Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

BOOKR Class, Aplikasi yang Memudahkan Guru Mengajar Bahasa Inggris

BOOKR Class, Aplikasi yang Memudahkan Guru Mengajar Bahasa Inggris

Mengajari anak-anak berbahasa Inggris memang susah-susah gampang. Entah karena mereka yang kurang percaya diri untuk mengucapkan kata-kata berbahasa Inggris, kurangnya motivasi dalam belajar, atau waktu yang kurang dalam praktik.

Sebagai guru, tentunya hal ini jadi hambatan yang berarti. Apalagi, bahasa Inggris adalah salah satu mata pelajaran yang wajib dikuasai di sekolah. Sumber daya ajar atau waktu tatap muka yang semakin sedikit karena pandemi, tentunya menyulitkan guru untuk menanamkan pembelajaran bahasa Inggris.

Maka dari itu, BOOKR Class hadir sebagai media pembelajaran bahasa Inggris yang akan sangat membantu guru dalam mengajar, bahkan membantu untuk menilai perkembangan kemampuan mereka.

BOOKR
Tampilan Halaman Depan Aplikasi (Sumber Gambar: Dok. BOOKR Class)

Tak hanya untuk guru, BOOKR Class juga bisa menjadi media bermain dan belajar siswa yang menyenangkan dalam mengenal bahasa Inggris. Yap, dibandingkan dengan buku teks yang membuat murid bosan dalam belajar, BOOKR Class hadir melalui gadget yang menjadi benda yang paling anak-anak sukai.

Lewat gadget, mereka bisa belajar bahasa Inggris lewat buku cerita digital interaktif dengan gambar animasi serta suara yang menambah keseruan dalam membaca buku (audio-visual book). Setelah itu, guru-guru juga bisa mengajak mereka bermain games berdasarkan cerita yang sudah dibaca, sebagai alat untuk mengetahui pemahaman mereka. Lalu, apa sih BOOKR Class itu sendiri?

BOOKR Class, Aplikasi Belajar Bahasa Inggris yang Menyenangkan

BOOKR Class adalah aplikasi yang menyimpan ratusan buku digital interaktif sebagai platform pendidikan untuk mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa kedua. Selain meningkatkan minat baca siswa, BOOKR Class bisa dijadikan bahan untuk mengajarkan anak umur 4-14 tahun belajar bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan.

Aplikasi yang berasal dari Hungaria ini telah menjadi pilihan untuk 25 ribu guru di seluruh dunia, sehingga dapat menjadi tambahan platform belajar di sekolah. Aplikasi ini dibuat oleh para expert di bidang pendidikan dan mengikuti metodologi yang terbukti efektif.

BOOKR Class, Aplikasi Pengajaran Bahasa Inggris

BOOKR Class bisa membantu guru dalam menyiapkan bahan ajar sekaligus memudahkan dalam pemberian tugas dan menilai kemampuan siswa. Dalam satu aplikasi, murid-murid bisa berlatih reading, listening, spelling, pronounciation, vocabulary, dan grammar.

Aplikasi BOOKR Class dapat diakses melalui handphone, tablet, maupun PC, yang bisa diunduh melalui Android, iOS, Windows, dan Mac. Aplikasi ini pun dapat diakses secara online maupun offline.

Kelebihan dari BOOKR Class

Melalui buku-buku cerita dan mendongeng, BOOKR Class mampu mencakup enam kompetensi bahasa Inggris, mulai dari reading hingga mempelajari grammar. Maka dari itu, BOOKR Class memberikan pengalaman membaca yang unik.

Ada banyak buku baik cerita klasik, cerita rakyat, maupun modern terfavorit di dunia, bekerjasama dengan penerbit buku terkenal dunia seperti Oxford University Press, Blue Apple Books, Albert Whitman & Co, White Star Kids, Edutainment Licensing, dan Moomin. Judul-judul dari cerita terkenal seperti The Jungle Book, The Wizard of Oz, Mulan, The Little Prince, dan masih banyak lainnya yang tersedia dalam BOOKR Class.

Koleksi Perpustakaan BOOKR Class

Buku digital ini ditampilkan secara animasi, dilengkapi dengan narasi voice over dari native speaker (aksen Amerika dan Inggris), text highlight, permainan edukatif, dan kuis di setiap buku cerita. Animasi ini membantu siswa untuk mengerti tiap kata dan kalimat dari cerita tersebut tanpa membuat mereka terdistraksi. Permainannya juga membantu anak-anak untuk melatih fokus saat membaca cerita, sehingga guru dapat mengetahui pemahaman mereka terkait cerita yang sudah dibaca.

Buku-buku, permainan, dan segala konten yang tersedia disusun oleh profesional di bidang literatur dan pendidikan anak-anak, sehingga guru-guru bisa mencocokkan dengan buku pelajaran atau kurikulum yang digunakan. Cerita-ceritanya berkutat tentang budaya, lingkungan, dan kehidupan sehari-hari, yang juga menyisipkan pendidikan moral.

Karena ditujukan untuk anak berusia 4-14 tahun, maka buku-buku ini pun dibagi menjadi enam tingkatan berdasarkan standar kecakapan berbahasa atau CEFR (Common European Framework of Reference for Languages) dan melalui tes singkat mengukur kemampuan bahasa Inggris secara Lexile System. Enam tingkatan tersebut dibagi menjadi level beginner, elementary, dan intermediate. Pembagian level ini membedakan pada kompleksitas cerita, kosa kata, dan tata bahasa.

Tak hanya buku cerita saja, di BOOKR Class juga tersedia lagu-lagu anak sambil berkaraoke, sajak anak-anak, serta flash cards dan lembar kerja yang bisa dicetak, sehingga sangat membantu untuk para guru menyiapkan tugas untuk siswa, baik tugas kelompok maupun individu.

BOOKR
Contoh Flash Cards yang ada pada BOOKR Class (Sumber Gambar: Dok. BOOKR Class)

Manfaat dari BOOKR Class

Mengajarkan anak-anak bahasa Inggris memang tidak cukup jika hanya melalui kata-kata saja. Butuh media tambahan sebagai pendukung murid untuk memahaminya. Apalagi, pembelajaran yang biasa saja hanya akan membuat mereka jenuh dan cenderung pasif saat belajar di kelas. Maka dari itu, keseruan belajar bahasa Inggris melalui BOOKR Class akan sangat membantu guru dalam menarik perhatian siswa di sekolah.

Ada ratusan buku digital dan ribuan games interaktif di dalam BOOKR Class. Guru bisa menampilkan cerita dari BookR Class menggunakan proyektor di kelas sambil mengajari mereka bahasa Inggris. Hal ini bisa mengasah kemampuan reading (membaca teks pada buku cerita) dan listening (mendengarkan narator dengan aksen saat membacakan ceritanya).

Setelah selesai membaca bukunya, BOOKR Class selalu menyisipi games interaktif yang akan mengasah kemampuan siswa dalam spelling, pronounciation, vocabulary, dan grammar. Tak hanya di kelas, menampilkan cerita ini juga dapat dilakukan secara share screen saat melakukan pembelajaran secara daring.

Bagaimana BOOKR Class dapat Menarik Minat Siswa dalam Belajar Bahasa Inggris

Melalui dongeng atau membaca cerita, mempelajari bahasa baru yakni bahasa Inggris pun dapat dipelajari lebih cepat. Hal tersebut karena mampu mengenalkan anak-anak pada grammar (tata bahasa) dan menguasai vocabulary (kosa kata) yang lebih banyak.

Dengan begitu, BOOKR Class sebagai aplikasi edukatif melalui dongeng-dongeng animasi menarik, mampu mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris, literasi, dan pemahaman membaca anak-anak. Apalagi, membaca cerita mampu meningkatkan kemampuan seperti berpikir kritis dan kreatif, problem solving, kemampuan bersosial, serta kecerdasan emosional.

Teacher Dashboard, Memudahkan para Guru Memberikan Tugas dan Melihat Perkembangan Siswa

Kelebihan BOOKR Class untuk para guru adalah dilengkapi dengan 'Teacher Dashboard'. Fitur ini akan sangat membantu guru-guru dalam memberikan tugas, menilai, dan melihat perkembangan siswa.

Secara garis besar, Teacher Dashboard akan sangat membantu para guru untuk mengecek data metrik buku yang telah dibaca dan lama waktu membaca per anak murid. Bisa juga untuk memberikan tugas, menilai perkembangan level maupun keterampilan bahasa, dan dilengkapi dengan activity tips.

Berbagai Activity Tips yang Bisa Ditemukan dalam Teacher Dashboard BOOKR Class

Ya, guru-guru akan diberikan tips mengajar yang hadir pada Teacher Dashboard. Di sana juga hadir berbagai materi dan bahan ajar pendukung yang dapat dicetak dengan mudah, baik itu flash cards atau lembar kerja. Hal ini tentunya akan sangat membantu guru-guru untuk merancang materi ajar atau saat memberikan tugas kepada anak-anak.

Jadi, bukan hanya guru yang dapat mengakses BOOKR Class, tapi anak-anak pun bisa mengaksesnya sendiri di mana pun mereka berada selama ada gadget untuk mengaksesnya. Guru bisa memberikan lisensi kepada siswa melalui kode untuk dimasukkan pada halaman awal BOOKR Class. Setelah itu, mereka bisa mengakses ke ratusan buku cerita digital dan permainan di dalamnya. Siswa pun dapat dengan mudah menemui pemberian tugas dari guru pada profil BOOKR Class mereka.

Melalui Teacher Dashboard, para guru akan dengan mudah melihat siapa saja siswa yang sudah menyelesaikan tugasnya, baik itu tugas membaca buku, membuka flash cards, atau berkaraoke. Tak hanya itu, karena anak-anak dapat mengakses BOOKR Class kapan pun, guru-guru pun bisa melihat buku apa saja yang mereka baca, berapa banyak dan berapa lama mereka membaca, hingga ke data perkembangan kemampuan mereka dalam rentang waktu tertentu.

Data Statistik dalam Teacher Dashboard BOOKR Class yang dapat Membantu Guru

Sangat memudahkan tugas guru dalam menilai murid bukan? Dibandingkan hanya dengan buku cetak biasa yang kemungkinan akan sulit untuk kita menilai perkembangan siswa setiap harinya, di mana pun siswa berada, selain di sekolah saja.

Guru pun dapat dengan mudah melihat siapa saja yang paling banyak membaca. Data statistik ini sangat memudahkan guru jika ingin memberikan reward atau treatment tertentu kepada siswa berdasarkan data perkembangan mereka.

Masih ada banyak bahan dan materi ajar yang bisa didapatkan dari BookR Class dengan klik gambar di bawah ini.

bookrDapatkan Printables Activity di Sini!

Selain itu, jangan sampai ketinggalan untuk ikut dalam komunitas di Facebook untuk menemukan berbagai tips dan trik menarik mengajar bahasa Inggris sebagai bahasa kedua dari guru-guru maupun praktisi profesional di seluruh dunia. Ikuti komunitasnya sekarang dengan klik gambar di bawah ini!

bookrKlik untuk Gabung ke Komunitas!

Hasil dari Penggunaan BOOKR Class di Sekolah

Penelitian pada tahun 2019 dari Kementerian Pendidikan di Hungaria bekerjasama dengan Eötvös Loránd University, University of Szeged, dan Corvinus University, menemukan bahwa BOOKR Class terbukti mampu menjaga perhatian anak-anak dalam membaca buku-bukunya.

Siswa yang menggunakan BOOKR Class 15-20% lebih memahami teks dibanding mereka yang membaca hanya lewat buku cetak. Dengan bantuan animasi, anak-anak memiliki ingatan yang lebih baik dan berkontribusi dalam pemahaman mereka. Lalu, 98% dari murid-murid tersebut senang membaca melalui BOOKR. BOOKR Class sudah digunakan oleh guru-guru di negara Hongkong, Yunani, Lebanon, dan lainnya.

BOOKR Class Bisa Dibeli Melalui Gramedia!

BOOKR Class sudah diberikan predikat “outstanding” atau luar biasa oleh Education Alliance Finland (EAF) sebagai produk teknologi pendidikan yang memenuhi standar internasional tertinggi. Tidak perlu khawatir lagi untuk menggunakan BOOKR Class yang sudah mendapatkan predikat dari negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia.

Ini saatnya mengajak anak-anak kita tercinta berkenalan dengan dunia literasi dan mengembangkan kemampuannya berbahasa Inggris melalui BOOKR Class! Aplikasi ini sudah dapat diunduh melalui Google Play dan App Store untuk versi mobile, atau pada Microsoft Store dan Mac App Store untuk versi desktop.


Download BOOKR Class Sekarang!

  1. Google Play: https://tinyurl.com/GooglePlayBOOKRClass
  2. App Store: https://tinyurl.com/BOOKRClassAppStore
  3. Microsoft Store: https://tinyurl.com/BOOKRClassMicrosoftStore
  4. Mac App Store: https://tinyurl.com/BOOKRClassMacAppStore

Nantinya, kamu tak perlu lagi repot membeli akses ke BOOKR Class karena dalam waktu dekat paket berlangganannya sudah bisa dibeli di Gramedia. Kamu tinggal hubungi Customer Service Gramedia.com di email ini atau melalui chat Whatsapp di 081977892020 (Narahubung: Popi).

Harga Spesial BOOKR Class

Ada harga spesial bagi sekolah atau instansi lainnya yang ingin menggunakan BOOKR Class sebagai tambahan media mengajar. Dengan $3,99/Rp65.000 selama satu bulan atau $39.99/Rp649.000 untuk setahun, sudah bisa mengakses Teacher Dashboard dan memberikan akses kepada murid-murid untuk membuka BOOKR Class.

Jika kamu ingin mencoba dahulu sendiri, kamu bisa berlangganan paket BOOKR Class dengan $2.99/Rp49.000 selama sebulan penuh atau seharga $29.99/Rp479.000 untuk langsung selama setahun.

Ssttt.. serunya lagi, nantinya akan ada puluhan e-books Indonesia dengan cerita-cerita khas Nusantara yang akan tersedia dalam bentuk animated books di aplikasi BOOKR Class. Pasti sudah tidak sabar kan untuk mengajak si kecil membaca dan belajar bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan bersama BOOKR Class?


Baca juga:

Mendongeng dan Mengajari Anak Bahasa Inggris Lewat E-Book Animasi Interaktif di BOOKR Class

Mengajarkan Anak Bahasa Inggris dengan Cara yang Menyenangkan


bookrKlik untuk Mengetahui BOOKR Class Lebih Lanjut!

Tunggu BOOKR Class di Gramedia ya!

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber foto header: Dok. BOOKR Class

Sumber hasil riset: corp.bookrkids.com/blog/case-study-of-bookr-kids-pilot-project/ ; bookrclass.com/blog/education-alliance-finland/


Enter your email below to join our newsletter