Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Literatur tentang Sistem Pendidikan di Finlandia dan Konsep Unik Sisu

Literatur tentang Sistem Pendidikan di Finlandia dan Konsep Unik Sisu

Yuk jalan-jalan ke Finlandia! Menurut sebuah situs data statistik, Finlandia adalah negara yang paling bahagia dengan penduduk yang paling puas akan hidupnya di Eropa. Finlandia juga disebut-sebut sebagai negara paling stabil di dan negara ketiga paling tidak korupsi di dunia.

Sistem pendidikan di Finlandia juga menjadi sorotan utama warga dunia. Setelah memperbarui kurikulum pendidikannya pada 2014, edukasi di Finlandia berubah dengan memberikan otonomi pada sekolah. Hal itu membuat Finlandia masuk tiga besar negara di dunia yang menjawab kebutuhan masa depan. Bagaimana hal itu

Selain sistem pendidikan, Finlandia juga mewariskan sikap yang disebut dengan “sisu”. Sisu adalah sebuah konsep unik yang bila diterjemahkan berarti kemauan dan tekad yang kuat untuk bertindak secara rasional dalam menghadapi kesulitan.

Untuk cari tahu tentang sistem pendidikan di Finlandia serta penjelasan mendalam mengenai “sisu”, berikut rekomendasi buku tentang Finlandia yang bisa kamu baca. Daftarnya berisi sinopsis setiap bukunya ya!

Teach Like Finland – Timothy D. Walker

literatur
Teach Like Finland karya Timothy D. Walker

Finlandia mengejutkan dunia ketika siswa-siswanya yang masih berusia 15 tahun berhasil mencatatkan skor ter tinggi di penyelenggaraan pertama PISA (Programme for International Student Assessment), pada 2001. Ujian itu meliputi penilaian ketrampil an berpikir kritis di matematika, sains, dan membaca. Hingga kini, negara mungil ini terus-terusan memukau. Bagaimana pendidikan Finlandia yang jam pelajarannya pendek, PR-nya tidak banyak, dan ujiannya tidak begitu terstandardisasi, dapat “mencetak” siswa-siswa dengan prestasi yang sangat baik?

Ketika Timothy D. Walker mulai mengajar kelas 5 di sebuah sekolah negeri di Helsinski, ia mulai menca tat rahasia-rahasia di balik kesuksesan sekolah- sekolah Finlandia. Walker menuliskan rahasia-rahasia ini, dan artikel-artikelnya di Atlantic kerap menuai tanggapan antusias. Dalam buku ini, ia mengumpulkan semua temuan tersebut, dan menjelaskan pada para pengajar, cara untuk mengimplementasikannya.

Buku ini memuat strategi dan anjurananjuran yang sangat mudah dipraktikkan dari sistem pendidik an kelas dunia.


Baca juga: Cara Sederhana Hilangkan Rasa Malas untuk Para Milenial


Sistem Pendidikan Finlandia – Ratih D. Adiputri

literatur
Sistem Pendidikan Finlandia karya Ratih D. Adiputri

Banyak hal seputar sistem pendidikan Finlandia yang mengundang tanya: Bagaimana negara kecil ini bisa sukses dalam tes PISA (Programme for International Student Assessment)? Apa benar sekolah tidak memberikan pekerjaan rumah? Apa betul tidak ada ujian dan nilai rapor di akhir tahun pelajaran? Bagaimana mengukur kemampuan siswa? Dan seterusnya.

Finding Sisu – Katja Pantzar

literatur
Finding Sisu karya Katja Pantzar

Apa rahasia penduduk Finlandia, warga dunia yang paling bahagia, sehingga bisa menikmati hidup yang sehat dan seimbang?

Jawabannya tak bisa dipisahkan dari sisu?kekuatan kemauan khas orang Finlandia, tekad untuk tidak menyerah atau mengambil jalan pintas.

Perilaku yang terinspirasi dari sisu mencakup: (1) Gerakan sebagai obat: Berjalan, bersepeda, dan berenang setiap hari adalah penangkal penyakit yang efektif, (2) Terapi hutan: Tidak ada yang bisa menggantikan perasaan damai yang timbul dari kegiatan menyatu dengan alam yang dilakukan secara rutin, (3) Makan sehat: Pola makan yang sehat tidak hanya memberi nutrisi pada badan, tapi juga pikiran dan jiwa, (4) Minimalisme Nordik: Konsep bahwa sedikit itu baik, sebagai perwujudan gagasan kesetaraan dan akses untuk semua orang.

Temukan cara penduduk Finlandia merengkuh keberanian, ketabahan, dan keteguhan hati sebagai nilai-nilai khas bangsa—yang memungkinkan setiap orang menggali potensi dan kekuatan diri untuk bertahan melalui masa sulit.

Terlepas di mana pun Anda tinggal dan apa pun tantangan yang mengadang langkah Anda, temukan keberanian dalam diri Anda. Temukan ketabahan dalam diri Anda. Temukan sisu.


Dapatkan buku-buku literatur tentang Finlandia di Gramedia.com!


Sumber referensi: Statistics Finland, The Straits Times, finlandia.edu


Baca juga: (Review Buku) Cara Hidup Bebas Stres ala Francine Jay


Abduraafi Andrian

Content Team

Enter your email below to join our newsletter