Alasan Kenapa Anak Harus Dibiasakan Membaca Sejak Dini

Alasan Kenapa Anak Harus Dibiasakan Membaca Sejak Dini

. 2 min read

Penelitian Programme for International Students Assessment atau PISA menunjukkan bahwa dari 72 negara yang di survey, Indonesia berada di peringkat ke-62 yang rendah minat bacanya. Padahal, buku memiliki andil lebih besar dari sekedar pandai membaca.

Kebanyakan orangtua akan berpikir kapan saat yang tepat untuk mengenalkan buku pada anak. Sesungguhnya jawaban yang paling tepat adalah sedini mungkin.

Hal ini menjadi penting agar anak terbiasa untuk merasakan, dan melihat keberadaan buku selain mendengarkan cerita di dalamnya. Kebiasaan ini yang kemudian akan menuntun anak menjadi senang membaca.

Sebenarnya apa saja keuntungan jika anak dibiasakan membaca sejak dini? Berikut, Gramedia.com sudah siapkan lima penjelasannya.

Membiasakan
Sumber: Unsplash.com

1. Menambah kosa kata anak

Membaca menjadi alternatif yang cocok untuk mengenalkan banyak kosakata kepada anak, karena dengan membaca, mereka perlahan mengerti makna dan konteks dari sebuah kata.

Selain itu, tidak dapat dipungkiri bahwa anak akan mewarnai tiap celotehannya dengan kosakata yang kian beragam yang dia dapat dari buku-buku yang dibaca.

2. Meningkatkan kemampuan pemahaman

Memahami kalimat nyatanya memang susah-susah gampang. Anak perlu dilatih sejak dini agar kemampuan untuk memahami dapat terasah dengan baik.

Selain memahami kata demi kata, ia juga dapat memahami pelajaran baik yang ada dalam cerita yang ia baca. Belajar memahami juga akan melatih anak untuk tidak malas mengidentifikasi apa yang orang lain katakan.

3. Menentukan pola pikir anak

Meski masih dini, adalah penting untuk mengajarkan anak agar memiliki pola pikir yang dewasa, dalam artian mampu mengatasi persoalan tanpa menyakiti orang lain.
Pola pikir ini akan menjadi bekal sampai kelak ia dewasa, terutama ji dalam cerita dengan pelajaran hidup yang mendidik anak untuk membentuk sikapnya, seperti rajin menabung, tidak berbohong, rajin sedekah, dan lain sebagainya.


Baca juga:


4. Meningkatkan daya imajinasi anak

Membaca memerlukan daya imajinasi, terutama untuk bacaan yang berbentuk narasi. Jika anak terlatih untuk memiliki daya imajinasi yang tinggi, hal ini akan berbanding lurus dengan kecerdasan yang tinggi pula.

Hal ini karna imajinasi dipercaya dapat merangsang perkembangan syaraf otak anak. Hal baik lainnya, kegemaran anak akan membaca dan terbentuk untuk memiliki daya imajinasi yang tinggi, tidak menutup kemungkinan jika si anak akan menjadi penulis di kemudian hari karena bakatnya yang terasah sejak dini.

5. Melatih kepandaian berkomunikasi

Bahasa merupakan alat komunikasi yang paling fundamental, dan anak-anak yang rajin membaca secara tidak langsung akan terbiasa melihat struktur kalimat yang baik, juga kosakata yang beragam.

Hal ini akan berbanding lurus dengan cara mereka berbicara untuk menjelaskan sesuatu dengan lebih baik dibanding anak seusianya yang kurang membaca.


Nah itu dia beberapa alasan yang harus dipertimbangkan. Bermain gadget bukan berarti salah, namun akan lebih baik jika tetap diimbangi dengan kebiasaan membaca buku.


Sumber foto header: Unsplash.com