5 Rahasia Lancar Puasa Ramadan untuk Ibu Hamil

5 Rahasia Lancar Puasa Ramadan untuk Ibu Hamil

. 3 min read

Berpuasa bagi ibu hamil di sepanjang Ramadan menjadi suatu tantangan tersendiri. Di satu sisi, ingin menjalankan ibadah sebagai umat Islam.

Di sisi lain, harus memperhatikan juga keadaan sang calon bayi. Jangan sampai berpuasa justru berdampak buruk bagi kondisi kesehatan ibu dan calon bayi.

Lalu, bagaimana caranya agar tetap bisa menjalankan ibadah puasa di saat hamil? Berikut kami ungkap rahasianya agar tetap lancar berpuasa bagi ibu hamil!

1. Konsultasi dengan Dokter

Sebelum memutuskan untuk berpuasa, ada baiknya bagi ibu hamil untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan seperti keadaan kesehatan, riwayat penyakit serta kondisi kehamilan. Hal ini cukup penting untuk dilakukan Grameds! Tentunya, untuk menghindari resiko-resiko yang tidak diinginkan nantinya.

2. Perhatikan Makanan dan Minuman yang Dikonsumsi

Sebagai ibu hamil, sudah pasti memperhatikan setiap makanan dan minuman yang dikonsumsi. Terlebih lagi, jika sedang berpuasa. Usahakan untuk selalu menjaga makan dan minum di saat sahur dan berbuka.

Kira-kira makanan dan minuman apa saja yang dibutuhkan bagi ibu hamil? Bagi Grameds, kami rekomendasikan buku Super Food untuk Ibu Hamil.

Tidak hanya menyajikan informasi tentang makanan dan minuman yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi, buku ini juga menyajikan contoh menu serta aneka resep praktis yang tentunya sehat dan lezat!

super

3. Hindari Stres

Tidak dapat dipungkiri, ibu yang sedang hamil rentan mengalami stres. Umumnya, ibu hamil stres karena sulit makan karena mual, susah tidur ataupun khawatir akan kondisi kehamilan hingga proses persalinan.

Untuk itu, sebisa mungkin hindari stres karena bisa berdampak buruk bagi calon bayi. Saat Ramadan tiba, ikut berpuasa bisa membantu menenangkan diri, karena dengan berpuasa kita harus bisa menahan segala hawa napsu, termasuk menahan emosi agar tetap tenang.

Grameds juga bisa memperbanyak ibadah agar lebih tenang hingga berkonsultasi dengan dokter atau orang-orang terdekat jika ada masalah.


Baca juga:


4. Hindari Aktivitas Berat dan Olahraga Ringan

Di saat kehamilan sudah mulai membesar, usahakan untuk menghindari aktivitas-aktivitas berat ya Grameds! Namun, jangan sampai menjadi lemas karena hamil dan berpuasa juga.

Supaya tubuh tetap sehat dan bugar saat hamil dan berpuasa, Grameds dapat melakukan olahraga ringan di sela-sela aktivitas ataupun di waktu yang luang. Tidak hanya itu, berolahraga ringan juga bisa mengurangi rasa sakit ketika persalinan.

Olahraga seperti apa yang diperbolehkan bagi ibu hamil? Buku #Bebastakut Hamil dan Melahirkan membahas segala sesuatu yang perlu diketahui ibu ketika hamil dan melahirkan. Buku yang ditulis oleh bidan berpengalaman ini mampu membuat Grameds bebas dari rasa takut hamil dan melahirkan!

bebas

5. Beraktivitas di Tempat yang Sejuk

Terakhir, hindari beraktivitas di tempat-tempat yang panas ketika sedang hamil dan berpuasa. Biasanya, suhu tubuh wanita hamil lebih panas dari biasanya.

Hal ini yang menyebabkan ibu hamil mudah merasa gerah. Selain itu, beraktivitas di tempat yang sejuk bisa mengurangi resiko dehidrasi. Ibu hamil pun bisa berpuasa dengan lancar!


Berpuasa ketika hamil bukan tidak mungkin untuk dilakukan. Dengan lima rahasia lancar berpuasa ketika hamil di atas, Grameds bisa menghindari resiko-resiko kehamilan yang tidak diinginkan!

Bagi Grameds yang ingin tahu lebih banyak tentang kehamilan dan melahirkan, saat ini sudah terdapat berbagai buku yang membahas lengkap hal-hal tersebut. Buku-buku ini bisa Grameds temukan hanya di Gramedia Digital!


Sumber header foto: Pexels