Mengajarkan Anak Bahasa Inggris dengan Cara yang Menyenangkan

Mengajarkan Anak Bahasa Inggris dengan Cara yang Menyenangkan

. 6 min read

Di zaman modern dengan perkembangan teknologi yang pesat, penting sekali untuk kita bisa menguasai bahasa Inggris, baik untuk memperluas wawasan dan mendapatkan informasi, hingga kesempatan karier dan networking yang terbuka lebar. Apalagi, bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang digunakan dalam berbagai bidang.

Di masa yang akan datang, tentunya bahasa Inggris masih menjadi salah satu skill yang wajib dikuasai. Maka dari itu, banyak orang tua yang mulai mengajarkan anak bahasa Inggris sejak dini. Mulai dari berbicara sehari-hari menggunakan bahasa Inggris, membaca buku atau menonton acara berbahasa Inggris, dan lain sebagainya.

Dalam acara Virtual Talk Show “Cara Belajar Bahasa Inggris yang Fun untuk Anak” pada Senin, 14 Februari 2022 lalu, yang tayang pada channel YouTube Gramedia Digital, Kompas TV, Kompas.com, Tribunnews, dan Kompasiana, salah satu pembicaranya yaitu Ibu Arleen A., penulis buku anak best seller, mengatakan bahwa otak anak di masa emasnya sama seperti spons yang sangat mudah menyerap segala hal. Maka dari itu, mengajari anak bahasa Inggris sejak dini akan lebih mudah dan cepat dikuasai anak.

Kemampuan Bilingual yang Mampu Melatih Otak Anak

Timothy Marbun, salah satu News Anchor kenamaan di Kompas TV, mengatakan bahwa penting sekali untuk menguasai beberapa bahasa, apalagi untuk anak-anak. Hal ini karena mampu melatih otak mereka dalam switching memory dan anak-anak mempunyai kemampuan menyerap bahasa yang sangat baik.

Inilah yang dirasakan pula pada masa kecil Timothy, di mana ia sudah dibiasakan untuk menggunakan bahasa Inggris sejak kecil di keluarganya. Masa kecilnya yang harus berpindah dari Aceh ke Amerika, dan kembali lagi ke Aceh pun membiasakan otaknya untuk menguasai dua bahasa sekaligus.

Lalu, bagaimana untuk melatih bahasa Inggris pada anak? Beliau mengatakan cara terbaik belajar bahasa adalah menggunakannya atau menerapkannya di kehidupan sehari-hari. Namun, hanya menggunakan bahasa Inggris sehari-hari saja tidak cukup, karena kita tetap harus melatihnya. Salah satunya lewat membaca buku bahasa Inggris.

Dahulu, Timothy kerap kali memilih buku berbahasa Inggris demi menjaga kemampuan bahasa Inggrisnya agar tidak hilang. Sama seperti anak-anak, kita harus bisa menjaga kemampuan mereka dalam berbahasa, yang bisa dilakukan lewat buku.

warehouse
Berlangsungnya Acara Virtual Talkshow "Cara Belajar Bahasa Inggris yang Fun untuk Anak" #KolaborasiTanpaBatas

Mengenalkan Buku pada Anak Sejak Dini

Buku berperan besar dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak, terutama dalam meningkatakan kosa katanya. Otaknya pun akan terlatih dalam kemampuan kognitifnya, seperti kemampuan berpikir kreatif, pemecahan masalah, dan melatih daya ingat.

Ibu Arleen mengatakan, orang tua harus mengenalkan anak pada buku sejak dini (bahkan kalau bisa sejak dalam kandungan), bukan saat mereka mulai bisa membaca. Caranya dengan kita yang membacakan mereka buku (read aloud) sambil menunjuk pada setiap kata dan huruf. Dengan begitu, otak anak yang saraf berbahasanya sedang berkembang, langsung bisa mengetahui bahwa huruf “B” dibaca “BE”, kata “AKU” dibaca “A-KU”.

Beliau menjelaskan kembali bahwa mengajari anak baca bukan hanya disuapi mengenal huruf, cara membaca, dan mereka harus menghafalnya, tapi kita yang harus membiasakan otaknya sejak dini untuk menganalisa, menemukan pola, dan mencari solusi. Nah, dengan membacakan anak buku sejak dini, otak mereka pun mudah mengenal bahasa dan otak yang membuat koneksinya sendiri dalam mengenal huruf dan kata.

Buku harus diperkenalkan sedini mungkin, meskipun anak belum bisa membaca. Membaca itu harus diperkenalkan orang tuanya sejak dini, bukan menunggu anak untuk bisa membaca dulu.” -Ibu Arleen A.

Cara Menumbuhkan Minat Baca Anak

Timothy berbagi kebiasaannya pada sang buah hati, di mana ia selalu mengikuti keinginan dan kesukaan anak ingin membaca buku apa. Jadi, bukan kita yang menyuapi harus membaca buku A atau B, tapi biarkanlah mereka yang memilih sendiri buku apa yang mereka inginkan.

Sebab, rasa ingin tahu anak yang besar ini sangat baik, dan tinggal kita sebagai orang tua yang bisa mengarahkannya pada sesuatu yang bermanfaat untuk dia kelak. Salah satunya membantu mereka menemukan jawaban atas apa yang mereka ingin tahu lewat sebuah buku.

Yang harus ditumbuhkan adalah minat bacanya, bukan kita yang menyuruh mereka untuk harus membaca sesuatu. Inilah bagaimana kita yang menjaga minat bacanya selalu ada hingga dewasa.” -Timothy Marbun

Tak Hanya Buku Fisik, E-Book Bisa Menjadi Alternatif Bacaan Anak

Anak-anak kini tumbuh dalam perkembangan teknologi yang super cepat. Kini mereka hidup berdampingan dan sudah terbiasa dengan gadget. Tak ayal kini banyak anak-anak yang lebih menyukai bermain gadget. Sebagai orang tua, Timothy merasakan hal yang sama, namun bagaimana ia membuat gadget sebagai hal yang tetap bermanfaat bagi anaknya.

Timothy memperkenalkan anaknya dengan aplikasi BOOKR Class, di mana tersedia ratusan e-book bahasa Inggris interaktif yang tak hanya memperlihatkan gambar statis, tapi bergambar animasi yang bergerak dan bersuara. Anak-anaknya begitu tertarik dalam membaca buku pada aplikasi ini, terlebih karena koleksi bukunya yang beragam, dan memudahkan orang tua dalam mengajak anak belajar bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan.

Di setiap akhir cerita, akan ada kuis dan games interaktif yang berkaitan dengan cerita yang sudah dibaca. Timothy yang terbiasa memancing obrolan bersama anak ketika membaca buku, kini terbantu dengan adanya kuis yang sudah disiapkan, sehingga orang tua tinggal mengajaknya untuk menjawab, dan terjadi interaksi antara orang tua dan anak melalui kuis tersebut. Hal ini juga bisa meningkatkan konsentrasi anak, lho.

Yang biasanya kita harus mikir nanya apa ke anak terkait bukunya, nah sekarang kita yang udah disiapin. Membantu kita untuk berinteraksi ke anak, dan anak pada bukunya, jadi anaknya pun lebih semangat dalam mengetahui isi ceritanya” -Timothy Marbun

#KolaborasiTanpaBatas antara Gramedia Digital x BOOKR Class

Virtual talk show yang dilaksanakan kemarin diadakan dalam rangka soft launching dari kolaborasi Gramedia Digital bersama aplikasi BOOKR Class yang berasal dari Hungaria.

Gramedia Digital berusaha untuk terus memberikan layanan terbaik yang dibutuhkan konsumen, salah satunya BOOKR Class ini yang bisa membantu orang tua untuk mengajak anaknya membaca buku sambil belajar bahasa Inggris, dengan cara yang menyenangkan.

Bagus M. Adam selaku Head of Digital Content Management Gramedia Digital mengatakan bahwa pada tahun 2020, di mana pandemi mulai menggeliat, jumlah akses pada e-book naik secara signifikan. Orang yang mengakses buku digital lebih banyak dan naik hingga empat kali lipat.

Beliau juga sadar bahwa kali ini banyak anak-anak yang mulai menguasai gadget. Inilah yang menjadi dasar Gramedia Digital bekerja sama dengan BOOKR Class, yaitu untuk memberikan buku-buku digital anak terbaik dan menarik, yang membuat anak senang untuk membaca, meningkatkan minat bacanya, dan mampu jadi wadah mereka belajar bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan, yang tentunya sangat memudahkan orang tua.

Kelebihan BOOKR Class pada Buku Digitalnya yang Interaktif

Aplikasi ini dibuat langsung oleh para pendidik berpengalaman, bahkan BOOKR Class sudah mendapatkan predikat “outstanding” atau luar biasa oleh Education Alliance Finland (EAF) sebagai produk teknologi pendidikan yang memenuhi standar internasional tertinggi.

BOOKR Class adalah aplikasi untuk mengajarkan anak berbahasa Inggris melalui story telling, di mana ada ratusan buku digital yang memberikan pengalaman membaca yang berbeda, yaitu lewat gambar ilustarasi yang bergerak, dilengkapi dengan narasi voice over dari native speaker dan text highlight.

Setiap buku dilengkapi juga dengan educational games yang akan meningkatkan kemampuan anak dalam vocabulary, grammar, juga untuk skill development dan memberikan pengalaman membaca yang lebih menyenangkan. Tak hanya buku, tapi ada juga flash cards dan lagu-lagu untuk berkaraoke, yang akan meningkatkan kemampuan anak dalam speaking, listening, dan melatih pronouncation berbahasa Inggris.

Koleksi buku yang ada dalam BOOKR Class juga sangat bervariasi dan sangat menarik. Banyak cerita-cerita dari berbagai negara dengan topik, genre, dan gaya penceritaan yang beragam, memperlihatkan pada anak-anak keanekaragaman budaya di dunia.

BOOKR Class bekerja sama dengan penerbit dari Oxford University Press dan Edutainment Licensing dari Inggris, Blue Apple Books dan Albert Whitman & Co dari Amerika, Moomin dari Finlandia, White Star Kids dari Italia, dan tentunya Gramedia dari Indonesia. Buku-buku dari Indonesia pun hadir menghiasi pustaka BOOKR Class, termasuk buku anak dari karya Ibu Arleen A., seperti seri Dongeng Karakter Baik untuk Anak. Jadi, cerita-ceritanya pun akan terasa lebih relate dengan kita.

Anna Boldog selaku Head of Customer Success BOOKR Class, mengatakan dengan beragamnya konten yang tersedia, anak tak hanya belajar bahasa Inggris melalui buku cerita, tapi mereka juga mempelajari sejarah, sains, meningkatkan kemampuan berpikir kreatif, dan mempelajari banyak pengetahuan yang lainnya. BOOKR Class juga sudah digunakan di berbagai belahan dunia, baik untuk orang tua di rumah, maupun para guru di berbagai sekolah.

Jika kamu masih penasaran dengan BOOKR Class, kamu bisa membacanya lebih lanjut di artikel berikut >>> Mendongeng dan Mengajari Anak Bahasa Inggris Lewat E-Book Animasi Interaktif di BOOKR Class

Jika kamu seorang guru yang ingin mengajarkan anak berbahasa Inggris dengan mudah, kamu bisa ketahui kelebihan dari BOOKR Class di sini >>> BOOKR Class, Aplikasi yang Memudahkan Guru Mengajar Bahasa Inggris

Acara Virtual Talkshow “Cara Belajar Bahasa Inggris yang Fun untuk Anak” dalam rangka soft launching #KolaborasiTanpaBatas antara Gramedia Digital, layanan pembelian dan aplikasi membaca buku digital terbesar di Indonesia, dengan BOOKR Class, aplikasi belajar bahasa Inggris asal Hungaria, yang berisi ratusan buku digital interaktif untuk anak-anak usia 4-14 tahun, dapat kalian tonton kembali di bawah ini.

Jika kalian tertarik menggunakan BOOKR Class, segera download aplikasinya berikut ini.

Download BOOKR Class Sekarang!

  1. Google Play: https://tinyurl.com/GooglePlayBOOKRClass
  2. App Store: https://tinyurl.com/BOOKRClassAppStore
  3. Microsoft Store: https://tinyurl.com/BOOKRClassMicrosoftStore
  4. Mac App Store: https://tinyurl.com/BOOKRClassMacAppStore

Kamu bisa menanyakan lebih lanjut mengenai BOOKR Class dan cara berlangganannya lewat chat WhatsApp Customer Service Gramedia Digital dengan klik di sini atau melalui email ke partner@gramedia.id.

Ini saatnya mengajari si kecil bahasa Inggris dengan cara yang lebih menyenangkan lewat BOOKR Class! ❤️

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber foto header: Unsplash