Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

5 Alasan Kenapa Anak Harus Dibiasakan Membaca Sejak Dini

5 Alasan Kenapa Anak Harus Dibiasakan Membaca Sejak Dini

Penelitian Programme for International Students Assessment atau PISA menunjukkan bahwa Indonesia berada di peringkat ke-62 yang rendah minat bacanya dari survei di 72 negara. Padahal, buku memiliki andil lebih besar dari sekadar pandai membaca.

Kebanyakan orang tua akan berpikir kapan saat yang tepat untuk mengenalkan buku pada anak. Sesungguhnya jawaban yang paling tepat adalah sedini mungkin. Hal ini menjadi penting agar anak terbiasa untuk merasakan dan melihat keberadaan buku selain mendengarkan cerita di dalamnya. Kebiasaan ini yang kemudian akan menuntun anak menjadi senang membaca.

Sebenarnya apa saja keuntungan jika anak dibiasakan membaca sejak dini?

5 Alasan Kenapa Anak Harus Dibiasakan Membaca Sejak Dini

1. Menambah Kosakata Anak

Membaca menjadi alternatif yang cocok untuk mengenalkan banyak kosakata kepada anak, karena dengan membaca, mereka perlahan mengerti makna dan konteks dari sebuah kata.

Selain itu, tidak dapat dipungkiri bahwa anak akan mewarnai tiap celotehannya dengan kosakata yang kian beragam yang dia dapat dari buku-buku yang dibaca.

2. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman

Memahami kalimat nyatanya memang susah-susah gampang. Anak perlu dilatih sejak dini agar kemampuan untuk memahami dapat terasah dengan baik.

Selain memahami kata demi kata, ia juga dapat memahami pelajaran baik yang ada dalam cerita yang ia baca. Belajar memahami juga akan melatih anak untuk tidak malas mengidentifikasi apa yang orang lain katakan.

3. Menentukan Pola Pikir Anak

Meski masih dini, mengajarkan anak agar memiliki pola pikir yang dewasa adalah hal yang penting. Pola pikir ini dalam artian mampu mengatasi persoalan tanpa menyakiti orang lain.

Pola pikir ini akan menjadi bekal sampai kelak ia dewasa. Biasanya, dalam buku cerita terdapat pelajaran hidup yang mendidik anak untuk membentuk sikapnya, seperti rajin menabung, tidak berbohong, rajin sedekah, dan lain sebagainya.


Baca juga: 15 Buku Parenting Wajib Baca untuk Orang Tua Zaman Now


4. Meningkatkan Daya Imajinasi Anak

Membaca memerlukan daya imajinasi, terutama untuk bacaan yang berbentuk narasi. Jika anak terlatih untuk memiliki daya imajinasi yang tinggi, hal ini akan berbanding lurus dengan kecerdasan yang tinggi pula.

Hal ini karna imajinasi dipercaya dapat merangsang perkembangan syaraf otak anak. Hal baik lainnya, kegemaran anak akan membaca dapat membentuk daya imajinasi yang tinggi. Tidak menutup kemungkinan jika si anak kelak akan menjadi penulis karena bakatnya yang terasah sejak dini.

5. Melatih Kepandaian Berkomunikasi

Bahasa merupakan alat komunikasi yang paling fundamental, dan anak-anak yang rajin membaca secara tidak langsung akan terbiasa melihat struktur kalimat yang baik, juga kosakata yang beragam.

Hal ini akan berbanding lurus dengan cara mereka berbicara untuk menjelaskan sesuatu dengan lebih baik dibanding anak seusianya yang kurang membaca.


Baca juga: Mengajarkan Anak Bahasa Inggris dengan Cara yang Menyenangkan


Nah, itu dia beberapa alasan yang harus dipertimbangkan dalam mengenalkan anak pada buku sedini mungkin. Bermain gadget bukan berarti salah, namun akan lebih baik jika tetap diimbangi dengan kebiasaan membaca buku.

Lalu, bagaimana jika kita menggabungkan keduanya? Melalui e-book yang tersedia di aplikasi Gramedia Digital, kini orang tua bisa segera menemani anak bermain gadget sambil membaca.

Berikut Admin rekomendasikan buku cerita rakyat yang amat baik untuk dibacakan bersama anak, karena nilai budi pekerti luhur dan pesan moral di dalamnya yang bisa ditanamkan.

5 Rekomendasi Buku Cerita Rakyat

1. Seri Cerita Rakyat 34 Provinsi: Batu Menangis

Cerita rakyat asal Kalimantan Barat ini memberikan pesan moral pada anak untuk menghormati dan menyayangi orang tua, serta tidak menyakiti hatinya. Menceritakan tentang Darmi yang hidup hanya bersama ibunya. Ibunya bekerja sekuat tenaga ke ladang setiap hari demi memenuhi kebutuhan keluarga. Sayang, Darmi yang memiliki paras jelita seringkali malas-malasan dan enggan membantu ibunya bekerja.

bukuBeli dan Baca Bukunya di Sini!

Pada suatu hari, Darmi dan ibunya pergi ke pasar. Namun, Darmi tak mau berjalan beriringan dengan ibunya, ia menyuruh untuk ibunya berdiri mengikuti di belakang Darmi. Darmi beberapa kali bertemu dengan teman-temannya dan menanyakan siapa orang di belakangnya. Tak disangka, Darmi tak menyebut bahwa ia adalah ibunya, namun mengatakan jika itu dayangnya. Sontak ibu Darmi begitu sedih mendengar perkataan anak kesayangannya itu.

Tiba-tiba, cuaca menjadi mendung disertai petir, dan sesuatu terjadi pada Darmi. Apa yang terjadi pada Darmi setelah itu? Akankah dia sadar akan kelakuan buruknya? Cerita ini memperlihatkan pula bahwa doa orang tua begitu mustajab.

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!

2. Seri Cerita Rakyat 34 Provinsi: Legenda Pulau Senua

Legenda Pulau Senua memiliki pesan moral untuk menjauhi sifat yang sombong dan kikir, serta harus saling tolong menolong. Cerita ini tentang pasangan suami istri yang sangat miskin bernama Baitusen dan Mai Lamah. Mereka pun merantau demi bisa hidup lebih baik. Di tempat baru, mereka hidup bahagia bersama para tetangga.

bukuBeli dan Baca Bukunya di Sini!

Dengan kerja keras, mereka akhirnya pun menjadi kaya raya. Sayang, kekayaan hanya membuat mereka lupa diri dan menjadi sombong. Kehidupan mewah membuat mereka jadi pelit dan tak lagi mau bergaul dengan tetangganya.

Hingga suatu hari ketika Mai Lamah hamil dan membutuhkan bantuan, tak ada tetangga yang mau membantunya karena sakit hati oleh ucapan yang pernah Mai Lamah katakan. Lalu, apa yang terjadi pada Mai Lamah kemudian? Mengapa dia tak mau lepas dari hartanya?

3. Seri Cerita Rakyat 34 Provinsi: Bujang Katak

Bujang Katak hanyalah pemuda miskin yang berparas seperti katak. Meskipun begitu, ia tak pernah rendah diri, sifatnya juga begitu baik hati, hingga membuat orang-orang menyukainya. Bahkan, ia tak malu untuk melamar putri raja.

bukuBeli dan Baca Bukunya di Sini!

Jika ingin menikahi putri raja, ia diberikan syarat untuk membuat jembatan emas hanya dalam waktu satu minggu oleh sang raja. Bagaimana pemuda miskin ini mampu membuat jembatan emas? Ternyata, Bujang Katak tak pernah menyerah. Ia selalu yakin dan terus berdoa untuk diberikan jalan oleh Tuhan.

Akankah Bujang Katak berhasil? Cerita rakyat yang berasal dan Bangka Belitung ini mengajarkan anak-anak untuk selalu percaya diri dan tidak menyerah. Tidak ada salahnya untuk memiliki cita-cita yang tinggi, asalkan selalu berusaha dan berdoa, kelak impian akan tercapai. Cerita ini juga mengingatkan untuk jangan menilai orang hanya dari penampilan fisiknya saja.

4. Seri Cerita Rakyat 34 Provinsi: Terompah Sultan Gajadean

Sultan Gajadean turun ke bumi untuk mengunjungi kakaknya, Sultan Jafar Nur. Tak lama, kakak iparnya tersebut meminta untuk ia tinggal di bumi dan memimpin rakyat Tobelo. Daerah Tobelo pun menjadi makmur dan selalu mengirim upeti yang melimpah.

bukuBeli dan Baca Bukunya di Sini!

Pada suatu hari, Sultan Gajadean kehilangan terompahnya yang dihiasi batu permata. Sultan Gajadean menuduh jika kakak iparnya lah yang mencuri terompah berharganya. Sultan Gajadean tak berani langsung bicara pada Sultan Jafar Nur, namun ia memilih untuk langsung balas dendam.

Pada saat mengirim upeti, Sultan Gajadean mengganti isinya dengan sampah. Sontak Sultan Jafar Nur menjadi murka. Apa yang terjadi kemudian? Akankah Sultan Gajadean berhasil menaklukkan kemarahan Sultan Jafar Nur? Cerita dari Maluku Utara ini mengajarkan anak untuk tidak gegabah dalam membuat keputusan dan jangan menaruh dendam, karena dendam tak menyelesaikan masalah, namun hanya akan menimbulkan masalah baru.

5. Seri Cerita Rakyat 34 Provinsi: Pangeran Amat Mude

Raja dan ratu yang sudah lama tak dikaruniai anak, akhirnya sang ratu melahirkan anak laki-laki yang tampan dan cerdas. Anak itu bernama Amat Mude, dan ketika berusia 10 tahun ayahnya meninggal dunia. Karena ia masih belia, tahta kerajaan pun digantikan oleh pamannya, adik sang ayah, hingga usia Amat Mude cukup untuk memimpin rakyat.

bukuBeli dan Baca Bukunya di Sini!

Lama kelamaan, pamannya jadi lupa diri. Ia membuat Amat Mude dan ibunya tertinggal di hutan dan jauh dari kerajaan. Suatu ketika, ia kaget jika Amat Mude masih hidup dan tumbuh dewasa. Pamannya yang licik memberikan syarat yang mustahil jika Amat Mude ingin kembali mengambil tahtanya.

Akankah Pangeran Amat Mude berhasil melaksanakan syarat dari pamannya itu? Bagaimana dengan tiga makhluk mengerikan yang menghadangnya di laut? Sifat Amat Mude yang penyabar, tidak manja, dan rajin berdoa serta berusaha, bisa menjadi teladan untuk anak-anak, agar senantiasa tabah jika mendapatkan musibah.


Baca juga: Tips Membacakan Anak Buku Cerita agar Manfaatnya Lebih Maksimal


Kelima cerita rakyat tersebut bisa dibaca melalui aplikasi Gramedia Digital dan bisa juga membeli buku fisiknya melalui Gramedia.com. Buku ini juga diceritakan dalam dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan Inggris, sehingga bisa mengajarkan anak pada bahasa Inggris pula.

Agar kegiatan membaca semakin menyenangkan, mari ajak si kecil untuk menggunakan aplikasi BOOKR Class yang membuat buku-buku cerita di atas jadi animasi bergerak dan memiliki games di akhir cerita!

BOOKR Class adalah aplikasi e-book interaktif (audio-visual book) untuk mengajarkan anak bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan, lewat berbagai cerita mendunia yang bergerak, disertai narator dari native speaker, dan dilengkapi berbagai games edukatif. Tak hanya lima cerita rakyat di atas yang masuk dalam koleksi pustaka BOOKR Class, karena masih tersedia ribuan cerita asal Indonesia maupun mancanegara lainnya.

BOOKR Class yang merupakan aplikasi dari Hungaria ini, juga sudah mendapatkan predikat “outstanding” oleh Education Alliance Finland (EAF), sebagai produk teknologi pendidikan yang memenuhi standar internasional tertinggi. Jadi, ini saatnya mengajak anak-anak kita tercinta berkenalan dengan dunia literasi dan mengembangkan kemampuannya berbahasa Inggris melalui BOOKR Class, yang sudah mendapatkan predikat dari negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia!

Masih penasaran dengan apa itu BOOKR Class? Coba cek lebih lengkap di sini ya! ⤵️

| Mendongeng dan Mengajari Anak Bahasa Inggris Lewat E-Book Animasi Interaktif di BOOKR Class |

BOOKR Class kini sudah bisa diunduh melalui smartphone maupun PC. Untuk yang sudah penasaran dengan serunya BOOKR Class, langsung download sekarang di bawah ini!

Download BOOKR Class Sekarang!

  1. Google Play: https://tinyurl.com/GooglePlayBOOKRClass
  2. App Store: https://tinyurl.com/BOOKRClassAppStore
  3. Microsoft Store: https://tinyurl.com/BOOKRClassMicrosoftStore
  4. Mac App Store: https://tinyurl.com/BOOKRClassMacAppStore

Sumber foto header: Unsplash.com


Almira R. Natasya

Almira R. Natasya

Digital Content Officer Gramedia Digital

Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus