Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Rekomendasi Novel Metropop Terbaru untuk Isi Waktu Luangmu

Rekomendasi Novel Metropop Terbaru untuk Isi Waktu Luangmu

Butuh bacaan ringan dengan cerita yang realistis? Jika iya, maka kamu harus coba baca novel Metropop! Genre fiksi Metropop mulai populer sejak tahun 2010-an awal dan kini genre tersebut kembali menjadi tren di kalangan pembaca buku.

Mungkin kamu pernah mendengar nama penulis Ika Natassa, Ilana Tan, dan Almira Bastari, mereka adalah penulis yang terkenal dengan novel fiksi Metropop. Genre ini berawal dari buku-buku fiksi Chicklit, yakni cerita yang mengisahkan kehidupan perkotaan dengan tokoh berusia 20-30 tahun. Cerita yang diangkat dalam fiksi Metropop tidak jauh dari kisah masyarakat perkotaan, seperti percintaan, karier, dan romantismenya.

Kisahnya yang realistis dan dekat dengan kehidupan sehari-hari, membuat cerita Metropop mudah dicerna oleh pembaca. Maka dari itu, fiksi Metropop cocok untuk dibaca di waktu luang, kala merehatkan pikiran sejenak.

Nah, Admin punya rekomendasi novel-novel dengan genre Metropop yang bisa kamu masukan ke book wishlist atau To Be Read (TBR) berikutnya. Yuk, kita simak bersama!

Rekomendasi Novel Metropop Terbaru

1. Home Sweet Loan - Almira Bastari

Berkisah tentang empat orang teman dengan problema kehidupan di usia 31 tahun. Mereka berteman sejak SMA dan kini bekerja di perusahaan yang sama, meskipun dengan nasib yang berbeda. Mereka juga memiliki latar belakang dan kehidupan yang berbeda. Semua itu diceritakan dalam pencarian rumah idaman mereka masing-masing.

HomeBaca Sekarang di Sini!

Kaluna yang bekerja sebagai pegawai Bagian Umum dan juga kerja sampingan sebagai model bibir ini bermimpi untuk membeli rumah sendiri agar tak lagi satu atap dengan orang tua dan keluarga kakak-kakaknya. Bayangkan saja jika harus tinggal bersama tiga kepala keluarga di satu rumah. Untuk keluar dari sana, Kaluna rela berhemat dan menabung. Namun, masalah Kaluna bertambah dengan tuntutan dari Hansa, kekasihnya.

Selain Kaluna, tiga orang lainnya juga memiliki problem-nya sendiri. Tanisha, si ibu satu anak, bermimpi untuk pergi dari apartemennya yang sempit dan membeli rumah di dekat MRT. Kamamiya yang ingin mencari apartemen yang “Instagramable” agar bisa memenuhi impiannya sebagai selebgram. Kemudian, Danan yang ingin berhenti berhura-hura dan menjalani proses pendewasaan diri.

2. Resepsi - Smita Diastri

Novel ini wajib kamu baca jika kamu masih terjebak di kisah cinta masa lalu. Kenapa? Karena kamu akan merasa relate dengan Resi, si karakter utama. Resi tiba-tiba mendapatkan undangan resepsi pernikahan dari Ranu, sang mantan pacar.

Masalahnya adalah, meski ia dan Ranu berstatus mantan pacar, mereka memiliki hubungan yang on-off selama 12 tahun. Bahkan hingga enam bulan yang lalu pun, Resi mengira ia lah yang akan menikah dengan Ranu.

BukuBaca Sekarang di Sini!

Resi kemudian mengulik kembali hubungannya dengan Ranu selama 12 tahun ke belakang. Kita dibawa ke masa lalu ketika Resi dan Ranu pertama kali bertemu hingga menjadi sepasang kekasih. Ada pula Arga, sosok laki-laki yang hadir dalam kehidupan Resi.

Buku ini juga bisa dibaca dalam versi e-book di Gramedia Digital >>> Resepsi

3. Ours - Andrindia Ryandisza

Novel Metropop kali ini mengangkat pembahasan tentang lika-liku rumah tangga. Prita dan Andi merupakan pasangan suami istri yang memiliki latar belakang yang berbeda. Sebelum menikah, mereka sudah mendiskusikan banyak hal, salah satunya mengenai anak. Mereka sepakat untuk hidup berdua sampai tua. Akan tetapi, hal itu dipermasalahkan oleh keluarga Andi yang konservatif.

BukuBeli dan Baca Sekarang!

Ibu Andi gusar karena Prita belum juga hamil sampai-sampai menyuruh Andi untuk membawa Prita ke dokter kandungan. Ia bahkan menuntut Prita untuk berhenti bekerja. Ditambah lagi ada rekan kerja Prita, yakni Kenzo, yang terang-terangan mendekatinya. Tak hanya itu, pikiran Andi semakin berantakan tatkala kedai kopinya terancam bangkrut.

Rumah tangga mereka semakin carut marut. Keduanya hanya ingin hidup bahagia berdua, tetapi orang lain selalu berusaha masuk ke dalam kehidupan mereka. Novel ini mengangkat isu childfree yang sedang booming belakangan ini. Melalui Prita dan Andi, kita diajak melihat realita dari kehidupan rumah tangga yang sebenarnya.

Buku ini juga bisa dibaca dalam versi e-book di Gramedia Digital >>> Ours


Baca juga: Ours, Kisahkan Cerita dalam Kehidupan Rumah Tangga yang Rumit


4. Semangat, Tante Sasa! - Thessalivia

Sasita, seorang wanita karier yang terbiasa hidup mandiri, tiba-tiba diminta untuk menjaga anak berusia enam tahun. Ia terpaksa harus mengorbankan hidupnya yang bebas dan kebiasaan bersenang-senang hingga malam. Semua itu demi menjaga Velisa, keponakannya sendiri.

Selama ini Velisa tinggal bersama neneknya, alias ibu Sasita, karena kedua orang tua Velisa meninggal karena kecelakaan. Sekarang, ia harus dititipkan ke Sasita karena sang nenek untuk melaksanakan ibadah Haji.

SemangatBeli dan Baca Sekarang!

Semua ini terasa tiba-tiba bagi Sasita. Awalnya ia merasa bingung dan kewalahan. Ia harus mengimbangi waktu dan tenaganya untuk bekerja dan menjaga Velisa. Belum lagi, Seno, cinta lama Sasita yang telah berkeluarga, datang kembali ke kehidupan Sasita. Namun, seiring berjalannya waktu, kehadiran Velisa membawa warna baru dalam kehidupan Sasita.

Novel Metropop ini tidak hanya mengusung tema parenting atau pola asuh, tetapi juga tentang keluarga, cinta, dan diri sendiri. Kisah Sasita dan keponakannya akan menyadarkan kita bagaimana hal kecil bisa berdampak besar dalam kehidupan kita.

Buku ini juga bisa dibaca dalam versi e-book di Gramedia Digital >>> Semangat, Tante Sasa!


Baca juga: Semangat Tante Sasa, Kisahkan Anak Kecil Pembawa Kebahagiaan


5. Saat-Saat Jauh - Lia Seplia

Novel ini bercerita tentang kisah cinta Aline dan Alex yang harus merasakan hubungan LDR. Alex harus pergi ke Kota Terik untuk mengejar cita-citanya sebagai dokter. Sedangkan Aline bertahan di Kota Teduh demi mengurus Panti Jompo J&J. Jarak di antara mereka memudarkan keyakinan dan rasa cinta mereka.

SaatBaca Sekarang di Sini!

Aline menolak ketika Alex mengajaknya untuk menikah dan pindah ke Kota Terik. Aline tak bisa meninggalkan panti jompo dan para penghuninya. Janji-janji yang mereka ucapkan dahulu kini bukan apa-apa lagi. Jarak jauh dan mimpi mereka yang berbeda pun perlahan-lahan memutuskan hubungan mereka.

Kini, mereka berusaha untuk menjalin hubungan dengan orang lain. Aline dengan Rama, sementara Alex dengan Vanesa. Namun, tiba-tiba mereka berdua bertemu kembali. Apakah keduanya akan menyelesaikan kisah lama? Atau kisah itu akan berlanjut kembali?

Buku ini juga bisa dibaca dalam versi e-book di Gramedia Digital >>> Saat-Saat Jauh

6. Hospital Cafe - Olivia Lin

Tarra memutuskan untuk membuka sebuah kafe di rumah sakit tempat Zidan bekerja. Bisa dibilang ini adalah keputusan yang besar karena Zidan sendiri adalah mantan tunangan Tarra yang sudah setahun tidak saling bertegur sapa lagi. Kafe yang dibangun Tarra banyak diminati oleh para pekerja di rumah sakit tersebut. Tak hanya itu, Zidan juga mulai mendekatinya lagi meski Tarra masih menyimpan amarah terhadap Zidan.

HospitalBaca Sekarang di Sini!

Kemudian, ada sosok Adam, seorang dokter, yang hadir dalam kehidupan Tarra. Awalnya, Adam hanya mengamati Tarra dari jauh. Namun, senyuman Tarra membuatnya merasa hangat. Adam yang pendiam juga semakin lama semakin membuat Tarra penasaran. Kini, Tarra dihadapkan oleh dua pilihan. Keberaniannya juga diuji untuk segera memutuskan pilihannya.

Buku ini juga bisa dibaca dalam versi e-book di Gramedia Digital >>> Hospital Cafe

7. The Player - Aliazalea

Novel ini adalah buku keempat dari Pentagon Series karya Aliazalea. Novel ini menceritakan tentang Hanna yang meminta bantuan Pierre untuk berpura-pura menjadi pacarnya. Hal ini dilakukan Hanna karena ia diundang ke sebuah pernikahan yang akan mempertemukannya dengan seseorang yang telah menolaknya mentah-mentah. Hanna ingin menunjukkan bahwa dirinya sudah move on, untuk itu ia meminta bantuan Pierre.

TheBeli dan Baca Sekarang!

Hanna memilih Pierre, si anak band yang playboy, karena Pierre bukanlah tipe Hanna. Pierre, yang selalu digilai wanita, tak bisa membiarkan ada satu wanita yang mengabaikannya dan malah tergila-gila dengan lelaki lain. Maka dari itu, tawaran dari Hanna pun seolah menjadi tantangan untuknya.

Buku ini juga bisa dibaca dalam versi e-book di Gramedia Digital >>> The Player

8. Selangkah Darimu - Rina Suryakusuma

Buku ini mengisahkan tentang empat orang wanita dan kisah cinta mereka masing-masing, tetapi masih berhubungan satu sama lain. Kita mulai dari Rachel, wanita lajang yang didesak ibunya untuk segera menikah karena usianya sudah cukup matang. Di sebuah acara, ia bertemu dengan Michael atau Mike yang merupakan seorang musisi dan pengisi acara di sana.

Kemudian, ada Hellen, sahabat Rachel yang menjadi ibu rumah tangga. Suaminya yang bernama Jay seringkali sibuk dan tak peduli pada Hellen dan anak mereka, Bryan. Hal itu membuat Hellen merasa kesepian.

SelangkahBeli dan Baca Sekarang!

Lalu, ada Allika yang juga sudah bersuami dan memiliki dua anak. Suami Allika, yaitu Gerard, merupakan sosok yang baik, bahkan terlalu baik. Sikap Gerard yang seperti itu lantas membuat Allika merasa bosan dengan rumah tangganya. Allika juga tidak pernah benar-benar mencintai suaminya karena mereka dijodohkan, apalagi ada orang lain yang Allika cintai.

Terakhir, ada Erin yang telah lama mencari pria untuk menjadi suaminya. Akhirnya ia bertemu dengan atasannya dan langsung terpikat dengannya. Akan tetapi, yang menjadi masalah adalah pria itu sudah memiliki istri.

Buku ini juga bisa dibaca dalam versi e-book di Gramedia Digital >>> Selangkah Darimu

9. Oh, My Baby Blue - Achi Tm

Mari berkenalan dengan Kayla Natasha, seorang motivator remaja yang sedang naik daun. Puncak kariernya terlihat di depan mata. Namun, tiba-tiba Kayla hamil. Ia memang menginginkan seorang anak, tetapi saat ini bukanlah waktu yang tepat. Sebentar lagi ia memiliki peluang untuk tampil di acara talk show bergengsi.

OhBeli dan Baca Sekarang!

Kini, Kayla harus bisa menyesuaikan diri dengan kehamilannya. Kayla merasa stres karena kehamilan ini membuat tawaran pekerjaannya diberikan kepada rivalnya. Ditambah lagi, morning sickness yang ia rasakan selama hamil. Hal itu rasanya menghancurkan semua rencana karier Kayla. Kini, ekonomi rumah tangga Kayla dan Sam pun harus mengandalkan penghasilan Sam saja.

Setelah Kayla melahirkan, ia merasa ada perubahan di fisik dan mentalnya. Ia merasa insecure dengan perubahan tubuhnya. Bersama Sam, Kayla berusaha untuk bangkit dari keterpurukan.

Buku ini juga bisa dibaca dalam versi e-book di Gramedia Digital >>> Oh, My Baby Blue

10. Jakarta Rock ‘N’ Roll - Sekar Ayu Asmara

Sepasang kekasih yang bernama Arung dan Betari, bermimpi untuk memiliki gedung pertunjukan seni di Jakarta. Namun, impian mereka terancam karena hubungan mereka yang sebenarnya terlarang. Arung telah memiliki istri bernama Kunang. Hubungan Arung dan Betari kini diketahui Kunang.

JakartaBaca Sekarang di Sini!

Arung harus memilih Betari atau Kunang. Namun, itu tidak mudah karena Arung mencintai keduanya. Sedangkan, Betari juga memiliki David yang memberikannya rasa aman dan cinta. Semua semakin rumit tatkala masa lalu antara Betari dan David mulai terkuak.

Buku ini juga bisa dibaca dalam versi e-book di Gramedia Digital >>> Jakarta Rock 'N' Roll

11. A Very Yuppy Wedding - Ika Natassa

rekomendasi
Beli dan Baca Sekarang!

Selamat datang di dunia Andrea Siregar, seorang bankir muda yang tengah meniti karir di salah satu bank terbesar di Indonesia. Kesibukan yang luar biasa menjadi hal biasa baginya.

Namun di usianya yang menginjak 29 tahun, Andrea mungkin harus mengubah prioritas, karena sekarang ada Adjie, yang akan segera menikahinya. Ketika harus memilih antara jabatan baru dan pernikahan, Andrea juga mulai menghadapi kenyataan buruk mengenai tunangannya. Apakah semua pengorbanan karir yang telah ia berikan sia-sia?

12. Rona Hidup Rona - Mila Arsjad

rekomendasi
Beli dan Baca Sekarang!

Berkisah tentang Rona, yang kembali menjadi jomlo di usianya yang ke-28 tahun, setelah mantap membatalkan pernikahan dengan tunangannya Tion. Sudah batal nikah, ditambah usia yang sudah tidak lagi muda, membuat kepanikan dari lingkungan sekitar.

Semua takut Rona akan trauma jatuh cinta. Padahal, anggapan itu sama sekali salah. Rona akhirnya jatuh cinta lagi, sejatuh-jatuhnya. Cinta memang tidak mengenal tempat, usia, maupun waktu. Tapi kenapa harus laki-laki itu yang bikin Rona jatuh cinta?

Buku ini juga bisa dibaca dalam versi e-book di Gramedia Digital >>> Rona Hidup Rona

13. Tiga Venus - Clara Ng

rekomendasi
Beli dan Baca Sekarang!

Ini cerita tentang tiga perempuan: Juli, Emily, Lies. Tiga status: ibu rumah tangga, lajang, janda. Tiga hari superburuk. Tiga keinginan dalam hati.

Apa yang terjadi selanjutnya ketika alam semesta mengabulkan kehendak mereka, menukar jiwa di tubuh yang berbeda? Juli menjadi Lies, Lies menjadi Emily, dan Emily menjadi Juli. Bagaimana ya rasanya menjalani hidup menjadi orang lain?

Buku ini juga bisa dibaca dalam versi e-book di Gramedia Digital >>> Tiga Venus


Baca juga: Rekomendasi Novel Terjemahan Asal Jepang Selain Haruki Murakami


14. Alita @ First - Dewie Sekar

rekomendasiBeli dan Baca Sekarang!

Bercerita tentang Alita yang jatuh cinta pada sahabat kakaknya, Erwin. Namun Erwin hanya menganggapnya sebagai adik. Perlahan, cinta Alita pada Erwin tumbuh bersemi, meski tersembunyi dalam hati.

Cinta tanpa tujuan memiliki, apalagi menguasai. Tapi, apakah cinta seperti ini nyata? Apakah Alita tetap mampu menggunakan akal sehat, saat akhirnya Erwin juga jatuh cinta padanya?

Buku ini juga bisa dibaca dalam versi e-book di Gramedia Digital >>> Alita @ First

15. To Tokyo to Love - Mariskova

rekomendasi
Beli dan Baca Sekarang!

Impian yang sederhana bagi Nina, adalah membina rumah tangga. Semua mimpi itu sirna ketika Ian Prayogo, tunangannya, punya affair dengan perempuan lain dan harus segera menikahinya.

Dengan hati hancur Nina pergi ke Tokyo dan berusaha menata serpihan jiwanya. Kemudian ia bertemu dengan Takung, sahabatnya di dunia maya. Namun, saat Nina sudah mampu melupakan, ia dihadapkan pada pilihan antara membangun kembali impian masa lalu, atau merajut masa depan dengan segala pilu.

Buku ini juga bisa dibaca dalam versi e-book di Gramedia Digital >>> To Tokyo to Love


Baca juga: 5 Buku yang Judulnya Bikin Baper


16. Belok Kiri Langsing - Achi TM

rekomendasi
Beli dan Baca Sekarang!

Sudah lama pacaran, nyicil rumah bersama, malah putus. Ditambah lagi, Gendis diputusin Herman dengan alasan kegemukan. Cara Gendis untuk mengobati patah hati adalah dengan makan ayam geprek.

Sampai suatu saat, ia mengetahui bahwa Dimas, pemilik warung ayam geprek langganannya, ternyata peserta maraton yang dulu pernah ia bully karena kegemukan, dan pernah menyumpahinya supaya gemuk! Semakin mengenal Dimas, Gendis merasa harus segera berbelok untuk menemukan tujuan hidupnya yang baru. Apakah ia berhasil?

Buku ini juga bisa dibaca dalam versi e-book di Gramedia Digital >>> Belok Kiri Langsing

17. Dia Tidak Boleh Tahu Aku Mencintai Dia - Vira Safitri

rekomendasi
Beli dan Baca Sekarang!

Ella sedang dirundung masalah. Daniel, bos barunya, bisa memecatnya kapan saja. Namun, ibu Daniel bisa tetap mempekerjakan Ella, asalkan gadis itu mau mengatur perjodohan Daniel dengan gadis pilihannya.

Ketika urusan pekerjaan sudah aman, masalah baru muncul. Ella menemukan rahasia besar Daniel, yang membuat skema perjodohan yang telah ia rancang seakan tak berguna.

Belum lagi Samuel tiba-tiba datang ingin memperbaiki masa lalu mereka. Ella harus menentukan pilihan: jujur tentang perasaannya sendiri, atau membiarkan dirinya terluka lebih dalam?

Buku ini juga bisa dibaca dalam versi e-book di Gramedia Digital >>> Dia Tidak Boleh Tahu Aku Mencintai Dia

18. Perempuan Bayangan - Netty Virgiantini

rekomendasi
Beli dan Baca Sekarang!

Ningrum harus menerima kenyataan bahwa seumur hidup ia tidak akan pernah menikah, karena divonis tidak bisa memiliki keturunan. Beruntung, sahabatnya mengenalkannya dengan Satria. Ia masih berduka sejak kepergian sang istri, dan berjanji tidak akan ada lagi perempuan lain di hidupnya.

Namun, ia tidak bisa menolak ketika sepupunya yang mengenalkannya dengan Ningrum untuk sekadar mengisi sepi. Apakah hubungan Satria dan Ningrum berlanjut? Apakah Ningrum berhasil membuat Satria melupakan istrinya terdahulu?

Buku ini juga bisa dibaca dalam versi e-book di Gramedia Digital >>> Perempuan Bayangan

19. Inisial K - Nara Lahmusi

rekomendasi
Beli dan Baca Sekarang!

Bagi Arimbi, menjadi bagian keluarga Kertaraja yang terpandang adalah privilege sekaligus kutukan. Meski memiliki harta dan kekayaan yang melimpah, ia tak mampu membuat cinta dan bahagia berpihak padanya.

Hingga seorang laki-laki misterius muncul dalam kehidupan Arimbi. Namun, ia tak menyadari besarnya ancaman tersembunyi pada pria yang kembali membuatnya jatuh cinta itu.

Buku ini juga bisa dibaca dalam versi e-book di Gramedia Digital >>> Inisial K


Baca juga: 12 Novel Indonesia Best Seller Selama Tahun 2021


Nah, itu dia sepuluh rekomendasi novel metropop yang bisa kamu baca untuk mengisi waktu luangmu atau sekedar “lari” dari kesibukan. Jalan ceritanya yang ringan dan realistis pasti membuat kamu merasa lebih relate ketika membaca novel metropop.

Buku-buku di atas bisa kamu dapatkan di Gramedia.com, lho! Tentunya dengan berbagai promo dan diskon menarik juga. Kamu bisa klik gambar di bawah ini untuk mendapatkan penawaran lainnya.

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber foto header: Dok. Gramedia.com

Penulis: Almanda Jazroh Hardiyanti, Albin Sayyid Agnar


Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus