5 Tips Menyiasati Tetap Rutin Berolahraga Saat Berpuasa Ramadan

5 Tips Menyiasati Tetap Rutin Berolahraga Saat Berpuasa Ramadan

. 3 min read

Di bulan Ramadan, tidak jarang tubuh terasa lemas karena berpuasa. Hal ini tentu saja dapat mengganggu kegiatan sehari-hari. Agar tubuh tetap sehat dan bugar saat berpuasa, Grameds dapat melakukan olahraga.

Berolahraga di bulan Ramadan bukan tidak mungkin untuk dilakukan. Namun, ada hal-hal tertentu yang perlu diperhatikan agar tidak mengganggu ibadah puasa.

Untuk itu, kami rangkum 5 tips untuk Grameds menyiasati tetap rutin berolahraga di bulan Ramadan!

1. Olahraga di waktu sebelum berbuka atau saat berbuka

olahraga
Sumber: unsplash.com

Berolahraga di bulan puasa disarankan untuk dilakukan di waktu sebelum berbuka atau saat berbuka. Alasannya, kalian dapat mengisi energi kembali dengan makanan dan minuman jika tubuh terasa lelah dan dehidrasi setelah berolahraga.

Sebenarnya, berolahraga di waktu sahur dan puasa tidak dilarang. Grameds tetap bisa melakukannya jika kondisi tubuh memungkinkan untuk berolahraga dan tetap kuat berpuasa setelah berolahraga.

2. Melakukan olahraga intensitas ringan hingga sedang

olahraga
Sumber: unsplash.com

Di bulan Ramadan, usahakan untuk menghindari olahraga berat. Grameds bisa melakukan olahraga dengan intensitas ringan seperti berjalan, jogging dan bersepeda.

Jika kondisi tubuh memungkinkan, lakukan olahraga dengan intensitas sedang. Olahraga-olahraga yang dapat dilakukan adalah latihan beban, lari dan zumba.

3. Perhatikan kondisi tubuh

Sebelum mulai berolahraga, ada baiknya memperhatikan kondisi tubuh Grameds! Jika tubuh sedang tidak fit, jangan dipaksakan untuk berolahraga.

Akan tetapi, berolahraga tetap penting dilakukan agar tubuh tetap sehat dan bugar. Bahkan, ada beberapa olahraga yang dianjurkan untuk mencegah penyakit dan tujuan-tujuan lainnya.

tips

Untuk Grameds yang ingin tahu lebih banyak atau sedang bingung akan melakukan olahraga seperti apa, buku 50 Tips Sehat Menangkal Penyakit dengan Olahraga bisa menjadi jawabannya. Buku ini membahas lengkap tentang olahraga seperti persiapan sebelum melakukan olahraga, olahraga untuk kebugaran, olahraga ringan tanpa bantuan alat dan masih banyak lagi.


Baca juga:


4. Perhatikan asupan makanan dan minuman saat sahur dan berbuka

olahraga
Sumber: unsplash.com

Agar tubuh semakin sehat dan bugar untuk berolahraga di bulan puasa, perhatikan pula asupan makanan dan minuman saat sahur dan berbuka. Saat sahur, Grameds dapat mengonsumsi makanan tinggi protein dan kaya serat karena makanan-makanan ini mampu menyimpan energi lebih lama.

Ketika berbuka, Grameds bisa mengonsumsi minuman yang sehat seperti jus buah yang segar. Tidak hanya itu, sebisa mungkin hindari gorengan karena banyak mengandung lemak jenuh yang sulit diolah tubuh.

5. Tidur yang cukup

olahraga
Sumber: unsplash.com

Yang tidak kalah penting untuk diperhatikan agar berolahraga saat berpuasa tetap lancar adalah waktu tidur yang cukup. Bagi Grameds yang berusia 18-64 tahun atau dewasa, waktu ideal tidur yang diperlukan sekitar 7-9 jam. Untuk remaja dan anak sekolah tentunya memiliki waktu ideal tidur yang lebih banyak dari itu.

Kurang tidur saat berpuasa mungkin saja dialami karena kita diharuskan bangun lebih pagi untuk sahur. Solusinya, Grameds bisa tidur malam lebih cepat ataupun tidur di siang hari.


Di bulan Ramadan, akan lebih baik jika kita tetap menjaga kondisi tubuh sehat dan bugar dengan berolahraga. Bagi Grameds yang sudah rutin berolahraga sehari-hari pun tetap bisa menjalankannya ketika berpuasa. Dengan tips-tips di atas, Grameds dapat tetap berolahraga dengan lancar di bulan Ramadan!

Untuk buku-buku lainnya tentang kesehatan dan kebugaran, Grameds bisa temukan dengan mudah hanya di Gramedia Digital!


Sumber foto: Record-fast.com