5 Kegiatan yang Seringkali Dilakukan Saat Ramadan

5 Kegiatan yang Seringkali Dilakukan Saat Ramadan

. 3 min read

Kegiatan yang dilakukan saat tidak puasa dan sedang puasa tentu memiliki perbedaan. Jika biasanya kita sering beli jajanan di sekolah atau kantor, maka kita tak bisa seenaknya jajan ketika sedang puasa. Jika tadinya sering bangun kesiangan, maka saat puasa kita harus bangun lebih pagi. Kalau tidak, bisa-bisa nanti ketinggalan sahur. Di samping itu, ada juga kegiatan-kegiatan lain yang sering dan hanya dilakukan selama bulan Ramadan, seperti lima kegiatan berikut ini.

Saling Bertukar Ucapan Selamat Puasa

Menjelang Ramadan atau ketika awal bulan puasa, mengucapkan selamat berpuasa bisa dibilang sudah menjadi hal yang biasa. Ucapan-ucapannya beragam. Ada yang berupa ucapan sederhana, hingga berupa puisi. Sesama umat muslim saling bertukar ucapan selamat puasa dan saling menguatkan diri agar puasanya tidak “bolong-bolong”. Tidak sedikit umat nonmuslim yang turut memberikan ucapan selamat berpuasa bagi teman-temannya yang muslim.

“Marhaban ya Ramadan! Selamat menunaikan ibadah puasa bagi seluruh umat muslim!”

Ngabuburit

Istilah ngabuburit identik dengan Ramadan. Ngabuburit lazimnya dilakukan saat sore hari. Kegiatan ini ramai dijalankan dalam rangka menunggu azan magrib untuk berbuka puasa. Para orang tua biasanya mengaji, mengobrol dengan tetangga, atau jalan-jalan keluar rumah untuk berburu takjil. Anak-anak seringnya memilih bermain dengan teman atau tetangganya.

Namun, tahukah kamu? Pada awalnya, ngabuburit adalah kegiatan yang biasa dilakukan oleh masyarakat Jawa Barat. Ngabuburit sendiri berasal dari bahasa Sunda, yaitu burit yang berarti sore. Secara keseluruhan, ngabuburit dapat dimaknai dengan kegiatan atau kebiasaan menunggu sore. Kini, ngabuburit tak hanya dilakukan oleh umat muslim di Jawa Barat saja, tapi juga di seluruh Indonesia!

Buka Puasa Bersama

Selama bulan puasa, pernah mendapat ajakan untuk buka puasa bersama dari teman-teman atau rekan kerja kamu? Atau bahkan mendapat ajakan buka puasa bareng dari teman-teman lama semasa sekolah dulu alias ajang reuni?

Buka puasa memang tidak harus selalu dilakukan bersama dengan keluarga. Selain dengan keluarga terdekat dan sanak saudara lainnya, kamu bisa saja buka puasa dengan orang lain. Bisa bareng teman sekolah, teman kuliah, dan teman kantor. Tak jarang juga, ada umat muslim yang buka puasa bersama anak yatim atau sesama lain yang membutuhkan. Kalau kamu bagaimana? Biasanya, dengan siapa saja kamu berbuka puasa?

9a33174749b418d680378b096581425d

Bagi-Bagi “Takjil”

Bulan Ramadan adalah bulan penuh berkah dan pahala. Selain menunaikan ibadah puasa selama satu bulan penuh, Ramadan dimanfaatkan umat muslim untuk berbagi kebajikan pada sesama. Salah satunya adalah membagi-bagikan “takjil” gratis. Mungkin kamu sendiri pernah berbagi “takjil“ gratis.

Kebanyakan dari kita mengartikan “takjil“ ini sebagai makanan kecil untuk berbuka puasa, seperti kurma, es campur, kolak, atau gorengan. Namun sebenarnya, “takjil“ berasal dari Bahasa Arab (ta’jil) yang berarti “bersegera“. Maksudnya adalah amanah untuk segera berbuka puasa ketika memang sudah waktunya untuk berbuka.

Wah! Barangkali penggunaan kata “takjil“ akan lebih benar dimaknai jika dikalimatkan seperti: Apa makanan yang kamu inginan untuk “takjil“? Atau bisa juga, Sepertinya kolak pisang cocok untuk “takjil“ hari ini. Semoga tidak disalahartikan lagi ya!

Salat Tarawih

Salat Tarawih adalah salat yang hukumnya sunah untuk dilakukan oleh seluruh umat muslim selama bulan Ramadan. Kata Tarawih berasal dari Bahasa Arab yang memilik makna “waktu sesaat untuk istirahat” setelah menjalani salat empat rakaat. Salat Tarawih ini dilakukan setelah salat Isya. Oleh karena itu, menjelang malam, jalanan akan dipadati umat muslim yang berbondong-bondong menuju ke masjid.

Salat Tarawih ini biasanya dilakukan secara berjemaah di masjid. Namun ternyata, salat Tarawih berjemaah tidak wajib dan tetap sah jika dilakukan sendiri di rumah. Fakta tentang salat Tarawih ini bisa kamu temukan dalam Hadis Riwayat (HR) mengenai salat Tarawih.


Itu dia kegiatan yang biasa dilakukan oleh umat muslim selama bulan Ramadan. Pada bulan yang penuh berkah ini, kiranya kita bisa saling melakukan kegiatan yang berbuah kebaikan. Semoga seluruh aktivitas yang kita jalankan selama Ramadan selalu positif ya! Selamat menjalankan ibadah puasa!