3 Skandal Melibatkan Literatur di Karir IU!

. 2 min read

Selamat ulang tahun Lee Ji Eun atau IU! Tepat hari ini, 16 Mei 2019, IU berulan tahun ke-26. Di usianya yang masih terbilang muda itu, IU telah meraih kesuksesan yang luar biasa.

IU dikenal sebagai salah satu penyanyi Korea Selatan yang memiliki banyak fans, tak cuma di negaranya tapi juga di berbagai negara. Karirnya terbilang panjang dan terus bersinar. Namun, di perjalanan karirnya, IU juga sempat terjegal beberapa kasus.

Beberapa di antara kasus tersebut juga sempat melibatkan literatur atau buku-buku yang terkenal di dunia. Skandal itu juga disebut-sebut menjadi skandal yang paling kontroversial di sepanjang karir bermusiknya. Skandal itu terjadi saat IU merilis albumnya yang berjudul Cat-Shire.

Berikut beberapa fakta terkait skandal kontroversial IU yang melibatkan buku-buku ternama di dunia.

1. Lirik lagu menjurus pedofilia

skandal
sumber: kids-bookreview.com

Album ketujuh IU yang bertajuk Chat-Shire dirilis pada 23 Oktober 2015 lalu. Karena album ini, IU sempat tersandung skandal.

Di album tersebut, IU menciptakan lagu berjudul Zeze yang terinspirasi dari buku berjudul Sweet Orange Tree. Masalah atau skandal yang menjeratnya karena lagu itu disebut menjurus ke arah pedofilia.

Di buku Sweet Orange Tree karya José Mauro de Vasconcelos, menceritakan seorang bocah berusia lima tahun yang sudah mengalami banyak kekerasan. Sementara di lagu yang ditulis IU, liriknya menggambarkan kenakalan Zeze yang menjurus ke arah sensualitas.

Namun kemudian IU meminta maaf pada publik jika lagunya menimbulkan ketidaknyamanan, ia mengatakan sama sekali tak bermaksudh menulis lirik menjurus ke arah sensualitas seperti yang dituduhkan padanya.


Baca juga:


2. Video klip diduga plagiat Lolita

skandal
sumber: amreading.com

Masih di album yang sama, kali ini, skandal mengacu pada video klip lagu berjudul Twenty Three. Di video klip ini, IU diduga memplagiat film Lolita.

Film Lolita sendiri merupakan hasil adaptasi dari novel berjudul sama karya Vladimir Nabokov, yang bercerita tentang seorang pria dewasa yang jatuh cinta kepada seorang anak perempuan di bawah umur. Alasan plagiat karena beberapa pose IU di video klip tersebut mirip dengan aktris di film Lolita.

Selain itu, IU juga menggunakan beberapa pose yang menggambarkan BDSM, seperti adegan makanan dan minuman anjing namun tak menampilkan hewan.

3. Foto konsep album yang sensual

skandal
sumber: asiachan.com

Masih dari album Chat-Shire, salah satu foto konsep di album itu menarik perhatian netizen. Foto itu dianggap memperkuat IU sengaja mengangkat tema sensualitas dan tema pedofelia di albumnya.

Foto ini memperlihatkan IU yang sedang berbaring dengan tubuh tertutup selimut putih, sementara di atas kepalanya terdapat beberapa buku yang merujuk pada seksualitas.

Salah satunya buku berjudul Leon, yang mengacu pada sebuah film yang diketahui juga menggunakan konsep Lolita atau pedofilia.


Sumber foto header: IU Instagram