Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Mengenal Sang Suri Tauladan, Ini Buku untuk Meneladani Hidup Rasulullah SAW

Mengenal Sang Suri Tauladan, Ini Buku untuk Meneladani Hidup Rasulullah SAW

Dalam proses mendalami agama Islam, tentunya mempelajari sang suri tauladan, yaitu Rasulullah adalah satu langkah yang sangat penting. Sosoknya menjadi panutan seluruh umat di dunia bukan tanpa sebab. Semasa hidupnya, beliau mendapat banyak wahyu dan memperjuangkan agama Islam tanpa kenal lelah. Bukan hanya itu, beliau juga menerapkan kebiasaan dan adab baik yang terus menjadi inspirasi banyak orang.

Bahkan sebagai pengingat, Maulid Nabi dilaksanakan untuk mengagungkan hari kelahiran Rasul, sebab hadirnya beliau di muka bumi ini sudah menggores sejarah penting dalam agama Islam. Untuk itu, penting bagi kita muslim dan muslimah untuk terus mengingat dan mengaplikasikan ajaran-ajaran yang disebarkan oleh beliau.

Kali ini, Admin akan berikan rekomendasi buku inspiratif untuk mengenal Rasulullah SAW lebih jauh lagi. Kamu akan mempelajari sosok Nabi Muhammad secara biografis mulai dari akhlak, doa-doa, gaya hidup, cara mendidik anak, hingga kata-kata mutiara yang membawa renungan bermanfaat.

Rekomendasi Buku untuk Mengenal Rasulullah SAW yang Inspiratif

1. Muhammad Rasul Allah Sepanjang Zaman

Karen Armstrong, salah seorang penulis terkemuka seputar tema-tema fundamental keberagamaan agama, menulis buku biografi mengenai Nabi Muhammad. Buku ini ditulis terutama bagi pembaca Barat, di masa-masa setelah meledaknya kasus Satanic Verses yang membuat publik internasional lebih penasaran untuk mengenal sosok Nabi Islam ini.

RasulullahBeli di Sini!

Buku ini berusaha menghadirkan Nabi Muhammad sebagai seorang manusia historis dalam pergulatan intensnya menemukan pencerahan rohani dan pergulatan zaman, lalu mengubah jalan sejarah umat manusia sekali dan selamanya. Melalui buku yang ditulis secara kritis ini, kamu akan mengenal Nabi Muhammad lebih dalam dengan cara yang lebih luas berdasarkan sejarahnya.

2. Muhammad Sang Inspirator Dunia

Membaca sejarah hidup Nabi Muhammad seharusnya bukan hanya sekadar untuk mengetahui dan menghafal peristiwa-peristiwa penting yang terjadi dalam kehidupannya. Bagi setiap muslim, membaca sejarah hidup Nabi harus bertujuan untuk menghadirkan model paling sempurna dan ideal dalam hal pengamalan ajaran Islam, yang akan menginspirasinya untuk menjadi manusia terbaik nan bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga, orang lain, dan masyarakat.

RasulullahBeli di Sini!

Dr. Aidh al-Qarni, penulis buku best seller dunia dan internasional, menghadirkan karya terbaru bertemakan sejarah hidup Nabi Muhammad. Pada umumnya, buku-buku sejarah Nabi menyajikan kisah dan peristiwa yang terjadi dalam kehidupan Nabi dan berdasarkan urutan waktu, mulai dari beliau lahir, masa kecil, masa remaja, masa dewasa, diangkat menjadi nabi dan rasul, sampai beliau wafat.

Buku ini sangat istimewa dan berbeda karena isinya menyajikan keteladanan Nabi dalam berbagai sisi-sisi peran dan kepribadian beliau yang berbeda-beda. Saat Rasul menjadi seorang suami, seorang ayah, seorang guru, seorang panglima perang, dan masih banyak lagi.

3. 99 Quotes Rasul: Kumpulan Hadits Penyejuk Hati Panen

Di dalam buku ini terdapat 99 hadits mutiara-mutiara hikmah yang bersumber dari Rasulullah, yang bisa dijadikan pedoman bagi kita dalam mengarungi kehidupan di dunia dan mencapai kebahagiaan hakiki di akhirat.

RasulullahBeli di Sini!

Buku ini juga menjadi media dakwah penulis untuk menyampaikan ilmu keislamannya dalam bentuk yang lebih menarik untuk dibaca. Maka, jangan takut jika isinya tidak bermanfaat, justru isinya penuh dengan petunjuk jalan kebaikan yang relevan dengan nilai keislaman.


Baca juga: 5 Rekomendasi Buku untuk Booster Iman di Bulan Ramadan


4. Ensiklopedi Akhlak Rasulullah

Berakhlak terpuji dan berbudi pekerti merupakan seruan yang diperintahkan dalam Islam. Akhlak terpuji yang mencakup seluruh perbuatan dan ucapan baik ini adalah yang dipraktikkan oleh Rasulullah SAW. Sebab itulah, Rasulullah SAW pernah bersabda, berdasarkan HR. Al-Bukhari & Ahmad bahwa,

"Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak terpuji."

RasulullahBeli di Sini!

Buku ini, berisi tentang ensiklopedi akhlak Rasulullah yang akan membantu kita hidup di zaman menurunnya kualitas dan ilmu dari akhlak terpuji manusia. Melalui buku ini, kita akan mengerahkan kemampuan maksimal untuk mengembalikan umat ini kepada nilai-nilai akhlak Rasulullah.

5. Kedudukan Muhammad SAW

RasulullahBeli di Sini!

Membaca buku ini, kita bukan semata disuguhi kisah hidup Nabi Muhammad SAW, tapi lebih dari itu. Dari kisah-kisah yang disampaikan, kita diberi bukti-bukti kuat bahwa kedudukan Nabi Muhammad sebagai nabi dan rasul merupakan kehendak Allah. Karenanya, semua yang disampaikannya benar-benar datang dari Allah. Kehadiran buku ini bertujuan agar mampu memperkuat aqidah dan keimanan kita atas kenabian Muhammad SAW.

Kamu juga bisa baca dalam versi e-book melalui aplikasi Gramedia Digital di sini >>> Kedudukan Muhammad SAW

6. Doa-Doa Harian Rasulullah

RasulullahBeli di Sini!

Selain akhlak terpujinya yang menjadi teladan, doa-doa Rasul juga menjadi panutan para muslim untuk memohon kepada Allah. Meresapi agama Islam tentunya tidak hanya dengan mengikuti akhlak Nabi Muhammad, tetapi juga menerapkan doa sebagai senjata yang kuat sekaligus ibadah yang bermanfaat, sebab Allah menyukai hamba-Nya yang berdoa dan memohon pada-Nya. Buku ini merupakan kumpulan doa harian yang dibaca oleh Rasulullah SAW yang bisa diamalkan sehari-hari dengan mudah namun cukup berisi.

7. Buku Pintar Salat, Doa, dan Zikir Sesuai Tuntunan Rasulullah

bukuBaca dan Tambah Ilmu Sekarang!

Mungkin beberapa dari kita masih merasa belum yakin dengan ibadah yang sudah dijalani. Nah, buku ini hadir untuk memantapkan diri dalam beribadah sehari-hari sesuai tuntunan Rasulullah SAW, baik yang wajib maupun yang sunnah. Dengan buku ini, kita bisa mempelajari dan memantapkan lagi kualitas ibadah kita kepada Allah SWT.

Kamu juga bisa baca dalam versi e-book melalui aplikasi Gramedia Digital di sini >>> Buku Pintar Salat, Doa, dan Zikir Sesuai Tuntunan Rasulullah

8. Kiat Sukses Berbisnis ala Rasulullah SAW

hidupTambah Ilmu Sekarang!

Seperti yang kita tahu, Nabi Muhammad sangat handal dalam mengelola dan mengembangkan bisnisnya. Jika kamu tengah merasa kesulitan dalam menjalankan bisnis, buku ini akan mengupas tuntas cara-cara hebat yang dilakukan Rasulullah dalam membangun bisnisnya yang begitu sukses. Diawali dengan penjelasan tentang bisnis dalam Islam, lalu kita akan mengetahui sejarah aktivitas bisnis Rasulullah, dan apa saja strategi bisnis maupun pemasaran yang dilakukan beliau.

9. Suamimu Bukan Muhammad Istrimu Bukan Khadijah

suamimuTambah Ilmu Sekarang!

Menikah merupakan ibadah terindah dan mampu menyempurnakan agama. Namun, kadangkala kehidupan dalam bahtera rumah tangga bisa goyah. Dari buku ini diceritakan sebagian riwayat shahih tentang keluarga Nabi, sahabat, para khalifah, tabi`in, ulama shaleh, ahli hikmah dan pemilik kearifan, yang mengeluarkan hikmah serta pelajaran terbaiknya agar bisa kita renungi, dicontoh, serta dijadikan inspirasi agar kehidupan pernikahan selalu mekar hingga akhirat. Kisah-kisah mereka menjadi cermin untuk mengoreksi diri dan menjadi pesan dan nasihat terbaik untuk semua keluarga yang mendamba bahagia dan barakah.

10. Parenting ala Rasulullah

Tantangan memperdalam Islam kian bertambah sepanjang kemajuan era. Ilmu dari Rasulullah agar umatnya bisa menghadapi dunia dan akhirat juga masih beragam. Buku ini mengajarkan ilmu dan tips menghadapi tantangan mendidik anak ala Rasulullah.

RasulullahBeli di Sini!

Didikannya terbagi menjadi beberapa fase asuh berdasarkan umur, dari dalam kandungan hingga menjelang ke pernikahan. Selain disusun secara praktis sesuai dalil-dalil al-Qur’an dan Sunnah, buku ini juga secara menyeluruh hadir untuk menjembatani orang tua dalam mencetak putra-putri yang soleh dan solehah serta berakhlak mulia.

11. Hidup Minimalis ala Rasulullah

Meneladani perilaku dan sikap Rasulullah SAW merupakan salah satu langkah untuk menjalani kehidupan dengan sebaik-baiknya. Rasulullah SAW hidup sebagai pedagang yang mampu dan bahkan bisa dikatakan segala kemauannya bisa saja terwujud. Namun, Rasulullah memilih menjalani kehidupan yang serba biasa dan sederhana. Mulai dari pakaian yang dikenakan, makanan yang dimakan, tempat yang ditinggali, dan bahkan segala hal yang ada pada diri beliau adalah bentuk kesederhanaan yang amat baik.

RasulullahBeli di Sini!

Jika diterapkan pada kehidupan masa kini, maka sebutannya adalah gaya hidup minimalis. Prinsip ini bisa digunakan oleh generasi masa kini meski tidak harus sama persis. Buku ini akan membedah banyak kebiasaan Rasulullah dan bagaimana kita perlu mengikuti ajaran tersebut. Selain itu terdapat pemaparan akan berbagai manfaat dan keberkahan jika kita mampu menjalaninya dengan baik.

12. Bila Masa Tua Tiba

bilaTambah Ilmu Sekarang!

Memasuki masa tua dan masa pensiun kadang membuat diri khawatir. Buku ini bisa menjadi renungan dan pencerahan dalam menjalani kehidupan di masa tua. Kisah inspiratif dari masa tua Rasulullah SAW, para sahabat, tabi'in, ulama, dan orang shaleh terdahulu juga dijelaskan. Ada juga potret masa-masa indah Nabi bersama orang tua di masanya.

Penjabaran kisah inspiratif ini dimulai dari bagaimana mereka mengisi masa tua dengan beragam kebaikan dan amal shaleh abadi, serta menuntaskan janji kepada Allah sebelum akhirnya berpulang dengan tenang.

13. Jurus Sehat Rasulullah

RasulullahBeli di Sini!

Gaya hidup Rasul yang bisa ditiru lainnya adalah dari segi kesehatan. Generasi dengan tingkat kesehatan terbaik rupanya ada pada zaman Rasulullah, lho! Tentu kita sebagai generasi yang terpaut jauh dari beliau harus mengulik rahasia tersebut, agar terhindar dari berbagai penyakit yang merugikan.

Buku ini mencakup penjelasan mengenai masalah kesehatan kita saat ini, jus menyehatkan ala Rasul, diet makan sehat yang halal dan thayyib, kunci membangun generasi sehat, hingga pengobatan yang dianjurkan oleh Rasul.

14. 365 Tips Sehat Rasulullah

RasulullahBeli di Sini!

Rasul dikenal memiliki tubuh yang sehat dan bugar. Kesehatannya juga dikaji oleh banyak praktisi agar gaya hidupnya bisa ditiru orang banyak. Dr. Mohammad Ali Toha Assegaf selaku praktisi dan pengkaji kedokteran Nabi, menulis 365 tips sehat ala Rasulullah dengan cara yang cerdas dan mudah dimengerti. Melalui buku ini, kamu akan mendapatkan konsep smart healing serta lebih memahami lagi kesehatan dalam sudut pandang Islam.

Kamu juga bisa baca dalam versi e-book melalui aplikasi Gramedia Digital di sini >>> 365 Tips Sehat Rasulullah


Baca juga: Yuk, Pertebal Iman dengan 15 Buku Islami Terpopuler!


Nah, selain buku-buku di atas bisa menjadi pembelajaran dan renungan untuk kita meneladani Nabi Muhammad SAW, kita juga bisa menumbuhkan rasa cinta dan pengetahuan tentang Rasulullah sejak masih kecil kepada anak-anak atau saudara kita. Sebagaimana buku adalah jendela dunia, kita bisa menyalurkan ilmu ini melalui berbagai macam buku di bawah ini!

Rekomendasi Buku untuk Mengenalkan Anak dengan Rasulullah SAW

1. Cerita Islam Pertamaku: 25 Nabi dan Rasul

RasulullahBeli di Sini!

Dalam bentuk boardbook berilustrasi yang unik, buku ini membagi 25 kisah inspiratif para nabi dan Rasul. Penyampaian cerita yang menyenangkan dan mudah dipahami karena didukung dengan gambar-gambar lucu ini akan membuat anak-anak lebih cinta kepada Islam dan nabi serta Rasul.

2. Kisah Nabi Muhammad SAW dan Anak Yatim

RasulullahBeli di Sini!

Perjalanan hidup Rasul yang inspiratif sangatlah beragam, termasuk kisahnya bersama anak-anak yatim. Dalam buku ini, terceritakan kisah inspiratif yang cocok untuk dikenalkan pada anak. Buku ini dilengkapi dengan fitur interaktif yang seru seperti halnya wipe and clean di seluruh halaman dan kejutan pop-up pada halaman tertentu.

3. Seri Komik Islam: Kisah Nabi Muhammad SAW

RasulullahBeli di Sini!

Mendalami kisah Nabi Muhammad juga bisa lewat komik, lho! Untuk anak-anak yang sudah beranjak besar dan sudah hobi membaca komik, maka bisa membaca seri komik yang satu ini. Komik karangan Nur Wahidin terbagi menjadi beberapa volume dengan kisah seru berbeda di setiap jilidnya. Disertai dengan ilustrasi dan dalil yang terpercaya, anak akan memetik hikmah mendalam melalui hiburan komik yang satu ini.

4. Hewan-Hewan Juga Sayang Nabi dan Rasul

RasulullahBeli di Sini!

Apabila anak lebih mudah terhibur dengan cerita fabel, maka buku ini bisa dijadikan alternatif mengenalkan Nabi dan Rasul dengan lebih halus. Meski buku memuat dongeng hewan, namun penyampaian dan makna dari cerita-ceritanya akan meningkatkan nilai pemahaman anak terhadap Islam dan Rasulnya. Selain itu anak juga akan mendapat stimulasi kecerdasan imajinasi serta dapat memetik nilai-nilai akhlak baik.

kumpulanTemukan Semua Bukunya di Sini!

Banyak sekali bukan hal-hal yang bisa diteladani dari sosok Nabi Muhammad SAW? Mulai dari akhlak terpuji hingga gaya hidupnya. Buat kamu yang sedang fokus mendalami kerohanian Islam, jangan lupa untuk membaca buku-buku yang bisa kamu dapatkan di Gramedia.com ini!

Tak perlu khawatir untuk memborong semua buku di atas, karena ada berbagai promo spesial yang bisa kamu dapatkan saat berbelanja di Gramedia.com! Cek promonya di bawah ini agar belanja jadi makin asyik! ⤵️

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber Foto Header: Unsplash

Penulis: Shaza Hanifah


Enter your email below to join our newsletter