Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

6 Cara Tingkatkan Efektivitas Pembelajaran Online pada Anak Usia Dini

6 Cara Tingkatkan Efektivitas Pembelajaran Online pada Anak Usia Dini

Sejak digitalisasi menjadi bagian dari hidup kita, rasanya wajar jika pendidikan online juga menjadi alternatif edukasi yang populer bagi anak dan orangtua di seluruh dunia. Terlebih, pandemi COVID-19 telah memaksa banyak sekolah untuk beralih ke pembelajaran online. Bagi orangtua, memastikan anak-anak mereka memperoleh manfaat maksimal dari pengalaman pembelajaran online sudah menjadi hal yang sangat penting.

Dalam artikel ini, Admin akan bahas cara-cara untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran anak melalui pendidikan online, sehingga anak-anak dapat memperoleh pengalaman belajar yang lebih bermanfaat dan dapat mencapai potensi belajar mereka dengan lebih baik.

Cara Efektif Meningkatkan Pembelajaran Online pada Anak

Pendidikan onlinetelah menjadi pilihan populer untuk anak-anak, terutama di masa pandemi ini. Bagi orangtua, penting untuk memastikan bahwa anak-anak mereka memperoleh manfaat maksimal dari pengalaman pembelajaran online. Berikut adalah beberapa cara untuk tingkatkan pembelajaran online pada anak usia dini!

1. Memilih Platform Pembelajaran yang Tepat

Belajar online bisa menjadi perkara yang sulit jika anak berada di dalam platform pembelajaran yang tidak tepat. Saat ini, pilihan platform pembelajaran online sudah banyak dan bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Pilihlah platform pembelajaran online yang sesuai dengan minat dan bakat anak, misalnya pembelajaran online berbasis gamifikasi atau yang memungkinkan interaksi dengan pengajar secara langsung.

2. Menerapkan Jadwal yang Konsisten

Tidak adanya kehadiran guru secara fisik mungkin membuat anak malas untuk memulai belajar. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah ini, orangtua harus berperan sebagai sosok yang bisa mendisiplinkan anak.

Sumber gambar: studyfromhome.ca.nz

Jadwalkan waktu belajar anak-anak Bunda dengan jelas dan pastikan mereka memiliki rutinitas harian yang konsisten sehingga mereka terbiasa dengan pembelajaran online itu sendiri. Jadwalkan pula waktu istirahat yang cukup agar anak-anak dapat beristirahat sejenak antara setiap sesi belajar.

3. Memastikan Anak-Anak Terlibat Aktif

Seperti yang disebutkan sebelumnya, dalam pembelajaran online, orangtua harus sanggup berperan sebagai sosok yang bisa mendisiplinkan anak.

Sumber gambar: ualberta.ca

Oleh karena itu, dalam hal ini pastikan anak-anak terlibat dalam pembelajaran online. Ajak mereka untuk mengajukan pertanyaan, menyelesaikan tugas, dan bantu mereka berpartisipasi dalam diskusi.

4. Menciptakan Lingkungan Belajar yang Kondusif

Salah satu tips lain untuk mengefektifkan pembelajaran online anak-anak adalah dengan membantu mereka mendapat lingkungan belajar yang kondusif. Belajar secara daring memungkinkan anak untuk belajar di mana saja, akan tetapi hal ini bisa menjadi hal yang terkadang mengganggu konsentrasi anak.

Sumber gambar: cherishacademy.com

Pastikan anak-anak belajar di lingkungan yang kondusif, bebas dari gangguan dan kebisingan yang tidak perlu. Jika bisa, Bunda bisa sediakan ruang belajar khusus untuk mereka.

5. Berikan Apresiasi kepada Anak

Anak-anak memandang orangtuanya sebagai sosok yang mereka hormati. Percaya atau tidak, orangtua secara tidak sadar sudah selalu menjadi role model para anak. Oleh karena itu, pujian, apresiasi, dan reward dari Ayah dan Bunda sangatlah berarti bagi mereka.

Berikan umpan balik yang positif kepada anak jika anak berhasil mencapai target pembelajar online. Hal ini berfungsi untuk memotivasi mereka dalam proses belajar, fokus pada kemajuan yang telah dicapai dan semangat untuk terus meningkatkan diri.

6. Mencari Dukungan Tambahan

Nah, kelima cara di atas mungkin tidak berlaku untuk diterapkan kepada anak-anak tertentu. Masih ada beberapa anak yang kesulitan melakukan pembelajaran online meski orangtua sudah mendukung secara penuh. Jika ini terjadi, Bunda bisa menjadi dukungan tambahan dari luar.

Jika hal ini terjadi, jangan khawatir! Ayah dan Bunda bisa mencari dukungan tambahan seperti pengajar pribadi atau mentor pembelajaran online. Ikut sertakan anak-anak ke dalam kelas onlineyang bermanfaat untuk menyegarkan otak anak!

Dengan menerapkan cara-cara ini, anak-anak Anda dapat memperoleh manfaat maksimal dari pembelajaran online dan dapat mencapai potensi belajar mereka dengan lebih baik.


Baca Juga: 6 Cara Atasi Ketergantungan Anak pada Gadget, Bunda Wajib Tahu!


Itu dia beberapa cara efektif untuk meningkatkan pembelajaran anak melalui pendidikan online. Dengan memilih platform yang tepat, menjadwalkan waktu belajar yang konsisten, menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, dan memberikan umpan balik yang positif, anak-anak dapat memperoleh manfaat maksimal dari pendidikan online dan dapat mencapai potensi belajar mereka dengan lebih baik.

Namun, jika Bunda masih ingin terus bereksplorasi dalam pencarian platform edukasi onlineyang bermanfaat untuk anak, BOOKR Class bisa menjadi pilihan, lho! Dengan metode pembelajaran yang seru, BOOKR Class dapat membantu anak-anak Anda memperoleh pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermanfaat secara online. Untuk informasi selengkapnya bisa dilihat di bawah ini!

BOOKR Class sebagai Solusi Jitu untuk Mengajarkan Anak Bahasa Inggris

BOOKR Class adalah aplikasi belajar bahasa Inggris berbasis storytelling yang berasal dari Hungaria. BOOKR Class dirancang untuk keterampilan bahasa, literasi, dan reading comprehension untuk anak-anak usia 4-14 tahun dengan tingkat kesulitan yang bisa disesuaikan. Pelanggan dapat mengakses lebih dari 700 buku animasi yang interaktif, lengkap dengan narasi (voice over) dari native speaker.

Koleksi buku animasi yang dapat diakses juga bervariasi, mulai dari cerita klasik hingga modern, dari tema pendidikan, kehidupan sehari-hari, dan lain-lain. Dalam buku animasi yang interaktif ini juga disediakan 1.400 games edukasi, seperti lagu-lagu, sajak, kuis, permainan memori, dan flashcards.


Baca juga: Mendongeng dan Mengajari Anak Bahasa Inggris Lewat E-Book Animasi Interaktif di BOOKR Class


Buku-buku dari BOOKR Class merupakan buku-buku pilihan terbaik, yang disediakan dalam berbagai tingkatan sesuai dengan usia dan kemampuan anak.

Kabar baik untuk kamu sampai tanggal 30 April 2023 ada promo BOOKR Class di Gramedia.com! Hanya dengan Rp45.000,00 kamu dapat berlangganan BOOKR Class selama sebulan. Sementara, untuk berlangganan selama setahun, kamu hanya perlu membayar sebesar Rp540.000,00.

Pelanggan yang ingin menggunakan BOOKR Class untuk keperluan sekolah juga bisa membeli paket B2B untuk 50 user selama 1 tahun dengan harga Rp15.000.000,00 atau paket untuk 100 user dengan harga yang lebih hemat lagi, yaitu Rp19.000.000,00.

Pembelian BOOKR Class B2B akan mendapatkan benefit ekstra, yaitu dashboard untuk memantau siswa dalam penggunaan aplikasi untuk pembelajaran, teacher's handbook untuk mengajar, kegiatan dan tes yang dapat dicetak, serta gratis dua bulan berlangganan.

Tunggu apa lagi, Grameds? Yuk, langsung berlangganan BOOKR Class! Dapatkan promo superhemat dengan mengeklik banner berikut ini!⤵️🛒

saranaBeli di Sini Sekarang!


Sumber header: childrens.com

Penulis: Shaza Hanifah


Enter your email below to join our newsletter