Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Attack on Titan Before the Fall, Prekuel AoT yang Tak Kalah Menegangkan

Attack on Titan Before the Fall, Prekuel AoT yang Tak Kalah Menegangkan

Keberhasilan penjualan manga Attack on Titan (AoT) yang mencapai lebih dari 100 juta eksemplar menunjukkan masifnya jumlah penggemar AoT. Ditulis oleh mangaka jenius Hajime Isayama, Attack on Titan masuk ke dalam jajaran komik dengan penjualan terlaris secara global.

Mengisahkan dunia di mana seseorang harus hidup di balik tiga lapis tembok besar yang melindungi mereka dari serangan raksasa pemakan manusia, Attack on Titan yang bertokohkan Eren, Mikasa, dan Armin berjuang menjadi Survey Corps alias tentara militer, demi pertarungan melawan langsung raksasa-raksasa di luar tembok. Cerita mereka tidak hanya menampilkan aksi fantasi, tetapi juga misteri yang satu per satu terkuak seiring berjalannya cerita.

Dengan latar ceritanya yang bertema dark fantasy thrilling, Attack on Titan masuk ke barisan shounen manga paling diminati sepanjang sejarah, begitu pun di Indonesia sejak terbitan pertamanya pada tahun 2011 lalu sampai saat ini. Tak heran kesuksesan komiknya menjadikan Attack on Titan berkembang luas di media dan bisa dinikmati dalam berbagai medium lainnya seperti halnya dalam bentuk anime.

Pada tahun 2013, serial manga Attack on Titan naik diadaptasikan menjadi animasi yang digarap oleh Wit Studio sebanyak tiga musim dan diteruskan oleh MAPPA Studio pada musim ke-4. Popularitasnya yang melejit tinggi sejak Attack on Titan tayang dalam bentuk serial anime, melahirkan kalangan baru dari sejumlah fans anime secara internasional, terlebih jalan ceritanya yang semakin seru dan tervisualisasikan dengan baik lewat kerja keras Wit Studio dan MAPPA.

Bukan menjadi pertanyaan lagi apabila Attack on Titan akhirnya menyabet penghargaan-penghargaan seni Jepang yang prestisius layaknya Penghargaan Manga Kodansha, Penghargaan Micheluzzi, dan Penghargaan Harvey. Tak sampai di sana, kesuksesan animenya juga mendapat pengakuan kritis dari para kritikus seni, lho! Pengakuan ini mencakup pujian terhadap alur cerita, animasi, musik, dan seni voice acting yang diperankan para karakter.

Sayap popularitas manga Attack on Titan akhirnya tidak hanya dilebarkan melalui animasi, tetapi juga dalam bentuk spin off cerita lain, yakni serial Attack on Titan: Before the Fall yang berbentuk light novel dan komik! Serial ini khusus menceritakan prekuel dari kisah Eren dan kawan-kawan dari komik Attack on Titan yang diciptakan oleh Hajime Isayama sebelumnya. Penasaran, kan, dengan detail dari prekuel anime terlaris sepanjang masa ini? Baca terus sampai bawah, ya!

Prekuel Attack on Titan Hadir dalam Bentuk Serial Light Novel dan Komik

Tahukah kamu kalau serial Attack on Titan memiliki prekuel dalam bentuk light novel? Ini merupakan seri light novel ringan Jepang yang ditulis oleh Ryo Suzukaze dan mendapat bubuhan ilustrasi dari THORES Shibamoto dengan menyadur cerita orisinal Attack on Titan karya Hajime Isayama yang asli.

Light novel ini terdiri dari tiga volume yang diterbitkan sejak tahun 2011. Selain sejarah light novel-nya yang menyadur asli dari karya Hajime Isayama, Attack on Titan: Before the Fall juga memiliki plot dengan genre yang persis dengan cerita orisinalnya. Before the Fall berlatarkan 70 tahun sebelum apapun yang terjadi pada Eren dan kawan-kawannya di serial Attack on Titan karangan Hajime Isayama.

attack
Attack on Titan Before The Fall (Sumber Foto: digstraksi.com)

Cerita dibagi menjadi dua bagian, di mana bagian pertama berfokus pada tokoh utama Angel Aaltonen sebagai sosok yang pertama kali menciptakan Alat Manuver 3D. Alat ini menjadi barang penting nan ikonik yang selalu muncul digunakan seluruh tentara militer pada serial manga Attack on Titan.

Sedangkan bagian kedua dari cerita light novel ini bercerita tentang kehidupan Kyklo, anak laki-laki yang ditemukan sebagai bayi dari muntahan raksasa Titan. Dengan latar belakang kemunculannya yang seperti itu, Kyklo dijuluki sebagai “putra Titan” dan dipenjara selama hampir seluruh masa kecilnya. Dia kemudian dibebaskan oleh Sherle yang membuatnya bergabung dengan Survey Corps atau tentara militer.


Baca juga: Melihat Karakter Eren Yeager di Attack on Titan 32, Penyelamat atau Iblis?


Tiga Volume Light Novel Attack on Titan

Selain mendapat cerita lengkapnya dari ketiga volume light novel Attack on Titan: Before the Fall, kamu juga akan melihat gambar yang diilustrasikan oleh THORES Shibamoto di dalamnya. Inilah sensasi membaca light novel yang mungkin tidak akan kamu temukan dari membaca novel biasa ataupun komik biasa.

1. Light Novel Attack on Titan: Before the Fall 1

AoTBaca dan Koleksi Sekarang di Sini!

Jangankan asal muasal "makhluk itu", tujuan mereka pun tidak diketahui. Umat manusia yang terus dimangsa berarti cuma bisa hidup di dalam tembok. Dalam keadaan seperti ini, akankah umat manusia bisa melewati hari-hari yang penuh ketakutan tanpa bisa berbuat apa pun?

Begitu sinopsis yang ditulis oleh Ryo Suzukaze pada volume pertama light novel ini. Dengan jumlah 300 halaman lebih, dapatkan sisi lain misteri dan kisah tentang raksasa pada novel ini!

2. Light Novel Attack on Titan: Before the Fall 2

Pada volume kedua, cerita sudah berkembang menjadi lebih kompleks dan seru! Jangan lewatkan petualangan Kyklo dalam mencari kebenaran tentang keberadaannya yang sesungguhnya.

AoTBaca dan Koleksi Sekarang di Sini!

Terlahir kembali menjadi Titan membuat Kyklo tidak bisa hidup selayaknya manusia. Belasan tahun pun berlalu. Suatu ketika, seorang bangsawan berpengaruh membelinya dan Kyklo pun mendapatkan perlakuan kejam. Tapi, di sana dia bertemu dengan putri sang bangsawan yang mengajarinya berbagai macam hal. Akhirnya Kyklo pun membulatkan tekad untuk melarikan diri, hanya untuk bertemu sang titan, dan membuktikan bahwa ia bukanlah Titan.

3. Light Novel Attack on Titan: Before the Fall 3

Kyklo, sang pemuda yang lahir dari mulut Titan kini memiliki satu tujuan, yaitu memutus hubungan dengan sang Titan. Dia pun bergabung dengan pasukan penyidik di bawah komando Jorge Piquer dan mempelajari penggunaan mesin manuver 3D.

Apakah Kyklo akan berhasil menguasai penggunaan mesin tersebut dan mengalahkan Titan? Nah, temukan jawabannya setelah kamu membaca volume 3 yang bisa kamu dapatkan di Gramedia.com!

AoTBaca dan Koleksi Sekarang di Sini!

Oiya, Grameds. Menariknya, popularitas manga Attack on Titan tidak hanya membuatnya menjadi tersebar dalam bentuk komik, animasi, dan light novel saja, tetapi masih ada serial lainnya, lho! Rupanya, prekuel dalam bentuk light novel Attack on Titan: Before the Fall yang ditulis khusus oleh Ryo Suzukaze ini, menarik perhatian mangaka Satoshi Shiki untuk mengadaptasinya ke dalam bentuk manga juga!


Baca juga: Attack on Titan 30: Kelanjutan Usaha Zeke untuk Menemui Eren


Manga yang disadur dari prekuel light novel ini kemudian dikembangkan menjadi komik dengan 17 volume yang mengisahkan perjalanan Angel Aaltonen dan Kyklo secara dua dimensi. Wah, semakin banyak pilihan bacaan seri Attack on Titan-mu, ya? Tapi, tenang, Gramedia.com menyediakan ke-17 seri lengkap komik Attack on Titan: Before the Fall juga! Cek di bawah ini, yuk!

Prekuel Attack on Titan dalam Bentuk Komik

1. Attack on Titan: Before the Fall 1

AoTBaca dan Koleksi Sekarang di Sini!

Untuk melindungi diri dari ancaman Titan yang mendadak muncul, umat manusia membangun tembok raksasa dan mulai hidup terkurung di dalamnya. Tiga puluh tahun kemudian, di wilayah terluar dari dinding di Distrik Shiganshina, sesosok Titan berhasil menerobos masuk.

Lalu, dari dalam perut mayat seorang wanita yang ada di tumpukan muntahan Titan secara ajaib lahirlah seorang bayi! Inilah kisah spin off yang sekaligus menjadi prekuel dari Attack on Titan yang mengungkap kisah lahirnya mesin manuver tiga dimensi dengan latar belakang 70 tahun sebelum cerita orisinal!

Kamu juga bisa baca dalam versi e-book di sini >>> Attack on Titan: Before the Fall 1

2. Attack on Titan: Before the Fall 2

AoTBaca dan Koleksi Sekarang di Sini!

Kyklo seolah baru terbebas menuju Distrik Shiganshina yang merupakan tanah kelahirannya yang terkutuk. Pada saat bersamaan, ekspedisi ke luar tembok pun baru dimulai kembali setelah vakum selama 15 tahun di Distrik Shiganshina.

Demi membuktikan bahwa dirinya bukan “Anak Titan,” Kyklo pun menyusup ke dalam kereta kuda pasukan penyelidik. Tapi, setelah keluar dari Wall Maria, yang didapatinya justru tanah yang seperti neraka yang jauh di luar bayangannya!

Kamu juga bisa baca dalam versi e-book di sini >>> Attack on Titan: Before the Fall 2

3. Attack on Titan: Before the Fall 3

AoTBaca dan Koleksi Sekarang di Sini!

Kyklo menyelinap ikut dalam ekspedisi ke luar tembok demi membuktikan bahwa dirinya adalah manusia. Namun, Titan level 10 meter yang muncul di hadapannya ternyata monster yang jauh melebihi bayangannya.

Kereta kuda milik pasukan penyelidik yang hendak mundur menuju Distrik Shiganshina langsung terkejar sang titan dalam sekejap, membuat Kyklo dan sang kusir tertangkap monster itu. Apa yang akan terjadi pada Kyklo yang nyawanya kini berada dalam genggaman titan?!

Kamu juga bisa baca dalam versi e-book di sini >>> Attack on Titan: Before the Fall 3

4. Attack on Titan: Before the Fall 4

AoTBaca dan Koleksi Sekarang di Sini!

Setelah berhasil mengalahkan Titan, Kyklo pun kembali ke balik Wall Maria. Tapi, yang sudah menunggunya justru jajaran polisi militer yang mengejar “Anak Titan” atas tuduhan pembunuhan Dario.

Kyklo ditangkap di depan mata Sharle dan dipenjara tanpa diadili. Dia pun harus menerima hukumannya yang tidak manusiawi dengan diasingkan ke luar negeri dan dijadikan mangsa para Titan!

Kamu juga bisa baca dalam versi e-book di sini >>> Attack on Titan: Before the Fall 4

5. Attack on Titan: Before the Fall 5

AoTBaca dan Koleksi Sekarang di Sini!

Cikal bakal mesin manuver 3D yang masih disebut “peralatan” berhasil menyelamatkan Kyklo dan Cardina di saat-saat genting dari cengkeraman Titan. Ternyata, orang yang membawa mesin itu adalah pemimpin pasukan yang pertama kali dalam sejarah berhasil membunuh Titan sekaligus mantan komandan pasukan penyelidik, Jorge. Dari dia pula, Kyklo akhirnya mengetahui rahasia mengenai rencana penangkapan dan penyelidikan Titan sebelum ekspedisi terakhir 15 tahun lalu.

Kamu juga bisa baca dalam versi e-book di sini >>> Attack on Titan: Before the Fall 5

6. Attack on Titan: Before the Fall 6

AoTBaca dan Koleksi Sekarang di Sini!

Ekspedisi penangkapan dan penyelidikan Titan yang dilakukan 15 tahun lalu merupakan strategi mempertahankan eksistensi umat manusia dengan tujuan menguak titik lemah Titan. Tapi, kemunculan Titan level 10 meter di tengah proses penyelidikan tersebut membuat pasukan penyelidik dilanda kepanikan!

Di antara para prajurit yang berusaha menyelamatkan diri menuju Wall Maria, ada sang pandai besi genius, Angel, yang turut serta sebagai anggota peneliti di ekspedisi tersebut. Apakah pasukan penyelidik berhasil kembali hidup-hidup dari serangan Titan?

Kamu juga bisa baca dalam versi e-book di sini >>> Attack on Titan: Before the Fall 6

7. Attack on Titan: Before the Fall 7

AoTBaca dan Koleksi Sekarang di Sini!

Kakak Sharle yang menuduh Kyklo sebagai pelaku pembunuhan Dario, Xavy, mendapat perhatian salah seorang komandan polisi militer, Gloria. Bersamaan dengan bergabungnya Xavy ke polisi militer, dia bisa memperluas pencariannya terhadap Sharle. Di sisi lain, Kyklo kembali meninggalkan Sharle di kota pabrik dan menuju distrik Shiganshina demi melakukan uji coba peralatan versi baru dengan melawan Titan!

Kamu juga bisa baca dalam versi e-book di sini >>> Attack on Titan: Before the Fall 7

8. Attack on Titan: Before the Fall 8

AoTBaca dan Koleksi Sekarang di Sini!

Kyklo dan Cardina pergi ke Distrik Shiganshina untuk melakukan uji coba lapangan peralatan versi terbaru. Sementara itu, Sharle yang menunggu di bengkel Xenophon merasa cemas karena mereka tidak juga pulang pada hari yang dijanjikan.

Pada saat itulah, rencana pemberontakan yang disusun organisasi ant ipemerintah secara rahasia mulai dilaksanakan! Di antara mereka, tampak sosok Xavy sebagai polisi militer yang menyusup ke organisasi untuk menunaikan misi rahasia.

Kamu juga bisa baca dalam versi e-book di sini >>> Attack on Titan: Before the Fall 8

9. Attack on Titan: Before the Fall 9

AoTBaca dan Koleksi Sekarang di Sini!

Untuk menggagalkan usaha pemberontakan yang dilakukan organisasi anti pemerintah, akses menuju Kota Pabrik ditutup oleh polisi militer dari Distrik Shiganshina. Kyklo yang mengkhawatirkan keselamatan Sharle, berangkat seorang diri ke balik tembok kota menggunakan peralatan jenis baru. Tapi, yang menantinya di sana ternyata reuni takdir yang tak terduga!

Kamu juga bisa baca dalam versi e-book di sini >>> Attack on Titan: Before the Fall 9

10. Attack on Titan: Before the Fall 10

AoTBaca dan Koleksi Sekarang di Sini!

Sharle yang dikurung di kediaman keluarga Innocencio yakin bahwa Kyklo masih hidup dan kabur dari rumahnya sendiri begitu sang kakak, Xavy, melepaskan pengawasannya. Tempat yang menjadi tujuan gadis itu adalah “Kota Bawah Tanah” yang terkenal dengan kejahatan-kejahatannya, serta tempat yang juga dirumorkan ditinggali Angel, sang penemu “peralatan”.

Kamu juga bisa baca dalam versi e-book di sini >>> Attack on Titan: Before the Fall 10

11. Attack on Titan: Before the Fall 11

AoTBaca dan Koleksi Sekarang di Sini!

Lima belas tahun lalu, selama melakukan observasi ke fasilitas kota pabrik yang baru dibangun, sang Raja Penemu, Angel, mendapat konsep baru peralatan mutakhir untuk melawan Titan dan membuat model prototype-nya. Setelah mendapatkan hasil yang memuaskan, dia pun pulang ke Distrik Shinganshina, namun hari yang ditakdirkan telah menantinya di sana!

12. Attack on Titan: Before the Fall 12

AoTBaca dan Koleksi Sekarang di Sini!

Sharle yang percaya bahwa Kyklo masih hidup, menemui sang penemu “peralatan”, Angel. Mereka pun bergerak bersama dari kota bawah tanah menuju kota pabrik. Di sisi lain, Kyklo yang keberadaannya disembunyikan oleh para murid pelatihan sekaligus kandidat prajurit pasukan penyelidik di suatu pondok pemburu, terdesak oleh kehadiran anggota polisi militer yang mengejar anggota organisasi anti pemerintah!

Kamu juga bisa baca dalam versi e-book di sini >>> Attack on Titan: Before the Fall 12

13. Attack on Titan: Before the Fall 13

AoTBaca dan Koleksi Sekarang di Sini!

Kunjungan Angel dan Sharle ke lokasi latihan pasukan penyelidik ternyata untuk memperkenalkan peralatan versi akhir yang diberi nama Mesin Manuver 3D. Kyklo yang terkagum-kagum dengan mesin itu percaya bahwa itu akan menjadi senjata pamungkas umat manusia untuk melawan Titan. Masalahnya, yang dibawa Angel dan Sharle ternyata bukan hanya kabar baik.

Kamu juga bisa baca dalam versi e-book di sini >>> Attack on Titan: Before the Fall 13

14. Attack on Titan: Before the Fall 14

AoTBaca dan Koleksi Sekarang di Sini!

Para murid pelatihan yang telah diseleksi untuk menggunakan mesin manuver tiga dimensi yang telah sempurna itu, kini dibawa oleh Komandan Carlo menuju Wall Maria. Dari atas tembok raksasa itulah, mereka untuk pertama kalinya melihat sosok Titan dan merasakan kengeriannya. Setelah itu, kandidat pasukan penyelidik pun berkurang sedikit demi sedikit. Apakah Rosa dan kawan-kawannya juga akan mundur?!

Kamu juga bisa baca dalam versi e-book di sini >>> Attack on Titan: Before the Fall 14

15. Attack on Titan: Before the Fall 15

AoTBaca dan Koleksi Sekarang di Sini!

Rosa akhirnya mampu mengatasi ketakutannya terhadap Titan dan lulus dari tes seleksi untuk menggunakan Mesin Manuver 3D. Tapi, di hari pertamanya berlatih, dia mengalami kecelakaan akibat peralatannya disabotase! Di tengah pergolakan yang mengancam Pasukan Penyelidik, Kyklo memulai investigasinya untuk menangkap sang pelaku.

Kamu juga bisa baca dalam versi e-book di sini >>> Attack on Titan: Before the Fall 15

16. Attack on Titan: Before the Fall 16

AoTBaca dan Koleksi Sekarang di Sini!

Demi “Sang Pahlawan” Jorge yang telah mengabdikan diri untuk menghidupkan kembali Pasukan Penyelidik, demi Angel yang telah berjuang keras mengembangkan “Mesin Manuver 3D” untuk mengalahkan Titan, demi Maria yang terus menjaga Wall Maria meski telah menyaksikan orang yang dicintainya tewas di depan mata.

Komandan Carlo, Kyklo, dkk, harus pergi melaksanakan ekspedisi dengan mengemban begitu banyak emosi bersama Pasukan Penyelidik baru yang belum stabil. Rosa yang terpilih sebagai ketua regu, tidak tahu apa yang menanti di depan, dan bahwa itu hanya awal dari satu hari terpanjang yang penuh keputusasaan serta ketergantungan terhadap teman.

17. Attack on Titan: Before the Fall 17

AoTBaca dan Koleksi Sekarang di Sini!

Di tengah cuaca buruk yang merundungi Regu 10 Pasukan Penyelidik, unit pengintai dari pasukan utama yang telah pergi lebih dulu menembakkan “Bintang Merah” sebagai pertanda kemunculan Titan. Mereka pun bergegas menyusul ke oasis terjauh yang pernah umat manusia capai.

Lalu, Kyklo yang berada di tengah hutan bertemu dengan Ogre, Titan yang telah membunuh orangtuanya, dan mendapat kesempatan untuk bertarung lagi dengannya! Kisah prekuel Attack on Titan mengenai kelahiran Mesin Manuver 3D berakhir di jilid ini!


Baca juga: Akhir Cerita Attack on Titan Buat Perasaan Penggemar Campur Aduk


Itu dia detail cerita spin off yang menjadi prekuel Attack on Titan karya Hajime Isayama! Tersedia dalam bentuk light novel dan komik manga, tentunya hal ini memperbanyak pilihan bacaan kamu!

Tunggu apa lagi? Koleksi seluruh serial lengkap Attack on Titan: Before the Fall cuma di Gramedia.com! Yuk, pakai promo yang bisa kamu temukan di bawah ini, biar belanja jadi makin maksimal dan nggak pake mahal! 🤩

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber foto header: twitter.com/aotwiki

Penulis: Shaza Hanifah

halamanTemukan Buku Lainnya di Sini!


Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus