Akhir Cerita Attack on Titan Buat Perasaan Penggemar Campur Aduk

Akhir Cerita Attack on Titan Buat Perasaan Penggemar Campur Aduk

. 4 min read

Kisah pertarungan manusia dan Titan akhirnya usai pada Jumat, 9 April 2021 lalu. Setelah lebih dari satu dekade lamanya, Hajime Isayama menutup kekacauan dan perjuangan yang terjadi di Pulau Paradis maupun Marley, lewat bab ke-139 pada majalah komik bulanan Bessatsu Shonen Magazine.

Seri tankobon dari ending manga “Shingeki no Kyojin” akan keluar pada volume ke-34 pada 9 Juni 2021 di Jepang. Chapter terakhir ini merupakan simbol dari 13 tahun sisa hidup dari ke-9 total titan shifter, atau orang yang memiliki kekuatan titan (Jatimtimes, 09/04/21).

Serial Attack on Titan benar-benar menjadi sorotan penggemar sedunia, karena ceritanya yang epic, kompleks, dan bisa membuat emosi penonton ikut terhanyut. Berawal dari Eren Yeager yang tempat tinggalnya tiba-tiba diserang Titan dan membuat kota hancur. Tembok yang menjadi pelindung umat manusia, misteri Titan yang rumit serba clueless, dan kekacauan yang terjadi membuat Eren bertekad untuk membasmi Titan. Ia bersama teman karibnya, Mikasa dan Armin, akhirnya bergabung dengan Tim Penyelidik dan pergi ke luar tembok untuk mencari jawaban.

attack
Shonen Magazine (Sumber foto: voi.id)

Akhir cerita yang ada pada bab 139 disebut sebagai happy ending, walaupun dari awal manga ini cukup mempunyai nuansa yang kelam dan penuh aksi brutal. Di akhir chapter Eren akan menceritakan apa yang terjadi selama ini kepada Armin lewat alur flashback, karena sebelumnya pembaca sangat digantung oleh bagaimana nasib Eren yang terjadi pada chapter sebelumnya.


Baca juga: Ini Perbedaan Shonen dan Shoujo pada Manga


Ending dari Attack on Titan benar-benar menimbulkan reaksi yang besar oleh penggemarnya di seluruh dunia. Pada Jumat, 9 April lalu, Eren Yeager, Levi Ackerman, hashtags #ThankyouIsayama, memenuhi daftar trending topic di Twitter. Berbagai reaksi dari penggemar diluapkan, dari respon positif, dan ada juga yang kecewa karena dilihat terlalu hambar, serta malah menimbulkan banyak pertanyaan.

Dikutip dari Anime News Network, awalnya Isayama berencana untuk memberikan ending yang tragis. Namun karena respons positif begitu besar terhadap manga dan anime ini, membuat Isayama mempertimbangkan untuk mengubah akhir cerita, dikarenakan dampak yang dapat ditimbulkannya terhadap para penggemar.

Walaupun begitu, perasaan campur aduk penggemar telah membuat sukses Attack on Titan. Selain manga, anime-nya juga masih akan dilanjutkan dan masih ditunggu-tunggu penggemar, serta akan dibuat ke dalam live action versi Hollywood.

Pada kampung halaman Isayama di Hita, Prefektur Oita, ada museum yang didedikasikan untuk 11 tahun Attack on Titan juga lho! Bernama Attack on Titan in HITA Museum, dipamerkan gambar asli Isayama, karya-karyanya, ketika masih muda, dan dapat melihat patung titan raksasa seperti yang kamu lihat di manga maupun anime-nya (Merahputih.com, 30/03/21).

attack
Museum Attack on Titan (Sumber foto: re-how.net)

Petualangan yang menegangkan, heroik, serta banyak dibumbui pengkhianatan, politik, konspirasi, hingga sejarah lama, sukses membuat manga ini telah terjual sebanyak lebih dari 100 juta kopi dalam bentuk cetak di seluruh dunia, dan membuatnya menjadi salah satu seri manga terlaris sepanjang sejarah (Crunchyroll, 07/04/20).

Masih banyak penghargaan lainnya yang diterima atas suksesnya Attack on Titan. Terakhir pada Winter 2021 Anime Awards yang membawa Attack on Titan: Final Season menjadi pemenang Genre Favorite Action or Adventure, serta menduduki peringkat ke-4 Top 10 Anime of the Season.

Kelanjutan bagian kedua dari anime Attack on Titan: Final Season, yaitu episode ke-76, dikabarkan akan hadir pada musim dingin 2022 mendatang. Anime yang sering mendapatkan nilai sempurna pada IMDB ini keseluruhan sudah mempunyai 5 season. Buat kamu yang mau tonton keseruan Attack on Titan, bisa tonton secara legal lewat iQiyi, Netflix, atau Viu.


Baca juga: Komik One-Shot Seru yang Harus dikoleksi


Coba juga baca versi komiknya yang nggak kalah seru! Elex Media Komputindo telah menerbitkan hingga 29 volume berbahasa Indonesia lho. Terakhir, volume ke-29 sudah terbit sejak Maret 2021 lalu, dan langsung ludes dicari para Grameds. Yuk, baca dan beli sekarang di Gramedia.com.

AttackBeli dan Koleksi Sekarang!

AttackBeli dan Koleksi Sekarang!

Manga spin-off parodi bergenre komedi yang berjudul Attack on Titan: Junior High (進撃!巨人中学校 Shingeki! Kyojin Chūgakkō) juga ada di Gramedia.com lho! Spin-off tersebut mengisahkan tentang para karakter utama yang bertarung melawan para Titan di bangku SMP.

AttackBeli dan Koleksi Sekarang!

Kamu masih bisa beli dan koleksi komik Attack on Titan lainnya dengan klik di sini ya.<<<

Dan selama bulan April Gramedia.com juga ada flash sale setiap harinya. Jangan sampai ketinggalan diskon menarik ini ya.

promoKlik untuk Ikutan Flash Sale!

Salam shinzo wo sasageyo!


Sumber foto header: kincir.com