Rekomendasi Buku untuk yang Mau Membereskan Rumah dengan Gaya Minimalis

Rekomendasi Buku untuk yang Mau Membereskan Rumah dengan Gaya Minimalis

. 5 min read

Tahun 2022 akan datang kurang dari 100 hari lagi. Siapa nih yang masih berkutat dengan banyaknya barang di rumah? Bingung bagaimana membereskannya, dan masih merasa sayang kalau ada barang kenangan yang dibuang? Jika benar begitu, kamu perlu coba menerapkan gaya minimalis pada rumahmu.

Dengan slogan “less is more”, gaya minimalis ini mengedepankan hidup lebih sedikit atau sederhana, khususnya pada barang-barang. Dengan ini, kamu mulai membersihkan barang-barang yang sudah tidak terpakai, tidak terlalu dibutuhkan, dan menyimpan atau diganti dengan barang yang lebih berguna dan manfaatnya. Serta bisa digunakan secara maksimal dalam jangka panjang.

Bukan hanya tentang bagaimana kita tidak menumpuk barang, tapi tentang diri yang tidak lagi konsumtif dan menanamkan kesederhanaan. Kita pun akan lebih bijak dalam membeli barang, tidak lagi bersikap berlebihan, tapi hidup jadi lebih sederhana namun tetap berkualitas.

Menjalani gaya hidup minimalis tentunya akan menjauhkan kita dari sifat materialistis dan boros. Pengeluaran pun jadi tidak terlalu besar dan kita tidak perlu membuang-buang waktu untuk merawat banyak barang. Selain itu, gaya hidup ini bisa memelihara kesehatan mental, karena membuat orang lebih tenang, dan lebih bahagia.

Namun, tentu tidak mudah memulainya atau merubah kebiasaan ini. Perlu kemauan dan tujuan yang kuat, agar kamu tidak setengah hati dalam menjalaninya, dan tetap teguh pada komitmen. Perubahan besar ini perlu kamu rasakan dari hati.

Nah, buku-buku di bawah ini bisa membantu kamu dalam mempelajari lebih lanjut arti hidup minimalis, cara memulainya, dan mendapatkan pembelajaran langsung dari orang yang sudah melakukan gaya hidup ini.

Rekomendasi Buku untuk Memulai Gaya Hidup Minimalis

Goodbye, Things: Hidup Minimalis ala Orang Jepang

Kita mulai dari buku Fumio Sasaki yang jadi figur atau panutan dalam kehidupan minimalis. Ia memulai gaya hidup ini karena merasa stres atas tuntutan pekerjaan, tidak percaya diri, dan insecure dengan orang lain. Dalam buku ini, ia menuliskan pengalamannya dan memberikan tips bagaimana cara memulai hidup minimalis.

goodbyeMulai Hidup Minimalis di Sini!

Ia merasakan manfaat ketika mulai mengurangi barang yang ia miliki, seperti merasakan kebebasan sejati, dan kedamaian pikiran. Hidup minimalis yang ingin Sasaki bagikan adalah bukan sekadar mengurangi isi rumah atau tentang harta dan materi, tapi bagaimana kamu bisa menemukan sudut pandang baru dan memaknai tiap hal yang kamu punya dalam hidup ini.


Baca juga: 10 Buku Self Improvement Best Seller Hingga Pertengahan Tahun 2021


Seni Hidup Minimalis

Buku ini wajib dibaca bagi kamu yang merasa rumah mulai pengap karena banyak barang, entah dari yang kamu beli, atau barang warisan yang rasanya kalau disingkirkan pun tidak enak hati. Bagian pertama dari buku ini saja sudah akan membantu kamu dalam menumbuhkan pola pikir minimalis.

seniMulai Hidup Minimalis di Sini!

Lalu, kamu akan dijelaskan tentang metode streamline yang jadi salah satu teknik paling efektif untuk menjaga rumah tetap rapi. Kamu akan diajak menggunakan langkah-langkah khusus untuk menangani setiap ruangan di rumah, dan bagaimana konsep minimalis itu membuat kita lebih ramah lingkungan.

Bahagia Maksimal dengan Hidup Minimal

Sebelum bilang rumahmu sempit, coba lihat apakah ada banyak barang yang mengelilingi sudut rumahmu?

bahagiaMulai Hidup Minimalis di Sini!

Memang bukan hal yang mudah, apalagi jika kita sudah terikat dengan suatu barang dan merasa berat untuk menyingkirkannya. Apalagi, jika kamu mau menerapkan gaya hidup minimalis. Nah, buku ini akan menjelaskan tentang konsep minimalis ala Barat dan Jepang yang dipadukan dengan budaya dan iklim Indonesia. Jadi, kamu akan lebih mudah untuk menerapkan gaya hidup ini dengan tips yang diberikan.

Suteru! Gijutsu

Masih merasa bingung dengan banyaknya tumpukan barang? Nagisa Tatsumi akan mengajari kita lebih lanjut dari buku ini! Menurutnya, melepas barang-barang yang tak diinginkan akan melahirkan kebahagiaan dalam kehidupan sehari-hari.

suteruMulai Bereskan Barang dari Sini!

Kamu yang merasa sulit untuk melepaskan barang-barang yang penuh kenangan, buku ini akan memberikan saran dan teknik praktis untuk melepas barang-barang tersebut. Tak ketinggalan, buku ini juga menyampaikan kiat-kiat agar kita tidak banyak menimbun barang. Nah, pas banget kan agar kita tidak lagi-lagi menaruh banyak barang  di rumah? Ini dia waktunya untuk hidup tanpa berlebih-lebihan!

Seni Membersihkan Rumah: Mengaplikasikan Konsep Minimalis di Dalam Rumah Anda

Sederhana, buku ini akan mengajarkan kamu cara berbenah rumah dengan benar. Sekaligus, mengajak kamu mulai membiasakan diri untuk rajin membereskan segala hal di rumah.

seniMulai Hidup Minimalis di Sini!


Baca juga: Bukan Sekadar Idaman, Berikut Tips untuk Milenial yang Mau Beli Rumah


Berbenah Sadis

Kelas Berbenah Sadis yang diampu oleh Rika Subana telah berhasil membuat pesertanya bisa membereskan rumah, tak hanya sekadar wacana. Buku ini akan menanamkan mindset beberes itu gampang dan menyenangkan loh!

berbenahMulai Hidup Minimalis di Sini!

Selain mengupas tuntas cara membereskan rumah, buku ini akan menemani kamu berpikir ulang tentang berbenah rumah. Dari mencari awal yang tepat untuk memilah barang, juga memberikan berbagai tips agar pekerjaan berbenah tak sekadar jadi rencana.

Hemat (Sampah) Pangkal Kaya

Salah satu gaya minimalis adalah selalu menggunakan barang-barang yang sustainable atau bukan yang sekali pakai. Seperti menggunakan tumbler, sedotan stainless steel, menggunakan tote bag alih-alih kantong plastik, membeli kebutuhan sehari-hari di toko curah (bulkstore) tanpa kemasan plastik, dan lain-lain.

hematMulai Hidup Minimalis di Sini!

Buku ini akan membagikan pengalaman, tips, dan perjalanan penulis dalam menanamkan clean economic, atau zero waste. Bagi kamu yang mau memulai dan menyadarkan diri akan hidup minimalis, buku ini patut dibaca. Sebab kamu akan melihat bagaimana pengurangan barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan dan memanfaatkan segala macam barang jadi lebih maksimal. Sehingga memberikan hasil yang lebih baik terhadap lingkungan maupun finansial.


Baca juga: Gaya Hidup Zero Waste: Mulai dari Mana?


Book of Minimalist

Kali ini bukunya bukan hanya tentang gaya minimalis pada rumah, tapi juga pada dirimu sendiri. Buku ini memberikan penjelasan tentang gaya hidup minimalis, dengan memahami teknik penentuan pilihan hidup. Serta cara mencapai gaya hidup minimalis, tanpa harus tunduk pada seperangkat kode, atau aturan yang ketat.

bookMulai Hidup Minimalis di Sini!

Nah, itu dia buku-buku yang bisa membantu kamu untuk memulai gaya hidup minimalis. Semoga dengan gaya ini kamu bisa mendapatkan hidup yang lebih berkualitas dan bermakna yaa!

Oh ya, sekarang beli apapun di Gramedia.com bisa pakai chat Whatsapp, lho! Layanan terbaru ini namanya "Pesan Antar". Tinggal chat, lalu pilih pengiriman instant (khusus Jabodetabek), lalu paketmu akan tiba di rumah lebih cepat. Coba yuk!

PesanKlik untuk Info Lebih Lanjut dan Pesan Via Whatsapp!


Sumber foto header: twothirds.com