5 Rekomendasi Buku yang Bikin Kamu Mengerti Pasangan

5 Rekomendasi Buku yang Bikin Kamu Mengerti Pasangan

. 5 min read

Kita semua pasti pernah jatuh cinta. Namun semakin dewasa, kita menyadari jika arti cinta itu lebih rumit dari sekadar saling suka, confess, lalu jadian. Semakin dewasa kita akan bertemu dengan berbagai macam jenis cinta, seperti pengalaman terjebak friend zone, hubungan tanpa status, LDR dan lainnya.

Selain itu kita juga bisa belajar dari cerita orang lain, tentang apa yang mereka rasakan ketika diselingkuhi pasangannya, diabaikan oleh pasangannya atau cara menangani pasangan yang sedang bad mood.

Nah, buat yang masih bingung, bagaimana cara memahami perasaan pasanganmu, atau cara membina hubungan yang baik. Berikut 5 buku relationship rekomendasi dari Admin.

Rekomendasi Buku yang Bisa Bantu Kamu Mengerti Pasangan

1. Men Are From Mars, Women Are From Venus

Men are from Mars, Women are from Venus yang ditulis oleh John Gray, merupakan buku klasik yang terbit pada  tahun 1995, memiliki banyak informasi menarik terkait cara pria dan wanita dalam berkomunikasi. Dengan mengibaratkan kaum pria berasal dari Mars dan kaum wanita berasal dari Venus, buku ini memaparkan berbagai perbedaan dalam berkomunikasi di antara kedua kaum tersebut, dan juga cara yang tepat untuk menjembatani semua perbedaan yang ada.

Terdiri dari 11 bab dalam buku Men are from Mars, Women are from Venus, menjelaskan dengan detail soal perbedaan-perbedaan yang dimiliki pria dan wanita. Mulai dari sebutan untuk pria sebagai pemberes masalah, dan wanita sebagai panitia perbaikan rumah. Ada juga alasan kenapa saat ada masalah, pria cenderung “masuk gua”, dan wanita memilih untuk lebih banyak bicara. Serta cara-cara efektif mencegah pertengkaran, hingga tips-tips aplikatif untuk menjaga cinta agar tetap hidup.

bukuBeli Bukunya Sekarang!

Buku ini menceritakan jika pada zaman dahulu kala, orang Mars berjumpa dengan orang Venus. Mereka jatuh cinta dan menjalin hubungan yang membahagiakan, karena mereka saling menghormati dan menerima perbedaan-perbedaan mereka. Kemudian mereka tiba di Bumi dan mulai menderita amnesia. Mereka lupa bahwa mereka berasal dari planet yang berlainan.

Dengan kiasan ini sebagai ilustrasi pertengkaran yang umum terjadi antara pria dan wanita, Dr. John Gray menjelaskan alasan munculnya perbedaan, yang mengganggu terciptanya hubungan cinta yang saling melengkapi. Berdasarkan keberhasilannya memberi bimbingan selama bertahun-tahun terhadap pasangan suami istri dan perorangan, ia memberi nasihat mengenai cara mengatasi perbedaan dalam gaya berkomunikasi, kebutuhan emosional, dan perilaku untuk meningkatkan pemahaman yang lebih besar antara masing-masing pasangan.  

Men Are from Mars, Women Are from Venus, merupakan sarana untuk mengembangkan hubungan yang lebih mendalam dan lebih memuaskan.

Buat kamu yang saat ini sedang menjalin sebuah hubungan, buku ini bisa jadi panduan tepat, untuk bisa memahami emosi dan perasaan pasangan. Buat yang masih single, buku ini pun bisa jadi bekal  yang bermanfaat, agar nantinya ketika menjalin sebuah hubungan tidak bingung lagi. Berbagai hal mendasar tentang komunikasi pria dan wanita juga bisa ditemukan di buku ini.

2. Pria Begini, Wanita Begitu: Bagaimana Sih Biar Nyambung?

Buku yang ditulis oleh Iota Tatsunari dan Takahata Masao, menjelaskan sosok pria yang tidak peka, dan wanita yang enggan berterus terang, hanyalah satu dari sekian banyak konflik yang terjadi selama puluhan tahun.

Bahkan, 37 konflik pria-wanita di keseharian, hubungan percintaan, kehidupan rumah tangga, dan lingkungan kerja. Konflik ini berpotensi menjadi makin mengerikan, akibat fakta bahwa pria tidak selalu berkomunikasi dengan gaya pria, dan wanita tidak selalu berkomunikasi dengan gaya wanita.

Menyadari risiko tersebut, Iota menyediakan satu bagian khusus di awal buku, untuk mengidentifikasi gaya komunikasi pembaca. Gaya komunikasi antara 2 kubu yang bahasanya sama, tapi seolah berkomunikasi dengan bahasa dari dua planet yang berbeda.

bukuBeli Bukunya Sekarang!

P: "Kok dia nggak komentar apa-apa soal model rambut baruku? Dasar nggak peka!"
L: "Duh, kok dia tiba-tiba jadi diam, ya? Ada apa ini?"

Pria dan wanita punya pola komunikasi yang jauh berbeda. Semua itu makin rumit, sebab ternyata pria bisa saja punya kecenderungan gaya komunikasi yang sangat "wanita", begitu pula sebaliknya.

Lantas, mungkinkah perbedaan itu dapat dikelola, untuk menjalin satu benang merah hubungan harmonis antara pria dan wanita di keseharian, percintaan, dan lingkungan kerja?

3. Seni Memahami Wanita

Apa benar wanita itu selalu benar? Kenapa wanita cerewet? Apa benar wanita lebih mudah berbohong ? Apa iya wanita tidak suka berdebat? Apa arti sebenarnya dari ungkapan "I'm fine" yang keluar dari mulut wanita, dan ungkapan-ungkapan lainnya? Semua persoalan, pertanyaan dan pembahasan, dihadirkan Claudia Sabrina dalam buku Seni Memahami Wanita yang ditulis seobjektif mungkin. Mata para pembaca juga akan dimanjakan dengan desain yang colorful.

bukuBeli Bukunya Sekarang!

Perbedaan pria dan wanita tentunya bisa saling melengkapi. Nah, buku ini mengupas tentang cara yang mudah bagi siapa pun untuk memasuki dunia wanita, dan memahami para wanita. Tujuannya untuk menegaskan bahwa sikap saling memahami dan saling pengertian adalah fondasi terbaik bagi lahirnya rasa cinta dan kasih sayang.

4. Seni Memahami Pria

Salah satu topik yang menarik tentang pria adalah cara memahaminya. Dari sisi sudut pandang wanita, memahami pria memang bukan hal yang mudah. Bahkan, hal itu selalu menjadi masalah utama dalam suatu hubungan.

Di dalam buku Seni Memahami Pria yang ditulis oleh Claudia Sabrina  ini, memiliki pembahasan tentang segala hal yang berkaitan dengan pria. Terdapat pula tips menarik untuk memahami pria.

bukuBeli Bukunya Sekarang!

5. Jangan Membuat Masalah Kecil Dalam Hubungan Cinta Jadi Masalah Besar

Sering sekali kita merisaukan hal-hal yang setelah kita amati lebih dalam, ternyata bukanlah masalah besar. Kita terpaku pada masalah-masalah kecil dan terlalu membesar-besarkannnya.

bukuBeli Bukunya Sekarang!

Buku yang ditulis Kristine Carlson & Richard Carlson, merupakan buku yang berisi perasaan sakit hati, amarah, rasa tidak aman, dan berbagai masalah sehari-hari. Nah, buku ini menunjukkan cara menjaga agar hubungan dengan pasangan agar tetap memiliki gairah yang membara, cara mencegah pertengkaran kecil berkembang menjadi besar, dan cara menghargai pasangan.  

Dalam 100 kiat yang ditulis dengan indah tapi sangat praktis ini, Richard dan Kris Carlson menunjukkan kepada kita cara untuk tidak memberikan reaksi berlebihan terhadap kritik dari orang yang kita cintai. Lalu cara melupakan dendam yang lama terpendam, cara untuk tidak mempedulikan kebiasaan aneh pasangan, dan cara untuk memilih berdamai tanpa menunjukkan kekesalan.  

Dengan gaya tulisan yang mudah dipahami, buku ini menyajikan cara-cara membentuk perspektif yang lebih positif tersebut, sehingga kita akan belajar untuk berdamai dengan diri sendiri dan lebih peduli terhadap lingkungan.

Nah, itu dia deretan buku yang bisa kamu baca, dan semoga buku-buku tersebut dapat memecahkan masalahmu, keraguanmu, dan membuatmu memahami arti cinta dan kasih sayang.

Mau paket kamu lebih cepat sampai rumah? Kamu bisa gunakan layanan terbaru Gramedia.com, yaitu "Pesan Antar". Tinggal chat WhatsApp, lalu pilih pengiriman instant (khusus Jabodetabek). Paketmu tiba di rumah lebih cepat deh!

PesanKlik untuk Info Lebih Lanjut dan Pesan Via Whatsapp!


Sumber foto header: freepik.com