Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Mau Renovasi seperti Rumah Dian Sastro? Cari Inspirasi Desain Rumah dari Buku-Buku Ini, Yuk!

Mau Renovasi seperti Rumah Dian Sastro? Cari Inspirasi Desain Rumah dari Buku-Buku Ini, Yuk!

Semua orang pasti ingin memiliki rumah yang indah dan nyaman. Setelah melalui sibuknya rutinitas harian di luar, rumah jadi tempat beristirahat yang paling kita suka. Maka dari itu, kenyamanan dalam rumah menjadi hal yang sangat penting, supaya waktu beristirahat kita jadi lebih nikmat, hingga mampu memberikan mood yang positif terhadap diri kita.

Beberapa waktu lalu, Dian Sastro mengungkap isi rumah indahnya lewat akun Instagram @biasalahanakmuda. Dalam Kajian Mingguan yang biasa membahas seputar hunian selebritas terkenal, terlihat rumah Dian Sastro yang begitu estetik dan nyaman. Netizen ramai mengomentari setiap sudut rumah Dian Sastro yang bahkan mereka sebut seperti ala dunia Ghibli dan perpustakaan yang seperti kantor Dumbledore.

Tur rumah Dian Sastro ini memperlihatkan bagaimana rumah yang rindang dan teduh, desain interior yang selaras dan apik, hingga furnitur dan pajangan yang cantik. Semuanya membuat netizen ingin memiliki rumah yang terasa begitu “homey” tersebut.

Yap, sebisa mungkin kita mencari cara untuk membuat rumah yang begitu nyaman dan hangat agar kita semakin betah berlama-lama di rumah. Apalagi, tempat tinggal merupakan refleksi dari pemiliknya, lho. Pasti mau juga kan memperlihatkan kenyamanan pada tamu-tamu yang datang ke rumah kita? 🥰🏡

Inilah bagaimana cara kita menyusun maupun mendekorasi rumah sebaik mungkin. Tak harus megah, namun mampu memberikan kebahagiaan untuk keluarga. Idenya bisa kamu ambil dari mana pun, salah satunya dari buku-buku inspiratif berikut ini.

Di Gramedia.com maupun Gramedia Digital, telah tersedia banyak buku yang membagikan ide menarik untuk membangun maupun mendekorasi rumah. Semuanya bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan pastinya bisa membantu kamu dalam memilih gaya hunian yang pas untuk kamu.

Rekomendasi Buku Desain Rumah

1. 18 Desain Rumah Berkonsep Tropis Modern

Tinggal di negara dengan iklim tropis membuat kita harus bisa merancang rumah yang sejuk. Untuk membangunnya, diperlukan rancangan yang memerhatikan berbagai aspek teknis seperti masalah sanitasi, drainase, sistem penghawaan, sistem pencahayaan, dsb. Dengan buku ini, kamu bisa merancang dahulu rumah idamanmu yang sehat, nyaman, dan tetap memperhatikan nilai-nilai estetika bangunan.

bukuDapatkan Bukunya di Sini!

Nah, buku ini memberikan acuan tentang gaya desain rumah modern yang sudah berkonsep tropis. Ada 18 contoh rumah dengan luas mulai 50 m2 sampai luas 220 m2 yang terdiri dari bangunan satu lantai dan dua lantai. Kamu tak perlu bingung, karena desain-desainnya disajikan dalam bentuk gambar tampilan bangunan perspektif 3D berwarna, lalu ada juga gambar denah, dan tampak bangunannya.

Buku ini juga bisa kamu dapatkan dalam versi e-book di sini >>> 18 Tipe Rumah Berkonsep Tropis Modern

2. Rumah Modern Minimalis

Mau punya rumah yang nyaman dan menyenangkan sehingga mampu membuat kita betah berlama-lama di rumah, diperlukan rancangan kreatif sehingga rumah impian dapat terwujud dengan tetap memperhatikan fungsi arsitektural dan estetika.

bukuBaca E-Booknya di Sini!

Nah, dalam buku ini telah tersaji berbagai desain rumah berkonsep modern minimalis yang sudah disesuaikan dengan iklim negara kita. Rancangan rumahnya sudah dilengkapi dengan denah, gambar perspektif, dan rancangan interior yang menarik, serta mudah dipahami oleh orang awam. Jadi, kamu tak usah khawatir, karena semua desainnya bisa dijadikan sumber inspirasi untuk perancangan rumah idamanmu.

3. Interior Rumah Modern Minimalis

Interior rumah jadi hal yang paling penting dalam menghasilkan hunian yang indah, nyaman, dan aman. Namun, untuk menghasilkan itu semua, kadang kita bingung bangaimana caranya menata ruang sebaik dan senyaman mungkin.

bukuBaca E-Booknya di Sini!

Kita baca buku ini, yuk, yang memberikan pengetahuan dan referensi dalam mengatur tata ruang, meskipun ruang-ruang luasnya terbatas dan dana yang minim. Buku ini memberikan contoh-contoh tata atur yang baik dari kamar tidur hingga dapur dan dengan berbagai warna yang kamu inginkan!

4. 28 Ide Desain Rumah Minimalis Hemat Biaya & Energi

Kalau kita lihat dari sudut ruangan rumah Dian Sastro, rumahnya benar-benar memperhatikan jalur keluar masuk cahaya dan udara. Nah, selain gaya, kita juga harus mempertimbangan rumah yang hemat energi seperti itu, sehingga biaya operasional penggunaan listrik pun dapat ditekan.

bukuDapatkan Bukunya di Sini!

Metode cross ventilation jadi salah satu cara paling umum dalam menerapkan konsep rumah hemat energi. Dengan menata denah secara tepat, udara segar bisa masuk, udara panas terembus keluar, dan rumah pun akan terasa sejuk walaupun tanpa AC, serta terang tanpa terlalu banyak penggunaan lampu. Bagaimana caranya? Semua penjabaran lengkap terkait rumah hemat energi beserta tips dan trik bermanfaatnya, bisa kamu baca dari buku ini!

5. Ide Unik Dekorasi Interior

Buat rumah jadi terlihat estetik, menarik, apalagi instagrammable seperti rumahnya Dian Sastro, nggak harus mahal kok, Grameds! Contohnya saja seperti benda-benda unik yang ada dalam buku ini, yang mengambil ide konsep dekorasi recyle (mendaur ulang), reuse (menggunakan kembali), dan refunction (memberi fungsi baru).

bukuBaca E-Booknya di Sini!

Barang-barang yang mungkin kamu rasa tidak memiliki nilai estetik maupun fungsional, bisa jadi pajangan interior yang unik dan menarik lewat cara-cara dari buku ini. Barang-barang seperti talenan, kelom kayu, teko, cermin, bahkan sedotan, bisa menjadi barang cantik. Bagaimana caranya? Yuk, kita temui berbagai inspirasi untuk mempercantik interior rumah kita.

6. 10 Inspirasi Menata Ruang Rumah Real Estat

Sekarang sudah ada banyak cara dan segala fasilitas yang memudahkan kita untuk memiliki rumah real estat. Buku ini bisa jadi tambahan informasi sebagai cara untuk memilih rumah real estat, baik dari segi jenis, besaran, kredibilitas pengembang, maupun pembiayaannya.

bukuBaca E-Booknya di Sini!

Meskipun rumah real estate, biasanya rumah ini punya kekurangan akan desainnya yang cenderung serupa dan kaku. Buku ini juga membagikan trik untuk menyiasatinya melalui desain-desain terbaik. Terbagi dalam 10 inspirasi penataan ruang dalam rumah sebesar 47-129 m2, kamu bisa menyulap tampilan ruang rumahmu menjadi lebih catchy bak rumah karya desainer.

Eits, buku ini bukan hanya untuk rumah real estat saja ya, tapi bisa juga diterapkan untuk jenis rumah apapun, dan bisa disesuaikan dengan selera dan gaya hidup kamu.

7. 20 Desain Inspiratif Rumah Tumbuh Tipe 21-36

Tadi untuk rumah real estat, sekarang untuk rumah yang dirancang secara bertahap. Dengan adanya keterbatasan, konsep rumah tumbuh ini bisa dijadikan metode yang menyesuaikan kondisi keuangan. Kelebihannya, kondisi ini memungkinkan kita memanfaatkan ruang yang tersedia secara maksimal, baru kemudian menambahkan ruang lain jika memang benar-benar kita butuhkan.

bukuBaca E-Booknya di Sini!

Dalam buku ini kita akan diberikan ilmu dalam memanfaatkan ruang terbatas secara maksimal, cocok untuk rumah tumbuh tipe 21-36 m2, yang penghuninya masih single maupun untuk keluarga kecil. Semua desain cantik dan fungsional ditampilkan dalam buku ini yang bisa jadikan blue print hunian impianmu.


Baca juga: Rekomendasi Buku untuk yang Mau Membereskan Rumah dengan Gaya Minimalis


8. Simple Interior Makeover

Ingat Grameds, mendekorasi ulang tampilan ruangan nggak harus selalu mengeluarkan biaya yang besar dan menghabiskan banyak waktu. Kamu bisa hanya dengan mengganti atau menambahkan beberapa elemen interior saja sudah mampu menyulap wajah ruangan menjadi berbeda.

bukuBaca E-Booknya di Sini!

Nggak percaya? Langsung aja liat dari buku ini yang menyajikan beragam contoh gaya interior menarik nan estetik. Buku ini juga memberikan berbagai tips dan trik praktis mendapatkan tampilan dan gaya interior baru lewat beberapa langkah mudah, murah, dan cepat!

9. Menghitung Biaya Membangun Rumah Cepat, Mudah, dan Praktis

Membeli hunian tentunya dibutuhkan perencanaan yang matang dalam hal keuangan. Kebutuhan yang tidak sedikit mengharuskan kita untuk bisa menghitung biayanya terlebih dahulu, baik untuk biaya bangunan hingga biaya-biaya lainnya yang perlu diperhitungkan.

bukuDapatkan Bukunya di Sini!

Buku ini akan membantu kamu dalam menghitung biaya membangun rumah. Dengan cara yang super praktis, kamu bisa mengikuti hanya dengan aplikasi sederhana di komputer. Diberitahu pula cara menghitung Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang mudah, cepat, dan akurat, serta dapat disesuaikan dengan harga material yang ada di tiap daerah di Indonesia.

10. 100+ Gerai Interior Pilihan Jakarta

Rekomendasi buku-buku di atas sudah memberikan kita tips dan trik serta ide dalam membangun rumah maupun mendekorasi ruangannya. Sekarang, kita cek yuk gerai mana saja yang menjual berbagai perlengkapan rumah baik itu furnitur maupun produk dekorasi yang estetik dan keren-keren. Semuanya bisa kamu temukan dalam buku ini.

bukuBaca E-Booknya di Sini!

Buku ini berisi lebih dari 100 gerai interior di Jakarta yang sudah dikurasi dan disusun sesuai abjad. Agar lebih mudah mencari kebutuhan kita, buku ini pun sudah dikategorikan sesuai fungsi furnitur dan produk dekorasi yang ditawarkan, ditambah dengan peta dan indeks berdasarkan lokasi untuk memudahkan pencarian lokasi gerai. Di dalamnya pun dilengkapi dengan informasi seputar brand yang dijual, jenis produk, dan foto-foto produk.

Selain di Jakarta, ada juga untuk pilihan daftar gerai di Bali, lho!

bukuBaca E-Booknya di Sini!

11. Rahasia Praktis Feng Shui Rumah Tinggal ala Jenie Kumala Dewi

Bagi yang mempercayai, memadukan unsur Feng Shui dalam tatanan rumah sangat penting untuk dilakukan karena mampu membawa rezeki maupun menangkal hal-hal buruk. Ditulis langsung oleh praktisi dan ahli Feng Shui yang juga seorang arsitek, buku ini membedah satu per satu mengenai tata letak yang dilengkapi dengan gambar dan denah.

bukuDapatkan Bukunya di Sini!

Kamu akan semakin memahami konsep dasar Feng Shui rumah tinggal, baik dari tata letak furnitur, pencahayaan, dan lay out ruangan. Semuanya bisa kamu adopsi untuk mendapatkan keseimbangan di dalam rumah, keseimbangan yang diharapkan mendatangkan rezeki.


Baca juga: Kenali Peruntungan Shio di Tahun Macan Air 2022 Melalui Buku-Buku Ini


Nah, itu dia rekomendasi buku yang bisa dijadikan inspirasi untuk mulai membangun atau mendekorasi rumahmu jadi lebih nyaman. Rumah yang hangat dan nyaman, tentunya bisa menumbuhkan rasa bahagia penghuninya. Yuk, kita mulai baca-baca referensi di atas! 🤗🏡

Jangan lupa cek promo-promo yang sedang berlangsung di Gramedia.com pada gambar di bawah ini! Belanja jadi makin maksimal dan lebih hemat untuk borong semua bukunya.

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!

Buku-buku di atas juga tersedia dalam bentuk e-book. Dibanding membelinya satu persatu, kamu bisa membeli paket Full Premium Package yang akan memperkenankan kamu membaca semua bukunya hanya dengan satu harga untuk akses selama sebulan maupun setahun! Yuk, mulai beli paket Full Premium Package di bawah ini.

premiumBebas Baca Semua Buku Sekarang!

Kalau kalian masih bingung cara beli e-book maupun Premium Package Gramedia Digital melalui Gramedia.com, kamu bisa baca artikel berikut untuk penjelasannya lebih lanjut >>> Berlangganan Paket Premium Gramedia Digital Sekarang Bisa Lewat Gramedia.com!

multiKlik untuk Cara Belanja di Gramedia.com


Sumber gambar header: instagram.com/therealdisastr


Almira R. Natasya

Almira R. Natasya

Digital Content Officer Gramedia Digital

Enter your email below to join our newsletter