5 Tips Puasa Orang Kantoran yang Super Sibuk

. 3 min read

Berpuasa saat Ramadan bagi orang kantoran yang super sibuk bukanlah hal yang mudah. Terkadang, tubuh terasa lemas karena harus menahan lapar dan haus sambil menyelesaikan pekerjaan. Belum lagi jika harus diburu dengan deadline pekerjaan.

Pola hidup yang tak jarang berantakan juga kerap menjadi kendala berpuasa bagi pekerja kantoran. Walaupun tetap saja banyak yang meyakinkan diri menjalani puasa selama Ramadan berjalan.

Berpuasa bukan tidak mungkin dilakukan oleh orang kantoran Grameds. Kalian yang sudah bekerja tetap bisa lancar berpuasa asal tahu cara-caranya. Hmm, apa saja itu?

Berikut kami rangkum tips-tips bagi Grameds yang harus bekerja sambil menjalankan ibadah puasa. Semoga bisa menambah semangat berpuasa ya!

1. Hindari tidur setelah sahur

hindari
Sumber: Pexels.com

Setelah bangun subuh-subuh untuk menyiapkan sahur, sebaiknya Grameds tidak kembali melanjutkan tidur. Gunakan waktu ini untuk beribadah, merapikan rumah atau menyiapkan hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan di hari itu.

Tidur setelah sahur berisiko membuat tubuh lemas ketika bangun. Selain itu, Grameds bisa-bisa bangun kesiangan untuk bekerja. Wah, bahaya nih Grameds!

2. Datang ke kantor lebih pagi

datang
Sumber: Unsplash.com

Di bulan Ramadan, manfaatkan waktu di pagi hari untuk berangkat ke kantor. Dengan datang lebih pagi ke kantor, Grameds terhindar dari panas terik matahari siang yang bisa membuat dehidrasi.

Berangkat kantor lebih pagi juga bisa membuat Grameds lebih santai dan fresh untuk memulai pekerjaan di hari itu. Siapa tahu kerjaan jadi lebih cepat selesai Grameds!


Baca juga:


3. Gunakan waktu luang di kantor untuk beribadah atau beristirahat

beribadah
Sumber: freepik.com

Saat di kantor, usahakan pula untuk tetap menjalankan ibadah salat 5 waktu Grameds. Setelah shalat, tubuh akan terasa lebih segar dan semangat untuk menjalankan pekerjaan.

Waktu jam istirahat makan siang bisa dimanfaatkan untuk beristirahat atau refreshing. Grameds bisa tidur siang atau mengobrol dengan teman-teman kantor di sekitar.

4. Hindari tidur larut malam

tidur
Sumber: Libmagz.com

Jika memungkinkan, jangan tidur terlalu malam di bulan Ramadan ya Grameds! Tidur lebih cepat di malam hari agar dapat mengganti waktu tidur yang terpakai untuk sahur.

Usahakan waktu tidur tercukupi yaitu sekitar 7-9 jam sehari untuk orang dewasa. Kalian sudah sering mendengar dampak-dampak buruk dari kurang tidur bagi tubuh? Jangan sampai kurang tidur juga menghambat ibadah puasa Grameds.

5. Perhatikan pola makan

doa
Sumber: Freepik.com

Kesibukan biasanya membuat pekerja kantoran kurang memperhatikan pola makan. Bahkan, banyak sekali yang bodo amat dengan waktu makan yang tak teratur. Saat Ramadan tiba, pola makan akan menjadi lebih beratur karena waktu sahur dan berbuka yang pasti.

Namun, hal itu justru bisa membuat tubuh kaget, lantaran sudah terbiasa dengan pola yang tidak teratur. Agar tubuh tetap bisa menerima pola makan saat Ramadan, asupan yang dimakan pun perlu diperhatikan, misalnya pilih makanan manis alami dari buah atau sumber gula alami lainnya. Hal ini berguna untuk menjaga kestabilan gula darah seharian saat berpuasa.

Selain itu tentunya juga asupan harus seimbang dengan memperhatikan asupan karbohidrat, protein dan lemak. Selain itu juga harus memperhatikan asupan cairan agar tubuh tetap terhidrasi.

Selain melakukan semua tips yang telah disebutkan, lengkapi dengan doa untuk memohon kekuatan dan kesehatan untuk menjalankan puasa. Semoga Allah SWT. menerima amal ibadah kita. Amin.


Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh berkah. Bekerja sambil menjalankan ibadah puasa tentunya akan menjadi berkah tersendiri bagi Grameds.

Selain tips-tips di atas, ternyata ada langkah-langkah yang bisa dilakukan agar bisa lancar berpuasa bagi orang kantoran. Buku Step by Step Puasa Ramadhan bagi Orang Sibuk karya Gus Arifin mengajak para pembaca khususnya profesional, pengusaha, karyawan dan orang-orang sibuk lainnya untuk menghidupkan bulan Ramadhan sesuai ajaranNya.

Buku ini berisi segala sesuatu tentang bulan Ramadan, langkah-langkah menjalani ibadah puasa bagi orang sibuk serta doa-doa harian di bulan Ramadan.

Buku ini juga dilengkapi dengan Fiqih 4 Mazhab dalam masalah-masalah khilafiyah yang menyangkut hukum-hukum Puasa, Qiyamullail (Tarawih, Witir dan Tahajud), Zakat Fitrah dan juga ketika berhari raya.

Yuk Grameds segera baca buku Step by Step Puasa Ramadhan bagi Orang Sibuk hanya di Gramedia Digital!

step


Sumber foto header: Pexels.com