Kunci Hubungan Harmonis dan Langgeng Hingga Usia Senja

Kunci Hubungan Harmonis dan Langgeng Hingga Usia Senja

. 5 min read

Saat kita sudah menjalani hubungan bersama seseorang yang sangat kita cintai, tentulah kita ingin terus bersamanya. Rasanya ingin menghabiskan sisa waktu dan melewati momen-momen hidup bersama dia. Untuk mewujudkan hal itu, tentunya kita harus merawat hubungan dan menjaga komitmen agar hubungan menjadi langgeng.

Sayangnya, hubungan tak selalu berjalan mulus dan pasti selalu ada halangan yang bisa menggoyahkan perasaan. Kamu bersama dia harus berdedikasi dalam mempertahankan hubungan dari berbagai rintangan. Dan memang bukan hal yang mudah, tapi bisa kalian lakukan asal diusahakan bersama.

Dikutip dari beberapa sumber, ini dia kunci hubungan yang awet dan tahan lama hingga maut memisahkan!

Communication is a Key!

Tanpa adanya landasan komunikasi yang baik, hubungan harmonis sulit diterapkan. Karena dari komunikasi, kamu akan lebih mengerti dan saling memahami perasaan satu sama lain. Kamu pun akan terhindar dari selisih salah paham.

Jadi hilangkan halangan antara komunikasimu dengan pasangan. Saling jujur dan terbuka menjadi kunci hubungan yang sehat dan bebas dari perasaan curiga. Kalian pun akan menjadi saling percaya.

kunci
Sumber foto: Shutterstock

Carilah cara berkomunikasi yang kalian suka dan setujui bersama. Misalnya, buat jadwal rutin untuk mengobrol dan saling bercerita akan kegiatan sehari-hari yang sudah dilakukan.

Coba saling mendengarkan keluh kesah, berempati terhadapnya, dan jadilah pendengar yang baik agar kamu lebih memahami apa yang dirasakan serta dibutuhkan pasangan. Dengan berkomunikasi, tidak ada lagi miss communication dalam hubungan kalian.

Saling Percaya dan Hormati Batas Ruang Pribadi

Kepercayaan menghilangkan rasa curiga dan berburuk sangka. Tentunya malas kan kalau si dia terus-terusan menodong pertanyaan atau perasaan curiga terhadap kita? Maka dari itu kembali lagi pada komunikasi yang terbuka dan jujur.

Bangun kepercayaan dengan menunjukkan kelemahan, keterbukaan, berbagi rahasia, tulus berkompromi dengannya, dan selalu tepati janji. Hubungan kalian akan terasa lebih tenang, bebas dari perasaan negatif seperti rasa cemburu atau posesif.

kunci
Sumber foto: Freepik

Hargai dan beri waktu untuk pasangan melakukan me-time, hobi, pekerjaan, atau urusan pribadinya. Karena dengan memberikan waktu menjalani kehidupan pribadi, akan menghasilkan kebahagiaan dalam hubunganmu, serta mempelajari rasa menabung rindu.

Membangun keintiman dengan menghabiskan waktu bersama memang perlu, tapi kamu dan dia juga perlu waktu sendiri. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan kalian dan akan membangun hubungan yang sehat serta harmonis.


Baca juga: Dari Buku ini Kita Belajar Tentang Pernikahan


Tunjukkan Kasih Sayang: Tak Lupakan Flirting dan Memuji Pasangan

Seiring berjalannya waktu, mungkin kita akan merasa jenuh dengan hubungan yang dijalani. Apalagi jika hubungan sudah berlangsung lama. Maka dari itu agar api asmara terus membara, jangan mengurangi sikap genit dan beri flirting kepada pasangan.

kunci
Sumber foto: Shutterstock

Selalu tunjukkan kasih sayang sederhana, seperti memberikan semangat sebelum bekerja, mengucapkan selamat tidur, selalu mengatakan “I love you”, dan puji sikap pasangan yang kamu sukai. Memberikan apresiasi kecil seperti terima kasih atau memuji atas pencapaian besar, sangat berpengaruh terhadap rasa menunjukkan perhatian padanya.

Jangan lupa selipkan humor agar hubungan tak selalu monoton. Bercanda bersama pasangan akan membuat kita semakin lengket dengan si dia yang selalu menghasilkan tawa. Humor menjadikan kalian pasangan yang kompak dan harmonis.

Luangkan waktu bersama

Kesibukan yang melanda hingga membuat kalian tidak sempat mengobrol seringkali menimbulkan sedikit cekcok dalam hubungan. Coba pupuk kembali momen menyenangkan berdua dan membayar rindu dengan menghabiskan waktu bersama pasangan. Lakukan hal-hal yang menciptakan momen berkualitas, seperti makan bersama, menonton film, berlibur, atau kegiatan lain yang bisa menambah keharmonisan hubungan.

kunci
Sumber foto: Shutterstock

Coba berikan kejutan manis saat bertemu agar si dia makin tersanjung dengan perhatian yang kamu berikan. Lalu, jangan lupakan sentuhan fisik seperti berpegangan tangan atau berpelukan agar hubungan terasa spesial, memperkuat chemistry, dan keintiman di antara kalian berdua

Nah, biar hubungan kamu sama si dia awet dan nempel terus macam perangko, Admin punya beberapa buku yang memberikan kunci-kunci harmonis dalam sebuah hubungan.

Newbie Couple

newbieBeli Sekarang!

Buku ini sangat cocok bagi pasangan yang baru saja mengucap janji suci. Karena pernikahan tak selamanya dipenuhi kebahagiaan, buku ini akan mengulas sisi lain yang terjadi pada awal pernikahan. Tidak ada masalah yang tidak dapat diselesaikan, dari sini kamu akan diberikan berbagai cara jitu dalam mengatasi masalah yang sering dialami pasangan baru.

Belahan Jiwa

belahanBeli Sekarang!

Pernikahan sebenarnya menguji seberapa tangguh pasangan meneguhkan cinta sejatinya. Ketika hubungan terguncang, akankah kita rela mengorbankan segalanya demi belahan jiwa? Buku ini mengupas masalah-masalah yang biasa terjadi dalam rumah tangga, apa yang menyebabkan itu terjadi, dan bagaimana meramu hubungan yang harmonis agar masalah itu bisa teratasi. Semua dibahas dengan pembahasan yang menarik dan solutif, dilengkapi dengan kisah-kisah keseharian rumah tangga.

Jangan Membuat Masalah Kecil dalam Hubungan Cinta jadi Masalah Besar

janganBeli Sekarang!

Hal-hal kecil dalam kehidupan sehari-hari bisa menyebabkan perselisihan bahkan pada pasangan paling bahagia sekalipun. Nah, dari buku ini akan ditunjukkan bagaimana hidup bersama dengan gairah yang lebih membara, tidak membiarkan gangguan kecil menguasai amarah pasangan, serta bagaimana menghargai satu sama lain dengan cara yang baru dan menarik. Buku ini akan membantu kalian membina hubungan yang lebih damai, tanpa stres, dan lebih menyenangkan.

Menikah untuk Bahagia

menikahBeli Sekarang!

Penulis yang ahli sebagai relationship coach, akan membagikan pengalamannya mempertahankan pernikahan, cerita yang berdasarkan pengalaman membantu banyak pasangan, dan menjawab cara-cara menghadapi persoalan pada pernikahan, agar tetap bisa memupuk kebahagiaan.

Psikologi Pasangan: Manajemen Konflik Rumah Tangga

psikologiBeli Sekarang!

Perbedaan pada pasangan kadang membuatnya saling membutuhkan dan melengkapi, tetapi juga memicu adanya konflik. Banyak pasangan yang merasa tidak saling memahami padahal telah banyak menjalani waktu bersama. Dari sini akan dibahas dengan bahasa ringan dan komunikatif, terkait perbedaan psikologi suami dan istri yang dapat memunculkan beragam konflik keluarga, misalnya perbedaan pengaturan keuangan, perselingkuhan, perbedaan pemikiran dari logika atau hati, dan peran yang tidak seimbang. Ada juga kisah nyata terkait konflik keluarga yang bisa diambil hikmahnya.

Merawat Perkawinan Menyikapi Badai Rumah Tangga

merawatBeli Sekarang!

Segala problema rumah tangga apabila dibiarkan lama-lama akan merusak jika tak segera ditangani, apalagi dibiarkan begitu saja. Segala problema yang biasa terjadi akan dibahas tuntas dan bagaimana menanganinya dengan tepat, agar hubungan dalam rumah tangga terjalin dengan harmonis.

Men are from Mars, Women are from Venus

menBeli Sekarang!

Agar kamu bisa lebih mengerti si dia, buku ini akan menjabarkan hal-hal apa saja yang membedakan pikiran pria dan wanita, yang kadang membuat kita bingung dengan sikap pasangan. Buku ini akan membantu kamu memahami hubungan antara pria dan wanita.

Jadi, hubungan yang langgeng itu perlu diperjuangkan oleh kedua belah pihak, yang sama-sama ingin berkembang. Memang tidak semua berjalan mulus, tapi kekuatan cinta kalian yang akan menghangatkan. ❤


Sumber foto header: Unsplash