10 Quotes dari Novel tentang Kisah Persahabatan Sejati

10 Quotes dari Novel tentang Kisah Persahabatan Sejati

. 5 min read

Tidak mudah untuk mengungkapkan perasaan mengenai arti sahabat. Untungnya, ada banyak quotes persahabatan dari novel, yang dapat menggambarkan perasaanmu.

Ada banyak buku yang menangkap sifat yang menonjol dalam persahabatan, yaitu selalu bersama dalam suka-duka, orang terbaik yang kita temui untuk berkeluh-kesah, dan orang-orang yang kita cari jika ingin bermain dan bertualang.

Dari novel Young Adult klasik, kriminal, hingga kisah epik fantasi, ini dia kumpulan quotes tentang kisah persahabatan sejati untuk merayakan persahabatanmu!

1. Harry Potter: The Sorcerer’s Stone - J.K. Rowling

kutipan
Beli bukunya di sini

Siapa yang tidak kenal dengan karya J.K. Rowling yang satu ini? Selain The Lord of the Rings, cerita dari Harry Potter juga telah menjadi sebuah kultur bagi para penggemarnya, baik dari pembaca novel dan juga penonton filmnya.

Harry Potter dengan tujuh seri bukunya, selain memiliki kisah petualangan dan keberanian melawan sihir jahat Lord Voldemort, juga memiliki kisah persahabatan yang solid antara Harry, Ron, dan Hermione.

“It takes a great deal of bravery to stand up to our enemies, but just as much to stand up to our friends.”

2. Nebula - Tere Liye

kutipan
Beli bukunya di sini

Jika kamu penggemar karya-karya Tere Liye dan mengikuti seri Bumi, jangan sampai kamu melewatkan buku yang satu ini, yaitu Nebula.

Nebula bercerita tentang masa muda Selena, yang nantinya akan menjadi guru matematika kesayangan Raib, Seli, dan Ali di dunia Klan Bumi.

Novel ini masih bercerita tentang persahabatan, yaitu kisah tiga mahasiswa yang diam-diam memiliki rencana bertualang ke tempat-tempat jauh. Tak kalah seru kok dengan petualangan Raib, Seli, dan Ali.

"Tapi ada satu hal yang berbeda darimu, dan semoga itu membuat jalan hidupmu juga berbeda. Kamu memiliki teman. Teman-teman terbaik. Ah, di dunia ini, teman sejati adalah harta karun terbaik."
“Kamu sudah seperti saudaraku sendiri.”

3. The Girl with the Dragon Tattoo - Stieg Larsson

kutipan
Beli bukunya di sini

Novel ini sempat menjadi perbincangan saat awal rilis. Banyak yang berpendapat bahwa novel karya Stieg Larsson ini keren, menegangkan, dan menjadi salah satu novel detektif terbaik.

Bahkan, novel ini juga telah diangkat ke layar lebar pada tahun 2011, yang dibintangi oleh aktor ternama Daniel Craig.

Menceritakan kisah pencarian Harriet Vanger, yaitu seorang gadis yang tiba-tiba hilang tanpa berita, tanpa mayat, dan tanpa apa pun bukti yang menyertainya.

Merasa kebingungan, Henrik Vanger, paman Harriet, memutuskan  menyewa Mikael Blomqvist, seorang jurnalis investigatif untuk menyelidiki kasus Harriet ini.

Apakah dengan kekompakan mereka berdua, mereka juga berhasil memecahkan kasus ini?

“Friendship-my definition-is built on two things. Respect and trust. Both elements have to be there. And it has to be mutual. You can have respect for someone, but if you don't have trust, the friendship will crumble.”

4. Filosofi Kopi -  Dee Lestari

kutipan
Beli bukunya di sini

Filosofi Kopi merupakan salah satu dari banyak karya Dee Lestari yang sangat laris di pasaran.

Selaras dengan bukunya, versi film dari Filosofi Kopi yang dibintangi oleh Rio Dewanto dan Chicco Jericho ini mendapat sambutan positif dari masyarakat Indonesia.

Filosofi Kopi bercerita tentang tentang kisah persahabatan Ben dan Jody, yang berusaha membangun kedai kopi bernama "Filosofi Kopi", serta pencarian jiwa dan perjalanan berdamai dengan masa lalu melalui kopi.

“Persahabatan kita itu kayak kopi tubruk, permukaannya kasar. Tapi ketika dicium, terus kenal lebih dalam, kamu enggak akan bisa ngelupain itu.”
“Lu sama gue tuh ibarat hati sama kepala. Hati sama kepala selalu punya masalahnya sendiri-sendiri, tapi yang satu gak bakalan bisa survive tanpa yang lain.”

Baca juga: Siapa Sangka, 6 Film Terkenal Sepanjang Masa Ini Diadaptasi dari Buku


5. The Books of Imaginary Beliefs - Lala Bohang

kutipan
Beli bukunya di sini

Ini adalah buku ketiga dan menjadi penutup yang apik dari buku sebelumnya, yaitu The Book of Invisible Questions dan The Book of Forbidden Feelings.

Buku ini akan membawamu untuk menyelami ketakutan terdalam kita semua, yaitu ketakutan akan kekuatan perasaan dan pemikiran manusia.

Sudah siap ‘menelanjangi’ diri sendiri dengan buku ini?

“One small circle of friends who accepts and supports you for who you are even when you’re at worst.”

6. The Godfather - Mario Puzo

kutipan
Beli bukunya di sini

The Godfather termasuk dalam novel kriminal yang menceritakan intrik dan konflik keluarga-keluarga mafia Italia di Amerika Serikat, meski begitu novel karya Mario Puzo ini juga memiliki nilai-nilai persahabatan yang bisa dipetik.

Seperti yang dikutip dari dialog Don Vito Corleone ini,

“Friendship is everything. Friendship is more than talent. It is more than the government. It is almost the equal of family."

7. Of Mice and Men - John Steinbeck

kutipan
Beli bukunya di sini

John Steinbeck merupakan salah satu penulis Amerika Serikat yang terkenal pada abad ke-20, ia berhasil meraih Penghargaan Nobel Sastra pada 1962. Karya lainnya yang terkenal yaitu East Of Eden, To A God Unknown, dan Dataran Tortilla.

Bercerita mengenai sepasang manusia yang saling melengkapi kekurangan dan saling melindungi satu sama lain, yaitu George dan Lennie. Keduanya sama-sama memiliki mimpi tinggi yang mustahil untuk digapai bagi kaum pekerja.

Membaca kisah Of Mice and Men kita serasa berkaca dengan fenomena di sekitar kita, yaitu kaum buruh beserta impian mereka, di tengah pekerjaan yang menguras tenaga, dengan penghasilan yang hanya mencukupi kebutuhan sehari-hari saja.

Apa benar, orang susah tidak boleh bermimpi?

“I got you to look after me, and you got me to look after you, and that’s why.”

8. The Lord of the Rings #3: The Return of the King - J.R.R Tolkien

kutipan
Beli bukunya di sini

The Return of the King adalah seri ketiga dan terakhir dalam novel trilogi Lord of the Rings setelah The Fellowship of the Ring dan The Two Towers.

Ketiga film adaptasi dari novel fiksi fantasi karya J.R.R Tolkien ini sangat sukses di pasaran. Bahkan, film ketiganya berhasil menyabet total 11 gelar Academy Awards atau Oscars di tahun 2004.

Kisah duo sahabat yaitu Frodo dan Sam mencapai Mordor dalam upaya mereka untuk menghancurkan One Ring sangat seru untuk diikuti. Apalagi perang epik di dunia Middle-Earth melawan bala tentara Sauron yang benar-benar mendebarkan.

“I am glad you are here with me. Here at the end of all things, Sam.”

Baca juga: Rekomendasi Novel Sci-Fi & Fantasi Best Seller


Keren juga ya ternyata, novel-novel yang memiliki pesan mengenai persahabatan di atas!

Tetap jaga terus hubungan baikmu dengan sahabatmu ya, Grameds. Karena mereka adalah a shoulder to cry on bagi kita, dan juga pemberi semangat terbaik selain keluarga. Tidak ada yang memahamimu lebih baik selain mereka.

Temukan koleksi novel-novel menarik lainnya, hanya di Gramedia.com ya!


Sumber foto header: Jawa Pos