15 Quotes Heroik Pahlawan Nasional Indonesia yang Melegenda

15 Quotes Heroik Pahlawan Nasional Indonesia yang Melegenda

Quotes Heroik Pahlawan Nasional Indonesia - Negara Republik Indonesia merdeka sejak tahun 1945. Tanpa adanya jasa para pahlawan yang berkorban untuk negara, Indonesia tentu tidak akan terbebas dari penjajah.

Para pahlawan nasional kita saat masa peperangan memiliki daya juang yang tinggi. Mereka bahkan tidak takut mati, demi membela dan melindungi negara.

Sifat-sifat tahan banting dan tahan mental itulah yang jarang dimiliki generasi muda sekarang. Maka dari itu di bulan Pahlawan ini, Gramedia.com ingin menyulut api semangat anak-anak muda dengan 15 quotes heroik para pahlawan nasional yang melegenda.

Langsung saja kita simak di bawah ini, siapa tahu bisa memotivasi atau mungkin bisa menjadi caption yang apik jika kamu mau mengupload foto di media sosial dalam rangka Hari Pahlawan.

15 Quotes Heroik Pahlawan Nasional Indonesia

1. Mohammad Natsir

"Untuk mencapai sesuatu, harus diperjuangkan dulu. Seperti mengambil buah kelapa, dan tidak menunggu saja seperti jatuh durian yang telah masak.”
Muhammad Natsir

2. Cut Nyak Dien

"Dalam menghadapi musuh, tak ada yang lebih mengena daripada senjata kasih sayang."
Cut Nyak Dien

3. Bung Hatta

"Kurang cerdas dapat diperbaiki dengan belajar. Kurang cakap dapat dihilangkan dengan pengalaman. Namun tidak jujur itu sulit diperbaiki."
Bung Hatta

Baca juga: Buku Biografi Tokoh-Tokoh Bangsa yang Menginspirasi


4. K.H. Agus Salim

"Memimpin adalah menderita"
K.H.Agus Salim

5. Ki Hadjar Dewantara

"Lawan sastra ngesti mulya (Dengan ilmu kita menuju kemuliaan)"
Ki Hadjar Dewantara

6. Jenderal Sudirman

"Robek-robeklah badanku, potong-potonglah jasad ini, tetapi jiwaku dilindungi benteng merah putih. Akan tetap hidup, tetap menuntut bela, siapapun lawan yang aku hadapi."
Jenderal Sudirman

7. R.A.Kartini

"Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri."
R.A.Kartini

8. Jenderal Gatot Subroto

"Jagalah namamu, jangan sampai disebut pengkhianat bangsa."
Jenderal Gatot Subroto

9. HOS Tjokroaminoto

"Jika kalian ingin menjadi pemimpin besar, menulislah seperti wartawan dan bicaralah seperti orator."
HOS Tjokroaminoto

10. Kapitan Pattimura

"Pattimura-Pattimura tua boleh dihancurkan tetapi kelak Pattimura-Pattimura muda akan bangkit.
Kapitan Pattimura

Baca juga: Rekomendasi Novel Terbaik Berlatarkan Kisah Kelam Sejarah Indonesia


11. Bung Tomo

"Jangan memperbanyak lawan, tetapi perbanyaklah kawan."
Bung Tomo

12. Sutan Syahrir

"Hidup yang tidak dipertaruhkan tidak akan pernah dimenangkan."
Sutan Syahrir

13. Abdul Muis

"Jika orang lain bisa, saya juga bisa, mengapa pemuda-pemudi kita tidak bisa, jika memang mau berjuang."
Abdul Muis

14. Pangeran Pangeran Diponegoro

"Hidup dan mati ada dalam genggaman Ilahi. Takdir adalah kepastian, tapi hidup harus tetap berjalan. Proses kehidupan adalah hakikat, sementara hasil akhir hanyalah syariat. Gusti Allah akan menilai ketulusan perjuangan manusia, bukan hasil akhirnya. Kalau pun harus menjumpai kematian, itu artinya mati syahid di jalan Tuhan."
Pangeran Pangerean Diponegoro

15. Bung Karno

"Kami menggoyangkan langit, menggempakan darat, dan menggelorakan samudera agar tidak jadi bangsa yang hidup hanya dari 2 ½ sen sehari. Bangsa yang kerja keras, bukan bangsa tempe, bukan bangsa kuli. Bangsa yang rela menderita demi pembelian cita-cita."
Bung Karno

Para pahlawan pastinya tidak sembarangan dalam merangkai kata-kata mutiara di atas. Di setiap pernyataan dan kata-katanya tentunya memiliki makna mendalam berdasarkan pengalaman hidupnya, terutama di masa-masa mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Di hari Pahlawan ini mari kita dobrak kebiasaan lama kita. Teruslah belajar dan menjadi pribadi yang kuat mental, raga, dan intelektual demi  memajukan bangsa Indonesia.

Untuk itu kita harus terus mengasah dan memperkuat intelektual kita, salah satu cara yang paling mudah adalah membaca buku.

Biasakan diri untuk membaca buku dan buka jendela wawasan kita. Tak perlu alasan jauh-jauh pergi ke toko buku, karena Gramedia.com telah hadir dan siap untuk memenuhi kebutuhan membaca kamu!

Demikian artikel tentang "Quotes Pahlawan Nasional Indonesia", lihat juga artikel yang lain berikut:

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!

Ada kabar gembira untuk kamu! Saat ini belanja di Gramedia.com bisa dikirim dan diambil di beberapa toko Gramedia yang tersebar di Jabodetabek, lho. Belanja jadi makin asyik, tanpa ribet, hemat ongkir, dan cepat sampai rumah!

warehouse

Header image source: Imgsoup.com


Fransisca Desfourina

Fransisca Desfourina

Content Writer for Gramedia.com

Enter your email below to join our newsletter