Peluang Bisnis Menjanjikan dari Budi Daya Tanaman dan Hewan Ternak

Peluang Bisnis Menjanjikan dari Budi Daya Tanaman dan Hewan Ternak

. 6 min read

Budi daya tanaman dan hewan ternak adalah salah satu bisnis andalan yang menjanjikan. Melonjaknya permintaan bahan makanan organik, serta tanaman hias yang kini makin diminati oleh banyak kalangan, membuat bisnis tanaman semakin menarik untuk digeluti. Begitupun dengan demam memelihara ikan Cupang atau membudidayakan ikan Lele.

Menanam serta memelihara hewan yang bisa dibudidayakan bukan perkara yang sulit. Karena saat ini, sudah ada banyak pengusaha yang mulai melakukannya dari lahan kecil di rumah, dan berhasil menghasilkan panen melimpah.

Jika kamu ingin memulai hal yang sama, kamu harus mengetahui dahulu cara mengelola dan memproduksinya agar tumbuh dengan baik. Pada tanaman kita perlu memperhatikan pasokan air, mengamati aliran udara hingga cahaya matahari. Pada hewan ternak pun kamu perlu mengetahui metode pemeliharaan yang tepat agar hewan selalu sehat dan berkembang.

Di Indonesia sendiri ada majalah yang membahas seputar pertanian dan sudah terbit sejak puluhan tahun lalu. Apalagi kalau bukan majalah Trubus yang mana majalah tersebut membahas seputar tanaman pangan, tanaman obat, tanaman hias, hingga peternakan. Majalah ini menyajikan informasi dari cara bercocok tanam, perawatan dan pemeliharaan, khasiat suatu tanaman, sampai kepada peluang pemasarannya yang disajikan secara lengkap dan mendalam.

Majalah Trubus bisa kamu gunakan untuk mempelajari cara budi daya tanaman dan hewan ternak, sebagai awal kesuksesan mendirikan aset bisnis yang menjanjikan. Yuk, mulai belajar caranya dengan rekomendasi buku-buku dari Redaksi Trubus ini!

Rekomendasi Buku Budidaya Tanaman dan Hewan Ternak

1. My Potential Business Jabon Jagoan Kayu Produktif

bukuBaca dan Dapatkan Bukunya Sekarang!

Awalnya industri kayu menggunakan seluruh kayu alam sebagai bahan dasar utamanya. Namun setelah banyak orang yang memahami pentingnya menjaga alam, maka para pebisnis sudah menggunakan alternatif lain dengan menggunakan kayu hasil budidaya seperti Jabon dan Sengon.

Walaupun saat ini hanya bisa menggunakan 50% kayu budi daya yang dicampurkan dengan kayu alam murni, ternyata peluang budi daya ini cukup menjanjikan. Buku ini mengupas bagaimana cara membudidayakan kayu yang cepat tumbuh seperti Jabon dan Sengon. Buku ini juga dilengkapi cara mengatasi karat tumor yang biasa menyerang kayu Sengon.

Buku ini juga bisa kamu dapatkan dalam versi E-Book di sini >>> My Potential Business Jabon Jagoan Kayu Produktif

2. Ikan Nila Spektakuler Panen Naik 400%

bukuBaca dan Dapatkan Bukunya Sekarang!

Majalah Trubus edisi ini berisi liputan dari kisah sukses Pak Joko Pramugar, warga Sleman yang berhasil memanen empat ton ikan Nila dari kolam miliknya yang hanya sebesar 800 meter persegi. Beliau berbagi cerita tentang cara yang dilakukan dalam meningkatkan hasil panennya, yaitu menggunakan kincir air untuk meningkatkan oksigen agar bisa larut dalam air, dan membuat ikan-ikan nyaman walaupun berdesakan. Teknologi ini telah berhasil membuat pendapatan beliau meningkat karena banyaknya permintaan nila di dalam negeri maupun luar negeri.

3. 30 Pelaku Agribisnis Bertahan Saat Pandemi

bukuBaca dan Dapatkan Bukunya Sekarang!

Melalui majalah edisi ini, kamu akan mengetahui cara bertahan selama pandemi dari para pelaku agribisnis terkemuka. Dari pengalaman 30 pelaku agribisnis yang kreatif, inovatif, dan memahami teknologi, mereka sukses bertahan walaupun diterpa pandemi. Tak hanya kisah suksesnya saja, mereka juga menjelaskan mengenai tantangan agribisnis seperti menemukan pemasok pasar dengan tetap menjaga kualitas, kuantitas, dan kontinuitas agar bisa berkembang dengan pesat.


Baca juga: Untung Berlipat, Baca Rekomendasi E-Book Budi Daya Tanaman Masa Kini


4. Durian Baru Versus Musang King

bukuBaca dan Dapatkan Bukunya Sekarang!

Edisi ini mengupas penelusuran buah durian baru di Malaysia, mulai dari Tupai King, Kapri, Ikan Mas, D700, D701, Yellow Dragon, dan Black Dragon. Durian-durian itu memang belum tersertifikasi oleh Kementrian Pertanian Malaysia, tapi durian jenis baru selalu menjadi primadona dan diharapkan dapat mengikuti jejak popularitas Musang King sebagai durian paling unggul di dunia.

Trubus edisi ini juga mengupas tentang peluang bisnis itik yang masih menjanjikan, apalagi saat ini para peternak masih kewalahan memenuhi permintaan pasar yang tinggi. Namun, dibalik peluang banyak juga aral yang menghadang. Mari coba baca edisi ini untuk mengetahui cara mengendalikan segala kendala sehingga laba dari beternak itik segera didapat!

5. Peluang Besar Bisnis Jeruk

bukuBaca dan Dapatkan Bukunya Sekarang!

Untuk yang edisi ini khusus menjelaskan mengenai peluang besar dalam bisnis jeruk. Sebelum menggelutinya, kamu perlu mengetahui dahulu bahwa pasar jeruk di tanah air dapat digolongkan menjadi tiga lapisan, yaitu pasar atas, madya, dan bawah. Ketiganya memiliki karakteristik yang berbeda dan membuat kualitas buahnya berbeda pula. Sebelum menanam jeruk, kamu harus memerhatikan varietas sesuai pasar yang akan dibidik.

6. Udang Vannamei Dari Laut Ke Tawar

bukuBaca dan Dapatkan Bukunya Sekarang!

Edisi kali ini memperlihatkan bagaimana Bapak Cipto Husodo sukses memanen 280 kg udang Vannamei yang mempunyai habitat di air asin, namun dibudidayakan lewat kolam air tawar pada rumahnya di Lamongan, Jawa Timur. Ia pun berhasil mengantongi laba jutaan rupiah dari inovasi budidaya yang spektakuler ini.

Alasan Pak Cipto melakukan inovasi tersebut karena peluang dari tingginya permintaan pasar. Apalagi pasar tidak membedakan antara Vannamei hasil budidaya air laut atau air tawar, dan konsumen hanya berpatokan pada ukuran udang. Meski begitu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar sukses beternak Vannamei di air tawar seperti benih dan perawatan air. Yuk, baca edisi ini untuk mengetahui caranya!

7. The Best Melon - Best Bisnis, Best Hobi

bukuBaca dan Dapatkan Bukunya Sekarang!

Komoditas ini layak kamu coba untuk bisnis atau sekadar untuk hobi bercocok tanam. Buah yang penuh khasiat dan banyak disukai orang ini, ternyata bisa dihasilkan dengan mudah hanya dari pot di rumah. Yuk, kita intip bagaimana caranya dalam buku ini!

8. Spektakuler Bisnis Aglaonema

bukuBaca dan Dapatkan Bukunya Sekarang!

Saat ini permintaan pasar atas tanaman Aglaonema semakin meningkat. Ceruk pasar pun jadi lebih besar dan kamu bisa mendulang untung dari tanaman hias ini. Budidaya Aglaonema bisa menjadi sumber pendapatan, karena dapat dilakukan di lahan terbatas dan tentunya menguntungkan. Dalam majalah edisi ini dibgaikan tips dan trik cara membudidayakan si ratu daun ini dari para pebisnis sukses Aglaonema

Selain Aglaonema, edisi ini juga membahas beberapa tanaman hias lain seperti Krisan, Kaktus Kampiun, Begonia hingga Anggrek. Tidak lupa buah Matoa, Markisa hingga Avokad, berikut kupas tuntas sayuran Bawang Putih, Kentang, hingga Saca. Ada juga pembahasan mengenai hewan Cupang dan Walet.

9. My Potential Business Laba Lebah Tanpa Sengat

bukuBaca dan Dapatkan Bukunya Sekarang!

Di halaman rumah kamu pun bisa beternak lebah tanpa sengat. Lebah jenis ini bernama Trigona. Beternak lebah ini juga bisa menjadi bisnis yang menggiurkan. Kamu hanya perlu berinvestasi dalam membeli log ataupun kotak sarang berisi koloni Trigona, lalu tinggal menunggu hingga madu terkumpul dalam sarang dan siap dipanen. Kamu bisa meraup omset jutaan per bulan dari budidaya ini, lho!

10. Kisah Sukses 45 Petani Muda

bukuBaca dan Dapatkan Bukunya Sekarang!

Dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda, majalah edisi ini membagikan kisah sukses dari 45 petani muda yang inspiratif dan menjadi tonggak cemerlangnya masa depan pertanian di tanah air. Mereka memutuskan untuk hidup dan berkecimpung kedalam dunia pertanian, dimana jumlah petani muda kian mengikis. Segmen usaha yang mereka geluti juga beragam, ada yang fokus di bidang budidaya, pengolahan, dan pemasaran. Mari kita baca dan ikuti kisah inspiratifnya!


Baca juga: Jenis Tanaman Hias Cantik yang Mudah Dirawat dan Cocok untuk Pemula


Itu dia buku-buku dari majalah Trubus yang bisa jadi panduan untuk mencoba budi daya tanaman dan hewan ternak sebagai peluang bisnis yang sangat menjanjikan.

Grameds semua jangan lupa untuk segera checkout buku-buku tadi di Gramedia.com ya! Apalagi ada promo menarik yaitu Trubus Fair 2021 yang bisa kamu nikmati selama 30 hari penuh dari tanggal 20 November - 20 Desember 2021. Semua majalah Trubus terbaik pilihan diskon hingga 30%!

Nggak cuma diskon aja, setiap kamu beli majalah kamu akan mendapatkan bonus satu majalah lagi. Kalau kamu belinya dua, bisa dapat benih tanaman secara gratis! Menarik banget, kan?

Ayo, segera miliki semua majalah Trubus incaranmu hanya di Gramedia.com!

PromoKlik untuk Info Promo Selengkapnya!


Sumber foto header: freepik.com