10 Buku Parenting yang Wajib Dibaca dan Dilakukan Orang Tua Zaman Now!

10 Buku Parenting yang Wajib Dibaca dan Dilakukan Orang Tua Zaman Now!

. 5 min read

Orang tua memiliki pengaruh yang paling besar dalam tumbuh dan berkembangnya sifat dan perilaku anak. Sejak lahir, orang tualah yang selalu menemani dan mengasuh anaknya hingga tumbuh dewasa.

Tak jarang orang berasumsi bahwa setiap perbuatan dan tingkah laku anak merupakan cerminan dari orang tuanya. karena faktanya, anak memang akan cenderung mengikuti dan mempelajari secara tidak langsung perilaku orang tuanya. Maka dari itu, orang tua harus selalu memberikan contoh yang baik di depan anak-anaknya. Mungkin karena itulah ada peribahasa yang berbunyi, buah tidak akan jatuh jauh dari pohonnya, yang artinya sifat anak tidak akan berbeda jauh dari sifat orang tuanya.

Setiap orang tua pasti ingin anak-anaknya berperilaku baik, berprestasi dan menjadi orang yang sukses. Namun, memang bukan hal mudah untuk mewujudkan hal tersebut. Apalagi di era modern sekarang ini.

Untuk itu, membaca buku-buku mengenai parenting menjadi cara sederhana tapi penting bagi para orang tua hebat yang ingin bisa mengasuh anaknya dengan baik dan benar.

Berikut 10 daftar buku parenting penting dan wajib dibaca serta diterapkan untuk para orang tua kepada anak-anaknya di zaman modern sekarang ini:

1. Parenthink: Karena Hanya Orang Tua Cerdas

for-blog-fixed-parenthink

Buku ini cocok dibaca para ayah dan bunda “pemula” yang masih bingung dengan pola mengasuh anak yang benar. Ayah dan bunda akan diajak untuk belajar dari pengalaman suka duka Mona Ratuliu, artis sekaligus penulis buku Parenthink sendiri ketika mengasuh ketiga anaknya. Dengan buku ini pembaca juga akan mempelajari bagaimana cara untuk menjadi teladan yang baik, membangun semangat, serta dorongan bagi anak agar dapat tumbuh menjadi manusia dewasa yang sesungguhnya.

2. Happy Little Soul

for-blog-fixed-happy-little-soul

Seperti judulnya, Happy Little Soul mengajak anak dan orang tua untuk berbahagia bersama sejak dini. Melalui pengalaman seorang Ibu sekaligus sang penulis, Ibu Retno Hening dan anaknya, Kirana. Buku ini sukses mengajarkan orang tua mengenai cara mengasuh anak dari masa mengandung hingga anaknya dilahirkan, buku ini ringan untuk dibaca dan tidak berbelit-belit sehingga akan mudah diresapi dan dimengerti.

3. Teach Like Finland

for-blog-fixed-teach-like-finland

Berkat strategi pendidikan di Finlandia, para anak-anak di Finladia yang masih berumur 15 tahun dapat meraih skor tertinggi di penyelenggaraan pertama PISA (Programme for International Student Assessment). Padahal mereka hanya memiliki jam pelajaran yang singkat, PR-nya tidak banyak, dan ujiannya juga tidak begitu terstandardisasi. Dalam buku ini, orang tua akan diajarkan dan dijelaskan bagaimana melakukan strategi pengajaran secara efektif dengan metode yang ringan dan santai, tanpa perlu menekan anak.

4. Ayah Edy Menjawab Problematika Orang Tua ABG & Remaja

for-blog-fixed-ayah-edi

Semua pertanyaan seputar problematika ABG dan remaja yang sering dialami orangtua akan dijawab dengan lugas dan tuntas dalam buku ini. Mulai dari pertanyaan sederhana seperti kenapa, ya anak saya jadi cuek dan gampang marah sejak beranjak remaja? Sampai ke pertanyaan yang semakin mendalam seperti Bagaimana mencegah remaja supaya tidak terjerumus dalam narkoba dan seks bebas?

5. The Read-Aloud Handbook

for-blog-fixed-the-read-aloud-book

Buku ini mengajarkan pada orang tua mengenai pentingnya pengaruh membaca buku dalam mempererat ikatan antara orangtua dan anak. Selain itu dalam buku ini, orang tua juga akan dibantu untuk meningkatkan kemampuan dalam membaca, menulis, berbicara, dan mendengar, serta menambah semangat anak-anak dalam belajar apapun, dengan menggunakan teknik membaca nyaring.

6. Adversity Quotient: Agar Anak Tak Gampang Menyerah

for-blog-fixed-adversity-q

Buku karangan Miarti Yoga ini merupakan buku untuk membantu orang tua mengerti secara lengkap apa itu dan seberapa penting Adversity Quotient, dan apa hubungannya dengan anak. Akan di bahas pula mengenai cara untuk membangkitkan sebuah kecerdasan dalam diri anak yang dapat membuat daya tahan mental seorang anak dalam mengahadapi berbagai persoalan menjadi kuat. Semuanya prosesnya akan dituliskan tahap demi tahap sehingga orang tua dapat mempraktekkannya dengan mudah

7. I Am Gifted, So Are You!

for-blog-fixed-i-am-gifted

Buku yang ditulis oleh Adam Khoo ini bercerita mengenai kehidupannya yang penuh kegagalan dapat berubah menjadi kehidupan yang luar biasa. Buku ini ingin memberi tahu orang tua dan anak bahwa menjadi jenius adalah kesempatan semua orang, bukan hak orang-orang tertentu saja. Orang tua yang membaca buku ini diharapkan dapat memberikan pencerahan kepada anaknya bahwa suatu kesempatan itu merupakan suatu titik terang dalam kegelapan, sehingga jangan pernah sia-siakan suatu kesempatan yang datang.

8. Right from the Start

for-blog-fixed-right-from-the-start

Buku Right from the start karangan Bunda Hana ini, merupakan buku yang ingin menjawab kebingungan orang tua mengenai bagaimana seharusnya para orang tua memberikan informasi, arahan, dan pemahaman terhadap seks kepada anak-anak. Buku ini sangat penting dibaca bagi orang tua karena belajar mengenai seks kepada sejak dini merupakan hal yang tidak mudah namun penting, dan orang tua merupakan guru yang paling tepat untuk mengajarkan hal tersebut.

9. Media Moms And Digital Dad: Menjadi Orang Tua Bijak

for-blog-fixed-media-moms-dads

Dalam buku Media Moms & Digital Dads ini penulis bertujuan untuk mengimbau agar para orang tua jangan mengkhawatirkan perubahan kondisi media yang sudah sangat luas, bebas, dan canggih sekarang ini, karena sudah tidak dapat dipungkiri anak di era modern sekarang ini akan cenderung lebih menghabiskan banyak waktu dengan media dari pada dengan orang tua atau sekolah. Dalam buku ini orang tua akan diajarkan bagaimana untuk menghadapi kenyataan anak-anak menjadi bagian dan terlibat di dalamnya.

10. The Awakened Family: Revolusi dalam Pola Asuh

for-blog-fixed-the-awakened-family

Buku ini merupakan buku yang ingin merubah dasar cara berpikir orangtua tentang bagaimana caranya orang tua dapat menumbuhkan hubungan dengan anaknya sehingga anak dapat berkembang menjadi yang terbaik. Buku ini akan membantu para orang tua dalam mengatasi ketakutan dan ilusi mengenai pengasuhan juga membantu memberikan strategi-strategi praktis dari contoh kehidupan nyata pengalaman penulis sebagai orangtua dan psikolog klinis.


Dalam melakukan parenting, memang penting bagi orang tua untuk dapat mengetahui pengetahuan mengenai cara mengasuh anak dari berbagai referensi buku, namun yang tak kalah penting adalah orang tua juga harus mengerti sepenuhnya tentang diri anaknya terlebih dahulu. Karena jika sudah mengerti, maka orang tua akan lebih mudah memilih cara yang tepat untuk mengasuh dan membimbing anaknya dengan baik.

Selain buku-buku di atas masih banyak lho, buku-buku parenting yang bagus dan menginspirasi. Yuk segera cek koleksi buku mengenai parenting di toko-toko Gramedia terdekat atau langsung klik gramedia.com.