10 Buku Terlaris di Bulan Oktober 2018

10 Buku Terlaris di Bulan Oktober 2018

. 5 min read

Bulan Oktober memang diperingati sebagai Bulan Bahasa dan Sastra di Indonesia. Kenapa Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia diperingati setiap Oktober? Ternyata masih erat kaitannya dengan peringatan Sumpah Pemuda yang diperingati setiap 28 Oktober.

Di poin ketiga naskah ikrar Sumpah Pemuda, berisikan, “Kami Putra dan Putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia”. Itu tandanya, penting untuk pemuda-pemudi Indonesia untuk mencintai bahasa dan sastra Indonesia.

Di peringatan Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia kali ini, ada baiknya dirayakan dengan berbelanja buku-buku terlaris di Gramedia.com. Sudah berapa buku yang Grameds baca di bulan Oktober ini?

Bagi kalian yang memiliki target ingin membaca banyak buku di Bulan Bahasa dan Sastra ini, Gramedia.com punya rekomendasi buku terlaris sepanjang Oktober 2018 nih. Berikut daftarnya.

1. Bebas Takut Hamil dan Melahirkan

Buku ini akan membekali pembaca tentang apa saja yang perlu dipersiapkan selama kehamilan dan menjelang persalinan. Para calon ibu tidak perlu cemas lagi dengan berbagai kekhawatiran yang sering muncul dalam pikiran.

Buku ini ditulis oleh Yesie Aprillia, bidan yang sudah lama malang-melintang dalam dunia persalinan dan kehamilan. Bidan Yesie Aprillia mengemas buku ini dengan lengkap khusus untuk para ibu hamil di luar sana.

Buku ini juga memberikan coloring booklet sebagai kegiatan pengalihan kekhawatiran para calon ibu agar terbebas dari rasa takut sehingga lebih siap menyambut si buah hati.

2. Harry Potter and the Cursed Child (Harry Potter dan Si Anak Terkutuk)

Seri Harry Potter yang terbaru ini sepertinya akan lama nongkrong di deretan novel fiksi terjemahan terlaris di Indonesia. Novel ini masih menceritakan Harry Potter, namun versi dewasanya.

Harry kini menjadi pegawai kementerian sihir. Dia juga seorang suami, sekaligus ayah dari tiga anak usia sekolah.

Buku ini awalnya berupa naskah pementasan. Di mana saat dipentaskan di West End London pada musim panas 2016, drama ini mendapat sambutan baik. Bagi yang penasaran dengan review lengkap novel ini bisa langsung baca di Blog Gramedia.com.

3. Life Revolution

Life Revolution adalah buku ketiga dari Tung Desem Waringin setelah Financial Revolution (tahun 2006) dan buku Marketing Revolution (tahun 2008). Buku ini berisi tentang 12 ilmu dalam penting dalam hidup (yang belum ada dalam kurikulum pendidikan saat ini), yaitu Life Revolution.

12 ilmu yang dimaksud antara lain; Ilmu modeling/nyontek, bagaimana menemukan, bergaul belajar, bekerjasama bahkan memperkerjakan orang yang sukses, bagaimana mengelola emosi yang tepat, serta ilmu-ilmu lain yang akan dibahas dengan lengkap olen sang penulis.

4. Bumi Manusia

Novel Bumi Manusia bisa dibilang legendaris, karena pertama kali diterbitkan pada tahun 1975. Hebatnya masih terus diterbitkan ulang dan menjadi best seller hingga saat ini. Buku ini juga telah diterjemahkan ke lebih dari 30 bahasa. Yang semakin membanggakan, buku karya Pramoedya Ananta Toer ini sedang dalam proses untuk diangkat ke layar lebar.

Bumi Manusia bercerita tentang kehidupan di Indonesia di era 1800-1900'an, yang masih dalam kekangan Belanda. Minke, tokoh utama dalam buku ini merupakan seorang pribumi yang jatuh cinta pada Annelies, seorang gadis berdarah campuran pribumi dan Belanda.

Kekecewaan, konflik keluarga, kisah asmara dan juga kebencian banyak digambarkan dalam buku ini melalui kehidupan Annelies dan Minke. Mau tahu lebih lanjut? Langsung pesan bukunya ya di Gramedia.com.

5. The Stories of Choo Choo: You're Not as Alone as You Think

Banyak orang yang mengira ini adalah buku terjemahan. Padahal, buku ini dibuat oleh penulis Indonesia bernama Citra Marina. Citra menceritakan pengalaman sehari-harinya menggunakan kereta Jakarta Commuter Line.

Ceritanya disampaikan bukan hanya lewat tulisan, tapi juga lewat kompilasi gambar yang lucu dan menarik. Gambar karakter utama di buku ini berupa anjing rubah yang dinamai Choo Choo.

Penulis menuangkan pikiran-pikirannya yang begitu saja muncul setiap kali dirinya melakukan perjalanan menggunakan commuter line.

6. Sebuah Seni Untuk Bersikap Bodo Amat

“Dalam hidup ini, kita hanya punya kepedulian dalam jumlah yang terbatas. Maka dari itu, Anda harus bijaksana dalam menentukan kepedulian Anda.”

Manson sang penulis, berhasil menyalurkan isi perbincangan yang serius dan mendalam ke dalam buku ini secara ringan dan menarik. Di setiap bab tulisannya, pesan serius yang ingin disampaikan dengan cerita-cerita yang menghibur dan “kekinian”, serta humor yang cadas.

Buku ini dapat diibaratkan sebagai sebuah tamparan di wajah yang sangat menyegarkan untuk kita semua, terutama bagi kita semua yang selama ini overthinking, terlalu banyak menggunakan perasaan dan memasukkan segala sesuatunya ke dalam hati.

Bagi Grameds yang penasaran dan ingin tahu lebih detil, bisa lihat terlebih dahulu review bukunya di Gramedia.com.

7. Sapiens

Selama dua setengah juta tahun, berbagai spesies manusia hidup dan punah di Bumi, sampai akhirnya tersisa satu, Homo Sapiens, manusia bijaksana.

Buku karangan Yuval Noah Harari yang berjudul Sapiens ini, membahas sisi yang tak banyak diungkit dalam buku sejarah atau evolusi manusia lain. Misalnya membahas bagaimana manusia berangkat menjadi makhluk berperadaban. Penjelasan ini dijelaskan melalui tiga fase revolusi; Kognitif, Pertanian, dan Sains.

Buku ini sukes dibaca di berbagai belahan dunia, termasuk oleh mantan Presiden Amerika Barack Obama.

8. Panduan Resmi Tes CPNS CAT 2018/2019

Buku ini banyak diminati karena berisikan latihan soal yang lengkap. Di dalamnya pun dilengkapi dengan panduan mengerjakan soal dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).

Buku ini juga memberikan satu CD gratis yang berisikan simulasi pengerjaan soal-soal CPNS 2018. Selain itu, di dalamnya juga terdapat akses video untuk melihat tutorial pengerjaan soal.

9. Wesel Pos

Elisa datang dari kampung mencari sang kakak hanya dengan berbekal selembar kartu pos. Kejadian demi kejadian membuat Elisa mau tidak mau merasakan kejamnya ibu kota.

Pencarian Elisa membawanya berkenalan dengan Fahri. Kisah Elisa dan Fahri ditulis dengan begitu gamblangnya, menggiring pembaca untuk merasakan tiap rintangan yang akhirnya menjadi makanan sehari-hari Elisa.

10. Detektif Conan 94

Cerita dibuka dengan sikap Ran yang belakangan ini mencurigakan. Conan dan Kogoro memutuskan untuk mengikutinya.

Selanjutnya mereka menemukan hal-hal yang tak terduga, benturan berbagai kepentingan pun dimulai.


Sudah pernah baca buku-buku di atas? Jangan khawatir, karena stok buku terlaris bulan Oktober di Gramedia.com masih banyak stok dan variasinya. Kabar baiknya lagi, buku-buku best seller pilihan bulan Oktober sedang diskon lho!

Tunggu apalagi Grameds, langsung pilih dan check out bukunya di Gramedia.com ya. Yuk, semarakkan Bulan Bahasa dan Sastra dengan perbanyak membaca buku!


Header image source: Bostonglobe.com