5 Lagu K-Pop Ini Terinspirasi dari Buku-Buku yang Sudah Mendunia

5 Lagu K-Pop Ini Terinspirasi dari Buku-Buku yang Sudah Mendunia

. 3 min read

Saat ini enggak cuma satu atau dua lagu K-Pop yang sudah mendunia dan disukai di banyak tempat. Namun, tahukah kalian, ternyata dari banyaknya lagu K-Pop, ada beberapa yang dibuat karena terinspirasi dari kisah-kisah dalam buku.

Buku yang menjadi inspirasi pun, buku-buku yang juga digilai banyak orang di berbagai negara.

Mau tahu apa saja lagu-lagu K-Pop yang terinspirasi dari buku? Yuk, simak daftar yang sudah Gramedia.com rangkum di bawah ini.

1. SHINee- Sherlock

LAGUKPOP
Sumber: Amazon

Boy band SHINee membuat lagu sekaligus video yang terinspirasi dari kisah salah satu buku detektif ternama di dunia. Yap, mereka terinspirasi dari kisah Sherlock Holmes.

Lagu dan video klipnya bercerita tentang para member SHINee yang sibuk memecahkan teka-teki di sebuah museum. Lagu tersebut berjudul Sherlock yang dirilis pada 2012 lalu.

Lagu bertempo upbeat itu terasa lengkap karena di video klipnya juga dihiasi dengan gerakan dinamis dari para member SHINee.

2. VIXX - Scientist

LAGUKPOP

Pernah dengar atau baca buku Perfume: The Story of A Murderer, karya Patrick Suskind?

Buku yang pertama kali diterbitkan pada 1985 silam itu bercerita tentang seorang pria yang terobsesi pada wanita dan kemudian membunuhnya. Ia kemudian menyimpan aroma yang tercipta dari tubuh wanita tersebut dan diubah menjadi parfum.

Jika kalian pernah membaca buku ini pastinya kalian akan sepakat jika lagu boy band VIXX berjudul Scentist, yang rilis pada April 2018 lalu ini memang sesuai dengan cerita di bukunya.

Video klipnya pun menggambarkan nuansa merah darah dan bunga-bungaan yang diracik menjadi parfum.

3. IU - Zeze

LAGUKPOP
Sumber: KidsBookReview

Judul lagu ini, seperti nama tokoh utama dalam buku My Sweet Orange Tree karya José Mauro de Vasconcelos. Lagu yang dirilis pada 2015 itu terinspirasi dari buku My Sweet Orange Tree.

Bukunya sendiri bercerita tentang bocah lima tahun bernama Zeze yang tumbuh dengan kondisi ekonomi keluarga yang menyedihkan.

Suatu waktu, hidupnya mulai berubah saat dirinya berkawan dengan satu pohon jeruk yang ada di halaman rumahnya, dan ketika dia bertemu dengan seorang pria portugis yang kaya raya.

Sayngnya, lagu IU ini sempat tersandung kontroversi karena liriknya dianggap terlalu sensual, mengingat karakter Zeze hanyalah seorang anak-anak.

4. GFRIEND - Navillera

LAGUKPOP
Sumber: Goodreads

Meski tak ada pernyataan resmi, namun fans percaya lagu yang dirilis pada 2016 ini terinspirasi dari buku The Butterfly of the Stars, atau judul aslinya dalam bahasa Perancis yaitu Le Papillon des étoiles, karya Bernard Werber.

Bukunya bercerita tentang perahu yang membawa sejumlah manusia ke sebuah planet, dan pada akhirnya hanya empat manusia yang tersisa.

Keempat manusia itu terdiri dari satu perempuan dan tiga laki-laki. Perempuan tersebut memilih satu dari tiga laki-laki itu untuk menjadi pasangannya.

5. BTS - Magic Shop

LAGUKPOP

Bukan sekali dua kali boy band BTS melahirkan karya lagu yang terinspirasi dari buku, termasuk saat menciptakan lagu Magic Shop. Kali ini, BTS memilih buku berjudul Into the Magic Shop karya James R. Doty sebagai inspirasi mereka.

Bukunya sendiri berisikan memoar James R. Doty tentang beberapa perjalanan seorang wanita bernama Ruth dan bagaimana Ruth mampu membuka hatinya.

Sementara itu, lewat lagu Magic Shop, BTS mengajak fans mereka untuk membuka hati jika tengah terluka, dan harus percaya bahwa mereka tidak sendirian.


Apakah Grameds tahu tentang lagu-lagu tersebut? Buku-buku yang dijadikan inspirasi lagu-lagu di atas merupakan buku-buku yang sudah mendunia, loh.

Buat kamu yang belum tahu dan belum pernah baca buku-bukunya, yuk cari tahu lebih lanjut dengan membaca bukunya.


Sumber header foto: Teaser Zeze - IU Youtube