Kimbab Family: Cerita Eksklusif yang Tidak Ada di Channel YouTubenya

Kimbab Family: Cerita Eksklusif yang Tidak Ada di Channel YouTubenya

. 5 min read

Kimbab Family - Banyak sekali vlog yang menggambarkan keseruan sebuah keluarga, dalam melakukan kegiatan mereka sehari-hari atau saat sedang jalan-jalan. Nah, tak ketinggalan dengan keluarga multikultural ini, yang juga membagikan kesehariannya tinggal di Korea Selatan lewat YouTube channel mereka, Kimbab Family.

Penggemar budaya Korea atau para mama muda di Indonesia pasti sudah kenal dengan keluarga ini. Ada Appa Jay, Mama Gina, bersama ketiga anaknya yaitu, Suji, Yunji, dan Jio, yang asyik berbagi kegiatan mulai dari konten masak, belajar bahasa Korea, Indonesia, bahkan bahasa Sunda, berkebun, hingga vlog jalan-jalan di Korea. Semuanya tersaji memperlihatkan keharmonisan keluarga mereka.

Asiknya lagi, Appa Jay dan Mama Gina akhirnya membagikan kisah pertemuan dua budaya ini yang tak mudah untuk dijalani lewat buku terbarunya, “Kimbab Family: (Bukan) Kisah Drama Korea”. Di dalam bukunya ini, mereka menceritakan segala hal yang berbeda dan berbanding terbalik dari drama korea yang penuh kebahagiaan.

Kimbab Family : Kisah Eksklusif yang Tak Ada di Channel YouTubenya

Awalnya, Appa Jay hanya merekam kegiatan anak-anaknya saat tinggal di Indonesia, agar dapat dilihat oleh keluarganya di Korea Selatan. Appa Jay memilih mengunggahnya di YouTube dan langsung membagikan tautannya, dibanding mengirimkan video besar lewat aplikasi chat. Ternyata yang menonton video itu tak hanya keluarganya saja, tapi banyak yang merespon positif bahkan menunggu-nunggu kelanjutan video lainnya, hingga mempunyai 1,53 juta subscribers.

Konten-konten YouTube dari Kimbab Family banyak berbagi aktivitas keluarga, kelucuan dan keseruan anak-anak mereka, serta bagaimana pasangan ini saling memperkenalkan budaya mereka masing-masing. Dikutip dari Popmama (11/03/21), mereka ingin Keluarga Online (sebutan untuk penonton setia Kimbab Family) mengenal lebih dekat dengan Korea, dari budaya hingga ikut berkeliling daerah-daerah di sana.

Nah, kisah pertama kali Appa Jay dan Mama Gina bertemu, lalu menjalankan bahtera rumah tangga dengan banyak kendala, dan bagaimana cara mengurus ketiga buah hatinya, eksklusif diceritakan dalam buku ini, yang tak pernah diceritakan dalam channel YouTube mereka. Tak ketinggalan pula tentang perbedaan budaya yang menyulitkan mereka pada awal pernikahan, keterbatasan bahasa, dan cara mengajarkan anak-anaknya dalam mengenal kedua budaya yang berbeda itu.

"Awalnya kami menerima email dari salahsatu penerbit, diajak menceritakan tentang kisah kami dalam sebuah buku, setelah berdikusi dan mempertimbangkan akhirnya kami menulis buku ini. Isi bukunya mengenai kisah kami, cerita kami yang sebelumnya belum pernah diceritakan di channel YouTube Kimbab Family," jelas Mama Gina dan Appa Jay pada Popmama (11/03/21).

Kimbab Family : Lika-Liku Rumah Tangga Beda Budaya

Pertemuan di Tiongkok saat Appa Jay dan Mama Gina belajar bahasa Mandarin di sana, ternyata membawa mereka hingga saat ini mempunyai keluarga yang bahagia. Dari buku ini, diceritakan pula bagaimana kisah pertemuan mereka secara lebih detail. Appa Jay seromantis oppa oppa Korea di drakor nggak ya, sampai bisa bikin Mama Gina jatuh hati dengannya? Hihihi.

cerita
Sumber foto: instagram.com/kimbabfamily.official

Awal pernikahan mereka sudah dipenuhi dengan kendala bahasa dan budaya. Mereka juga sempat tinggal di Indonesia dan membuat Appa Jay harus berjuang menyesuaikan budaya di Indonesia, sama halnya dengan Mama Gina saat mereka harus menetap di Korea sampai saat ini. Perbedaan sudut pandang dan kebiasaan yang berbeda itu menjadi bumbu rumah tangga mereka. Perjuangan itu tentunya tak semulus dan tak semudah yang mereka perlihatkan lewat tayang YouTubenya. Apalagi dalam mendidik serta memperkenalkan dua bahasa dan budaya kepada anak-anak yang tentunya tidak mudah.

"Di awal-awal pernikahan, jujur stres banget, detail kisah ini sebetulnya sudah saya ceritakan juga di buku. Kan biasanya saya bangun pagi dress-up, lalu make-up dan siap-siap berangkat ke kantor tapi tiba-tiba berubah 360 derajat. Sekarang saya di rumah saja ngerjain pekerjaan rumah ya cuci piring, cuci baju, masak itu kehidupan yang berbeda sekali ya di tahun pertama pernikahan yang membuat saya sangat stres," kata Mama Gina pada talkshow peluncuran buku di channel Penerbit Mizan (11/03/21).

Drama dan cobaan rumah tangga mereka menghiasi buku ini yang menarik untuk disimak. Kekompakannya akan diceritakan secara jelas dari segala perjuangan, kegigihan, serta kerja keras mereka dalam membentuk keluarga yang penuh harmoni dan cinta.

“Di dalam buku ini ada cerita yang Appa Jay tulis yang sebelumnya Mama Gina tidak tahu, dan sebaliknya ada cerita dari Mama Gina yang bahkan Appa Jay pun belum dengar. Jadi ketika kami sama-sama menulis, mata kami sempat berkaca-kaca membacanya," Kata pasangan ini pada Popmama (11/03/21).

Kehadiran ‘Three Miniyeons’ yang Membahagiakan dan Memberikan Pelajaran

Cerita dari momen kelahiran Suji, Yunji, dan Jio tak kalah menarik perhatian. Mama Gina menceritakan bagaimana ia melahirkan Suji di saat ia masih beradaptasi dengan lingkungan di Korea Selatan. Momen kesedihan yang terbawa setelah kelahiran Yunji, serta kabar yang ditunggu-tunggu akan kegembiraan momen kelahiran Jio.

Dikutip dari Media Indonesia (14/03/21), kehadiran anak-anaknya ini menambah warna baru yang menyenangkan bagi Mama Gina dan Appa Jay. Bahkan Mama Gina mengatakan dirinya menemukan dunia baru, karena enjoy mengurus dan mendidik anak-anak, padahal sebelumnya ia ingin kembali bekerja setelah menetap satu atau dua tahun di Korea.

cerita
Sumber foto: instagram.com/kimbabfamily.official

Appa Jay dan Mama Gina sudah dikenal dengan cara medidik anak-anaknya yang menginspirasi dan Keluarga Online sangat memujinya. Dalam YouTube mereka, diperlihatkan bagaimana Suji, Yunji, dan Jio sudah dilibatkan dan diajarkan dalam pengambilan keputusan. Tayangan video-video mereka juga memperlihatkan bagaimana anak-anaknya dikenalkan dengan apa itu konsekuensi, negosiasi, cara berdisiplin, tanpa marah-marah namun dengan ketegasan dan kelembutan.

Dari buku ini, Appa Jay dan Mama Gina ingin pengalaman cara mendidik mereka yang dari berbeda budaya ini bisa menginspirasi bagi siapapun yang membacanya.

"Kami punya peran masing-masing, karena di rumah kami hanya berdua dan tidak ada yang membantu jadi kami mengajarkan ke anak-anak bahwa mereka juga harus ikut berperan dalam keluarga. Seperti Suji sebagai kakak, dia harus memberikan contoh yang baik untuk adik-adiknya, begitu juga dengan adik-adiknya, mereka harus menurut dengan kakaknya," jelas Appa Jay dalam talkshowpeluncuran buku di channel Penerbit Mizan (11/03/21).

Kimbab Family : Diary Appa Jay

cerita
Sumber foto: instagram.com/kimbabfamily.official

Selain kisah dari Kimbab Family, Appa Jay juga ikut menuliskan cerita blak-blakan tentang Korea yang eksklusif, tak pernah ia bagikan di mana pun. Appa Jay akan menceritakan budaya Korea dengan lebih dekat dari masa kecilnya dan pandangannya dalam bagian Diary Appa Jay.

Kisah perjalanan Kimbab Family di YouTube memang selalu ditunggu-tunggu. Tapi, kisah eksklusif di dalam buku ini tentunya tak boleh dilewatkan oleh para Keluarga Online. Nah, spesial buat kamu, buku “Kimbab Family: (Bukan) Kisah Drama Korea” sudah dapat dipesan sekarang di Gramedia.com.

kimbabBeli sekarang!

Untuk pre-order yang berlaku hingga 15 Maret 2021, kamu akan mendapatkan diskon spesial 15%, bonus tanda tangan digital dari Kimbab Family, sticker set & phone holder lucu bagi kamu yang beruntung. Tunggu apalagi? Checkout sekarang bukunya ya!

promoKlik untuk Info Lebih Lanjut

Dari kisah Kimbab Family yang menginspirasi, Mama Gina dan Appa Jay ingin semua Keluarga Online bisa merasa lebih dekat dengan mereka, dan menemukan isi yang menarik serta bermanfaat.

Yuk, baca kisah serunya!


Sumber foto header: instagram.com/kimbabfamily.official