Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Rekomendasi Buku Bersampul ala Cewek Kue, Cewek Mamba, dan Cewek Bumi

Rekomendasi Buku Bersampul ala Cewek Kue, Cewek Mamba, dan Cewek Bumi

Akhir-akhir ini, media sosial sedang ramai dengan tren istilah Cewek Kue, Cewek, Mamba, dan Cewek Bumi. Apa sih artinya? Ternyata, istilah-istilah itu mengacu dengan gaya berpakaian yang banyak digunakan belakangan ini.

Istilah ini awal mulanya menjadi viral di TikTok lalu menyebar ke platform media sosial lainnya. Cewek Kue sendiri digambarkan sebagai perempuan-perempuan yang memiliki gaya berpakaian dengan warna-warna cerah dan beragam. Yap, karena warna outfit mereka mirip warna-warna kue, jadi disebut Cewek Kue, deh.

Cewek
Contoh Outift Cewek Kue (Dok. Claraito's Blog)

Kemudian, ada juga nih istilah Cewek Mamba. Cewek Mamba ini menggambarkan perempuan-perempuan dengan outfit yang serba hitam atau all-black. Istilah mamba ini sendiri diambil dari spesies ular berwarna hitam, yakni Black Mamba.

Cewek
Contoh Outift Cewek Mamba (Dok. Fustany)

Next, kita beralih ke Cewek Bumi. Istilah Cewek Bumi ini menggambarkan perempuan-perempuan yang gaya berpakaiannya didominasi dengan warna earth-tone dan pastel, seperti putih, krem, hijau muda, dan biru muda. Warna-warna ini biasanya identik dengan tampilan yang kalem dan natural.

Cewek
Contoh Outift Cewek Bumi (Dok. Fashionista)

Nah, kita sudah bahas nih arti dari istilah Cewek Kue, Cewek Mamba, dan Cewek Bumi. Nggak afdol kalo Admin nggak kasih kamu rekomendasi buku dengan sampul ala ketiga kategori di atas.

Karena bicarain buku, Admin akan mengkategorikan buku-buku dengan sampul cerah sebagai Buku Kue, buku-buku dengan sampul gelap atau hitam sebagai Buku Mamba, dan buku-buku dengan sampul earth-tone sebagai Buku Bumi. Sudah penasaran? Yuk, kita simak bersama. Siapa tau bisa menambah koleksi kamu!

Rekomendasi Buku Kue dengan Sampul Cerah

1. Cerita-Cerita Bahagia, Hampir Seluruhnya - Norman Erikson Pasaribu

BukuBaca Sekarang di Sini!

Kita awali dengan buku kumpulan cerpen ini. Ada banyak kisah yang unik dan menyentuh hati. Mulai dari kisah Sandra yang kehilangan anak laki-lakinya karena bunuh diri, hingga tentang seorang mahasiswa perantau yang mengikuti kegiatan klub di kampus dan bersahabat dengan salah satu teman satu jurusannya yang terkenal pintar.

Ada sebelas cerita di dalam buku ini dengan alur dan karakter tokoh yang cukup kompleks. Buku ini banyak masuk nominasi dan meraih penghargaan, salah satunya adalah pada Sayembara Puisi DKJ di tahun 2015. Selain itu, buku ini juga menjadi pemenang di The Republic of Consciousness Prize di tahun 2022.


Baca juga: Buku Norman Erikson Pasaribu Masuk Longlist International Booker Prize 2022


2. The Star and I - Ilana Tan

BukuBaca Sekarang di Sini!

Selama ini Olivia Mitchell hidup tanpa sosok orang tua kandung, bahkan ia tak tahu nama mereka. Wajar saja karena ia dititipkan di panti asuhan sejak bayi. Kini, ia bekerja sebagai seorang aktor drama musikal. Ketika ia mendapatkan pekerjaan di New York, ia bertekad untuk mencari orang tuanya.

Di tengah pencarian itu, hadirlah Rex, sahabat masa kecil Olive. Ia menawarkan bantuan untuk mencari orang tua Olive di New York. Olive ingin memikirkan tawaran itu matang-matang. Ia harus segera menemukan orang tuanya karena kontrak kerjanya segera berakhir dan ia harus pulang ke Inggris. Namun, di sisi lain Rex adalah cinta pertamanya yang gagal, bahkan hubungan mereka sedang tidak baik.

3. Dikta & Hukum - Dhia’an Farah

BukuBaca Sekarang di Sini!

Buku ini merupakan adaptasi dari sebuah Alternate Universe atau AU yang ramai diperbincangkan di Twitter. Berkisah tentang perjodohan antara Dikta dan Nadhira yang telah diatur oleh kedua orang tua mereka. Dikta diam-diam menyimpan sakit ginjal yang dideritanya selama ini.

Di sisi lain, Nadhira yang masih berada di masa remaja dan telah memiliki pacar, kini harus dihadapkan dengan perjodohan. Mereka berusaha agar tidak saling jatuh hati. Namun, apakah rasa cinta itu bisa mereka hindari? Lalu, bagaimana dengan penyakit yang diderita Dikta?


Baca juga: Novel Dikta dan Hukum yang Viral Sampai Bikin Air Mata Bercucuran


Rekomendasi Buku Mamba dengan Sampul Hitam

1. Bungo Stray Dogs 1 - Kafka Asagiri

BukuBaca Sekarang di Sini!

Ini adalah light novel dengan genre action dan misteri karya Kafka Asagiri yang telah dianimasikan dan ditayangkan. Light novel ini berkisah tentang Atsushi Nakajima, seorang remaja berusia 18 tahun yang diusir dari panti asuhan. Ia diusir karena kekuatan supranatural yang ia miliki. Kini, ia sendirian dan tidak memiliki tempat untuk berlindung.

Suatu saat, ia melihat seseorang yang tenggelam di sungai dan langsung menyelamatkannya. Orang itu adalah Osamu Dazai, salah satu anggota Badan Detektif Bersenjata. Atsushi Nakajima pun ditawari untuk bergabung di organisasi tersebut. Di sana, ia bertemu dengan banyak orang yang juga memiliki kekuatan supranatural.

2. Eccedentesiast - Itakrn

BukuBaca Sekarang di Sini!

Buku ini berkisah tentang Canva Narendra yang rela melakukan apapun demi mendapatkan perhatian kedua orang tuanya. Ia memiliki ambisi yang besar dalam belajar dan memenangkan penghargaan dari berbagai lomba. Namun, hadir Zayyan Abrisam yang tak lain adalah musuh di masa lalunya. Kehadiran Zayyan membuat kehidupan Canva semakin kacau.

Ternyata masalah tak hanya itu saja. Muncul seorang lelaki bernama Venus yang membuat hidup Canva semakin berantakan dan tak karuan. Ditambah lagi, kini Canva divonis gagal ginjal kronis. Apakah pada akhirnya Canva mendapatkan perhatian dari orang tuanya?

3. The Sixth Wicked Child - J. D. Barker

BukuBaca Sekarang di Sini!

Buku ini merupakan buku terakhir dari seri The Fourth Monkey. Kali ini, ada tuduhan yang ditujukan kepada Sam Porter bahwa ia melakukan kejahatan serius. Sam Porter dituduh oleh Bishop sebagai dalang di balik P4M. Pernyataan Bishop mendapat simpati dari publik, terlebih lagi ada banyak bukti yang mendukung tuduhan tersebut.

Pembaca akan dibuat bingung dan menebak rencana Bishop. Semua terasa mencurigakan dan janggal. Ditambah lagi, Porter lah orang yang menangani kasus P4M sejak awal. Jadi, mana mungkin ia sendiri adalah dalangnya? Atau apakah ada yang ia sembunyikan?

Buku ini juga bisa kamu dapatkan dalam versi e-book di sini >>> The Sixth Wicked Child


Baca juga: Ini Dia Buku-Buku Terbaik dengan Halaman yang Super Berat


Rekomendasi Buku Bumi dengan Sampul Earth-Tone

1. Gak Capek Dituntut Mulu? - Stefani Bella

BukuBaca Sekarang di Sini!

Nah, kali ini ada buku self-improvement yang relatable banget dengan kehidupan sehari-hari kita. Dari sampulnya saja sudah menggambarkan kalimat-kalimat yang sering kita dengar. Buku ini berisi keluh kesah kita yang sering banget dikomentari oleh orang sekitar. Padahal, kita cuma mau didengar saja, kan?

Buku ini cocok banget bagi kamu yang ingin baca buku non-fiksi ringan. Bahasanya santai dan apa adanya. Membaca buku ini terasa seperti sedang bercakap dengan teman.

2. Turning Page - Auryn Vientania

BukuBaca Sekarang di Sini!

Buku ini penuh dengan gambaran manis dan tulisan kecil Dean Bjorn tentang Alea Khiar yang tak lain adalah kekasihnya. Selama ini, Dean bertekad tak akan menggambar manusia karena menurutnya gambar itu untuk mengabadikan sesuatu, sedangkan manusia tak akan abadi. Namun, baginya Alea adalah pengecualian.

Tak banyak narasi yang diutarakan di buku ini. Sebagai gantinya, kamu akan disuguhkan dengan ilustrasi apik yang menemani kamu melihat perjalanan kisah cinta Dean dan Alea.

3. Funiculi Funicula - Toshikazu Kawaguchi

BukuBaca Sekarang di Sini!

Buku ini mengisahkan tentang sebuah kafe tua di sebuah gang kecil di Tokyo yang bisa membawa pengunjungnya untuk menjelajahi waktu. Banyak orang datang untuk mencoba keajaiban itu, tetapi hanya beberapa dari mereka yang benar-benar berani melakukannya karena ada berbagai macam aturan dan konsekuensi yang harus dilakukan.

Lewat kafe ini, kita akan berkenalan dengan berbagai tokoh dan kisah mereka masing-masing. Ada seorang perawat bernama Kotake yang ingin membaca surat dari suaminya, Fusagi, yang mengidap penyakit Alzheimer. Lalu, ada kisah seorang kakak bernama Hirai yang ingin bertemu dengan adiknya untuk terakhir kali. Kemudian, ada pula seorang ibu yang ingin menuju masa depan untuk bertemu dengan anaknya.

Buku ini juga bisa kamu dapatkan dalam versi e-book di sini >>> Funiculi Funicula


Baca juga: Funiculi Funicula: Tawarkan Perjalanan Ke Masa Lalu dengan Kopi Hangat


Nah, itu dia beberapa rekomendasi buku dengan sampul ala Cewek Kue, Cewek Mamba, dan Cewek Bumi. Warnanya cantik dan beragam banget, kan? Kira-kira yang style kamu banget yang mana nih?

Buku-buku di atas bisa kamu dapatkan hanya di Gramedia.com dengan promo dan diskon menarik, lho! Yuk, langsung klik di bawah ini untuk temukan beragam promonya.

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber foto header: washingtonpost.com

Penulis: Almanda Jazroh Hardiyanti


Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus