Rekomendasi Serial TV Terbaik Adaptasi Buku. Sudah Nonton?

Rekomendasi Serial TV Terbaik Adaptasi Buku. Sudah Nonton?

. 4 min read

Belakangan popularitas serial TV makin naik daun. Tak kalah dengan film, kini makin banyak saja serial TV yang sukses besar dan mendapat tempat di hati para pemirsanya.

Hadirnya Netflix dan platform-platform streaming serupa menjadi trigger yang cukup ampuh untuk mendongkrak popularitas serial TV. Beberapa merupakan kisah orisinil, namun tidak sedikit pula yang kisahnya diangkat dari buku.

Berikut kami pilihkan rekomendasi serial TV barat terbaik yang kisahnya merupakan adaptasi dari buku-buku best seller. Dari genre drama, fantasi, thriller, hingga dark-comedy bisa kamu lihat di sini.

1. You

TV series ini awalnya tayang di stasiun TV Lifetime milik Disney. Berkat popularitasnya, You kemudian tayang di Netflix yang mulai mengudara sejak Desember 2018 lalu.

You berkisah tentang Joe Goldberg (Penn Badgley), seorang manajer toko buku yang terobsesi pada pelanggannya, gadis cantik bernama Guinevere Beck (Elizabeth Lail). Joe memanfaatkan teknologi untuk menguntit kehidupan Beck. Ia pun terobsesi memiliki Beck meski harus menghalalkan segala cara, termasuk membunuh orang-orang yang menghalangi jalannya.

TV series ini diadaptasi dari novel misteri berjudul sama karya Caroline Kepnes. Novel yang terbit pada September 2014 itu telah diterjemahkan ke dalam 19 bahasa.

2. Big Little Lies

Serial TV barat ini awalnya mendapat cukup banyak perhatian berkat jajaran pemerannya. Yap, Big Little Lies memang diperankan oleh artis-artis Hollywood papan atas seperti Nicole Kidman, Reese Witherspoon, Shailene Woodley, dan Alexander Skarsgard.

Big Little Lies diadaptasi dari novel best seller berjudul sama karya Liane Moriarty. Novel yang terbit pada tahun 2014 ini mendapat banyak sambutan positif. Sampai-sampai media di Amerika Serikat menyebut novel ini memiliki ide cerita yang segar dan memiliki kedekatan dengan pembacanya, khususnya di Amerika Serikat.

Big Little Lies bercerita tentang konflik dan intrik yang mengiringi kehidupan rumah tangga ibu-ibu muda di Amerika. Plot cerita yang tidak mudah ditebak dijamin akan membuatmu terus penasaran dengan kisahnya.

Beli bukunya di sini >>

3. Tyding Up with Marie Kondo

Serial TV yang satu ini lebih tepat disebut reality show. Tyding Up with Marie Kondo mulai mengudara di Netflix sejak 1 Januari 2019.

Ide ceritanya diangkat dari buku The Life-Changing Magic of Tidying Up (2011) karya Marie Kondo, seorang konsultan beres-beres rumah asal Jepang.

Bukunya sukses di pasaran hingga menembus jilid ketiga dan diterjemahkan dalam belasan bahasa. Pun bukunya telah terjual di lebih dari 30 negara, salah satunya di Amerika Serikat.

Dalam 8 episode serial TV ini, Marie Kondo memerkenalkan metode baru beberes rumah bernama KonMari, sebuah metode yang diadaptasinya dari ajaran tradisional Jepang, Shintoisme.

Meski banyak mendapat ulasan pedas dari kritikus, namun acara ini terbilang cukup sukses dan mampu menanamkan pesan positif bagi pemirsanya.

4. Sharp Objects

Sharp Object adalah serial TV barat yang tayang di HBO pada pertengahan 2018 lalu. Kisahnya mengikuti seorang reporter bernama Camille Preaker (Amy Adams) yang melakukan investigasi kematian dua anak di sebuah kota kecil.

Penyelidikan itu pun membawanya menelusuri masa lalunya yang suram di kota yang ternyata juga tempat kelahirannya.

Serial TV ini diadaptasi dari novel misteri berjudul sama karya Gillian Flynn. Novel yang terbit pada tahun 2006 itu terhitung sukses dan telah memenangkan beberapa penghargaan. Adaptasi mini series-nya sendiri disebut-sebut akan berlanjut di season kedua.

Beli bukunya di sini >>

5. Titans

Serial TV ini baru saja tayang di Netflix. Kisah dan karakternya diangkat dari komik Teen Titans, DC Comics. Serial ini akan menambah daftar panjang superhero-superhero DC yang diangkat ke serial TV setelah The Flash, Arrow, dan Supergirl.

Titans bercerita tentang sekelompok superhero DC Universe pembasmi kejahatan. Dick Greyson alias Robin berusaha keluar dari bayang-bayang Batman untuk menjadi pemimpin dari sekelompok superhero muda.

Anggotanya terdiri dari superhero-superhero DC terpilih yaitu Robin (Nightwing), Raven, Beast Boy, Starfire, Hawk, dan Dove. Season 1 Titans terdiri dari 11 episode dan kabarnya DC Entertainment akan segera membuatkan season keduanya.

6. 13th Reasons Why

13th Reasons Why adalah TV series orisinil produksi Netflix. Season pertamanya tayang pada 31 Maret 2017 dan berlanjut ke season dua pada 18 Mei 2018.

Web TV series ini diangkat dari novel young adult karya Jay Asher. Ceritanya berkutat pada kehidupan remaja dan praktik bullying yang kerap terjadi di sekolah. Novelnya sendiri telah menerima banyak penghargaan dan menduduki posisi pertama dalam daftar New York Times Best Seller pada tahun 2011.

Hannah Baker (Katherine Langford) memutuskan mengakhiri hidupnya secara misterius. Sebelum meninggal ia merekam pengakuan bunuh dirinya dalam sekotak tape yang kemudian ia berikan pada teman-teman yang dipercayanya, salah satunya sang love interest, Clay Jensen (Dylan Minnette).

Sepanjang cerita berjalan, TV series ini akan menguak penyebab Hannah Baker bunuh diri dan siapa yang paling bertanggung jawab atas keputusannya tersebut.

13th Reasons Why mengingatkan kita pada rentannya kasus bullying di sekitar kita namun seringkali kasat mata dan bias.

7. Game of Thrones

TV series ini mengudara di channel HBO dan pertama kali tayang pada bulan April, 2011. Serial TV-nya sendiri telah memasuki season ketujuh dan akan berakhir di season delapan pada tahun 2019 ini.

Game of Thrones diadaptasi dari novel fantasi karya penulis Amerika, George R.R. Martin yang berjudul A Song of Ice and Fire. Seri pertamanya terbit pada tahun 2006 yang kemudian disusul oleh seri-seri selanjutnya.

Di tahun 2016 bukunya terjual lebih dari 70 juta kopi di seluruh dunia dan telah diterjemahkan dalam 47 bahasa. Seri keempat dan kelimanya bahkan meraih top best seller dalam daftar The New York Times Best Seller.

8. Orange is the New Black

Lagi-lagi original series dari Nteflix. Orange is the New Black adalah serial drama komedi yang dapat menimbulkan gelak tawa sekaligus air mata.

Bercerita tentang Piper Chapman, seorang wanita yang dipenjara karena tuduhan penyelundupan uang hasil penjualan narkoba. Selama berada di balik jeruji besi, Chapman bertemu sejumlah perempuan lain yang juga sedang terjebak dalam permasalahan hidupnya masing-masing.

Fyi, ternyata Orange is the New Black adalah kisah nyata dari Piper Kerman yang dituangkan dalam buku berjudul sama.

9. The End of the F***ing World

Serial ini berasal dari Inggris yang kemudian ditayangkan di Netflix pada 5 Januari 2018. The End of the F*ing World merupakan drama dark-comedy yang terdiri dari 8 episode.

Kisahnya diadaptasi dari graphic novel karya Charles Forsman yang dibukukan pada tahun 2013. Naskah serial TV-nya ditulis oleh Charlie Covell dan diperankan oleh aktor-aktris remaja, Alex Lawther dan Jessica Barden.

Kisahnya begitu unik, yang diramu dengan dialog-dialog sarkas tentang pencarian jati diri remaja. Saat serial ini pertama kali tayang di Netflix, semua orang seakan tak bisa berhenti membicarakannya.

Kombinasi karakter yang aneh, kemarahan remaja, aktivitas ilegal, kisah cinta, hingga aksi pembunuhan yang sembrono membuat serial ini banyak digandrungi para pecinta TV series.


Serial-serial televisi yang diadaptasi dari buku memang memiliki magnet tersendiri. Meski terkadang banyak yang menilai tidak sesuai ekspektasi, namun tidak sedikit pula yang mampu memenuhi harapan para pembacanya, hingga merangkul audience baru.

Di antara serial TV di atas, mana yang paling kamu favoritkan? Atau punya rekomendasi serial TV sendiri?

Jangan lupa, tulis di kolom komentar ya!


Sumber header foto: IMDB