5 Fakta Gong Yoo Sebagai Pemain Film Adaptasi Kim Ji Young, Born 1982

5 Fakta Gong Yoo Sebagai Pemain Film Adaptasi Kim Ji Young, Born 1982

. 4 min read

Masih ingat dengan aktor tampan Gong Yoo? Ia menjadi salah satu aktor yang banyak digilai setelah sukses berperan dalam drama Korea berjudul Goblin dan film berjudul Train to Busan. Kini ia kembali dengan berperan di film Kim Ji Young, Born 1982, yang merupakan adaptasi novel terlaris dan kontroversial di Korea selatan, berjudul sama karya Cho Nam Joo.

Di sini Gong Yoo akan berperan sebagai Jung Dae Hyun, suami dari Kim Ji Young. Tokoh Kim Ji Young sendiri akan diperankan oleh aktris Jung Yu Mi. Lalu seperti apakah fakta-fakta di balik keterlibatan Gong Yoo di film ini?

1. Keputusan yang Dikritik

Pada awalnya Jung Yu Mi lebih dulu dikabarkan akan berperan di film ini. Keputusan itu mengundang banyak cibiran dari netizen. Pasalnya, seperti yang sudah disebutkan, novel ini kontroversial di Korea Selatan karena bertema feminis. Novel ini membuat para anti-feminis di Korea Selatan gerah.

Ternyata, setelah Gong Yoo diketahui akan ikut bermain di film tersebut, ia juga mendapat reaksi serupa. Seperti dikutip dari Koreaboo, tak sedikit yang kecewa Gong Yoo mau bermain di film adaptasi bertemakan feminis tersebut. Meski ada juga yang mendukungnya. Di antara kontroversi itu, Gong Yoo tak mengubah keputusannya dan tetap menjadi pemeran di film Kim Ji Young, Born 1982.

2. Reaksi Tak Terduga

Usai membaca naskah film Kim Ji Young, Born 1982, Gong Yoo langsung menangis. Pria 40 tahun itu mengatakan hal tersebut tak pernah terjadi sebelumnya. Aktor bernama asli Gong Ji Chul itu pun langsung menghubungi ibunya dan berterimakasih kepada sang ibu.

Seperti dilansir dari Allkpop, Gong Yoo mengungkapkan kisah dalam cerita Kim Ji Young, Born 1982 membuatnya teringat akan keluarganya. Karena itu juga ia berharap akan banyak orang yang merasa terkoneksi dengan film tersebut.

Kim
sumber: Soompi.com

3. Momen Reuni Gong Yoo dan Jung Yu Mi

Bagi penggemar drama Korea atau film-film asal negeri ginseng itu, pastinya tahu jika Gong Yoo dan Jung Yu Mi pernah beradu akting sebelum di film Kim Ji Young, Born 1982. Keduanya pernah bermain di film Silenced dan Train to Busan.

Uniknya kedua film tersebut sama-sama menjadi film box office di Korea Selatan. Silenced merupakan sebuah film adaptasi novel berjudul The Crucible karya Gong Ji Young yang bercerita pengungkapan kekerasan seksual yang terjadi di sebuah sekolah anak-anak tuli. Sementara Train to Busan merupakan film yang bercerita tentang serangan mayat hidup, yang terjadi di sebuah kereta yang tengah menuju ke Busan.

4. Maksimal dalam Peran

Gong Yoo dan Jung Yu Mi sadar betul film mereka kali ini menjadi perhatian besar. Namun seperti dikutip dari Soompi, Jung Yu Mi dan Gong Yoo berusaha memberikan penampilan yang terbaik. Apalagi ini sudah ketiga kalinya mereka beradu peran.

Jung Yu Mi merasa terbantu karena ia dan Gong Yoo sudah saling kenal sebelumnya. Sehingga ia bisa lebih mendalami karakter Kim Ji Young sebagai seorang istri dan ibu. Jung Yu Mi mengatakan ia bersyukur karena Gong Yoo bersedia membantunya sebagai rekan kerja.

5. Hasil yang Positif

Meski novel sekaligus filmnya menuai kontroversi, namun ternyata film ini menorehkan pencapaian yang positif. Buktinya, di tengah kecaman yang didapatkan, film ini berhasil mengumpulkan lebih dari satu juta penonton per 27 Oktober 2019.

Dilansir dari Soompi, film yang tayang mulai 23 Oktober lalu itu berhasil mengumpulkan satu juta penonton lebih cepat dari film-film ternama lainnya, seperti Aladdin, Bohemian Rhapsody dan Maleficent 2.


Baca juga:


Sama seperti novelnya, film ini bercerita tentang sosok Kim Ji Young yang mendapatkan perlakuan diskriminatif karena dirinya terlahir sebagai seorang perempuan. Ia berusaha menjalani hidup dengan normal hingga akhirnya ia menikah, dan memutuskan keluar dari pekerjaannya demi merawat sang buah hati. Lalu ia mulai bertingkah aneh, dan ia mulai mengalami depresi. Hal-hal tersebut akan digambarkan dalam filmnya.

Hal itu juga yang dikisahkan pada novelnya. Sedikit membahas tentang novelnya, di Korea Selatan sendiri novel Kim Ji Young, Born 1982 terjual lebih dari satu juta kopi. Novel ini kemudian menjadi salah satu novel yang terlaris sekaligus memantik kontroversi, lantaran mengangkat tema feminis. Bahkan beberapa selebriti Korea Selatan mendapat kecaman saat kedapatan membaca novel ini, salah satunya Irene Red Velvet.

Pasalnya sistem patriarki di Korea Selatan terbilang kuat. Karena itu perempuan di Korea Selatan harus berjuang lebih keras untuk mendapat kesetaraan, salah satu dalam hal mendapat pekerjaan dan upah yang setara dengan laki-laki.

Dengan adanya buku ini membuat gerah para anti-feminis di Korea. Namun di sisi lain, buku ini justru dianggap sebagai salah satu pelopor menyuarakan gerakan feminis di Korea Selatan.


Di Indonesia sendiri, novel ini akan diterbitkan dalam bahasa Indonesia oleh Gramedia Pustaka Utama (GPU). Dalam akun Twitter-nya, editor akuisisi GPU Hetih Rusli mengetwit bahwa buku tersebut akan terbit sekitar November 2019. Berikut adalah bocoran sampul buku versi terjemahan bahasa Indonesia yang diberi judul Kim Ji-yeong Lahir 1982. Sampulnya dibuat oleh ilustrator Bella Ansori.

Kim
Sampul "Kim Ji-Yeong Lahir 1982" karya Cho Nam-Joo versi terjemahan bahasa Indonesia

Buat kamu yang penasaran dan ingin membaca kisah Kim Ji Young, bisa langsung ikut memesan pre-order bukunya di Gramedia.com.


Sumber foto header: Soompi