Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Rekomendasi Buku Bacaan yang Cocok untuk para Introvert

Rekomendasi Buku Bacaan yang Cocok untuk para Introvert

Bagi sebagian para introvert, buku merupakan bagian dari dirinya, yang bisa membawanya tenggelam dalam dunianya sendiri. Grameds pasti sudah tahu kalau ada berbagai macam novel dan buku-buku menarik yang mengangkat topik introvert.

Namun selain itu, ada juga buku-buku yang ternyata diminati oleh orang-orang yang sering diasosiasikan sebagai bookworm sejati ini. Berdasarkan hasil pandangan Admin media sosial @gramedia.com, berikut ini daftar buku yang diminati oleh para introvert.

Mari kita cek sinopsis bukunya yang lebih jelas di bawah ini!

Rekomendasi Buku Bacaan para Introvert

1. Segala-galanya Ambyar - Mark Manson

Buku pengembangan diri ini cocok untuk kamu para INFP yang serba bisa, fleksibel, dan memiliki tingkat kreatifitas tinggi. Buku ini menyampaikan pesan-pesan untuk menjadi bekal dalam mendapatkan kehidupan dan dunia yang lebih baik.

bukuBaca dan Miliki Bukunya Disini!

Berbeda dengan buku-buku Mark Manson sebelumnya, Segala-galanya Ambyar menjabarkan asumsi-asumsi manusia tentang apa yang membuat hidup layak dijalani. Mark memulai dengan pentingnya punya nilai-nilai dalam hidup. Selanjutnya, Mark juga memberikan konsep tiga pilar sebuah harapan untuk mengembangkan dan tetap mempertahankannya.

2. Laut Bercerita - Leila S. Chudori

ISTP bukan hanya penghibur, namun juga bisa dijadikan tempat untuk mengetahui pengetahuan baru. Novel fiksi bersejarah ini cocok bagi para ISTP sejati, karena mengangkat peristiwa-peristiwa yang terjadi di masa-masa reformasi sekitar tahun 1998.

Laut Bercerita dibagi menjadi dua bagian melalui sudut pandang Biru Laut dan sudut pandang adiknya yang bernama Asmara. Meski novel ini fiksi, tapi ceritanya berdasarkan pada kisah dan obrolan nyata para aktivis pra-reformasi.

bukuBaca dan Miliki Bukunya Disini!

Biru Laut adalah seorang aktivis yang berani menyuarakan isu sosial antara tahun 1991 sampai 1998. Kelompoknya dianggap berbahaya dan mereka pun ditangkap serta dihukum secara fisik dan mental.

Lalu, kisah pedih sebuah keluarga yang mengalami kehilangan juga dikupas dalam novel ini lewat cerita dari sudut pandang Asmara. Ia bersama keluarga bingung dalam mencari keberadaan Biru Laut. Bertahun-tahun mereka mencari kejelasan dimana Biru Laut berada.

Buku ini juga bisa kamu dapatkan dalam versi e-book di sini >>> Laut Bercerita


Baca juga: Rekomendasi Novel Terbaik Berlatarkan Kisah Kelam Sejarah Indonesia


3. Cantik Itu Luka - Eka Kurniawan

Apakah kamu si introvert yang memiliki kepribadian INTP? Jika iya, maka buku ini sangat cocok untuk kamu yang gemar mengeksplorasi berbagai hal termasuk dengan buku bacaan. Nah, dari satu novel ini kamu bisa mendapatkan cerita dari kisah roman, hantu, kekejaman politik, mitologi, hingga petualangan yang begitu epik.

bukuBaca dan Miliki Bukunya Disini!

Yap, karya Eka Kurniawan yang selalu menjadi best seller tentu sudah tidak diragukan lagi. Buku Cantik Itu Luka mengambil latar sejarah Indonesia dari penjajahan Belanda hingga masa G30S. Mengisahkan Dewi Ayu, wanita keturunan Indo-Belanda yang kecantikannya malah memberikan kehidupan yang kelam pada dirinya. Kecantikan dan ras yang menyelimutinya, membuat ia terpaksa harus memuaskan para tentara Jepang.

Dewi Ayu adalah seorang ibu yang menginginkan bayi yang dikandungnya menjadi buruk rupa. Hal ini karena ia merasa suatu saat kecantikan anak-anaknya itu berakibat buruk juga bagi mereka sendiri.

Buku ini juga bisa kamu dapatkan dalam versi e-book di sini >>> Cantik Itu Luka

4. Tempat Paling Liar di Muka Bumi - Theoresia Rumthe & Weslly Johannes

Buku ini cocok bagi INTP yang gemar mengoleksi buku bacaan dengan genre yang bervariasi, karena buku ini berisi kumpulan puisi yang ditulis oleh sepasang kekasih. Ada banyak buku kumpulan puisi cinta, namun mungkin karya Theo dan Weslly inilah yang paling intens menyebutkan perihal cinta dan kegilaan yang ada di dalamnya.

buku Baca dan Miliki Bukunya Disini!

Hal-hal sederhana dijadikan istimewa oleh mereka. Para pembaca dibawa untuk terkesima dan bersyukur atas setiap helai ikal rambut si kekasih, setiap jengkal legam kulit dan lekuknya, setiap helaan nafasnya, bahkan setiap berkas neuron yang menjadi isi kepalanya. Semua kekaguman itu dinyatakan dengan puisi yang mengunggah rasa.

Pembaca dibawa mengikuti alur percintaan dua insan yang saling sahut menyahut. Diawali dari puisi Theo, lalu dilanjutkan oleh puisinya Weslly. Ini adalah karya penulisan puisi yang sungguh menarik.

5. Hujan - Tere Liye

Para introver dengan kepribadian ISTJ pasti memiliki aktivitas padat, namun selalu mengalokasikan sisa waktunya dengan membaca buku-buku terbaik. Novel distopia ini sangat direkomendasikan bagi para ISTJ.

Hujan mengisahkan tentang pertemuan Esok dan Lail di tahun 2042 sesudah gunung meletus. Di samping itu, ada seorang perempuan bernama Maryam yang menjadi teman dekat atau bisa dikatakan sahabat Lail. Akibat letusan gunung yang sangat menggemparkan dan memorakporandakan hampir seluruh isi bumi, telah menyisakan 10% populasi manusia. Tak hanya itu, cuaca dan iklim yang terjadi di bumi juga semakin kacau.

buku Baca dan Miliki Bukunya Disini!

Esok atau yang bernama lengkap Soke Bahtera merupakan anak muda yang sangat genius. Saat berusia 16 tahun, dirinya berpindah ke ibu kota guna menyelesaikan sekolahnya. Hingga akhirnya ia dapat menciptakan mobil terbang.

Lalu ada Lail yang merupakan sosok wanita sederhana, yang tinggal di panti sosial dan menjadi seorang relawan kemanusiaan, serta menjalankan pendidikan di sekolah perawat. Lail menyimpan rasa yang tidak biasa pada Esok selama bertahun-tahun, tetapi ia tak dapat mengungkapkan perasaan tersebut.

Esok dengan segala kesibukannya tidak mempunyai waktu luang untuk sekadar menghubungi atau bertemu Lail. Namun manusia tentu tidak dapat terlepas akan kodratnya yang mempunyai berbagai perasaan, seperti cinta, senang, rindu, sedih, dan sebagainya. Berbagai hal itulah yang menampakkan konflik dalam cerita di novel ini.


Baca juga: Rekomendasi Novel Distopia Terbaik


So, itu dia rekomendasi buku para introver yang wajib kamu coba baca untuk temani hari-harimu jadi lebih bermakna. 🤗

Yuk, segera dapatkan buku-buku tersebut di Gramedia.com! Karena kamu #SahabatTanpaBatas, Admin pastinya akan berikan banyak diskon spesial yang bisa kamu temukan di bawah ini!

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!

Belanja di Gramedia.com sekarang juga bisa dikirim dan diambil dari beberapa toko Gramedia, lho. Belanja jadi makin asyik, tanpa ribet, hemat ongkir, dan cepat sampai rumah!

warehouse

Sumber foto header: Dok. Gramedia.com


Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus