Buku-Buku Penulis Indonesia yang Cocok dengan Kostum Met Gala 2022

Buku-Buku Penulis Indonesia yang Cocok dengan Kostum Met Gala 2022

. 8 min read

Udah masuk pertengahan Mei, nih, siapa yang masih gagal move on dari pagelaran Met Gala 2022 kemarin? By the way, buat yang belum tahu, Met Gala merupakan acara amal tahunan yang diselenggarakan oleh Metropolitan Museum Art’s Costume Institute.

Acara yang diselenggarakan pada 2 Mei 2022 lalu ini mengusung tema “In America: An Anthology of Fashion dengan dress code Gilded Glamour”. Dihadiri oleh deretan selebriti top dunia dan juga jurnalis dari berbagai media, kehadiran mereka mencuri perhatian dengan dress code yang dikenakan.

Kalau dilihat-lihat, nih, Grameds, pakaian mereka kok matching alias cocok banget sama sampul buku-buku penulis Indonesia, ya? Nah, berdasarkan tweet yang Admin lihat dari Twitternya @ZarMose (sayang Twitternya sekarang dikunci, jadi nggak bisa share tweet-nya huhu😣), ternyata memang kostum dari para selebritis ini cocok banget sama warna yang ada di sampul-sampul keren penulis Indonesia.

Buku siapa saja, tuh? Yuk, sama-sama kita lihat!

Buku-Buku Penulis Indonesia yang Cocok dengan Kostum Met Gala 2022

1. Quannah Chasinghorse – Laut Bercerita

Quannah Chasinghorse merupakan salah satu model yang cukup diperhitungkan. Ia mencetak sejarah karena menjadi model perempuan Indigenous (pribumi) pertama yang tampil di kampanye Chanel. Ia merupakan seorang keturunan dari suku di Alaska dan Kanada. Penampilannya begitu unik, yaitu tato tradisional Hän Gwich'in yang menghiasi wajahnya.

Birunya dress Quannah Chasinghorse ngingetin kita ke salah satu buku best seller Indonesia, yaitu Laut Bercerita karya Leila Salikha Chudori. Novel yang mengangkat tema persahabatan, percintaan, kekeluargaan, dan rasa kehilangan ini akan membawa kamu melintasi ruang dan waktu karena latar ceritanya yang ada di tahun 90-an dan 2000.

Lewat buku ini, kamu bisa melihat kejadian bersejarah di era-era reformasi pada tahun 1998, dan menyelami dinamika kehidupan masyarakat kala itu lewat para tokohnya, terkhusus pada kepahitan dan kekejaman bagi para pembela rakyat.

LautBaca Bukunya Sekarang!

Uniknya, dalam novel ini terbagi menjadi dua bagian cerita dengan jarak waktu yang berbeda. Bagian pertama diceritakan melalui sudut pandang tokoh bernama Biru Laut dan para kawan sesama aktivisnya. Sementara di bagian kedua, kisahnya diambil dari sudut pandang Asmara Jati, adik dari Laut yang mempunyai tujuan atau visi yang cenderung berlainan dengan sang kakak, serta kesedihan dalam pencarian keluarga yang hilang.


Baca juga: Rekomendasi Novel Terbaik Berlatarkan Kisah Kelam Sejarah Indonesia


2. Olivia Rodrigo – Tiga dalam Kayu

Penyanyi satu ini pasti sudah nggak asing lagi di kalangan Gen Z, dengan lagunya Drivers License yang sempat viral di TikTok dan memuncaki tangga lagu di berbagai platform musik. Olivia Rodrigo rupanya juga menjadi satu-satunya artis dengan dua single perdananya yang masuk peringkat 10 besar di Billboard Hot 100.

Nuansa dress dari Olivia yang berwarna ungu gelap buat kita keingetan sama novel karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie, yang dari judulnya saja sudah penuh misteri, yaitu Tiga dalam Kayu.

Buku yang terdiri dari 18 bab ini akan membawa kamu mengarungi dunia yang tak adil untuk kaum perempuan, menumbuhkan empati, juga simpati terhadap sesama perempuan. Semuanya membagikan kisah tentang perempuan yang juga seorang manusia. Buku ini juga memperlihatkan bagaimana perempuan yang mengalami trauma, menderita, hingga mengalami luka paling parah dalam hidupnya.

TigaBeli dan Baca Bukunya Sekarang!

3. Vanessa Hudgens – Perempuan yang Dihapus Namanya

Buat kamu penggemar Disney dan High School Musical, pasti sudah nggak asing lagi dengan Vanessa Hudgens. Ia adalah seorang aktris dan penyanyi berkebangsaan Amerika Serikat.

Kesan hitam dari busana Vanessa mirip dengan sampul buku kumpulan puisinya Avianti Armad yang berjudul Perempuan yang Dihapus Namanya. Dengan warna hitamnya, cocok banget sama konsep yang kuat dalam buku ini.

Melalui lima chapter dalam bukunya, Avianti mengungkap nama-nama perempuan yang berusaha dihapus keberadaannya dalam kitab. FYI, dalam menghasilkan buku satu ini, Avianti melalui proses yang nggak sebentar, nih, Grameds. Enggak cuma membaca berulang, tapi Aviati juga menafsirkan lagi, merekonstruksi dunia, dan kata-kata yang tersimpan dalam kitab.

PerempuanBeli Sekarang!

Avianti beranggapan, perempuan-perempuan dalam Perjanjian Lama sangat menarik. Sebagian dari mereka terseret dalam kehancuran dan pertumpahan darah, bahkan mendirikan singgasana di atas genangannya. Bagaimana? Penasaran dengan isi bukunya?

4. Blake Lively – Cerita-cerita Bahagia, Hampir Seluruhnya

Aktris Blake Lively yang selalu mencuri perhatian dengan tampilan busananya ini, ternyata mendandani sendiri gaya pakaiannya di tengah jadwal yang padat, dari karpet merah di pemutaran perdana film, gala, dan acara penghargaan yang tak terhitung jumlahnya. Hal ini membuktikan bahwa bintang Gossip Girl ini memiliki gaya yang khas!

Kali ini warna soft dari kostumnya Blake Lively rasanya matching sama buku Cerita-cerita Bahagia, Hampir Seluruhnya karya Norman Erikson Pasaribu. Buku kumpulan cerita pendek ini akan mengajak kita melihat kisah-kisah yang dalam maknanya dari banyak sudut di dunia ini.

Mengarungi dari Jakarta sampai Vietnam, dari ruang karaoke hingga alam roh. Tokoh-tokoh ceritanya juga beragam, mulai dari teman kos, penjaga scoring musik, suster, ibu, hingga karyawan divisi ilahiah, dan tokoh-tokoh lainnya yang bisa jadi sangat dekat dengan kamu.

Cerita-ceritaBeli dan Baca Bukunya Sekarang!

Temanya pun sangat menarik untuk kamu ikuti. Berkisah tentang hal-hal yang cukup ganjil, yang perlu digugat di masyarakat hipokrit. Pada akhirnya, penulis mengajak kita untuk menemukan bagaimana kisah-kisah lama ikut mengatur arah dan mekanisme kehidupan kita. Sudah siap mengarungi cerita-ceritanya?


Baca juga: Buku Norman Erikson Pasaribu Masuk Longlist International Booker Prize 2022


5. Fredrik Robertsson – Si Putih

Kalau yang satu ini bukan dari kalangan selebriti, tapi kostumnya yang stand out berhasil mencuri perhatian di Met Gala 2022. Dia adalah Fredrik Robertsson yang mendeskripsikan diri di bio Instagramnya sebagai pecandu mode.

Agaknya gak salah juga, ya, karena kostum yang dia pakai unik banget! Sama kayak uniknya kisah Si Putih yang ditulis Tere Liye. Masih bagian dari Bumi Universe alias novel serial Bumi, Si Putih merupakan buku ke-10 dari novel bergenre fantasi ini.

Dengan latar cerita tersebarnya virus mematikan di Klan Polaris yang memisahkan banyak keluarga, kisah petualang ini dimulai. Kalau di buku-buku sebelumnya tokoh utamanya ialah Raib, Ali, dan Seli, kali ini kamu akan bertemu No-u dan kucing yang bernama Si Putih. For your information, Si Putih ini bukan kucing biasa!

SiBeli dan Ikut Bertualang Sekarang!

Kalau Raib CS dimentori oleh Miss Selena, di petualang kali ini ada Pak Tua. Sosok yang menyadarkan No-u bahwa dia memiliki gen khas Klan Polaris yang dapat berbicara dengan hewan dan tumbuhan. Ada juga para pengendali hewan dan S-ket, teman No-u yang excited soal konspirasi. Udah kebayang, kan, gimana serunya?

6. Madelaine Petsch – Di Tanah Lada

Cover buku Di Tanah Lada cocok juga, nih, sama gaunnya Madelaine Petsch. Sama-sama berwarna dasar kuning dan mencuri perhatian. Aktris sekaligus youtuber ini nggak perlu diragukan lagi soal fashion.

Bisa dibilang, buku Di Tanah Lada ini menceritakan perjalanan anak kecil dalam melawan luka. Kisah ini berpusat pada Salva, anak berumur enam tahun yang sangat fanatik pada buku kamus.

Keluarganya tak harmonis, orang tuanya sering bertengkar, bahkan ia menggambarkan ayahnya dengan kata "hantu", sosok yang selalu membuat dingin suasana rumah. Hingga suatu peristiwa besar terjadi, orang tua Salva berkelahi lagi. Sebuah perkelahian yang besar sampai Salva dan ibunya terusir dari rusun Nero.

DiBaca Bukunya Sekarang!

Tapi, Salva yang sudah telanjur terikat emosi dengan P. Ia tak segan meninggalkan ibunya dan kembali ke rusun Nero untuk bermain dengan P. Dari sinilah petualangan Salva dengan P dimulai. P yang juga terusir dari rusun memutuskan untuk mengikuti Salva kabur ke rumah neneknya di tanah yang kaya akan lada.

7. Taylor Hill – Re: dan PeRempuan

Sebagai model Victoria's Secret, Taylor Hill nggak perlu diragukan lagi, nih, soal selera busananya. Kali ini, ia mengenakan gaun berwarna biru gelap rancangan Miss Sohee.

Kalau busana Taylor yang ini cocok sama cover bukunya Kang Maman, yaitu Re: dan PeRempuan. Bercerita mengenai Herman, mahasiswa kriminologi yang sedang menyusun skripsi tentang dunia pelacuran yang membawanya jauh mengenal Re.

Dunia malam tentunya identik dengan hedonisme, pemuas nafsu, dan perbuatan yang dilarang agama. Namun, ada sisi lain yang kadang tak dihiraukan oleh publik, seperti bagaimana kehidupan sebenarnya para “aktor dan aktris” dunia malam, dan apa motivasi mereka sehingga terjun ke sana.

REBeli dan Baca Bukunya Sekarang!

Lewat novel ini, Kang Maman mencoba untuk menyentuh sisi humanis dan mengajak kita berpikir dari sisi lain yang ada di kehidupan malam ini. Penasaran, kan?


Baca juga: Rekomendasi Buku yang Mengangkat Isu Kekerasan Seksual


8. Kiki Layne – Perempuan yang menangis Kepada Bulan Hitam

Kiki Layne mulai mencuri perhatian sejak membintangi film If Beale Street Could Talk. Aktris yang memulai debut aktingnya sejak umur tujuh tahun ini, tidak hanya menyukai dunia akting saja, tapi juga fashion. Terlihat dari pilihan-pilihan busana yang dikenakannya saat tampil di publik.

Kiki Layne dengan busana merah mudanya, mengingatkan kita ke salah satu novel yang pembuatannya nggak kaleng-kaleng, karena mengangkat isu kesetaraan gender. Buku yang menggunakan sudut pandang orang ketiga ini, mengisahkan kehidupan Magi Diela yang merupakan sarjana pertanian dan pegawai honorer di Dinas Pertanian Waikabubak di daerah Sumba.

PerempuanBeli dan Baca Bukunya Sekarang!

Dengan kembali ke tanah kelahirannya, Magi bermimpi untuk memajukan daerahnya dengan melakukan pembangunan. Namun belum tuntas mimpinya, Magi Diela malah diculik dan terpaksa untuk mengikuti adat. Selain itu, ia juga mendapat perlawanan dari banyak pihak termasuk orang tuanya, seisi kampung, dan juga adat yang telah mengakar kuat. Lantas, bagaimana perjuangan Magi akan berakhir?

9. Genesis Camilas – Aroma Karsa

Satu lagi tamu undangan Met Gala 2022 yang mencuri perhatian, namun bukan dari kalangan selebriti. Ia adalah Genesis Camila, seorang reporter untuk siaran Telemundo yang mengenakan busana rancangan Lucia Rodriguez. Lewat busananya ini, bahkan Genesis mendapat julukan Disney Princess dan Cinderella.

genesis
Genesis Camila at Met Gala 2022 (cewekbanget.com)

Dilihat sepintas sepertinya gaun yang dipakai Genesis ini sama banget dengan cover novel fantasi karangan penulis Indonesia yang worth it untuk kamu baca, yaitu Aroma Karsa. Bercerita tentang pencarian tanaman Puspa Karsa, yang merupakan tanaman legendaris, yang awalnya disangka hanya sebuah dongeng.

AromaBeli dan Ikut Bertualang Sekarang!

Karena tanaman ini langka,tidak semua orang bisa menemukannya. Tanaman itu tersembunyi di tempat rahasia. Hanya ada satu cara untuk mengidentifikasikannya, yaitu melalui aromanya. Ternyata, hanya orang terpilih yang dapat mengenali aroma dari Puspa Karsa, dan dua orang beruntung itu adalah Jati Wesi dan Tanaya Suma yang memiliki indra penciuman sangat peka. Dari sana, keduanya berangkat menuju satu petualangan yang membawa mereka menemukan jati diri dan mengetahui sosok sebenarnya Aroma Karsa.


Baca juga: Rekomendasi Buku Terbaru yang Wajib Kamu Baca dan Koleksi


Begitu lucu dan cantik, ya, dari dress yang dipakai oleh para hadirin Met Gala, yang nuansanya bisa kembaran dengan cover buku-buku keren karya penulis Indonesia. Mana, nih, buku yang pengen kamu baca? Semuanya juga cocok banget untuk kamu koleksi dan menghiasi rak bukumu! Buku-buku di atas bisa kamu dapatkan di Gramedia.com, lho.

Oiya, Ada banyak diskon dan penawaran menarik yang bikin belanja buku kamu makin hemat. Kamu bisa borong semua buku di atas dengan harga spesial, dengan langsung temukan berbagai promo di bawah ini. Cusss, cek promonya dan langsung checkout!

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber foto header: Variety/Christopher Polk

Penulis: Siti Rochmawati