Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Rekomendasi Buku Tentang Guru Dalam Rangka Hari Guru Nasional

Rekomendasi Buku Tentang Guru Dalam Rangka Hari Guru Nasional

Hari Guru Nasional ditetapkan setiap tanggal 25 November. Penetapan tanggal ini dilakukan untuk memberikan apresiasi kepada para tenaga pendidik yang tanpa lelah membimbing untuk menjadikan kita semua bangsa yang lebih baik dan lebih cerdas.

Penetapan tanggal Hari Guru Nasional dibarengi dengan lahirnya organisasi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), yang pada awalnya bernama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB). Setelah bebas dari jajahan Belanda, Persatuan Guru Indonesia mengadakan kongres Guru Indonesia. Kongres ini menghasilkan keputusan untuk menghilangkan segala perbedaan seperti status dan agama di kalangan guru. Sejak saat itu pula, guru-guru Indonesia yang sebelumnya terpecah di organisasi berbeda menjadi bersatu di PGRI. Penetapan Hari Guru pun juga akhirnya disahkan melalui utusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994

Pada perayaannya kali ini, tema yang diangkat adalah ‘Serentak Berinovasi Wujudkan Merdeka Belajar’. Dikutip dari satukanal.com (2022), tema ini memiliki makna bahwa para guru adalah ujung tombak dalam proses pendidikan generasi masa depan bangsa, serta sekaligus menjadi agen transformasi dalam proses penguatan SDM. Hal ini juga senada dengan tujuan Kemendikbudristek melalui kerangka besar Merdeka Belajar, yaitu mewujudkan profil Pelajar Pancasila untuk memperkuat SDM.

Nah dalam memperingati hari guru nasional, disini Admin ada beberapa rekomendasi buku fiksi dan nonfiksi yang menceritakan tentang betapa hebatnya seorang guru dan usahanya untuk menjadikan muridnya menjadikan siswa dan sekolahnya menjadi lebih baik. Simak artikelnya untuk tahu daftar bukunya!

Rekomendasi Buku Fiksi tentang Guru dan Pendidikan

1. Botchan

Yang pertama adalah cerita fiksi dari penulis legendaris dari Jepang yaitu Natsume Soseki. Walaupun karakternya  fiksi, namun cerita dari buku ini didasarkan dari pengalaman Natsume Soseki saat dirinya menjadi seorang guru di pedalaman Shikoku.

HariBeli Sekarang!

Novel ini bercerita tentang Botchan, seorang anak muda  yang jujur dan idealis. Dirinya ditugaskan untuk mengajar di Matsuyama, pedalaman desa Shikoku setelah lulus kuliah. Botchan menjadi guru matematika di sana. Namun, bayangannya tentang sekolah tersebut langsung hilang setelah seminggu di sana setelah melihat muridnya yang bandel dan rekan gurunya yang berperilaku aneh.

Suatu hari, Botchan diajak memancing oleh guru kepala dan guru seni. Botchan merasa janggal dengan pembicaraan mereka yang sepertinya membahas dirinya. Kejanggalan pun dirasakan dan ia mulai merasa dijebak oleh guru kepala. Botchan yang tidak terima dengan perbuatan guru kepala berencana untuk membalas tindakannya satu per satu. Dapatkah ia membalaskan dendamnya?

Botchan dalam cerita ini merupakan seorang pemberontak. Ia tidak terima dengan sistem pendidikan yang ada di sekolahnya, maka dari itu ia memberontak dari sistem sekolah tersebut agar menjunjung moral baik karena sekolah itu dipenuhi oleh orang-orang dengan moral dan sifat yang buruk.

2. Guru Aini

Novel Andrea Hirata yang satu ini merupakan surat terbuka untuk pendidikan di Indonesia. Melalui novel ini, Andrea Hirata seolah ingin menyampaikan bahwa pendidikan harusnya dapat ditempuh oleh semua orang.

HariBeli Sekarang!

Guru Aini sendiri bercerita tentang Desi, seorang anak yang bercita-cita menjadi guru matematika. Kecintaannya terhadap matematika membuatnya bertujuan menjadi guru matematika untuk memberantas kebodohan dalam mata pelajaran matematika. Walaupun sempat terhalang restu orang tua, Desi pun akhirnya menjadi seorang guru matematika dan akhirnya memilih penempatan di pelosok Sumatera yaitu Tanjung Hampar setelah bertukar penempatan dengan temannya.

Desi ditempatkan di SMA Ketumbi dan semua murid di sana takut pada matematika! Dengan tantangan seperti itu, ia tetap gigih untuk mengajar mereka semua. Ia memiliki murid bernama Aini, yang bercita-cita menjadi seorang dokter namun memiliki nilai matematika yang buruk. Ia mendaftar ke kelas Desi karena dia guru matematika paling jenius disana dan ingin sekali meningkatkan nilainya demi menjadi seorang dokter. Akankah Desi berhasil membantu Aini untuk mewujudkan cita-citanya?

3. Dua Belas Pasang Mata

HariBeli Sekarang!

Bu Guru Oishi adalah guru baru di sebuah desa nelayan yang miskin. Ia sendiri berasal dari desa pohon pinus. Sebagai orang baru di desa nelayan, muncul kehebohan karena penampilannya yang terlihat kebarat-baratan. Ia sempat dikucilkan karena penampilannya tersebut namun mau tidak mau harus tetap menghadapinya karena tidak ada guru lagi yang bisa mengajarkan mereka. Setelah bersamanya pun murid-muridnya sangat menyukai kehadirannya.

Suatu hari, perang menimpa kota Tanjung dan memporak-porandakan tempat tersebut. Akibat dari terjadinya perang tersebut merubah kehidupan Bu Oishi dan murid-murid didiknya di tahun-tahun berikutnya. Apa saja yang terjadi pada kehidupan Bu Oishi dan anak muridnya?

4. Totto-Chan

HariBeli Sekarang!

Totto-chan adalah anak yang punya rasa ingin tahu sangat besar namun rasa keingintahuannya membuat dirinya dianggap nakal dan membuatnya akhirnya dikeluarkan dari sekolah. Ibundanya pun mendapatkan sekolah baru untuk Totto yaitu Tomoe Gakuen, sekolah yang pembelajarannya dilakukan di gerbong kereta. Selain tempatnya yg unik, sekolah ini juga memiliki aturan yang unik, yaitu mereka boleh mengubah urutan pelajaran sesuai keinginan.

Orang yang menginisiasi sistem sekolah itu adalah sang kepala sekolah, Pak Kobayashi. Ia menetapkan banyak hal agar anak-anak bisa belajar sebanyak mungkin, salah satunya adalah kebebasan memilih mata pelajaran dilandasi oleh keinginan untuk memberikan anak-anak kesempatan mempelajari mata pelajaran yang diinginkan sejak dini agar saat sudah besar, ilmunya bisa diterapkan. Ia juga memastikan bahwa anak-anak memakan makanan bergizi dengan membawa makan siang dari “gunung” (sayuran) dan “laut” (ikan). Ia sangat mencintai sekolah dan ingin anak-anak muridnya menjadi secerdas mungkin. Kecintaannya pada pendidikan dapat dilihat dari caranya mengelola sekolah tersebut.

5. Mata dan Nyala Api Purba

HariBeli Sekarang!

Mata dan Nyala Api Purba merupakan buku terakhir dari Seri Mata karya Okky Madasari. Jika di buku-buku sebelumnya Matara masih menjadi seorang anak kecil, di buku ini ia sudah menjadi orang dewasa dan menjadi seorang guru biologi di sekolah dengan teknologi yang sangat maju.

Di zaman yang sudah sangat maju, sekolah pun juga menjadi sangat modern dan tidak ada lagi sistem pembelajaran di kelas seperti yang dilakukan di masa kini. Para siswa bisa berfokus untuk mengejar apa yang ingin mereka lakukan. Petualangan lain Matara dimulai saat Binar, salah satu siswanya, melakukan percobaan genetika dengan hasil luar biasa yang membawa mereka ke jutaan tahun sebelumnya. Petualangan apa sih yang dilewati oleh guru dan murid yang cerdas ini?


Baca juga: Mata dan Nyala Api Purba: Bertualang ke Masa Lalu Sekaligus Masa Depan


Rekomendasi Buku Nonfiksi tentang Guru dan Pendidikan

6. Anak Asli Asal Mappi

HariBeli Sekarang!

Buku pengalaman mengajar di Papua, tepatnya di Sekolah Dasar Taim Kabupaten Mappi, yang ditulis oleh Casper Ariandu ini merupakan buku yang sangat menarik. Buku ini menceritakan pengalamannya melalui percakapan sehari-hari dengan anak-anak murid di sana. Tidak hanya percakapannya dengan murid-murid saja, ia juga menunjukan kehidupan sosial budaya hingga politik yang ada di kota itu.

7. Teach Like Finland

HariBeli Sekarang!

Grameds pasti sering dengar tentang betapa hebatnya sistem pendidikan di Finlandia bukan? Mulai dari peniadaan ujian, pekerjaan rumah yang sangat sedikit, jam pelajaran pendek, dan masih banyak sistem lain yang jauh berbeda dengan sistem pendidikan yang kita kenal. Ternyata, hasil dari sistem pembelajaran yang itu berbuah manis karena berhasil sukses dalam tes PISA (Programme for International Student Assessment). Jadi, sebenarnya seperti apa sih para guru mengajar di Finlandia sampai muridnya cerdas sekali?

Timothy D. Walker, salah satu guru dari Amerika yang mengajar di salah satu sekolah di Helsinki, Finlandia, menceritakannya melalui buku ini. Melalui buku ini, ia menceritakan berbagai tips dan trik untuk mendapatkan suasana kelas yang menyenangkan untuk para siswa berdasarkan pengalamannya mengajar anak kelas lima SD di Finlandia. Cocok sekali untuk para guru yang ingin membuat kelasnya menyenangkan namun tetap edukatif bagi para siswa.


Baca juga: Literatur tentang Sistem Pendidikan di Finlandia dan Konsep Unik Sisu


8. Selasa Bersama Morrie

Di masa kuliahnya, Mitch Albom sangat dekat dengan Professor Morrie, dosen sosiologinya di Universitas Brandeis. Kedekatan mereka bahkan sudah seperti keluarga. Sifat Professor Morrie yang baik hati dan perhatian membuatnya sangat dekat dengan mahasiswanya, salah satunya adalah Mitch.

HariBeli Sekarang!

Enam belas tahun berlalu saat sedang menonton televisi, ia mendengar kabar kalau Professor Morrie terserang penyakit. Ia terkena penyakit Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS) yang perlahan melumpuhkan organ tubuhnya. Keduanya pun menjadi sering bertemu lagi dan setiap hari selasa, Mitch dan Professor Morrie mengadakan pertemuan setiap hari selasa yang dianggapnya seperti “kuliah privat” tentang kehidupan. ALS tidak menghentikan Professor Morrie untuk memberikan inspirasi terhadap muridnya dan berniat memberikan ilmu kehidupan sebanyak mungkin sebelum ia benar-benar meninggalkan dunia.

Buku ini merupakan buku international best-seller, yang akhirnya diadaptasi menjadi film pada tahun 1999. Filmnya disutradarai oleh Mick Jackson dan diperankan oleh Jack Lemmon dan Hank Azaria yang masing-masing menjadi Professor Morrie dan Mitch. Filmnya hanya tayang di televisi dan telah memenangkan beberapa penghargaan bergengsi.

9. Kuliah Terakhir

HariBeli Sekarang!

Randy Pausch adalah seorang dosen ilmu komputer di Universitas Carnegie Mellon. Pada 2006, ia divonis mengidap kanker pankreas dan memiliki sisa hidup yang tidak lama. Dan sebagai seorang dosen, ia berencana untuk memberikan kuliah terakhir sebelum ia meninggal untuk orang-orang yang membutuhkan terutama anak-anaknya yang masih kecil pada saat itu.

Melalui buku ini, ia mencoba memberi sebanyak mungkin ilmu-ilmu kepada pembacanya di akhir hidupnya. Ia menceritakan banyak hal inspiratif yang dapat diterapkan di kehidupan. Sebagai seorang dosen, ia memberikan kuliah terakhir yang dapat menginspirasi orang banyak untuk mengejar cita-cita mereka setinggi mungkin dan menjalankan hidup sebaik mungkin.

10. Night Patrol Teacher

HariBeli Sekarang!

Osamu Mizutani bekerja sebagai guru sekolah menengah selama hampir 14 tahun. Selama menjadi guru, ia dikenal sebagai Yomawari-sensei (guru penjaga malam) karena ia sering berpatroli pada malam hari untuk memastikan anak-anak muda yang bermasalah kembali ke jalan yang benar. Banyak sekali masalah anak muda yang dihadapinya mulai dari narkoba, mogok sekolah, sampai keinginan untuk bunuh diri. Ia berusaha sekuat mungkin untuk membantu mereka kembali ke jalan yang benar.

Awalnya diterbitkan dalam bentuk buku autobiografi, ia memutuskan untuk mengadaptasinya juga dalam bentuk manga, dibantu oleh Seiki Tsuchida untuk mengilustrasikan cerita hidupnya pada tahun 2005. Manga ini pertama kali diterbitkan di majalah Monthly Ikki dan berjalan sebanyak sembilan volume. Di Indonesia, manga ini diterbitkan oleh m&c! pada 2019 lalu.

Nah itu dia buku-buku fiksi dan nonfiksi yang menceritakan tentang kehidupan dan perjuangan guru dalam membimbing muridnya. Grameds jangan lupa untuk beri apresiasi terhadap guru kalian yang sudah mengajar kalian ya! Selamat Hari Guru Nasional untuk para tenaga pendidik!

Jangan lupa juga untuk lihat penawaran spesial dari Gramedia.com hanya untuk kamu. Cek promonya di bawah ini yang bisa kamu gunakan agar belanja jadi lebih hemat! ⤵️

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber header: kumparan.com

Penulis: Mohammad Fachrul Rozy


Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus