Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Sarana dan Alternatif Parenting di Era Digital, Bunda Wajib Tahu!

Sarana dan Alternatif Parenting di Era Digital, Bunda Wajib Tahu!

Pentingnya peran orang tua dalam membentuk karakter dan sikap anak tidak bisa diragukan lagi. Di era digital seperti sekarang ini, parenting juga mengalami pergeseran dari cara yang lebih tradisional ke cara yang lebih modern dengan memanfaatkan teknologi. Teknologi hadir sebagai sarana dan alternatif untuk membantu orangtua dalam mengawasi anak dan memberikan pengasuhan yang tepat.

Namun, dalam menggunakan teknologi tersebut, orangtua juga perlu memperhatikan beberapa hal. Nah, Bunda jangan khawatir beradaptasi dengan teknologi! Karena Admin akan bahas sarana dan alternatif melakukan parenting di era digital yang perlu diketahui oleh setiap orangtua.

Sarana dan Prasarana Parenting di Era Digital

Sarana dan prasarana yang dibutuhkan saat melakukan parenting di era digital sangat beragam. Berikut ini adalah sarana dan prasaran yang perlu Bunda miliki untuk menunjang proses parenting di era digital!

1. Gadget dan Perangkat Digital

Gadget seperti smartphone, laptop, atau tablet menjadi sarana utama dalam melakukan parenting di era digital. Orang tua bisa menggunakan gadget tersebut untuk melakukan aktivitas parenting seperti mengawasi aktivitas anak di internet, memberikan edukasi tentang penggunaan teknologi secara bijak, atau memfasilitasi anak untuk belajar secara online.

Sumber Gambar: shutterstock

2. Jaringan Internet yang Stabil

Jaringan internet yang stabil sangat penting dalam melakukan parenting di era digital. Dengan internet yang cepat dan stabil, orang tua bisa melakukan pengawasan secara real-time terhadap aktivitas anak di internet atau memfasilitasi anak untuk belajar secara online dengan lancar.

3. Aplikasi Parenting

Saat ini, sudah banyak tersedia aplikasi parenting yang bisa membantu orang tua dalam melakukan pengawasan terhadap aktivitas anak di internet. Aplikasi tersebut biasanya dilengkapi dengan fitur-fitur seperti pengaturan waktu layar, filter konten berbahaya, atau monitoring aktivitas anak secara real-time.

Alternatif Parenting di Era Digital

Selain sarana dan prasarana yang mendukung, Bunda juga bisa memberikan alternatif parenting untuk membantu membimbing tumbuh kembang anak. Untuk mengimbangi sarana dan prasarana teknologi, Bunda juga bisa melakukan hal-hal di bawah ini!

1. Kegiatan Nonteknologi

Kegiatan nonteknologi sangat penting untuk dilakukan bersama anak-anak, terutama di era digital seperti saat ini. Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan bersama keluarga tanpa perlu menggunakan teknologi antara lain bermain board game, membuat kerajinan tangan, membaca buku bersama, melakukan piknik, berkebun, atau bahkan melakukan olahraga bersama.

Sumber gambar: freepik

Kegiatan-kegiatan tersebut tidak hanya memberikan pengalaman yang menyenangkan dan mendidik bagi anak-anak, tetapi juga membantu memperkuat ikatan emosional antara anggota keluarga. Dengan mengalokasikan waktu untuk melakukan kegiatan nonteknologi bersama keluarga, anak-anak juga dapat belajar untuk menghargai interaksi sosial yang lebih personal dan meningkatkan kreativitas mereka.

2. Beri Dukungan dari Lingkungan

Alternatif yang patut dicoba untuk mengembangkan parenting Bunda di era digital adalah dengan memberikan dukungan kepada anak lewat lingkungannya. Bukan hanya anak yang perlu beradaptasi dengan lingkungan yang serba digital, orang tua juga perlu menciptakan lingkungan yang mendukung dalam melakukan parenting di era digital.

Lingkungan yang mendukung bisa mencakup dukungan dari pasangan, keluarga, atau teman yang memiliki pengalaman dan pengetahuan yang sama mengenai parenting di era digital.

3. Pelatihan dan Edukasi

Jika Bunda merasa sulit mengajarkan anak berbagai tools digital, orang tua masih memiliki banyak waktu dan kesempatan untuk belajar dari nol juga, lho. Bunda perlu memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup untuk melakukan parenting di era digital.

Dukunglah pengetahuan Bunda lewat keikutsertaan pelatihan atau mengikuti seminar dan seminar online tentang parenting di era digital agar bisa memaksimalkan penggunaan teknologi untuk mendukung tumbuh kembang anak.


Baca Juga: 5 Tips Mengembangkan Potensi Anak dengan Metode Montessori yang Populer!


Nah, itu dia beberapa sarana dan alternatif untuk melakukan parenting di era digital yang dapat Bunda terapkan untuk memaksimalkan tumbuh kembang anak dengan sehat dan optimal. Ingatlah bahwa peran orang tua sangat penting dalam membentuk karakter anak, terlebih di era digital seperti sekarang ini.

Bukan cuma orang tua yang harus memanfaatkan pelatihan dan edukasi online, anak Bunda juga harus diberikan alternatif belajar online di era digital. Jangan ragu untuk mencoba dan menyesuaikan dengan kebutuhan serta kondisi keluarga masing-masing. Jika Bunda ingin mengembangkan keterampilan dan pengetahuan anak-anak, BOOKR Class adalah alternatif yang sangat tepat untuk mendukung aktivitas parenting Bunda, lho!

Daftarkan anak-anak untuk mengikuti kelas online di BOOKR Class dan berikan mereka kesempatan untuk belajar dan berkembang bersama dengan cara yang menyenangkan dan interaktif!

BOOKR Class sebagai Solusi Jitu untuk Mengajarkan Anak Bahasa Inggris

BOOKR Class adalah aplikasi belajar bahasa Inggris berbasis storytelling yang berasal dari Hungaria. BOOKR Class dirancang untuk keterampilan bahasa, literasi, dan reading comprehension untuk anak-anak usia 4-14 tahun dengan tingkat kesulitan yang bisa disesuaikan. Pelanggan dapat mengakses lebih dari 700 buku animasi yang interaktif, lengkap dengan narasi (voice over) dari native speaker.

Koleksi buku animasi yang dapat diakses juga bervariasi, mulai dari cerita klasik hingga modern, dari tema pendidikan, kehidupan sehari-hari, dan lain-lain. Dalam buku animasi yang interaktif ini juga disediakan 1.400 games edukasi, seperti lagu-lagu, sajak, kuis, permainan memori, dan flashcards.


Baca juga: Mendongeng dan Mengajari Anak Bahasa Inggris Lewat E-Book Animasi Interaktif di BOOKR Class


Buku-buku dari BOOKR Class merupakan buku-buku pilihan terbaik, yang disediakan dalam berbagai tingkatan sesuai dengan usia dan kemampuan anak.

Kabar baik untuk kamu sampai tanggal 30 April 2023 ada promo BOOKR Class di Gramedia.com! Hanya dengan Rp45.000,00 kamu dapat berlangganan BOOKR Class selama sebulan. Sementara, untuk berlangganan selama setahun, kamu hanya perlu membayar sebesar Rp540.000,00.

Pelanggan yang ingin menggunakan BOOKR Class untuk keperluan sekolah juga bisa membeli paket B2B untuk 50 user selama 1 tahun dengan harga Rp15.000.000,00 atau paket untuk 100 user dengan harga yang lebih hemat lagi, yaitu Rp19.000.000,00.

Pembelian BOOKR Class B2B akan mendapatkan benefit ekstra, yaitu dashboard untuk memantau siswa dalam penggunaan aplikasi untuk pembelajaran, teacher's handbook untuk mengajar, kegiatan dan tes yang dapat dicetak, serta gratis dua bulan berlangganan.

Tunggu apa lagi, Grameds? Yuk, langsung berlangganan BOOKR Class! Dapatkan promo superhemat dengan mengeklik banner berikut ini!⤵️🛒

saranaBeli di Sini Sekarang!


Sumber header: huffpost UK

Penulis: Shaza Hanifah


Enter your email below to join our newsletter