Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

6 Cara Atasi Ketergantungan Anak pada Gadget, Bunda Wajib Tahu!

6 Cara Atasi Ketergantungan Anak pada Gadget, Bunda Wajib Tahu!

Hai, Bunda! Di era digital seperti saat ini, penggunaan gadget dan internet sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, bahkan pada anak-anak sejak usia dini. Namun, terlalu banyak terpaku pada teknologi dapat menyebabkan ketergantungan dan mengganggu kesehatan dan perkembangan anak. Ketergantungan pada gadget dan internet dapat memengaruhi aktivitas fisik, perkembangan sosial, dan kebiasaan tidur anak.

Oleh karena itu, sebagai orang tua, penting untuk mengenali tanda-tanda ketergantungan pada gadget dan internet pada anak dan mengambil tindakan untuk membantu mereka mengatasi ketergantungan tersebut. Wah, keresahan para Bunda saat ini jadi lebih banyak, ya, Bun?

Untuk mengatasi hal tersebut, Bunda tidak perlu khawatir! Artikel ini akan membahas cara-cara yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk membantu anak-anak mengatasi ketergantungan pada gadget dan juga internet.

6 Cara Mengatasi Ketergantungan Anak pada Gadget

Ketergantungan anak pada gadget dan internet dapat menjadi masalah yang serius dan mempengaruhi keseimbangan hidup dan kesehatan mereka. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi ketergantungan anak pada gadget dan internet!

1. Batasi Waktu Penggunaan Gadget dan Internet

Salah satu penyebab anak kecanduan gadget adalah karena banyaknya waktu yang mereka gunakan untuk berselancar di internet dengan gadget. Oleh karena itu, penting untuk orang tua berperan aktif membatasi waktu yang dihabiskan anak untuk menggunakan gadget dan internet.

Orang tua dapat membuat jadwal penggunaan gadget dan internet yang teratur dan jelas dan memastikan anak-anak mengikuti aturan tersebut. Gunakan aplikasi pengatur waktu dan berikan mereka apresiasi jika berhasil menekuni aturan jadwal tersebut.

2. Pilih Konten yang Sesuai

Hal lain yang bisa dilakukan orang tua untuk mengurangi ketergantungan anak pada gadget adalah dengan memilih konten yang sesuai dan bermanfaat untuk anak. Ajak anak untuk mencari konten menarik dari media lain seperti buku.

Jika memang anak memiliki kecenderungan mahir teknologi dan berminat di bidang tersebut, bekalilah konten yang bermanfaat untuk mereka seperti aplikasi edukasi dan permainan interaktif yang dapat membantu anak-anak belajar, bisa dijadikan pilihan yang tepat.

3. Buat Aturan Bersama

Melibatkan anak dalam membuat aturan bersama dapat membantu mereka memahami mengapa batasan dan aturan tersebut penting. Anak juga akan lebih memahami aturan jika mereka ikut andil dalam pembuatan aturan tersebut. Selain itu jika aturan dilanggar, Bunda juga bisa mengajarkan tanggung jawab pada mereka.

Oleh karena itu buatlah aturan bersama dalam bermain gadget yang juga bisa menguntungkan mereka seperti misalnya jika mereka berhasil bermain gadget hanya 2 jam dalam satu hari, mereka berhak membeli makanan kesukaan mereka. Aturan ini juga dapat membantu mengurangi konflik di kemudian hari.

4. Jangan Gunakan Gadget sebagai Pengganti Waktu Bersama

Hal yang tidak bisa dihindari oleh orang tua bekerja adalah minimnya waktu berkualitas untuk bermain dengan anak.

Nah, orang tua harus sebisa mungkin menghindari menggunakan gadget dan internet sebagai pengganti waktu bersama dengan anak-anak sebab hal ini akan menumbuhkan kecenderungan anak untuk lari ke gadget jika sedang kesepian. Buatlah waktu bersama anak dan bantu mereka menemukan keseruan lain di luar gadget.

5. Berikan Dukungan dan Bimbingan

Banyak yang setuju bahwa orang tua adalah support system pertama seorang anak. Hal ini harus dipahami oleh orang tua sebab dengan memberikan dukungan dan bimbingan kepada anak-anak dalam hal penggunaan gadget dan internet, mereka akan lebih mempelajari tanggung jawab dari orang yang dihormati mereka.

Beri bimbingan pada anak (sumber gambar: dailyexpress)

Jika anak memang menyukai gadget, Bunda bisa memberinya dukungan untuk menekuni hobi gadget-nya dengan tetap membimbingnya. Ajarkan anak tentang keamanan berjejaring online, privasi, dan bagaimana menggunakan teknologi dengan bijak.

6. Berikan Alternatif Kegiatan yang Menarik

Anak-anak seringkali menggunakan gadget dan internet karena merasa bosan atau tidak memiliki pilihan lain. Orang tua dapat memberikan alternatif kegiatan yang menarik seperti bermain di luar rumah seperti membaca buku atau memainkan permainan tradisional.

Anak-anak bermain congklak (sumber gambar: linkaja)

Mengatasi ketergantungan anak pada gadget dan internet memerlukan kesabaran, konsistensi, dan usaha yang konsisten dari orang tua. Namun, dengan mengikuti tips di atas, orang tua dapat membantu anak-anak mengembangkan kebiasaan yang sehat dan bertanggung jawab dalam menggunakan teknologi.


Baca Juga: Sarana dan Alternatif Parenting di Era Digital, Bunda Wajib Tahu!


Itu dia beberapa upaya mengatasi ketergantungan anak pada gadget dan internet, sebagai orang tua, kita harus mengambil langkah-langkah yang tepat dan konsisten. Dengan mengenali tanda-tanda ketergantungan, membuat aturan penggunaan gadget dan internet yang jelas, serta memberikan alternatif kegiatan online yang edukatif, kita dapat membantu anak-anak untuk memperoleh kehidupan yang lebih sehat dan berimbang.

Nah, salah satu alternatif kegiatan online yang dapat dijadikan pilihan adalah BOOKR Class, yang menyediakan kelas pembelajaran yang menyenangkan dan mendidik untuk anak-anak. Lewat BOOKR Class, anak bisa meraih potensi terbaik mereka dengan cara yang sehat dan bermanfaat. Yuk, daftarkan anak-anak kita ke BOOKR Class sekarang!

BOOKR Class sebagai Solusi Jitu untuk Mengajarkan Anak Bahasa Inggris

BOOKR Class adalah aplikasi belajar bahasa Inggris berbasis storytelling yang berasal dari Hungaria. BOOKR Class dirancang untuk keterampilan bahasa, literasi, dan reading comprehension untuk anak-anak usia 4-14 tahun dengan tingkat kesulitan yang bisa disesuaikan. Pelanggan dapat mengakses lebih dari 700 buku animasi yang interaktif, lengkap dengan narasi (voice over) dari native speaker.

Koleksi buku animasi yang dapat diakses juga bervariasi, mulai dari cerita klasik hingga modern, dari tema pendidikan, kehidupan sehari-hari, dan lain-lain. Dalam buku animasi yang interaktif ini juga disediakan 1.400 games edukasi, seperti lagu-lagu, sajak, kuis, permainan memori, dan flashcards.


Baca juga: Mendongeng dan Mengajari Anak Bahasa Inggris Lewat E-Book Animasi Interaktif di BOOKR Class


Buku-buku dari BOOKR Class merupakan buku-buku pilihan terbaik, yang disediakan dalam berbagai tingkatan sesuai dengan usia dan kemampuan anak.

Kabar baik untuk kamu sampai tanggal 30 April 2023 ada promo BOOKR Class di Gramedia.com! Hanya dengan Rp45.000,00 kamu dapat berlangganan BOOKR Class selama sebulan. Sementara, untuk berlangganan selama setahun, kamu hanya perlu membayar sebesar Rp540.000,00.

Pelanggan yang ingin menggunakan BOOKR Class untuk keperluan sekolah juga bisa membeli paket B2B untuk 50 user selama 1 tahun dengan harga Rp15.000.000,00 atau paket untuk 100 user dengan harga yang lebih hemat lagi, yaitu Rp19.000.000,00.

Pembelian BOOKR Class B2B akan mendapatkan benefit ekstra, yaitu dashboard untuk memantau siswa dalam penggunaan aplikasi untuk pembelajaran, teacher's handbook untuk mengajar, kegiatan dan tes yang dapat dicetak, serta gratis dua bulan berlangganan.

Tunggu apa lagi, Grameds? Yuk, langsung berlangganan BOOKR Class! Dapatkan promo superhemat dengan mengeklik banner berikut ini!⤵️🛒

saranaBeli di Sini Sekarang!


Sumber header: huffpost UK

Penulis: Shaza Hanifah


Enter your email below to join our newsletter