Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Jangan Cuma Dibaca, Ini 8 Cara agar Buku Berdampak pada Hidup Kamu

Jangan Cuma Dibaca, Ini 8 Cara agar Buku Berdampak pada Hidup Kamu

Hingga saat ini, berapa jumlah buku yang berhasil kalian baca? Puluhan? Ratusan? Atau bahkan ribuan? Hihi. Tapi, dari banyaknya buku yang kalian baca itu, berapa banyak yang mampu mengubah diri kalian?

Sebagai makhluk yang dinamis, tentunya akan ada perubahan dalam diri kita. Nah, pastinya kita ingin menjadi pribadi yang lebih baik dong, alias upgrade diri. Buku bisa jadi senjata ampuh untuk mengubah pandangan kita, meningkatkan skill, merubah mood, bahkan mengubah diri kita.

Nah, biar bacaan buku kalian tidak menguap begitu saja, Wes Kao, co-founder dari Maven, menuliskan thread pada Twitternya, bagaimana cara memaksimalkan hasil bacaan hingga mampu memengaruhi diri kita. Kalau kata beliau nih, β€œbuat apa baca buku sampai puluhan kalau nggak berdampak apa pun pada diri kamu”. 😌

So, check this out!

8 Cara Memaksimalkan Bacaan agar Berdampak pada Perubahan Diri

1. Apa Tujuan Kamu Membaca

Oke, membaca 50 buku dalam satu tahun mungkin bisa jadi tujuan resolusi kamu, tapi buku apa yang kamu pilih untuk dibaca pasti ada tujuannya tersendiri.

Contoh, kamu baca buku self improvement untuk mengubah perilaku kamu atau meningkatkan keahlian. Bisa juga baca novel agar kita bisa masuk ke kepala orang lain (menemukan pandangan baru).

Seperti pada buku Almond karya Sohn Won-Pyung, di mana buku itu mampu membuat kita belajar pada arti empati yang sesungguhnya berdasarkan pengalaman hidup Yoonjae yang mengidap Alexithymia, atau tidak mampu mengungkapkan emosi serta merasakannya, atau melihat emosi orang lain.

bukuMulai Baca di Sini!

(Baca juga versi e-book-nya di sini >>> Almond)

Jadi, coba pahami betul apa yang membuat kamu membaca buku tersebut. Dengan begitu, kamu akan merasa harus menemukan sesuatu dari buku itu untuk kamu adopsi dalam kehidupan sehari-hari.


Baca juga: Membangkitkan Rasa Empati dan Nurani Lewat Novel Almond


2. Kamu Nggak Harus Baca Buku Sampai Selesai

Capek nggak sih kalau kita paksa diri sendiri, untuk menyelesaikan satu buku yang kita rasa membosankan atau bahasanya susah dimengerti?

Jadi, langsung coba buku lain yang membuat kamu lebih bersemangat atau yang kamu sukai, alih-alih tidak mendapatkan insight apapun dari buku bacaan, karena energi kita sudah habis untuk memaksakan bacaan jadi menarik, hehe 🀭

3. Nikmati Setiap Halamannya

Pernah nggak kalian merasa sudah membaca kalimat demi kalimat dalam hati, tapi pikiran kamu kemana-mana? Setelah baru sadar, kita akan kembali untuk membaca bagian yang terlewat dari pikiran tadi πŸ˜†

Apalagi kalau kamu baca buku untuk hiburan, manfaatkan banget deh sama setiap cerita yang kamu baca. Kaya buku Home Sweet Loan dari Almira Bastari. Selain menghibur karena drama kehidupan dari empat sahabat yang mampu mengundang tawa, tapi ada juga pelajaran tentang bagaimana perjuangan memiliki rumah idaman yang saat ini relate sekali dengan situasi anak milenial.

bukuMulai Baca di Sini!

Maka dari itu, coba resapi dan nikmati setiap kalimat yang kamu baca. Jangan hanya merasa kamu harus menyelesaikan buku tersebut atau harus memenuhi resolusi jumlah buku bacaan. Luangkan waktumu sejenak dan nikmati me time kamu bersama buku bacaan yang menyenangkan itu. πŸ€—

4. Kamu Bisa Berhenti ketika Sudah Menemukan Apa yang Kamu Butuhkan

Kalau kalian tidak punya banyak waktu untuk membaca, taktik berhenti saat kamu β€œget the joke” bisa dilakukan. Maksudnya apa tuh?

Contoh, kamu baca buku Bicara Itu Ada Seninya karya pakar komunikasi dari Korea Selatan untuk mendapatkan tips berbicara dan mempersuasi klien. Nah, setelah kamu mendapatkan tips tersebut dan telah mencapai tujuan kamu dalam membaca bukunya, kamu bisa berhenti sejenak tanpa harus melanjutkan bacaan hingga selesai. Langsung terapkan ilmu yang kamu dapatkan itu saat ingin mengambil hati klien. πŸ˜‰

bukuMulai Baca di Sini!

(Kamu bisa beli versi hardcover-nya di sini, atau baca versi e-book-nya di sini)


Baca juga: Rekomendasi Buku untuk Meningkatkan Skill Berkomunikasi dengan Baik


5. Buat Perpustakaan Jadi Temanmu

Perpustakaan memberikan kamu kemudahan mendapatkan banyak buku, dan kamu bisa membaca buku yang kamu suka saja, tanpa harus merasa bersalah jika nanti kamu tak kembali menyelesaikan bukunya. Pasti ada perasaan sebal atau terpaksa harus menyelesaikan bacaan, di saat kita membeli buku, namun tak sesuai ekspektasi kita.

Asyiknya perpustakaan sekarang adalah sudah bisa diakses melalui online. Seperti iPusnas yang bisa pinjam e-book lewat aplikasinya. Kamu pun punya banyak pilihan untuk membaca buku yang kamu suka secara bersamaan.

Namun, biasanya iPusnas memiliki antrian untuk meminjam e-book-nya nih. Kalau kamu sudah tidak sabar untuk membaca suatu buku, Admin punya solusi lain, yaitu dengan menggunakan aplikasi Gramedia Digital.

Dengan menggunakan Paket Full Premium, kamu sudah bisa mengakses ke puluhan ribu judul buku yang ada di koleksi perpustakaan Gramedia Digital. Bukan hanya bisa baca banyak buku jadul maupun yang baru banget rilis, tapi bisa juga baca koran harian, majalah, atau tabloid yang rutin hadir setiap edisi barunya. Paket ini sudah bisa kamu beli langsung di Gramedia.com, lho!

premiumBebas Baca Semua Buku Sekarang!


Baca juga: Berlangganan Paket Premium Gramedia Digital Sekarang Bisa Lewat Gramedia.com!


6. Baca Ulang Buku-Buku Bagus

Wes Kao yang merupakan praktisi digital marketing, mengatakan bahwa telah membaca buku tentang marketing favorit dia beberapa kali selama bertahun-tahun. Hal ini karena kita akan mengalami sensasi bukunya yang berbeda.

Kenapa? Walaupun isi bukunya sama, tapi kita yang berubah. Contoh, saat kita baca buku Insecurity is My Middle Name kala kita merasa hati baik-baik saja, akan terasa berbeda saat kita sedang merasa begitu minder dengan orang lain.

Saat perasaan begitu bergejolak karena insecurity, membaca buku ini pun akan terasa dipeluk oleh kata-kata yang ditulis Alvi Syahrin. Namun, saat hati kita baik-baik saja, mungkin kita malah lebih merasa disemangati dan diingatkan untuk tak perlu merasa insecure.

bukuMulai Baca di Sini!

β€œPrinsip dalam bukunya sama, tetapi saya dapat melihatnya dengan lebih banyak nuansa di setiap situasi yang berbeda.” -Wes Kao

7. Membaca Secara Aktif, Bukan Pasif

Membaca pasif artinya kamu hanya membolak-balikan halaman tanpa memikirkan apa saja yang telah kamu baca. Sedangkan membaca aktif adalah kamu mampu menghubungkan ide-ide baru yang didapat dengan apa yang sudah kamu miliki, skeptis atau mempertanyakan kembali isinya, dan mengevaluasi apa yang sudah kamu baca.

Sayang dong kalau kamu baca buku langsung hilang begitu saja poin-poinnya, tanpa bisa kamu resapi dalam pikiran. Jadi, baca pakai hati, otak aktif membaca, bukan hanya sekadar membalikan halaman. πŸ˜‰

8. Tulis Catatan dari Hasil Membaca

Cara terbaik untuk membaca aktif adalah kamu bisa gunakan highlighter pada sebuah kalimat yang memiliki poin-poin penting. Selain itu, kamu juga bisa membuat catatan singkat pada bagian kosong di sekitar buku. Kamu juga bisa pakai sticky notes untuk menandai letak halaman yang memiliki poin-poin penting tersebut.

Nah, cara ini juga bisa kamu lakukan untuk kamu yang senang mengulas buku, lho. Jadi hal-hal yang ingin kamu tuliskan pada review tidak terlupa begitu saja, dan memudahkan kamu dalam memberikan ide tulisan.

Buat kamu yang ingin melatih kemampuan menulis, buku Jurnal Menulis cocok jadi latihan untuk kamu mengekspresikan ide yang bergerumul di pikiran. Ada 100 ide pemantik latihan menulis yang bisa banget dilakukan di rumah saja, dengan materi dasar tentang kebahasaan, serta tips dan trik agar ide lancar. Jurnal ini bisa membantu kamu untuk konsisten dalam berlatih menulis, lho.

bukuMulai Baca di Sini!

Kedelapan poin di atas semoga bisa membantu kamu untuk lebih mindfull terhadap buku yang kamu baca. Dengan begitu, level diri kamu bisa meningkat karena telah menanamkan berbagai insight dari buku yang kamu baca.

Kalau kamu mau cari bahan bacaan, di Gramedia Blog tersedia banyak rekomendasi buku yang bisa kamu pilih. Jangan lupa stalking dan scrolling di www.gramedia.com/blog untuk mendapatkan inspirasi bacaan. πŸ€—βœ¨

Temukan pula berbagai diskon serta penawaran menarik yang sedang berlangsung di Gramedia.com dengan klik gambar di bawah ini.

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!

Selamat membaca!


Sumber foto header: Unsplash


Almira R. Natasya

Almira R. Natasya

Digital Content Officer Gramedia Digital

Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus