Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Makin Ngerti Pasangan di Hari Valentine dengan Buku-Buku Ini

Makin Ngerti Pasangan di Hari Valentine dengan Buku-Buku Ini

Di hari kasih sayang, banyak pasangan yang mulai memberikan hadiah, ucapan, atau melakukan kegiatan bersama untuk merayakan hari Valentine, sebagai cara untuk mengungkapkan rasa cinta kasih kita kepada pasangan.

Tak hanya coklat, bunga, atau hadiah mewah lainnya, memberikan rasa pengertian, mampu memahami pasangan, dan selalu mengerti apa yang pasangan inginkan, bisa jadi salah satu hadiah Valentine terindah untuk pasangan maupun hubungan kalian berdua.

Yap, mampu memahami pasangan bisa jadi kunci hubungan yang harmonis dan langgeng, lho. Namun, kita tahu betul bahwa memahami pasangan kadang sulit untuk dilakukan. Perlu rasa saling memahami untuk menyatukan dua orang dengan kepribadian yang berbeda. Maka dari itu, sediakanlah waktu untuk mengenal pasangan lebih baik.

Nah, buat yang masih bingung, bagaimana cara memahami perasaan pasanganmu, atau cara membina hubungan yang baik dan bahagia, berikut ini sepuluh buku tentang relationship yang bisa bantu kamu belajar mengerti pasangan dan memperbaiki hubungan kamu.

10 Rekomendasi Buku yang Bisa Bantu Kamu Mengerti Pasangan

1. Men are from Mars, Women are from Venus

Buku yang ditulis oleh John Gray ini adalah buku klasik yang terbit pada tahun 1995 dan memiliki banyak informasi menarik terkait cara pria maupun wanita dalam berkomunikasi. Dengan mengibaratkan kaum pria berasal dari Mars dan kaum wanita berasal dari Venus, buku ini memaparkan berbagai perbedaan dalam berkomunikasi di antara kedua kaum tersebut, serta cara yang tepat untuk menjembatani semua perbedaan yang ada.

Buku ini menggunakan kiasan sebagai ilustrasi pertengkaran yang umum terjadi antara pria dan wanita. Dr. John Gray menjelaskan alasan munculnya perbedaan, yang mengganggu terciptanya hubungan cinta yang saling melengkapi.

bukuBeli Bukunya Sekarang!

Terdiri dari 11 bab yang menjelaskan dengan detail soal perbedaan-perbedaan yang dimiliki pria dan wanita, mulai dari sebutan untuk pria sebagai pemberes masalah, dan wanita sebagai panitia perbaikan rumah. Ada juga alasan kenapa saat ada masalah, pria cenderung “masuk gua”, dan wanita memilih untuk lebih banyak bicara, serta cara-cara efektif mencegah pertengkaran, hingga tips-tips aplikatif untuk menjaga cinta agar tetap hidup.

Kamu juga bisa baca versi buku digitalnya di sini >>> Men are from Mars, Women are from Venus

2. Truly Mars and Venus

Buku Men are from Mars, Women are from Venus, merupakan sarana untuk mengembangkan hubungan yang lebih mendalam dan lebih memuaskan. Jika sudah selesai membaca bukunya, kamu bisa lanjut ke buku Truly Mars & Venus.

Sama dengan sebelumnya, buku ini pun dilengkapi dengan ilustrasi yang menarik dalam menjelaskan prinsip utama untuk membina hubungan yang penuh kasih sayang. Dijelaskan pula perbedaan antara perlakuan pria dan wanita yang kemungkinan belum kita ketahui, dilengkapi dengan cara untuk menghubungkan perbedaan tersebut.

rekomendasiBeli Bukunya Sekarang!

Tak hanya untuk belajar mengerti pasangan, buku ini pun dilengkapi dengan puluhan cara memenangkan hati wanita wanita maupun pria. Jadi, buat kamu yang saat ini sedang menjalin hubungan, buku ini bisa jadi panduan tepat, untuk bisa memahami emosi dan perasaan pasangan.

Tapi buat kamu yang masih single, buku ini pun bisa jadi bekal yang bermanfaat, agar nantinya ketika menjalin sebuah hubungan tidak bingung lagi. Berbagai hal mendasar tentang komunikasi pria dan wanita juga bisa ditemukan di buku ini.

Kamu juga bisa baca versi buku digitalnya di sini >>> Truly Mars and Venus


Baca juga: Dari Buku ini Kita Belajar Tentang Pernikahan


3. Beyond Mars and Venus

Karena saat ini kita sudah mengalami dunia yang penuh perubahan dengan cepat, hubungan pun pasti diwarnai dengan gaya hidup maupun masalah yang baru. Pria dan wanita kini telah memegang prinsip maupun pemikiran yang baru lagi. Setelah buku klasiknya, buku ini akan kembali menyelamatkan hubungan kamu yang sudah disesuaikan untuk pasangan di era modern dengan masalah yang lebih kompleks.

rekomendasiBeli Bukunya Sekarang!

Kamu juga bisa baca versi buku digitalnya di sini >>> Beyond Mars and Venus

4. Pria Begini, Wanita Begitu: Bagaimana sih Biar Nyambung?

Buku yang ditulis oleh Iota Tatsunari dan Takahata Masao ini, memperlihatkan bagaimana sosok pria yang tidak peka dan wanita yang kalau ditanya kenapa jawabannya cuma "gapapa", alias susah sekali mengungkapkan isi hatinya. Kedua masalah ini sepertinya selalu jadi momok yang terjadi dalam hubungan.

Ternyata, dari puluhan tahun lalu kebiasaan pria dan wanita ini masih sama dilakukan. Konflik ini bisa jadi masalah besar buat hubungan kamu lho kalau kalian tidak saling mengerti satu sama lain.

bukuBeli Bukunya Sekarang!

Menyadari risiko tersebut, Iota menyediakan satu bagian khusus di awal buku untuk mengidentifikasi gaya komunikasi pembaca. Gaya komunikasi antara dua kubu yang bahasanya sama, tapi seolah berkomunikasi dengan bahasa dari dua planet yang berbeda.

P: "Kok dia nggak komentar apa-apa soal model rambut baruku? Dasar nggak peka!"
L: "Duh, kok dia tiba-tiba jadi diam, ya? Ada apa ini?"

Pria dan wanita punya pola komunikasi yang jauh berbeda. Semua itu makin rumit, sebab ternyata pria bisa saja punya kecenderungan gaya komunikasi yang sangat "wanita", begitu pula sebaliknya. Buku ini akan membantu kamu untuk mengelola perbedaan dalam menjalin hubungan yang harmonis.

5. Why Men Lie and Women Cry

Sama seperti buku-buku di atas, buku ini juga memberikan jawaban agar kita saling memahami pasangan. Perbedaan serta kesalahpahaman yang terjadi dalam hubungan, bisa berujung pada sebuah pertengkaran, lho. Pertengakaran yang bisa membuat kita marah, kesal, bahkan sampai frustasi dalam menghadapi si dia.

Buku ini menawarkan cara untuk menghilangkan berbagai kecemasan hingga kebingungan kita dalam menghadapi lawan jenis. Dibahas melalui fakta ilmiah, namun tetap dengan bahasa yang jenaka dan mudah dipahami, sehingga buku ini mampu membantu kita untuk memahami perasaan pasangan, tapi juga memahami diri sendiri.

menBeli Bukunya Sekarang!

6. Seni Memahami Wanita

Apa benar wanita itu selalu benar? Kenapa wanita cerewet? Apa benar wanita lebih mudah berbohong ? Apa iya wanita tidak suka berdebat? Apa arti sebenarnya dari ungkapan "aku gapapa" yang keluar dari mulut wanita, dan ungkapan-ungkapan lainnya?

bukuBeli Bukunya Sekarang!

Perbedaan pria dan wanita tentunya bisa saling melengkapi. Nah, buku ini mengupas tentang cara yang mudah bagi siapa pun untuk memasuki dunia wanita, dan memahami para wanita. Tujuannya untuk menegaskan bahwa sikap saling memahami dan saling pengertian adalah fondasi terbaik bagi lahirnya rasa cinta dan kasih sayang.

Semua persoalan, pertanyaan, dan pembahasan, dihadirkan Claudia Sabrina dalam buku Seni Memahami Wanita yang ditulis seobjektif mungkin. Buku ini pun akan memanjakan mata kamu dengan desain yang colorful.

7. Seni Memahami Pria

Salah satu topik yang menarik tentang pria adalah cara memahaminya. Dari sisi sudut pandang wanita, memahami pria memang bukan hal yang mudah, bahkan hal itu selalu menjadi masalah utama dalam suatu hubungan.

Dalam buku yang ditulis oleh Claudia Sabrina ini, dibahas tentang segala hal yang berkaitan dengan pria hingga tips menarik untuk memahami pria.

bukuBeli Bukunya Sekarang!

8. Jangan Membuat Masalah Kecil dalam Hubungan Cinta Jadi Masalah Besar

Memasuki beberapa tahun dalam hubungan, atau ketika hubungan mulai terasa goyah, rasanya apapun kesalahan kecil yang dilakukan pasangan bisa jadi bumerang untuk kita. Siapa nih yang suka terpaku dengan masalah kecil dan terlalu membesarkannya? Yuk, mulai benahi sikap seperti ini.

bukuBeli Bukunya Sekarang!

Nah, di awal buku ini, kamu akan menemukan berbagai perasaan sakit hati, amarah, rasa tidak aman, dan masalah sehari-hari lainnya. Lalu, buku ini menunjukkan cara menjaga agar hubungan dengan pasangan agar tetap memiliki gairah yang membara, cara mencegah pertengkaran kecil-kecil yang disebutkan tadi berkembang menjadi besar, dan cara menghargai pasangan.  

Dalam 100 kiat yang ditulis dengan indah tapi sangat praktis ini, penulis menunjukkan kepada kita cara untuk tidak memberikan reaksi berlebihan terhadap kritik dari orang yang kita cintai. Lalu ada juga cara melupakan dendam yang lama terpendam, cara untuk tidak mempedulikan kebiasaan aneh pasangan, dan cara untuk memilih berdamai tanpa menunjukkan kekesalan.

9. Gesture

Tak hanya dari ucapan, tapi kita juga bisa memahami pasangan lewat 'perkataan' tubuhnya. Mungkin dia bilang "gapapa", tapi tatapan matanya bisa menunjukkan kekecawan.

Nah, buku ini membantu kita untuk melatih baca pesan dari bahasa tubuh. Ditulis berdasarkan teori komunikasi nonverbal berpadu dengan keilmuan psikologi pengembangan diri, kita akan mempelajari perilaku-perilaku pasangan yang bisa diamati dan dipelajari secara langsung, termasuk mendeteksi lawan bicara yang sedang berbohong. Mantap, kan?

bukuBeli Bukunya Sekarang!

10. Happiness is... 500 Cara untuk Bilang Aku Cinta Kamu

Setelah buku yang dipenuhi dengan tulisan penuh ilmu, kini kita beralih dengan buku ilustrasi unyu berwarna merah muda yang sangat menggambarkan cinta. Yap, ini dia buku yang memberikan kita cara lain untuk bilang "aku cinta kamu" tanpa mengatakan "aku cinta kamu".

Setiap orang pasti memiliki bahasa cintanya masing-masing. Setelah kamu memahami pasanganmu, kamu bisa coba cara-cara di buku ini untuk kembali mengatakan rasa cintamu kepada pasangan dengan cara yang memikat dan tentunya membuat si dia merasa spesial.

bukuBeli Bukunya Sekarang!


Baca juga: Kunci Hubungan Harmonis dan Langgeng Hingga Usia Senja


Ingat Grameds, pasangan kita bisa berbeda dengan kita 180 derajat, tapi inilah cara agar kita mampu menghubungkan perbedaan tersebut, dan menjalin cinta kasih yang harmonis dan mampu bertahan selamanya. ❤️

Nah, itu dia deretan buku yang bisa kamu baca, dan semoga buku-buku tersebut dapat memecahkan masalahmu, keraguanmu, dan membuatmu memahami arti cinta dan kasih sayang.

Yuk, tambahan perhatian kamu lebih dalam kepada kesayangan di hari yang penuh cinta ini. Beli bukunya sekarang di Gramedia.com dan pelajari selengkapnya!

Mau dapat promo dan diskon menggiurkan dari Gramedia.com? Langsung aja cek di bawah ini untuk belanja yang lebih hemat dan maksimal!

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!

multiKlik untuk Cara Belanja di Gramedia.com


Sumber foto header: Unsplash


Almira R. Natasya

Almira R. Natasya

Digital Content Officer Gramedia Digital

Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus