Sambut Hari Anak Nasional, Mari Bantu Anak-Anak Indonesia Gemar Membaca

. 2 min read

Teman-teman punya anak atau keponakan yang aktif di luar? Di satu sisi, anak-anak yang aktif berkegiatan akan lebih cerdas dan dan mengembangkan fungsi otak anak. Namun, anak-anak juga perlu dikenalkan dengan membaca karena manfaatnya tidak kalah penting.

Salah satu manfaat membaca terutama bagi anak-anak adalah memberikan kemampuan berpikir logis. Membacakan cerita fiksi kepada anak akan membiasakan mereka berimajinasi dan melatih kemampuan berpikir logis mereka. Selain itu, dengan membaca kisah-kisah di buku, anak-anak juga akan belajar mengetahui nilai-nilai kehidupan dan membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.

Selain itu, manfaat membaca bagi anak-anak adalah meningkatkan kemampuan berkomunikasi mereka. Dengan berkenalan dengan tokoh-tokoh di dalam buku dan membacanya, anak-anak memiliki bekal untuk menceritakan kembali siapa para tokoh itu dan bagaimana karakter mereka. Anak akan mulai bercerita dan mengobrol dengan orang tua tentang buku yang mereka baca. Dari situ, anak-anak dapat mengembangkan potensi komunikasi sekaligus sosialisasi mereka.

Namun, bagaimana jika anak-anak susah untuk diajak duduk diam dan membaca?

Menyambut Hari Anak Nasional yang tanggal 23 Juli nanti, yuk bantu anak-anak Indonesia gemar membaca dengan tiga langkah sederhana nan berguna berikut.

1. Temukan apa yang menarik minat anak

Sebelum mendudukkan anak dan meminta mereka membaca buku yang sudah disiapkan, sebaiknya kamu telaah lagi apa minat mereka. Dengan mengetahuinya, kamu bisa membantumu menentukan dengan tepat jenis bahan bacaan apa yang mereka minati untuk dibaca.

2. Mulai dari hal kecil

Gemar membaca tidak harus semena-mena dimulai dengan membaca buku ber-chapter. Jika diawali dengan hal seperti itu, anak-anak akan cepat merasa bosan dan malah tidak suka. Mulailah dengan mengajak mereka mengobrol tentang hal yang mereka suka. Misalnya, jika mereka suka dengan olahraga sepakbola, ajaklah mereka ke lapangan bola lalu menonton pertandingannya dan membahas para pesepakbola populer. Setelah itu, kenalkan mereka dengan majalah sepak bola agar mereka mulai membaca. Untuk gemar membaca bukan berarti memulainya langsung dengan buku. Banyak medium bacaan lainnya yang menarik minat anak-anak.

3. Coba dengan membaca bersama

Setelah anak mulai suka membaca, langkah berikutnya adalah melanjutkannya dengan membaca bersama. Pilih satu buku yang porsi gambar dan teksnya seimbang lalu mulailah secara bergiliran membaca dan membalik halaman. Membaca bersama adalah teknik yang amat perlu diterapkan untuk anak-anak yang susah membaca.

Bila langkah-langkah tersebut berhasil, anak-anak pasti akan mulai gandrung membaca buku. Yuk, bikin anak-anak Indonesia gemar membaca! Temukan variasi bahan bacaan untuk anak-anak di kategori Anak Gramedia.com.


Referensi: Ayahbunda.co.id, pbs.org

Sumber foto header: pexels.com