Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Intip Tips Khatam Alquran Selama Bulan Ramadan di Sini!

Intip Tips Khatam Alquran Selama Bulan Ramadan di Sini!

Ramadan tiba! Bulan penuh berkah, penuh rahmat. Bulan suci yang penuh ampunan, ketika pintu surga dibuka begitu lebarnya, sedangkan pintu neraka dikunci serapat-rapatnya. Konon, pahala dari segala kebaikan yang diperbuat saat bulan Ramadan akan dilipatgandakan. Sebab itulah bulan ini begitu istimewa bagi umat muslim.

Bulan Ramadan menjadi istimewa sebab pada bulan ini, Alquran diturunkan untuk pertama kalinya kepada Rasulullah SAW oleh malaikat Jibril atas perintah Allah SWT. Malam-malam terakhir pada bulan Ramadan tersebut dinamakan malam Lailatul Qadar, malam-malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Begitu istimewanya bulan Ramadan, maka perlu perlakuan istimewa dalam menjalani bulan ini, salah satunya adalah dengan membaca Alquran. Meskipun bukan merupakan kewajiban yang harus dilakukan saat bulan Ramadan, namun tidak ada salahnya berlomba untuk mendapatkan lebih banyak pahala pada bulan penuh berkah ini, bukan?

Perlu diingat, saat membaca Alquran disunahkan berada dalam kondisi sesempurna mungkin. Yang dimaksud sempurna adalah dalam keadaan bersuci (berwudu), dan menghadap kiblat. Setelah itu, barulah dapat memaksimalkan bacaan Alquran Anda menggunakan metode 4:1 yakni empat lembar tiap melaksanakan salat fardu.

Seorang muslim tentunya akan melaksanakan salat lima waktu. Jika setiap sebelum dan sesudah melaksakan salat fardu dapat membaca setidaknya dua halaman, maka dalam sehari, akan mendapat 20 halaman, jika dilakukan secara berturut-turut selama 30 hari puasa, tentunya mengkhatamkan Alquran saat bulan Ramadan pun akan didapat.

Rasulullah SAW pernah berpesan bahwa jika ingin mengkhatamkan Alquran dalam waktu yang singkat maka jangan lakukan kurang dari 7 hari. Hal ini dimaksudkan agar umat muslim tidak membaca Alquran dengan terburu-buru, hanya untuk mendapatkan khatam.

“Bacalah (khatamkanlah) Alquran dalam sebulan sekali.” Aku menyatakan, “Sesungguhnya aku mampu untuk lebih dari itu.” Rasulullah bersabda, “Maka, khatamkanlah dalam tujuh hari, jangan kurang dari itu.” (Hadis Riwayat al-Bukhari, 15/479, no. 4666)

Di samping itu, hal ini juga disampaikan agar umat muslim membacanya sesuai dengan tajwid yang baik, juga penghayatan. Yang paling penting adalah agar tidak melupakan kewajibannya sehari-hari.

Khatam
sumber: pixabay.com

Namun bagaimana caranya agar bisa mengejar mengkhatamkan 30 juz dalam 30 hari? Berikut tips dan triknya.

Tips Khatam Alquran di Bulan Ramadan

1. Kejar satu juz satu hari

Pastinya kamu sudah terbiasa mendengar pembagian satu juz satu hari. Karena memang Alquran memiliki 30 Juz sama dengan lamanya bulan Ramadan, yaitu 30 hari. Sehingga untuk memudahkan pengaturan waktu khatam, Grameds harus bisa, setidaknya menyelesaikan satu juz di setiap harinya selama Ramadan.

2. Baca Alquran di setiap selesai salat

Setiap juz memiliki panjang surat yang berbeda-beda. Untuk meringankan pembacaan surat yang cukup panjang, bisa dicicil setiap selesai salat. Misalkan saja surat Al Baqarah. Terdapat 141 ayat surat Al Baqarah di juz pertama. Jika dibaca setiap kali selesai salat lima waktu, maka kamu bisa mencicilnya sekali baca 28 ayat. Jika ingin lebih ringan, bisa dibaca sebelum dan setelah salat, masing-masing 14 ayat. Mudah bukan?

3. Gunakan aplikasi membaca Alquran di smartphone

Kenapa harus menggunakan aplikasi ini? Karena ini dapat memudahkan kalian jika ingin membaca Alquran saat berada di mana pun dan kapan pun.

4. Gunakan jadwal rutin

Dari 30 juz dibagi lagi menjadi 114 surat. Kalian bisa membaginya lagi, setiap juz yang ingin dibaca. Jika satu surat dirasa terlalu panjang, bisa gunakan pembagian lagi, dibaca dalam beberapa kali, agar semua surat selesai dibaca.

5. Konsisten membaca Alquran

Keinginan mengkhatamkan Alquran tentu tidak bisa berjalan tanpa konsistensi dalam menjalankannya. Harus bisa mengalahkan rasa malas, atau harus bisa mengatur waktu dengan kesibukan lainnya yang harus Grameds selesaikan.

Selamat mengkhatamkan Alquran! Jangan lupa, tips ini jangan hanya dibaca tapi juga dipraktekkan, ya, Grameds!👼

Untuk menambah semangat Grameds dalam mengkhatamkan Alquran, tentunya mushaf Alquran yang cantik dan mudah dibaca akan sangat membantu. Oleh karena itu, bagi Grameds yang ingin membeli Alquran baru untuk dibaca di bulan suci ini, Gramedia.com punya promo menarik bersama Quran Cordoba!

Berkah Ramadan bersama Cordoba berlaku dari tanggal 1-30 April 2023 di Gramedia.com untuk kamu yang ingin membeli Alquran baru! Ada beragam jenis Alquran yang bisa kamu pilih dalam promo ini. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan potongan ongkos kirim sebesar Rp5.000,00 dengan kode GCOMXCORDOBA5.

Berikut adalah beberapa pilihan Alquran dalam promo Berkah Ramadan bersama Cordoba.

Rekomendasi Alquran Cordoba

1. Alquran Cordoba Hafalan Cepat 7 Blok Al Hafidz B7

alquranBaca dan Beli Sekarang!

Hafal Alquran merupakan hal yang diidam-idamkan banyak umat muslim. Alquran ini hadir untuk kamu yang ingin menghafal Alquran dengan mudah. Di dalamnya, setiap ayat dibagi menjadi 7 blok warna untuk memudahkan kamu menghafal. Terdapat pula kata-kata motivasi di setiap halaman agar kamu semangat menuntaskan hafalan kamu. Alquran ini juga nyaman dibaca karena menggunakan khat Rasm Utsmani.

2. Alquran Cordoba Muslimah Auliya Tajwid Tematik A6

alquranBaca dan Beli Sekarang!

Dalam Alquran terdapat banyak sekali pembahasan mengenai pelajaran-pelajaran yang berharga dalam hidup. Tak terkecuali bagi perempuan, ada banyak ayat yang secara spesifik membahas mengenai syariat bagi perempuan dalam Islam. Alquran ini akan memudahkan para muslimah untuk menemukan ayat-ayat tersebut. Tidak hanya itu, Alquran ini juga membahas 4 tema pokok, yaitu aqidah dan akhlak, hukum, ibrah, dan tokoh wanita muslim yang akan menginspirasi kamu. Alquran ini juga dilengkapi dengan penunjuk tajwid yang lengkap untuk memudahkan kamu membacanya dengan baik dan benar.

3. IQRO Transliterasi Cordoba

alquranBaca dan Beli Sekarang!

Metode IQRO untuk mengajarkan membaca Alquran merupakan salah satu metode belajar yang efektif. Dalam IQRO terbitan Cordoba ini, kamu akan menemukan pembelajaran yang sangat lengkap. Mulai dari sistematika bacaan langsung, CBSA (Cara Belajar Santri Aktif), panduan transliterasi kata, tajwid berwarna, sampai Juz 'Amma.

4. Alquran Cordoba Mushaf Al-Fadhil A6

alquranBaca dan Beli Sekarang!

Jika kamu sering membawa Alquran ke mana-mana, ada baiknya jika kamu memilih Alquran ini. Alquran Cordoba Mushaf Al-Fadhil merupakan Alquran dengan cover kulit anti air yang juga dilengkapi dengan ritsleting, sehingga keamanan mushaf-nya lebih terjaga. Ukurannya juga kecil sehingga mudah dimasukkan ke dalam tas. Selain itu, Alquran ini juga dilengkapi dengan terjemahan dan panduan tajwid yang lengkap untuk memudahkan kamu membacanya.

Masih banyak lagi pilihan Alquran lainnya yang bisa kamu pilih di promo Berkah Ramadan bersama Cordoba. Yuk, beli sekarang sebelum kehabisan, ya! Klik banner di bawah untuk melihat penawaran lengkapnya.⤵️🛒

alquranBelanja Sekarang!


Sumber foto header: Pixabay.com


Meutia Ersa Anindita

Meutia Ersa Anindita

Content Writer for Gramedia.com

Enter your email below to join our newsletter