Jenis Tanaman Hias Cantik yang Mudah Dirawat dan Cocok untuk Pemula

Jenis Tanaman Hias Cantik yang Mudah Dirawat dan Cocok untuk Pemula

. 5 min read

Pandemi yang menyebabkan kita semua harus berdiam diri di rumah, ternyata membuat banyak orang akhirnya memilih berkebun dan mengoleksi tanaman untuk mengisi waktu luang. Selain menjadi dekorasi membuat rumah semakin berwarna, tanaman juga membuat udara lebih sejuk dan asri.

Dikutip dari Wolipop (08/05/21), tanaman hias bisa membuat kualitas tidur lebih baik lho. Merawat tanaman juga bisa membuat kita rileks. Nah, buat kamu yang baru mau mencoba mengoleksi dan merawat tanaman, coba jenis-jenis ini yuk yang sudah Admin rangkum dari berbagai sumber. Nggak perlu khawatir, perawatannya tidak begitu sulit dan dijamin nggak ngerepotin.

Monstera

Tanaman ini dikenal sebagai tanaman hias yang paling mudah dirawat. Tanaman Janda Bolong juga masuk dalam keluarga jenis tanaman ini. Warna hijau cerah dan bentuk daunnya yang unik, pas banget untuk mempercantik sudut ruangan rumah. Cukup taruh di ruangan terang dengan pencahayaan cukup dan sirami ketika tanah mulai mengering.

jenis
Sumber foto: Shutterstock

Tanaman ini harganya mulai melambung tinggi, banyak diburu sama kolektor tanaman hias dan sering jadi property foto aesthetic. Nah, buat kamu yang mau sekalian budi daya tanaman ini, coba baca buku-buku berikut agar perlakuanmu pada tanaman Monstera bisa menghasilkan pundi-pundi rezeki.

Kiat Mempercantik Monstera Ala Gudang Kembang

kiatBeli Bukunya Sekarang!

Dapatkan tip dan trik merawat Monstera, mengenal jenis-jenisnya yang ada di Indonesia, cara menjinakkan musuh alami Monstera, dan cara tepat meracik media tanam sendiri dari influencer tanaman terkenal di Instagram, yaitu @gudangkembang.

Merawat Monstera

merawatBeli Bukunya Sekarang!

Tau lebih lanjut merawat Monstera dari buku full color susunan dari komunitas dunia monstera.

Aglaonema

Dikenal dengan nama Sri Rejeki, diharapkan kehadiran tanaman ini bisa membawa keberuntungan, hihi.. Amin! Jenis tanaman dalam keluarga Aglaonema ini ada dari Sinar Bulan, Bidadari, Legacy, Pride of Sumatra, Lipstik, Red Kochin, Dud Anjamani, dan Lady Valentine.

jenis
Sumber foto: instagram.com/liddleoasis

Merawatnya juga nggak ribet kok. Cukup taruh di tempat yang terkena sinar matahari dan berikan cukup air. Biar tanaman Sri Rejeki bisa tumbuh kembang dengan baik, coba tambah ilmu cara perawatannya dari buku-buku ini.

Aglaonema

aglaonemaBeli Bukunya Sekarang!

Baca buku ini biar kamu tahu mana Aglaonema yang bagus dan yang tidak. Dilengkapi juga dengan teknik merawat bahkan sampai cara membudidayakannya.

Merawat Aglaonema: Sri Rejeki Pembawa Hoki

merawatBeli Bukunya Sekarang!

Nggak mau kan aroid berwarna dari tanaman pembawa hoki ini tidak bisa menampilkan keindahannya secara optimal? Merawat Sri Rejeki perlu diperhatikan juga letak penaruhannya. Dari perawatan harian, hingga mengatasi serangan hama dan penyakit aglaonema, lengkap dijelaskan dalam buku ini.

Aglaonema Spektakuler

aglaonemaBeli Bukunya Sekarang!

Sri Rejeki makin cantik dan memesona, bergantung pada faktor tempat atau lokasi budi daya, angin atau sirkulasi udara, media tanam, pot yang digunakan, penyiraman, serta pemupukan. Di buku ini akan diajarkan cara mengendalikan hama dan penyakit, kelainan fisiologi dan bentuk tanaman, penggantian pot atau repotting, serta tata cara agar bisa diikutsertakan dalam ajang kontes.

Sansevieria (Lidah Mertua)

Mempunyai daun yang memanjang tinggi dengan pola macam ekor harimau, tanaman ini membuat tampilan rumahmu lebih tegas tapi juga manis. Lidah Mertua bisa tahan hampir di semua kondisi, termasuk dalam ruangan yang kurang cahaya.

jenis
Sumber foto: googleusercontent

Tanaman ini bisa menyerap racun dan selalu menghasilkan oksigen murni lho. Cocok banget buat ditaruh di kamar tidur atau kamar mandi, sirkulasi udara jadi lebih baik. Perawatannya pun mudah, cukup siram saat tanah mulai kering. Dan buat kamu yang mau melihat spesies lengkap dan varian lainnya? Cek buku ini ya!

Trubus Info Spesial Sansevieria

sansevieriaBaca Sekarang!

Menampilkan foto-foto 50 spesies lengkap dengan 150 jenis varian-variannya. Dilengkapi teknik merawat, perbanyakan, dan kiat mempercantik Sansevieria agar tampil menawan.

Sansevieria

sansevieriaBaca Sekarang!

Coba pelajari lebih lanjut dari sifat dan syarat tumbuh prima untuk Sansevieria. Kamu juga dapat ilmu tentang Sansevieria yang bisa sebagai sumber serat, anti polutan, dan bahan obat-obatan.

Caladium (Keladi)

jenis
Sumber foto: iStockphotos

Tanaman hias ini punya daun yang berwarna-warni dan bentuknya seperti hati. Tapi ada juga yang memiliki warna solid, pertulangan daun yang berbeda, hingga lebih dari dua warna dalam satu daun. Pilih bibit Caladium yang baik bagaimana sih? Pelajari dari buku di bawah ini.

Mempercantik Tampilan Caladium

mempercantikBeli Bukunya Sekarang!

Penjelasan lengkap tentang cara memilih bibit Caladium yang baik, menyiapkan komposisi media tanam yang tepat, cara meningkatkan pesona Caladium, cara memperbanyak tanaman, hingga cara mengatasi gangguan yang biasa menyerang Caladium, ada dalam buku ini. Bagi yang mau membudidayakan dan menjualnya, ada cerita pengalaman penulis yang sukses memasarkan Caladium.

Anthurium

jenis
Sumber foto: instagram.com/vidanojardim dan instagram.com/doctor.jungle

Tanaman ini memiliki daun yang lebar dan berbentuk jantung dengan warna hijau tua, serta urat hijau muda keputihan. Ada banyak jenis dari tanaman ini yang bentuknya nggak kalah unik dan menarik. Cara perawatannya bagaimana? Baca dari buku ini aja.

Media Tanam & Pupuk Untuk Anthurium Daun

mediaBeli Bukunya Sekarang!

Pasti mau dong daun Anthuriumnya mulus, rimbun, dan terlihat begitu elok? Nah, kamu perlu perhatikan media tanamnya yang cocok nih. Selain itu bagaimana komposisinya dan jenis pupuk yang cocok. Dari buku ini, kamu juga dapat ilmu cara cepat mengaplikasikan pupuk untuk Anthurium daun.

Trubus Info Spesial Anthurium: 175 Jenis Eksklusif

anthuriumBaca Sekarang!

Memuat foto-foto 38 spesies dan 152 varian Jenmanii, Hookeri, Wave of Love, Bintang Kejora, Corong, serta mutasi nuansa hitam dan Variegata yang dilengkapi dengan teknik perawatan dan budidaya agar Anthurium tampil prima.

Itu dia beberapa tanaman hias yang perawatannya mudah. Bagi kamu para pemula, jangan lupa beli buku-bukunya ya biar tanaman kamu tumbuh indah semua.


Sumber foto header: Pexels