Novel Petualangan Anak-Anak Terjemahan yang Seru buat Dibaca

Novel Petualangan Anak-Anak Terjemahan yang Seru buat Dibaca

. 3 min read

Membaca adalah kegiatan yang bermanfaat dan perlu dilatih terutama untuk anak-anak. Salah satunya adalah merangsang anak untuk mengenali emosinya sendiri dengan membaca buku fiksi. Mereka yang suka membaca buku fiksi juga cenderung melatih imajinasi mereka sehingga memiiki ide-ide kreatif. Menyambut Hari Anak Nasional pada Juli ini, berikut lima daftar novel petualangan terjemahan anak-anak yang seru dan dapat melatih

1. The Wizards of Once karya Cressida Cowell

The
The Wizards of Once karya Cressida Cowell

Mari mulai bertualang di zaman ketika sihir masih eksis tetapi dianggap berbahaya. Kaum warrior berbondong-bondong memusnahkan semua sihir sehingga kaum sihir tersingkirkan dan sisanya hidup secara sembunyi-sembunyi. Pada suatu ketika, seorang anak raja kaum sihir bertemu dengan seorang anak ratu kaum warrior. Mereka yang semestinya berasal dari dua kaum yang saling bermusuhan malah bekerja sama menghadapi lawan yang lebih berbahaya. Kisah mereka tertuang dalam buku The Wizards of Once yang diterjemahkan dan diterbitkan oleh Mahaka Publishing ini. Novel anak-anak ini adalah buku pertama dari trilogi The Wizards of Once karya Cressida Cowell—pengarang yang menulis seri populer How to Train Your Dragon.

2. Ferals karya Jacob Grey

Ferals
Ferals karya Jacob Grey

Petualangan berlanjut ke Blackstone, sebuah kota mencekap yang sempat diterpa hais oleh kejahatan dan kekerasan. Caw adalah seorang anak jalanan yang tidak memiliki siapa pun selain sekumpulan burung gagak yang amat ia pahami. Ternyata Blackstone punya banyak orang yang memahami gagak dan dapat bercakap dengan binatang-binatang tertentu yang kemudian Caw ketahui dengan julukan feral. Beberapa dari para feral sangat berbahaya dan jahat, salah satunya adalah Spinning Man yang kembali muncul. Caw harus menghadapinya demi seorang anak gadis bernama Lydia dan seluruh kota Blackstone. Ferals karya Jacob Grey baru saja diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama dan merupakan buku pertama dari sebuah trilogi.

3. Petualangan Pohon Kelana Ajaib: Negeri Camilan karya Enid Blyton

Petualangan
Petualangan Pohon Kelana Ajaib: Negeri Camilan karya Enid Blyton

Selanjutnya, ikuti petualangan Pohon Kelana Ajaib yang saat ini berkunjung ke Negeri Camilan. Seperti namanya, negeri ini adalah tempat terlezat yang memiliki pohon es krim, semak permen loli, dan pagar dari marshmallow. Buku yang sudah diterjemahkan dan diterbitkan oleh penerbit Gramedia Pustaka Utama ini adalah satu dari empat seri Petualangan Pohon Kelana Ajaib karya Enid Blyton. Tiga buku lainnya adalah: Negeri Ulang Tahun, Negeri Bertindak-Manasuka, dan Negeri Obat Manjur.

4. Cogheart karya Peter Bunzl

Cogheart
Cogheart karya Peter Bunzl

Petualangan berikutnya berada di Era Victoria alternatif buatan pengarang Peter Bunzl. Lily seorang gadis yang tinggal bersama walinya yang jahat terpaksa melarikan diri. Ia sudah kehilangan kedua orang tuanya. Sang ayah yang hilang saat kapal udaranya tertabrak memiliki sepucuk surat yang diterima Lily dari hewan rubah mekanikalnya bernama Malkin. Diabntu oleh Robert, Lily mulai mencari ayahnya. Apakah ia berhasil? Cogheart adalah buku pertama dari seri The Cogheart Adventure yang diterbitkan oleh penerbit Bhuana Ilmu Populer (BIP). Buku keduanya, Moonlocket, juga sudah diterbitkan dalam bahasa Indonesia.

5. Bliss karya Kathryn Littlewood

Bliss
Bliss karya Kathryn Littlewood

Terakhir, bagaimana dengan dunia penuh sihir dan makanan? Keluarga Bliss sebetulnya hanya memiliki sebuah toko roti. Namun, jauh di dapur belakang toko roti itu, mereka memiliki bahan dan resep untuk membuat roti-roti ajaib nan memiliki sihir. Walaupun tidak diberi tahu secara resmi oleh kedua orang tuanya, salah satu anak perempuan Bliss bernama Rosemary mengetahui bahwa ayah ibunya memiliki kemampuan sihir. Secara sembunyi-sembunyi, Rosemary coba mencari tahu bahan dan resep apa saja untuk membuat roti ajaib sehingga ia bisa menolong warga kota. Tapi, ternyata ada hal berbahaya lain yang tidak diketahui anak gadis itu. Lima buku dari seri The Bliss Bakery sudah diterbitkan dalam bahasa Indonesia oleh Noura Publishing. Dua di antaranya adalah: Bite-Sized Magic dan Magic in the Mix.