adalah Gramedia Pustaka Utama (GPU), Elex Media Komputindo, Grasindo, Kepustakaan Populer Gramedia (KPG), m&c!, dan Bhuana Ilmu Populer (BIP).

Apa Kelebihan Mengirim Naskah via Digital Publishing System?

  1. Calon penulis bisa mengirim ke lebih dari 1 penerbit dalam satu kali proses upload. Apabila naskah ditolak oleh penerbit pilihan pertama, naskah tersebut bisa langsung di-review oleh penerbit pilihan kedua yang sudah dipilih tanpa harus upload naskah lagi. Lebih praktis, bukan?
  2. Status perjalanan naskah bisa dipantau oleh calon penulis. Semua proses naskah akan terekam di sistem dan bisa dilihat di dashboard akun calon penulis. Apabila naskah diterima ataupun ditolak, calon penulis akan mendapat pemberitahuan juga via email.
  3. Membuka peluang untuk diterbitkan dalam berbagai bentuk seperti cetak, digital, maupun Print on Demand (POD).

Bagaimana Cara Mendaftar di Digital Publishing System?

Akses website Digital Publishing System di dps.gramedia.com. Lakukan registrasi dengan mendaftarkan e-mail yang aktif, buat password akun, lalu klik "Register".

cara

Cek kotak masuk e-mail yang digunakan untuk registrasi. Buka e-mail aktivasi lalu klik link aktivasi. Apabila sudah berhasil melakukan aktivasi, login lagi untuk mengisi data pribadi.  

Jika sudah mengisi data dan klik "Simpan", berarti kalian sudah berhasil bergabung di Digital Publishing System. Registrasi ini gratis dan siapa pun bisa mendaftar.

cara

Setelah kamu memahami hal-hal di atas dan berhasil melakukan registrasi dan aktivasi akun, kini saatnya mengirim naskah.

Untuk format naskah, tidak ada ketentuan khusus mengenai format penulisan maupun jumlah halaman, yang terpenting saat naskah dikirim ke penerbit, pastikan format file berupa PDF dengan maksimal ukuran 50Mb. Pastikan bentuk naskah sudah rapi ya, supaya editor bisa nyaman saat me-review naskah kamu. Untuk naskah bergambar, bisa dikirim dengan versi resolusi rendah terlebih dahulu, apabila ukuran file tidak mencukupi batas 50Mb. 🤗

Cara Mengirim Naskah

Caranya sangat mudah. Di dashboard akun, klik tombol "Kirim Naskah".

cara

Pilih penerbit yang akan dituju. Dalam satu kali proses upload, boleh memilih maksimal tiga penerbit, namun tetap diperbolehkan jika kamu hanya ingin mengirim ke 1 penerbit saja.

Ikuti tahap-tahapnya sampai selesai, dari mulai menulis judul, menulis sinopsis, mengunggah file, hingga mengisi data naskah, lalu klik "Selesai".

cara
cara

Jika sudah ada tampilan bahwa "Naskah Telah Diunggah", berarti naskah kalian sudah berhasil dikirim ke penerbit.

cara

Ketika naskah berhasil diunggah, tunggu sampai naskah kalian di-review oleh editor, ya. Setiap ada perubahan status bisa dipantau sendiri di dashboard.

FAQ Mengenai Digital and Publishing System Gramedia

  1. Mengapa status pengiriman naskah tidak berubah dalam waktu yang lama?
    Periode lamanya suatu naskah dalam sebuah penerbit tergantung dari seberapa banyak antrean naskah yang masuk dan waktu yang dibutuhkan editor untuk me-review sebuah tulisan.
  2. Jika naskah diterima, apakah harus membayar cetak buku?
    Tidak, silakan konfirmasi ke penerbit yang dipilih.
  3. Jika naskah tidak diterima, apakah bisa diambil kembali untuk diberikan kepada penerbit lain?
    Penulis berhak menghapus naskah di DPS dan mengirim ke penerbit lain apabila sudah ditolak.
  4. Apa saja aspek nilai yang dilihat agar naskah bisa lolos?
    Sesuaikan dengan karakteristik penerbit yang dituju dengan melihat dari buku-buku yang sudah pernah diterbitkan oleh penerbit tersebut.
  5. Berapa lama proses review dari penerbit?
    Minimal 3 bulan, namun setiap penerbit memiliki kebijakannya masing-masing, sehingga bisa lebih lama atau bahkan lebih cepat.
  6. Jika naskah sudah pernah dicetak sebelumnya melalui penerbit indie, apakah naskah bisa dikirim kembali ke DPS?
    Apabila tidak terikat kontrak dengan penerbit manapun, naskahmu boleh dikirim ke DPS.
  7. Apakah bisa mengirimkan komik?
    Tentu saja bisa! Namun karena keterbatasan ukuran dalam mengunggah, pastikan mengirim gambar dengan kualitas lebih rendah terlebih dahulu. Ingat, maksimal ukuran file untuk diunggah yaitu 50Mb.

Baca juga:

Hubungan Membaca Bisa Memengaruhi Kemampuan Menulis

7 Tips Ampuh Agar Tetap Produktif Menulis


Selamat berjuang dan raih mimpi kamu menjadi penulis terkenal ya, Grameds!

Kalau kamu membutuhkan bantuan maupun ingin mengajukan pertanyaan, jangan ragu untuk mengirimkan pertanyaanmu melalui e-mail dps@gramedia.com.

Tunggu apa lagi? Yuk, mulai langkahmu menjadi penulis sekarang juga!


Photo header source by Gramedia.com

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Baca juga:

Cara Mengirim Naskah Buku ke Penerbit Gramedia

Tips Agar Naskah Dilirik Penerbit dan Editor



Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus