Genre yang Biasa Ada dalam Kategori Buku Fiksi

Genre yang Biasa Ada dalam Kategori Buku Fiksi

Hai, Grameds! Genre buku yang biasa kamu baca atau kamu suka apa nih? Jenis buku karangan penulis-penulis hebat ada banyak sekali ya. Genre tersebut memang ada bermacam-macam supaya kamu jadi nggak bosan dan bisa memilih berbagai tema yang beragam.

Untuk di buku sendiri, secara garis besar ada dua kategori utamanya, yaitu fiksi dan non-fiksi. Fiksi ditulis berdasarkan imajinasi dan pemikiran penulisnya, sedangkan non-fiksi berisi fakta dan kejadian yang benar. Buku fiksi ini mempunyai beberapa jenis atau genre turunan lagi. Jenis buku yang biasa masuk ke fiksi mencakup beberapa genre, yaitu:

8 Jenis Genre dalam Buku Fiksi

1. Romantis

Genre novel ini sering banget nih kita temuin di toko buku dan paling banyak diminati orang. Umumnya mengangkat kehidupan sehari-hari atau slice of life dengan sentuhan drama yang penuh cinta. Penulisan kata-katanya juga ada yang begitu puitis dan romantis sehingga membuat kita bisa ikutan kesemsem, baper, sampai senyum-senyum sendiri.

Contoh novel romantis terbaru dan bisa kamu cicip baca ada di Love Your Life.

genreBeli dan Baca Sekarang!

Setelah putus cinta, Ava memutuskan untuk undur diri sejenak dari ingar bingar kehidupan dan percintaan, dengan melarikan diri dan mengikuti retret menulis di tempat terpencil yang indah di pesisir Italia. Di acara tersebut, ia dan peserta lainnya diminta untuk tidak saling mengungkap kehidupan dan informasi pribadi apapun, termasuk nama mereka. Ava pun memilih nama Aria sebagai nama samaran yang ia gunakan selama di retret.

Dengan nama Aria, Ava pun bertemu dan berkenalan dengan orang-orang baru, termasuk pria nyaris sempurna bernama Dutch yang memiliki nama asli Matt. Seiring berjalannya waktu dan seringnya waktu perjumpaan antara keduanya di acara tersebut, mereka pun akhirnya jatuh cinta dan menjalin hubungan. Namun akankah hubungan yang dimulai tanpa mengetahui kehidupan asli diri mereka tersebut akan tetap bertahan? Apa yang akan terjadi ketika mereka harus kembali ke kehidupan nyata mereka?

Kamu juga bisa baca versi e-booknya di sini >>> Love Your Life

Novel romantis lainnya yang bisa kamu baca adalah Last Tang Standing. Kalau kamu suka sama cerita Crazy Rich Asians, Admin yakin kamu juga akan tertartik dengan buku ini.

BukuBeli dan Baca Sekarang!

Bercerita tentang wanita berumur 30 tahun dengan karirnya yang gemilang dan sukses menjadi pengacara di biro hukum top Singapura. Ibu dan keluarganya yang menjunjung budaya Cina, menyayangkan dirinya yang belum menikah di umur tersebut, dan menginginkannya untuk segera naik ke pelaminan.

Andrea bersusah payah untuk mendapatkan promosi partner di tempatnya bekerja, namun sekarang ia juga harus berusaha mencari partner hidup potensialnya. Hatinya bimbang, apalagi sejak saingannya, Suresh, cowok ganteng yang juga mengincar posisi impiannya itu. Sering bertemu di kantor membuat Andrea menemukan banyak kesamaan di antara mereka, tapi ia takut akan menganggap Suresh sebagai teman.

Andrea teguh pada pendiriannya. Menurutnya, laki-laki bukan standar kebahagiaan. Apakah pada akhirnya Andrea melawan segala tuntutan keluarga? Atau dia menyerah dan mengorbankan kebahagiaannya?

Baca versi e-booknya di sini >>> Last Tang Standing

Ada pula novel romantis karya penulis lokal yang bisa kamu baca, yaitu Asmaraloka.

bukuBeli dan Baca Sekarang!

Ketemu mantan di kantor dan ternyata dia bos kita sendiri? Mau nggak mau harus berinteraksi terus sama mantan dong.. Itu yang dialami oleh Isabella, yang orang-orang tahu di kantor ia hanya wanita berusia seperempat abad, yang lugu dalam urusan asmara. Bosnya yang menyebalkan itu adalan mantan Isa saat SMA, dan diputuskan tiba-tiba setelah tiga tahun backstreet. Ethan pergi hanya dengan mengatakan sudah tidak bisa bersama Isa lagi.

Di tengah proyek-proyek yang dikerjakan bersama, Isa meyakinkan diri bahwa nggak ada lagi rasa di antara dia dan Ethan. Hingga terungkaplah alasan kenapa Ethan dulu memutuskannya, yang membuat hati Isa pun goyah. Bahkan Ethan memohon maaf dan minta diberikan kesempatan kedua. Sanggupkah Isa menolak?

Kamu juga bisa baca versi e-booknya di sini >>> Asmaraloka

2. Fanfiction

Sebenarnya ini adalah cerita yang berasal dari “imajinasi fans”. Biasanya memiliki karakter dari artis-artis seperti anggota boyband, band, aktor, dan lainnya. Ceritanya juga umum dengan slice of life dan masih menggunakan dunia, konsep, karakter dan beberapa aspek cerita asli dari karakter idola yang dijadikan tokoh di dalamnya.

Contoh novel fanfiction yang wajib kamu baca ada di Alster Lake.

genreBeli dan Baca Sekarang!

Novel fanfiction yang diangkat dari AU atau Alternate Universe di Twitter ini menceritakan tentang perempuan bernama Alea yang tiba-tiba kehilangan buku favoritnya, "Alster Lake", ketika ia berkunjung ke perpustakaan. Tanpa diduga, buku miliknya itu ditemukan oleh penulis dari buku itu sendiri, yaitu Dean Bjorn.

Dari sanalah kisah keduanya pun dimulai. Dua orang yang mulanya asing itu kemudian menjadi lebih dekat dan mengenal satu sama lain ketika mengetahui bahwa mereka ternyata memiliki ketertarikan yang sama akan negara Jerman. Seiring berjalannya waktu mereka pun jatuh cinta dan menjalin hubungan.

Hanya saja, hubungan keduanya tersebut ternyata tidak berjalan lancar. Dean yang hilang kabar karena sibuk dengan studinya ke Jerman dan kesalahpahaman lainnya, membuat hubungan keduanya itu pun mau tidak mau harus berakhir dan kembali menjadi dua orang asing.

Namun pada suatu hari, tiba-tiba Alea menemukan judul buku yang tidak asing baginya, yaitu Alster Lake 2 yang ternyata menceritakan tentang seorang perempuan yang berarti bagi Dean. Alea yang yakin bahwa isi dari buku itu ditujukan untuk dirinya pun akhirnya memutuskan untuk berangkat ke Jerman dan mencari sosok Dean untuk menyelesaikan semuanya. Namun, apakah keputusan Alea tersebut akan membuahkan hasil yang baik?

Kamu juga bisa baca kisah Alea dan Dean melalui perspektif Dean yang ia tulis dalam jurnal miliknya di buku Turning Page.

genreBeli dan Baca Sekarang!

Tidak seperti novel pertamanya, novel kedua ini lebih berisikan ilustrasi-ilustrasi manis dan tulisan kecil dari Dean Bjorn tentang kekasihnya, Alea Khiar. Mulai dari pertemuan keduanya yang tidak disengaja, hubungan asmara keduanya, sampai kehidupan dari seorang Dean Bjorn.

Selain itu, alur cerita dalam novel Alster Lake juga akan lebih diperdalam oleh penulis di dalam buku ini, serta akan ada beberapa tambahan cerita baru dari Dean dan Alea yang sayang untuk kamu lewatkan.

Novel fanfiction lainnya yang bisa kamu baca dan diangkat dari AU di Twitter adalah Dikta & Hukum.

diktaBeli dan Baca Sekarang!

Fan fiction ini sempat viral dengan penggambaran tokohnya lewat Doyoung NCT. Tokoh utama yang bernama Dikta, adalah mahasiswa akhir hukum yang pintar, serius, cuek, tapi perhatiannya abis-abisan sama Nadhira yang anaknya mageran.

Walaupun karakter Dikta dingin, ia sering membantu tugas-tugas Nadhira dan selalu menjadi penyelamatnya di kala tugas menyerang. Bahkan Dikta sampe kaya guru les bimbelnya Nadhira, demi mempersiapkan Nadhira masuk ke perguruan tinggi.

Sampai ketika, Dikta akhirnya menceritakan sedikit demi sedikit hal yang selama ini ia tutupi dan membuat hidupnya tak lama lagi. Ia juga mempunyai wish list yang ingin ia lakukan bersama Nadhira, sebelum semuanya sirna. Apakah berhasil diwujudkan?


Baca juga: Rekomendasi Novel Adaptasi Wattpad yang Paling Banyak Dibaca


3. Science Fiction (Fiksi Ilmiah)

Perpaduan fiksi dan sains ilmiah yang ceritanya terbangun pada dunia modern penuh teknologi maju dan biasanya mengambil latar masa depan. Tentunya, kemajuan pengetahuan yang canggih ini belum ada di dunia nyata. Jadi imajinasi serta kreatifitas penulis tentunya sangat tinggi dalam menulis genre ini karena berdasarkan pengetahuan ilmiah.

Contoh novel sci-fi yang bisa kamu baca adalah buku kedua trilogi Trisurya karya dari pemenang penghargaan karya fiksi sains terbaik Tiongkok, Liu Cixin yang berjudul Belantara.

genreBeli dan Baca Sekarang!

Apa yang akan dilakukan manusia ketika tahu bahwa Bumi, planet yang mereka tempati selama ini tiba-tiba akan diinvasi oleh alien empat abad lagi? Entahlah, karena Peradaban Trisurya atau bangsa alien kini telah mengetahui di mana letak planet Bumi menggunakan alat pengintai berupa proton cerdas, untuk mengintai dan mengetahui semua informasi yang ada di Bumi.

Namun, alat pengintai cerdas tersebut ternyata tidak benar-benar bisa mengetahui seluruh informasi yang ada di Bumi karena alat tersebut tidak bisa melihat apa yang ada di dalam pikiran manusia. Hal itulah yang kemudian menjadi dasar dimulainya Proyek Penghadap Tembok, di mana sejumlah ahli siasat ditugasi untuk membuat strategi dalam kepala mereka sendiri tanpa bisa diketahui oleh Trisurya.

Sementara itu, Bumi juga harus segera membangun armada antariksa untuk melindungi Bumi dari Trisurya. Tapi, apakah manusia bisa mengatasi perpecahan antar negara dan antar ideologi untuk melakukannya?

Contoh buku sci-fi lokal yang nggak boleh kamu lewatkan adalah Traveline Past.

travelineBeli dan Baca Sekarang!

Buku ini adalah seri pertama dari Trilogi Traveline (Past-Present-Future). Trilogi ini dimulai dengan misi perjalanan waktu untuk menyelamatkan bumi dari perang puluhan tahun melawan Planet Gorb.

Sayangnya, saat Aliansi militer Bumi hendak mengirim tim ke masa lalu untuk mencegah bangsa Gorb datang, tim tersebut diserang dan seluruh anggota tim tewas. Hanya Orin yang selamat dan terpaksa melanjutkan misi sendirian untuk kembali ke tahun 2021.

Ada cerita tentang pelajaran, persahabatan, perundungan, sampai soal asmara, hingga fakta-fakta baru mengenai penyebab bangsa Gorb menyerang Bumi yang selama ini disembunyikan pemerintah aliansi Bumi. Apakah Orin berhasil?

Sci-fi terjemahan dari Inggris yang nggak kalah menarik, yaitu The Lie Tree!

theBeli dan Baca Sekarang!

Mengisahkan tentang Faith, yang ayahnya ditemukan tewas secara misterius setelah keluarganya pindah ke pulau Vane. Faith bertekad untuk mengurai kebenaran di antara kebohongan-kebohongan yang malang melintang, dan mengikuti jejak sang ayah mempelajari ilmu alam.

Dia pun mencari-cari di antara barang-barang peninggalan ayahnya dan menemukan sebuah pohon aneh. Pohon itu tumbuh dengan menyerap bisik-bisik kebohongan dan buahnya dapat menyingkap rahasia-rahasia terpendam. Semakin besar kebohongan, semakin banyak orang yang mempercayainya, semakin besar kebenaran yang terungkap.

Faith sadar bahwa pohon itu mungkin memegang kunci pembunuhan ayahnya, dan ia mulai menyebarkan kebohongan lebih jauh dan luas di seluruh komunitas pulau kecilnya. Tetapi ketika ceritanya lepas kendali, dia menemukan bahwa di mana kebohongan menggoda, kebenaran hancur.

4. Fantasi

Cerita yang tak ada di dunia nyata, bahkan terasa tak masuk akal. Genre ini sama dengan sci-fi, hanya saja cerita yang ada di dalamnya benar-benar membuat kita seperti masuk dalam dunia lain yang berbeda.

Biasanya berlatarkan kerajaan-kerajaan, alam semesta dengan konsep mitos dunia, serta ada unsur magis dan supranatural. Walaupun imajinasi tulisan benar-benar bebas, alur cerita tetap dijelaskan dengan rasional dan logis, serta biasanya ada pesan moral yang terkandung di dalamnya.

Contoh novel fantasi yang berjudul The Storm Runner ini merupakan buku rekomendasi dari Rick Riordan, penulis dari buku seri Percy Jackson and the Olympians.

genreBeli dan Baca Sekarang!

Sebuah pesawat yang dikendarai oleh pilot berwajah zombie alien, tiba-tiba jatuh di dekat gunung berapi yang ada di halaman belakang rumah Zane Obispo, anak lelaki yang harus selalu menggunakan tongkat untuk menopang dirinya ketika berjalan.

Aneh. Itulah yang Zane rasakan ketika pertama kali melihat kejadian tersebut. Hal aneh lainnya muncul ketika ada seorang gadis cantik bernama Brooks yang hadir di depan rumahnya dan berubah menjadi elang.

Brooks memperingatkan Zane bahwa bahaya sedang mengintainya dan dia ditakdirkan untuk membebaskan Dewa Kematian Maya dari penjaranya. Namun, ia tidak percaya dan tidak mau melakukan hal jahat yang akan berpotensi membahayakan dunia seperti itu.

Sampai akhirnya, Rosie, anjing kesayangannya tewas demi menyelamatkan dirinya dari serangan demon pesuruh sang Dewa. Dari situlah ia kemudian masuk dan terlibat dalam petualangan yang penuh dengan penemuan mengejutkan, rahasia berbahaya, dan perang habis-habisan antar para dewa.

Untuk bertahan hidup, Zane bahkan harus menjadi Storm Runner. Tapi bagaimana dia bisa berlari ketika dirinya sendiri bahkan tidak bisa berjalan dengan baik tanpa tongkat yang selama ini menemaninya?

Selain itu, ada pula novel adaptasi film terkenal, Weathering With You. Sang kreator adalah Makoto Shinkai yang juga pembuat animasi populer, Your Name/Kimi No Nawa.

weatheringBeli dan Baca Sekarang!

Berawal dari Ilodaka yang kabur ke Tokyo. Di tengah hujan berkepanjangan dan hiruk pikuknya kota, Hodaka bertemu dengan gadis berkekuatan ajaib bernama Hina. Gadis itu hanya perlu memanjatkan doa untuk mcmbuat cuaca menjadi cerah.

Mereka pun membuat jasa berbayar untuk orang-orang yang ingin menahan hujan untuk keperluan berbagai kegiatan. Sayang cuaca makin tak karuan, hidup mereka dirusak oleh takdir, dan mereka harus memilih cara hidup mercka.

5. Thriller / Suspense / Mystery

Ketiga genre ini mempunyai tema yang sama, biasanya tentang pembunuhan, penculikan, atau tindakan kriminal lainnya. Jalan ceritanya juga melibatkan pengejaran atau pelarian, dan ada karakter yang memunculkan plot twist seru, karena banyak misteri yang terbongkar satu persatu.

Novel thriller seru, ada pada buku Second Sister (Putri Kedua).

putriBeli dan Baca Sekarang!

Nga-Yee, selama ini membesarkan adiknya dan tidak percaya jika adiknya bunuh diri. Ia meminta bantuan hacker untuk menyelidiki kasus kematian adiknya. Penyelidikan amatir berlanjut ke seluruh penjuru kota Hong Kong serta dunia digital bawah tanah. Berawal dari kasus pelecehan seksual di transportasi umum, yang berlanjut menjadi kasus perundungan di dunia daring ternyata membuat sang adik menyerah. Benarkah itu penyebab sang adik memutuskan untuk bunuh diri?

Selain memecah teka-teki di dunia deepweb, kamu juga bisa memecahkan misteri harta karun bersama Margo dan teman ekskulnya di Margo dan Rahasia Setengah Abad.

margoBeli dan Baca Sekarang!

Margo berhasil masuk ke SMA Manggala Utama demi bisa bergabung ke ekskul impiannya, yaitu Manggala Future. Keinginannya untuk bergabung ke ekskul yang selalu mencetak calon-calon pengusaha sukses itu, dijegal oleh Raja si tukang rundung.

Raja menantang Margo untuk menyiapkan uang 15 juta sebagai tanda kontribusi di ekskul Manggala Future yang elit. Di saat itulah, Margo mendapat petunjuk tentang harta karun yang terkubur di balik tembok sekolah. Akankah Margo berhasil mencari harta karun dan mendapatkan uang untuk bisa masuk ke ekskul tersebut?

Sekarang, mari kita kembali memecah kasus. Suspense dirasakan dalam upaya pemecahan kasus pembunuhan pada Black Showman dan Pembunuhan di Kota Tak Bernama.

genreBeli dan Baca Sekarang!

Seorang mantan guru SMP, bernama Kamio Eiichi ditemukan tewas tercekik di halaman rumahnya secara misterius. Dalam penyelidikan kasusnya, para polisi harus menghadapi keterbatasan karena kondisi pandemi Covid-19 yang melanda dunia. Di mana di tengah investigasinya ini, polisi harus tetap mentaati aturan jaga jarak yang dibuat pemerintah, sehingga membuat penyelidikan ini terasa begitu lamban.

Putri korban, Kamio Mayo, yang merasa tidak puas dengan cara kerja polisi pun bersama dengan pamannya, Kamio Takeshi yang merupakan mantan pesulap yang eksentrik, berusaha untuk menyelidiki dan mengungkap sendiri siapa pelaku dari kasus pembunuhan ayahnya tersebut, dan investigasi yang dilakukan oleh keduanya pun dimulai saat upacara kematian Kamio berlangsung.

Dari investigasi keduanya tersebut akankah Mayo dan Takeshi berhasil menemukan si pembunuh dan motif dibalik perbuatannya?

Baca versi e-booknya di sini >>> Black Showman dan Pembunuhan di Kota Tak Bernama


Baca juga: 10 Fiksi Terjemahan Baru dan Seru Terbitan GPU


6. Historical

Berlatar dunia sesungguhnya hanya saja di masa yang berbeda, yaitu masa lalu. Biasanya ada tokoh sejarah penting yang digambarkan secara fiksi namun berdasarkan sejarah faktual. Ada juga historical romance yang menjadi sub-genre, melibatkan percintaan namun saling bertentangan dengan latar faktual.

Salah satu contohnya, kita bisa mengenal sosok Ken Dedes dalam novel Tutur Dedes: Doa dan Kutukan.

genreBeli dan Baca Sekarang!

Nama Ken Dedes tentu sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat Indonesia. Banyak sekali buku dan tulisan yang kerap menyebutkan sosok istri Ken Arok tersebut. Namun, dari banyaknya buku dan tulisan-tulisan tersebut nyatanya tidak ada satu buku pun yang membahas secara khusus sosok Dedes.

Melalui buku ini, penulis pun menceritakan ulang kisah Ken Dedes dan Ken Arok dari sudut pandang perempuan yaitu Ken Dedes itu sendiri yang secara khusus akan lebih banyak membahas tentang sang Dedes. Mulai dari ia lahir hingga akhir hayatnya.

Selain itu, di buku ini, penulis juga tidak hanya menggambarkan sosok Dedes secara terbatas sebagai sosok perempuan cantik istri dari Ken Arok seperti pada buku dan tulisan lainnya, tetapi juga menggambarkan Dedes sebagai sosok perempuan yang kuat, berpendidikan, berani, pintar bersiasat, dan berjiwa kepemimpinan yang tinggi.

Tak hanya dalam negeri, mari kita bertualang ke luar negeri! Cerita romantis berlatarkan kerajaan abad 18 yang bisa buat baper! Sudah diadaptasi menjadi serial di Netflix pula, yaitu Bridgerton: The Duke and I.

bridgertonBeli dan Baca Sekarang!

Simon Basset, Duke of Hastings, melakukan perjanjian dengan Daphne Bridgerton melakukan taktik untuk menyelamatkan Simon dari serbuan ibu-ibu bangsawan untuk dijadikan menantunya, serta memperlihatkan pada pria lajang lain bahwa Daphne adalah wanita yang layak.

Kala mereka melakukan sandiwara, Daphne mulai merasakan percikan cinta. Mungkin karena senyum jail Simon atau caranya memandang setiap kali mereka berduaan. Daphne hanya tahu dirinya telah jatuh cinta kepada sang duke!

7. Horor

Dibalut alur cerita penuh ketegangan yang membuat pembaca bisa ikut merinding. Genre ini berhubungan dengan dunia gaib dan makhluk halus, di mana bisa menakuti secara wujud atau ancaman berupa teror kematian.

Berikut ini kumpulan cerita pendek untuk menemani malam jadi lebih tegang bersama Lewat Tengah Malam - Ganjil.

lewatBeli dan Baca Sekarang!

Kumpulan cerita pendek dari Sweta Kartika ini sepertinya bisa kamu icip satu persatu setiap malam. Walaupun pendek, tapi kisahnya mencekam dan menyeramkan, apalagi beberapa cerita ada yang berasal dari kisah nyata juga lho. Ditambah gambar-gambar yang mendukung kisah-kisah tersebut, akan semakin memacu adrenalinmu!

Kamu juga bisa pergi ke puncak gunung yang penuh kejadian tak terduga bersama Haru Mahameru.

haruBeli dan Baca Sekarang!

Setelah kenaikan kelas, tiga sahabat memutuskan pergi menuju puncak Semeru lewat jalur yang lebih menantang. Mereka berangkat dengan semangat dan percaya diri yang tinggi. Namun, belum sampai puncak, mereka telah menemukan berbagai kejadian aneh. Dan di Mahameru Semeru itu, mereka bertemu dengan sang dewi penguasa gunung. Mampukah mereka turun dan pulang dengan selamat?


Baca juga: Rekomendasi Buku Horor Terbaru di Tahun 2021


8. Realistic Fiction

Genre ini hampir mirip dengan cerita slice of life, hanya saja ceritanya tetap berpegang pada cerita yang realistis dan bisa benar terjadi di dunia nyata. Masih dalam kehidupan cerita sehari-hari seperti berkeluarga, percintaan, hidup bermasyarakat, atau tentang alam, dengan masalah dan penyelesaian yang memang bisa terjadi di dunia nyata. Jadi untuk cerita yang ada fantasinya, makhluk halus atau mitologi, pahlawan super, itu tidak masuk ke kategori genre ini.

Contoh cerita realistis yang seru untuk diikuti adalah Home Sweet Loan.

genreBeli dan Baca Sekarang!

Buku ini bercerita tentang kehidupan dan perjuangan dari empat orang sahabat bernama Kaluna, Tanisha, Kamamiya dan Danan yang memiliki nasib dan latar belakang kehidupan yang berbeda, namun memiliki misi yang sama, yaitu berburu rumah idaman dengan kriterianya masing-masing, yang tentunya tidak mudah untuk diwujudkan oleh mereka.

Dengan berfokus pada kehidupan pribadi tokoh utamanya yang bernama Kaluna, termasuk kisah cintanya dengan kekasihnya yang kaya raya, buku ini akan memberikan gambaran sesungguhnya mengenai kehidupan kaum kelas menengah yang cenderung mepet bawah alias dengan gaji yang nggak pernah menyentuh dua digit, dan segala problematika realistis yang mungkin juga dirasakan oleh beberapa pembacanya.

Cerita realistis yang romantis juga bisa kamu rasakan lewat kisah Genta dan Nandea.

Kisahnya dari penulis jebolan platform kepenulisan yang punya banyak pembaca dan bukunya selalu best seller bernama Nandea. Sampai akhirnya ia dipertemukan dengan Genta, editor yang super galak sampai semua naskah buatan Nandea ditolak olehnya.

gentaBeli dan Baca Sekarang!

Nandea sampai heran kenapa orang-orang senang dieditori olehnya, sedangkan dia hanya ingin menyerah! Nandea bertahan waktu demi waktu hingga melihat sisi lain dari Genta, yang ternyata melelehkan hatinya. Apa Nandea harus bertahan demi naskahnya? Atau ... demi hatinya?


Baca juga: Rekomendasi Novel Laris yang diangkat Menjadi Serial Populer


Masih ada genre-genre lain yang tak kalah seru untuk kamu baca, lho. Nah, buat kamu yang mau mengikuti keseruan para tokoh dari cerita-cerita di atas, langsung checkout buku-bukunya hanya di Gramedia.com!

Mau tahu promo yang sedang berlangsung di Gramedia.com? Diskon menarik, special price, harga spesial pre-order, dan penawaran spesial lainnya? Coba tengok di bawah ini ya!

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber foto header: instagram.com/gramedia

Penulis: Almira Rahma Natasya, Ikha Destryani


Almira R. Natasya

Almira R. Natasya

Digital Content Officer Gramedia Digital

Enter your email below to join our newsletter