5 Langkah Tepat agar Anak Gemar Membaca

5 Langkah Tepat agar Anak Gemar Membaca

. 2 min read

Sebuah penelitian yang dilakukan Dr. Anne E. Cunningham dari University of California Berkeley menyatakan bahwa kegemaran membaca akan berpengaruh pada kecerdasan seseorang.

Hal ini pula yang membuat orangtua tak jarang menginginkan buah hatinya gemar membaca. Namun apakah para orangtua sudah tahu bagaimana tips yang tepat agar anak tumbuh menjadi seorang yang suka membaca?

Berikut 5 tips agar anak gemar membaca, dan yang pastinya mudah diaplikasikan kepada buah hati tercinta.

1. Mulai dengan buku bergambar dan minim tulisan

Tips
sumber: pixabay.com

Tidak dapat dipungkiri jika gambar dan warna selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi anak-anak. Sebagai permulaan, buku semacam ini baik untuk diberikan kepada anak agar mereka lebih dahulu terbiasa dengan buku.

Tema buku yang diberikan pun dapat disesuaikan, bisa jadi buku cerita, atau buku yang berisikan pengenalan angka dan huruf.

2. Bacakan buku untuk si kecil

Tips kedua yang bisa dilakukan yaitu rajin membacakan cerita kepada si kecil secara rutin. Orangtua bisa membacakannya sebagai pengantar tidur anak.

Jangan lupa, bagian paling menarik bagi si anak adalah ekspresi saat orangtua membaca. Mulai dari intonasi, mimik wajah, sampai suara perlu disesuaikan dengan karakter di dalam buku.


Baca juga: Alasan Anak Harus Dibiasakan Membaca Sejak Dini


3. Beri contoh dengan rajin membaca

Langkah ini juga menjadi satu yang krusial. Pasalnya, anak kerap kali meniru tingkah orangtuanya dalam segala hal.

Karenanya, melihat orangtua gemar membaca juga akan memantik keinginan anak untuk terus ingin membaca buku-buku baru. Selain itu tips ini akan membuat anak merasa bahwa membaca buku adalah hal biasa yang menyenangkan untuk dilakukan setiap hari.

4. Berikan buku sebagai hadiah

Tips
sumber: pixabay.com

Selain mainan, sesekali berikan buku sebagai hadiah untuknya. Hal ini akan membuat si anak merasa bahwa buku adalah hal yang istimewa.

Terlebih lagi jika memberikan buku yang memuat karakter favoritnya. Dengan tips ini tentu si anak menjadi tidak sabar untuk segera membaca buku tersebut.


Baca juga: 5 Buku Islam untuk Perdalam Iman Si Kecil


5. Biarkan si kecil memilih buku yang ia inginkan

Mengajak si kecil berkeliling toko buku untuk memilih buku yang ingin dibacanya akan menjadi pengalaman yang menyenangkan dan secara tidak langsung tertanam di benak si anak.

Jika dilakukan secara rutin, tips ini juga akan membuat anak merasakan betapa menariknya proses memilah dan memilih buku yang akan menjadi sasaran berikutnya.


Itulah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membiasakan anak agar suka membaca. Bagaimana? Sudah siap memulai langkahnya?

Yuk hidupkan budaya membaca sejak dini dan pilih buku terbaik untuk si kecil hanya di Gramedia.com!


Sumber foto header: pixabay.com