Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

4 Cara untuk Mengenal dan Memahami Diri Lebih Dalam, Ini Tipsnya!

4 Cara untuk Mengenal dan Memahami Diri Lebih Dalam, Ini Tipsnya!

Mengenal dan memahami diri kita sendiri akan memudahkan banyak urusan dalam berelasi dengan orang lain. Beberapa orang bahkan merasa lebih puas dengan pekerjaannya setelah mampu mengenali dirinya sendiri, sebab mereka jadi lebih percaya diri dengan skill serta passion yang dimilikinya. Mereka juga tidak akan goyah dan terpengaruh orang lain karena sudah memiliki prinsipnya sendiri. Dengan kata lain, mengenali diri sendiri bisa menjadi langkah awal untuk menemukan arah hidup kita yang lebih jelas.

Sayangnya, belum banyak pula yang memiliki kesadaran akan pentingnya mengenal dan memahami diri sendiri, bahkan sampai tidak mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi. Namun, tenang saja, Admin punya beberapa tips untuk kamu memperdalam pengetahuan mengenai dirimu sendiri. Simak selengkapnya di bawah ini, ya!

Cara Mengenal dan Memahami Diri Sendiri Lebih Dalam

1. Lakukan Evaluasi terhadap Diri Sendiri dan Orang Lain

Melakukan evaluasi diri adalah hal terpenting yang harus dilakukan saat menilai sesuatu, termasuk diri kita sendiri. Evaluasi bisa kamu jadikan refleksi akan hal-hal yang biasa kamu lakukan, bagaimana dampaknya, dan alasan di balik terjadinya perilaku tersebut.

Evaluasi ini bisa diterapkan dengan cara memerhatikan reaksi dan perasaan kita sendiri saat mengalami sesuatu. Merasakan perasaan kita sendiri juga berarti meluangkan waktu untuk bertanya pada diri sendiri. Hal ini bisa menjadi saat-saat penting untuk kita berterus terang dan mendapatkan nilai evaluasi yang objektif pada diri sendiri.

quarter
Menilai dan mengevaluasi orang lain (Sumber Gambar: LetsGetHealthy)

Nilai objektif saat mengevaluasi diri juga bisa kamu dapatkan dari orang lain, sebab sesekali kita tidak menyadari kekurangan dan kelebihan kita sendiri sampai orang lain yang memberitahukannya. Kamu pun juga bisa melakukan evaluasi diri dengan cara menilai orang lain untuk mengecek apakah kamu juga memiliki kekurangan dan kelebihan yang mereka miliki.

2. Lakukan Journaling

Journaling sudah dibuktikan bisa membantu seseorang mengurangi kecemasan, karena pada prosesnya seseorang jadi lebih mampu mengontrol emosinya. Saat seseorang sedang merasa emosional dan memilih untuk menuliskan perasaannya, di situlah seseorang juga akan mengenal dirinya lebih dalam lagi.

Hasil dari segala rasa, pemikiran dan ide-ide yang tertuang di dalam jurnalmu akan menjadi satu catatan yang bisa mendeskripsikan evaluasi lebih lanjut mengenai siapa dan bagaimanakah dirimu sebenarnya.

quarter
Journaling (Sumber Gambar: AgingCare)

3. Mempelajari Keahlian Baru

Satu yang tidak boleh dilewatkan dalam proses mengenali diri sendiri adalah dengan terjun langsung pada banyak kegiatan. Mempelajari hal baru akan menjadi saat di mana kamu mengeksplorasi diri.

Pada saat itu, kamu bisa mengenal apa saja hal yang kamu kuasai, mengapa kamu menguasainya, dan bagaimana kamu bisa melakukannya. Tentunya selain mendapat keahlian baru, kamu juga bisa memaksimalkan penggalian potensi dirimu sendiri!

4. Perbanyak Bacaan Buku

Para penulis menyusun tulisannya berdasarkan pengamatan dan riset yang biasanya terjadi pada manusia atau suatu kejadian. Nah, membaca buku akan menjadi salah satu kegiatan termudah yang bisa menawarkan banyak refleksi diri. Oleh sebab itu, tidak heran jika kebiasaan membaca buku bisa memberikan pembelajaran untuk banyak orang, termasuk mempelajari diri sendiri, khususnya lewat buku-buku pengembangan diri.

kumpulanTemukan Semua Bukunya di Sini!

Nah, untuk membantu memperbanyak bacaan, Admin punya beberapa rekomendasi buku yang bisa menolongmu untuk mengenali diri lebih dalam!

Rekomendasi Buku untuk Membantu Mengenali Diri Lebih Dalam

1. Map of the Soul: Persona Our Many Faces

MengenalBeli di Sini!

Persona adalah semacam topeng yang menutupi bagian dari dirimu yang tidak ingin ditunjukkan kepada orang lain, sekaligus mengekspresikan dirimu pada saat yang bersamaan. Persona tercipta melalui pilihan gaya hidup tertentu, baik melalui pakaian, gaya rambut, aksesori seperti perhiasan, tato, atau tindikan, melalui kosmetik dan wewangian, melalui orang-orang yang kamu pilih sebagai kawan, melalui pilihan profesi, fan club, atau partai politik.

Persona juga meliputi perilaku yang menunjukkan siapa dirimu di tengah-tengah orang lain, namun persona tidak menunjukkan siapa dirimu saat kamu sendirian. Persona bukan gambaran dirimu secara keseluruhan. Lalu siapa? Nah, buku ini akan mengajakmu untuk mengetahui persona diri dan mengenali dirimu lebih dalam!

2. Kepribadian Berdasarkan MBTI

MengenalBeli di Sini!

Memperdalam pengetahuan akan diri sendiri bisa kamu lakukan dengan mengecek kepribadianmu. Saat ini kita hidup di zaman MBTI (Myers Briggs Type Indicator) atau yang dikenal jauh lebih akurat dan andal untuk membantu memahami berbagai jenis kepribadian.

Buku ini mengeksplorasi 16 tipe kepribadian MBTI secara rinci, berisi banyak informasi dan contoh untuk masing-masing tipe, dan menyertakan ilustrasi Marimong yang menggemaskan yang akan meluluhkan hatimu. Apakah kamu seorang introver atau ekstrover? Seorang pemimpi atau seorang realis? Apakah kamu berpikir rasional atau membiarkan perasaan mendikte pikiranmu? Apakah kamu merencanakan sebelumnya atau hanya mengikuti arus? Kamu akan mengetahuinya lebih dalam lewat buku ini!

3. 3 in 1 The Series of Personality Test: Who Am I?

MengenalBeli di Sini!

Jika kamu masih bingung memikirkan apa kelebihan dan kekuranganmu, menentukan langkah, bingung dengan jurusan dan pekerjaan apa yang kamu minati, maka buku ini akan membantu kamu menemukannya.

Buku ini berisi sejumlah pertanyaan seputar pribadimu dan dilengkapi dengan kunci jawaban. Hasilnya akan menjawab apa kecenderunganmu dan apa potensimu. Bukan cuma itu, kalau kamu sudah menemukan potensimu, kamu juga akan diajak mengetahui apa saja hal yang perlu diasah dari dirimu. Bukunya sangat lengkap, bukan?

Selain buku di atas, kamu juga bisa mengenal dirimu lebih jauh lewat dua serial lainnya yang juga gak kalah penting untuk kamu menggali pemahaman mengenai diri sendiri. Dua seri lainnya berjudul Kokologi dan Tubuhku Pribadiku.

MengenalBeli di Sini!

MengenalBeli di Sini!

4. Coba Tes Kepribadian Kamu!

Sudahkah kita mengenali siapa diri kita sesungguhnya? Jika kita saja belum mengenali diri sendiri, bagaimana kita bisa mengenal orang lain? Buku ini tak hanya membantu mengenali siapa diri kita, tapi juga memberikan petunjuk bagaimana membaca dan mengetahui kepribadian orang lain, termasuk keluarga, teman, pacar, atau pasangan.

Dilengkapi dengan tes kokologi, penulis berharap buku ini dapat memberi gambaran bagaimana menyikapi kehidupan baik soal cinta, hubungan pertemanan maupun karier.

MengenalBeli di Sini!

5. Personality Test: Kenali Dirimu Sendiri dan Orang Lain

Buku tes kepribadian dibuat agar kamu bisa mengenal dirimu lebih dalam tanpa harus melibatkan orang lain dalam penilaiannya. Melalui buku ini, kamu akan mendapatkan cerminannya dengan cara melakukan tes mandiri di dalamnya. Hasilnya akan membuat kamu mengenal dirimu lebih jauh, sehingga memudahkanmu untuk mengambil banyak keputusan hidup untuk ke depannya.

MengenalBeli di Sini!

6. Buku Tes Kepribadian Paling Akurat

Buku ini tidak akan membahas tes keterampilan atau kecerdasan, juga tidak akan mengungkap mengenai kelainan jiwa atau gangguan emosi. Beragam tes dalam buku ini diciptakan untuk orang-orang yang sehat jiwanya, yang ingin mempelajari lebih mengenai struktur kepribadiannya sendiri. Tes-tes dalam buku ini akan memberikan kemungkinan untuk mengadakan pemeriksaan kritis terhadap diri sendiri tanpa bantuan orang lain, misalnya apakah kamu egois, toleran, jujur, atau temperamental?

Hasil tes ini ditujukan untuk mengetahui kepribadian diri sendiri sehingga kita bisa melihat struktur kepribadian dengan sadar. Dengan demikian, kita bisa melakukan perbaikan pribadi dengan cara mengubah sikap.

MengenalBeli di Sini!

7. Understand-Inc People

MengenalBeli di Sini!

Salah satu cara paling efektif untuk memahami diri sendiri adalah dengan memahami orang lain. Mengevaluasi diri dengan cara menilai orang lain adalah cara yang bisa dicoba untuk menggali potensi diri.

Melalui buku ini, kamu akan mempelajari bagaimana caranya memahami orang lain. Kesalahpahaman dalam berkomunikasi dengan orang lain dapat kita hindari dengan strategi yang tepat, salah satunya adalah mengetahui kepribadian lawan bicara melalui EPCP Indicator.

Dari pengalamannya, Erwin selaku penulis buku, menghubungkan berbagai jenis kepribadian yang tampak kompleks menjadi sebuah penjabaran yang gamblang tetapi cukup sinergis. Buku ini akan memudahkan pembaca untuk memahami kepribadian lawan bicaramu!

8. Nunchi: Seni Membaca Pikiran dan Perasaan Orang Lain

MengenalBeli di Sini!

Sebagai bahan bacaan untuk memahami orang lain, kamu perlu membeli buku yang satu ini! Nunchi adalah indra keenam orang Korea untuk membaca keadaan dan memahami apa yang dipikirkan dan dirasakan orang lain. Kemampuan ini telah dipraktikkan selama lebih dari 5.000 tahun dan diyakini telah melambungkan Korea dari salah satu negara termiskin menjadi salah satu negara paling maju di dunia.

Para orang tua di Korea percaya bahwa mengajarkan nunchi pada anak mereka sama pentingnya dengan mengajari anak mereka menyeberang jalan dengan selamat. Nunchi adalah suatu bentuk kecerdasan emosional yang dapat dipelajari siapa pun.


Baca juga: Rekomendasi Buku yang Bisa Membuatmu Serasa Dipeluk dan Dimengerti


Nah, itu dia beberapa buku yang bisa membantu kamu mengenal dirimu lebih dalam. Kamu bisa mendapatkannya di Gramedia.com, dengan tinggal pesan dan buku akan langsung diantar ke rumahmu!

Tak perlu khawatir kantong bolong untuk memborong semua buku di atas, karena ada berbagai promo spesial yang bisa kamu dapatkan saat berbelanja di Gramedia.com! Cek promonya di bawah ini agar belanja jadi makin asyik! ⤵️

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber Foto Header: Raising Self Awareness

Penulis: Shaza Hanifah


Enter your email below to join our newsletter

comments powered by Disqus