Mengenang Pak Suyadi, Tokoh Dongeng Indonesia Pencipta Si Unyil

Mengenang Pak Suyadi, Tokoh Dongeng Indonesia Pencipta Si Unyil

. 2 min read

Tanggal 28 November disepakati sebagai Hari Dongeng Nasional. Penetapan tersebut baru ada sejak tahun 2015 ketika para seniman dan komunitas dongeng mendeklarasikannya di Perpustakaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada 28 November 2015 lalu. Tanggal itu diambil dari hari kelahiran Drs. Suyadi atau yang lebih populer disapa Pak Raden.

Pak Raden adalah tokoh dari seri anak-anak Si Unyil yang ciri-cirinya memakai baju adat Jawa dan blangkon serta berkumis lebat. Pak Raden biasanya muncul ketika Unyil dan teman-temannya melakukan kekeliruan dan Pak Raden datang untuk memarahi dan memberi petuah kepada mereka. Pak Suyadi-lah pengisi suara Pak Raden.

Selain menjadi dubber, Pak Suyadi juga gemar mendongeng untuk anak-anak. Dikutip dari Bobo.id, Pak Suyadi memang sangat mencintai dunia anak-anak. Selain mendongeng dan menjadi pengisi suara Pak Raden, beliau juga suka melukis. Beberapa dongeng karyanya pun sudah diterbitkan dalam bentuk buku. Semasa hidupnya, Pak Suyadi memang hadir untuk menghibur dan menginspirasi anak-anak Indonesia.

Pak Suyadi lahir pada 28 November 1932 di Jember, Jawa Timur. Beliau memiliki nama lengkap Raden Soejadi. Pak Suyadi adalah lulusan Instutut Teknologi Bandung (ITB) pada 1960 untuk Jurusan Seni Rupa. Tak lama setelah tamat ITB, Pak Suyadi melanjutkan studi animasi ke luar negeri tepatnya di negara Perancis selama tiga tahun sampai 1963.


Baca juga:


Pak Suyadi membuat film Si Unyil pada tahun 1981 bersama Pak Kurnain Suhardiman. Film tersebut identik dengan boneka-boneka tiga dimensi yang dimainkan dengan tangan. Pak Suyadi bertanggung jawab sebagai penata artistik dan pencipta boneka-boneka yang menjadi karakter dalam film Si Unyil tersebut. Sementara itu, Pak Kurnain bertanggung jawab pada kreasi cerita.

Pak Suyadi menciptakan kurang lebih 300 boneka selama pembuatan film Si Unyil. Beliau juga ikut serta sebagai pengisi suara Pak Raden. Seiring film Si Unyil mengudara, nama Pak Suyadi pun meredup dan malah lebih dikenal dengan sapaan Pak Raden.

Mungkin ada yang bertanya-tanya siapa istri dan anak-anak Pak Suyadi. Namun, sampai akhir hayatnya yang tutup usia pada 30 Oktober 2015 silam, Pak Suyadi melajang alias tidak memiliki istri dan keturunan. Dikutip dari Kompas.com, Pak Suyadi hidup bersama dua orang pengasuhnya bernama Madun dan Nanang di rumahnya.

Semangat Mendongeng pada Hari Dongeng Nasional

Semangat Pak Suyadi untuk dongeng harus terus berkobar. Membacakan dongeng pada anak-anak menjadi salah satu kegiatan yang krusial untuk dilakukan oleh orangtua.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia Nadiem Makarim pun setuju akan hal itu. Dalam acara Hari Mendongeng Nasional yang diselenggarakan di Perpustakaan Kemendikbud, Jakarta beberapa hari lalu, Nadiem mengajak para orangtua meluangkan waktu untuk mendongeng kepada anak-anak.

"Apa maknanya mendongeng dan membaca itu? Maknanya adalah agar adik-adik semua senang dan mencintai cerita dan mencintai buku. Karena dari cerita itulah kita menciptakan imajinasi dan dari situlah kita berlatih jadi kreatif," ujar Mendikbud Nadiem yang dikutip dari Kompas.com.

Selamat Hari Dongeng Nasional!

Cari buku-buku dongeng yang seru untuk dibacakan kepada anak-anak? Dapatkan di Gramedia.com!


Sumber gambar header: Kompas.com