5 Buku Parenting dari Andri Priyatna Ini Siap Bikin Kita Jadi Orang Tua Hebat

5 Buku Parenting dari Andri Priyatna Ini Siap Bikin Kita Jadi Orang Tua Hebat

. 4 min read

Menjadi orang tua bukanlah hal mudah, mengingat tidak ada sekolah khusus yang mengajarkan bagaimana jadi bapak dan ibu yang baik dalam mengasuh anak. Belum lagi karakter tiap anak berbeda tergantung latar belakang keluarga hingga lingkungan sekitar yang membentuknya. Sehingga perlakuannya pun berbeda, memerlukan banyak waktu, tenaga, serta hati untuk benar-benar merawat tumbuh kembang anak. Walaupun sepintas penuh tantangan, sesungguhnya mengasuh dan membesarkan anak adalah kesempatan penuh anugerah yang jadi idaman tiap orang tua. Oleh karena itu, tiap bapak dan ibu tentunya tidak ingin melewatkan peluang tersebut untuk jadi sosok ideal yang bisa jadi role model anak-anaknya. Akhirnya bapak dan ibu pun sampai pada satu pertanyaan: bagaimana jadi orang tua hebat? Andri Priyatna, penulis spesialisasi buku-buku parenting ini menyiapkan jawabannya buat kita. Apa sajakah? Yuk intip!

Parenting di Dunia Digital
anak1-4
Anak-anak yang lahir di era sekarang tidak bisa dipungkiri akan langsung bersentuhan dengan dunia digital yang serba berteknologi. Segala hal dihubungkan dengan jaringan internet yang bisa diakses hanya lewat satu genggaman telepon pintar. Ada banyak keuntungan yang bisa dimanfaatkan dari hadirnya teknologi digital, mulai dari kemudahan komunikasi hingga memperbarui informasi. Tapi di sisi lain, ancaman yang ada juga besar adanya terlebih yang menyasar pada anak-anak seperti kecanduan, pornografi, praktek pedofilia, cyber bullying, dan lain-lain. Sebagai orang tua, kita harus sigap dan siaga merespons kemajuan teknologi yang menerpa kehidupan keseharian anak.
Lebih dari sekadar hanya mendampinginya, tapi juga turun langsung mengambil peran bimbingan yang nyatwa pada anak. Seperti apakah caranya? Cukupkah dengan menyeleksi konten-konten yang hanya bisa diakses oleh anak? Seberapa perlukah diskusi dan komunikasi terbuka ala curhat dengan anak dilakukan untuk memantau aktivitas onlinenya? Bagaimana tetap memanfaatkan teknologi untuk anak dengan hati-hati dan aman? Buku Parenting di Dunia Digital karya Andri Priyatna ini hadir untuk menjawab tantangan di dunia parenting ketika teknologi digital merasuki sendi-sendi kehidupan sehari-hari.

Parenting for Character Building
anak1-3
Bicara soal parenting, tidak hanya berfokus pada bagaimana melatih orang tua agar jadi sosok hebat nan ideal saja, tapi juga tentang bagaimana pendekatan orang tua pada anak bisa membuat anak tumbuh dengan baik. Terutama tumbuh dalam hal pengembangan karakter khas si anak atau yang kerap disebut character building. Pada masa-masa emas anak berkembang, orang tua bisa memfokuskan untuk menanamkan nilai-nilai dasar nan baik pada anak antara lain kepercayaan diri, disiplin, kecerdasan, hingga pikiran positif. Dalam mengembangkannya, tentu diperlukan teknik-teknik khusus yang praktis nan sederhana untuk diterapkan. Buku Parenting for Character Building karya Andri Priyatna kali ini secara gamblang membahas keseluruhannya secara lengkap. Mulai dari cara memahami karakter anak hingga bagaimana mengajarkan nilai-nilai positif tersebut agar tertanam di dalam sifat-sifat anak.

Parenting untuk Orang Tua Sibuk
anak1-2
Bapak sibuk bekerja di luar? Ibu punya usaha di rumah atau pun berkarir di luar juga? Selalu saja ada kesibukan yang mendera kedua orang tua hingga kecemasan pun muncul: apakah sudah mengasuh anak dengan baik di tengah padatnya jadwal dan kegiatan? Beragam kegalauan pun ikut bermunculan, apakah harus mengorbankan salah satu: karir atau anak? Tak bisakkah keduanya jalan beriringan? Jawabannya: bisa! Ada banyak tips dan ide parenting yang sebenarnya bisa dilakukan untuk menciptakan keadaan keluarga yang seimbang antara karir dan mengurus anak. Penasaran bagaimana tekniknya? Buku Parenting untuk Orang Tua Sibuk ini bisa jadi pilihan bacaan buat kita. Terdapat tips-tips bagaimana memanfaatkan kesibukan kita sebagai orang tua untuk mengajarkan anak mengenai hal-hal baru, serta memahami tantangan-tantangan kesibukan karir dan cara menyiasatinya agar ana tetap diperhatikan.

Parenting Anak Bandel
anak1-1
Pada masa emas pertumbuhannya, anak kerap bisa bertindak dan berperilaku begitu aktif hingga terkesan nakal. Ada banyak yang ingin mereka coba hingga terkadang mengabaikan aturan-aturan. Sepintas kita sebagai orang tua pun mulai pusing dan merasa anak mulai bertingkah nakal. Benarkah anak betul-betul nakal? Bagaimana cara kita bisa mengatakan seorang anak nakal? Apa cara yang tepat untuk menanganinya? Mengapa anak bisa bertindak demikian? Mungkinkah ada faktor dan pengaruh lain dari luar lingkungan? Buku Parenting Anak Bandel akan membantu kita sebagai orang tua untuk memahami dan menangani anak bandel. Karena di saat seperti inilah, orang tua benar-benar dibutuhkan untuk berada di samping anak dan mengajarkannya mengenai banyak hal yang mampu mengembalikan keharmonisan anak. Kunci utamanya adalah komunikasi dan kolaborasi.

Pahami Gaya Belajar Anak
anak1
Teknik parenting tidak hanya tentang bagaimana menghadapi perilaku nakal anak, menjadi contoh yang baik sehari-hari, jadi teman curhat anak, dan lain-lain, tapi juga jadi sosok yang mampu memahami gaya belajar anak. Biasanya orang tua akan banyak berharap agar anaknya tumbuh cerdas dengan mendorong anak untuk terus belajar, hingga kerap lupa kalau anak sebenarnya punya gaya belajar tersendiri. Dengan mengenali gaya belajarnya, kita bisa mengetahui titik potensi anak berada di mana dan menumbuhkannya dengan cara yang tepat. Oleh karena itu sangat penting untuk mengidentifikasi gaya belajar anak, demi mengetahui minat bakat anak di bidang apa sehingga ditunjang dan didukung, bukan sebaliknya diganggu. Tapi sampai di sini kita masih bingung sebenarnya bagaimana cara mengetahui gaya belajar anak? Apakah dengan mengamati pola belajarnya sehari-hari? Berkonsultasi dengan guru di sekolah? Atau mencoba segala macam metode ajar untuk menemukan yang tepat? Buku Pahami Gaya Belajar Anak tidak hanya menyediakan jawaban dan solusinya, tapi juga hadir dengan informatif memberitahu kita mengenai jenis kecerdasan anak hingga strategi menyesuaikannya dengan gaya belajar yang cocok.

Itulah kelima buku parenting karya Andri Priyatna yang siap membekali pengetahuan dan pengalaman tiap keluarga. Kelima bukunya sudah tersedia di seluruh toko buku Gramedia se-Indonesia maupun online di Gramedia.com. Mari jemput bukunya! Sebab momen mengasuh anak adalah kesempatan dan waktu terindah yang pernah orang tua punya.