5 Tips Mudah Mahir Bahasa Inggris Tanpa Kursus

. 3 min read

Era globalisasi seolah membuat kemahiran berbahasa Inggris menjadi sebuah keharusan karena dijadikan salah satu faktor untuk pemenuhan daya saing dalam berkarir. Beberapa perusahaan di Indonesia bahkan menjadikan bahasa Inggris sebagai salah satu syarat utama pelamarnya.

Hal ini membuat kursus bahasa Inggris begitu menjadi incaran untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Namun sayangnya, biaya yang harus dikeluarkan begitu besar dan membuat sebagian orang urung untuk menjalani kursus.

Padahal selain dengan mengikuti kursus bahasa Inggris, sebenarnya ada beberapa cara efektif yang dapat kalian lakukan sendiri untuk bisa mahir berbahasa Inggris.

Gimana sih caranya? Simak 5 tips di bawah ini, ya!

1. Menonton Film atau TV Series Barat

Sumber: Aquilastyle

Menonton film Hollywood ataupun TV series  barat juga menjadi salah satu hal menyenangkan lain yang bisa digunakan untuk belajar bahasa Inggris.

Jika biasanya kalian menonton film barat dengan subtitle bahasa Indonesia, kini coba mulailah beralih dengan menggunakan subtitle bahasa Inggris.

Jika ada kalimat yang tidak dimengerti, rajinlah untuk pause film dan mencari makna kata itu. Atau bisa juga untuk menuliskan deretan kata-kata yang masih belum dimengerti dan cari artinya setelah film selesai ditonton.


Baca juga: Rekomendasi Serial TV Terbaik Adaptasi Buku. Sudah Nonton?


2. Dengarkan Lagu, Tuliskan Liriknya

Mustahil rasanya jika anak milenial ataupun generasi Z tidak suka mendengarkan lagu, terlebih lagu barat. Nah, hobi mendengarkan lagu bisa jadi salah satu cara ampuh untuk meningkatkan kemampuan listening dalam bahasa Inggris.

Dengarkan lagu favoritmu, kemudian tuliskan setiap kata dari lirik lagu yang kamu dengar. Setelahnya, cocokkan hasil tulisanmu dengan mencari lirik lagunya.

Setelah memulainya dengan lagu favoritmu, kamu bisa mengulanginya lagi pada lagu-lagu lain yang earcatching saat pertama kali dengar.

3. Dengarkan Podcast

Sumber: Reviewgeek.com

Ini dia salah satu bentuk hiburan yang kembali hits! Kamu bisa menggunakan Podcast sebagai salah satu media belajar bahasa Inggris. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan banyak informasi baru dari Podcast yang kalian dengar.

Tidak hanya bercerita, terkadang Podcast juga akan bercerita perihal satu topik tertentu. Tapi ingat, pastikan channel Podcast yang kamu dengar berbahasa Inggris, ya!


Baca juga: Podcast, Momen Kebangkitan Konten dengan Format Audio


4. Mulai Membaca Buku Berbahasa Inggris

Jika kamu suka membaca, yuk mulai coba membaca buku-buku berbahasa Inggris. Kamu bisa mulai dengan membaca buku anak-anak yang kata-katanya sedikit namun mudah dipahami.

Kemudian jika sudah mulai lancar, kalian bisa mengalihkan bukunya ke arah novel-novel dengan genre yang kalian suka. Yang terpenting, jangan mengabaikan kosakata yang kalian tidak mengerti, rajinlah untuk mencari artinya di kamus, ya.

5. Dengarkan Suaramu Sendiri

Setelah melakukan 4 hal menyenangkan di atas untuk belajar bahasa Inggris. Kalian tentu harus punya kepercayaan diri sebelum sungguh berinteraksi dengan bahasa Inggris bukan? Nah, kalian bisa mulai untuk melatih diri kalian berucap dan menulis dalam bahasa Inggris.

Hal ini bisa kamu mulai dari merekam cerita keseharianmu dengan bahasa Inggris di depan cermin, dan mendengarkannya sendiri.

Untuk menulis, kalian bisa mulai dengan rajin menulis status caption Instagram, atau cuitan di Twitter dengan menggunakan bahasa Inggris.


Baca juga: Suka Baca? Yuk, Intip Klub Buku Milik 5 Seleb Hollywood Ini


Karena menyenangkan dan mudah dilakukan, tidak dapat dipungkiri kalau hal-hal di atas tentu akan membawa kalian pada level berbahasa Inggris yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Selain meningkatkan kemampuan mendengar, menulis, dan pengucapan dalam bahasa Inggris, ada hal yang tak kalah penting untuk kalian pelajari, yaitu Grammar.

Grammar akan membantu kalian untuk dapat menyusun kalimat yang baik dan benar setelah kalian terbiasa untuk mendengar dan berucap dalam bahasa Inggris.

Sudah punya buku panduan Grammar? Cek langsung buku-bukunyanya di Gramedia.com!

Beli buku-bukunya di sini >>


Sumber header foto: Shutterstock.com