Pikiran, cerita, dan gagasan tentang buku dengan cara yang berbeda.

Kenalkan Agama Lebih Dekat Melalui 10 Rekomendasi Komik Islami Anak

Kenalkan Agama Lebih Dekat Melalui 10 Rekomendasi Komik Islami Anak

Apa yang pertama kali kamu dengar saat mendengar kata komik? Pasti suatu cerita menghibur dan sejenisnya bukan? Perlu kamu ketahui jika saat ini komik sudah memiliki berbagai genre mulai dari yang menghibur, edukasi, hingga religi.

Komik umumnya berisi ilustrasi yang lucu dan kalimat yang singkat, hal ini membantu anak-anak untuk memahami ceritanya dengan lebih baik.

Sama halnya dengan komik edukasi yang berisi mata pelajaran sekolah, komik islami juga bisa dijadikan acuan untuk anak-anak memulai mengenal agama, karena penjelasan di dalamnya ditulis dalam bentuk cerita lengkap dengan gambar.

Rekomendasi komik-komik islami ini akan sangat membantu anak-anak mengenal agama Islam. Bukan memulai dari hal yang serius dan terkesan kaku, tapi mengenalkannya dengan hal yang lebih menyenangkan.

10 Rekomendasi Komik Islami Anak

1. Komik Aqidah: Petualangan Menguak Misteri Ayat-Ayat Allah

komikDapatkan Bukunya di Sini!

Anak-anak selalu memiliki rasa penasaran yang tinggi. Mereka bisa menanyakan tentang keberadaan Allah dan segala hal yang membuat mereka ingin tahu lebih banyak tentang Allah. Nah, hal ini bisa dijawab dengan mengajak anak membaca komik berikut, sekaligus menguatkan aqidah dan keimanannya.

Komik ini memudahkan orang tua untuk mengenalkan anak pada Allah dengan jawaban yang tepat dan logis. Cerita dalam komik ini akan mengajak anak untuk merenungi ciptaan Allah dan memberitahukan eksistensi dari Sang Pencipta dengan bahasa sehari-hari yang mudah dipahami.

2. Komik Anak Shaleh - Yuk, Jadi Anak Muslim Gaul

komikDapatkan Bukunya di Sini!

Komik ini cocok untuk anak-anak yang sudah lebih besar, di mana mereka yang sudah menemui permasalahan sehari-hari, akan diberitahukan cara mengatasinya berdasarkan perilaku anak muslim yang shaleh.

Hal-hal seperti mengapa kita harus mengucapkan dan menjawab salam, apakah boleh mengejek orang lain dengan alasan bercanda, atau tentang bagaimana jika ada teman yang curang, menjadi beberapa topik pada cerita komik ini.

3. Komik Rasulullah SAW Idolaku

bukuDapatkan Bukunya di Sini!

Allah SWT telah mengutus rasul-rasulnya sebagai panutan umat muslim. Oleh karena itu, sebagai umat muslim kita dianjurkan untuk mengikuti segala ajaran Rasulullah SAW.

Komik ini mengisakan tentang keseharian Rasulullah SAW, mulai dari bangun tidur, makan, minum, berpakaian, ke kamar mandi, hingga adab bertamu yang baik. Komik ini diharapkan bisa dijadikan contoh tauladan bagi anak-anak dalam mengikuti keseharian Rasulullah SAW.

4. Komik Hari Besar Islam

bukuDapatkan Bukunya di Sini!

Hari besar Islam memiliki sejarah yang berisi kisah-kisah pelajaran hidup, salah satunya kisah-kisah nabi ataupun kisah-kisah yang terjadi di hari raya Idul Fitri, hari raya Idul Adha, hingga nama-nama bulan Hijriah dan keistimewaan penanggalan Hijriah.

Komik hari besar Islam mengajak anak-anak untuk mengenal dan meneladani Nabi dan Rasulullah SAW. Komik ini juga menyediakan poster lengkap hari besar Islam yang bisa discan untuk diprint secara berulang.

5. Komik A-Z Aku Anak Islam

bukuDapatkan Bukunya di Sini!

Komik ini akan mengenalkan anak pada 34 sifat-sifat dan perilaku saleh dan salehah, mulai dari adil, bersih, cerdas, dermawan, dan lainnya. Komik ini juga akan memberitahu mengenai sifat-sifat hayyin, layyin, sahlin, atau ta`awun.

Menariknya, komik ini diringkas dengan cerita yang seru dari A sampai Z. Tentunya akan membuat anak-anak tertarik mengenal lebih dalam mengenai sifat-sifat saleh dan salehah.

6. Komik 10 Sahabat Mulia Karena Islam

bukuDapatkan Bukunya di Sini!

Kemuliaan yang diperoleh para sahabat nabi beserta kegigihannya mempertahankan akidah. Keteguhan, kesabaran, cobaan, dan siksaan tidak membuat para sahabat nabi goyah dan lemah. Mereka meyakini jika Allah dan Rasul-Nya tidak pernah meninggalkan mereka.

Komik ini mengisahkan 10 sahabat nabi, beberapa di antaranya ada Bilal si Budak Hitam yang menjadi mulia karena keimanannya, Abdullah bin Mas’ud yang mendapatkan kedudukan mulia sebagai qari termerdu, Abdullah bin Ummi Maktum yang memiliki arti khusus karena membuat Rasulullah ditegur oleh Allah dan sahabat-sahabat nabi lainnya.

7. Komik Akhlak dalam Al-Qur'an

komikDapatkan Bukunya di Sini!

Sambil menikmati cerita seru dalam komik ini, anak-anak akan diperkenalkan dengan akhlakul karimah, atau perbuatan mulia lagi terpuji yang diwujudkan dalam bentuk sikap, ucapan, dan perbuatan yang baik sesuai dengan ajaran Islam.

Segala bentuk akhlak baik yang ada dalam Al-Qur’an, seperti berbuat baik pada orang tua, memaafkan dan mendoakan orang lain, mendamaikan teman yang berselisih, dilarang masuk rumah orang tanpa izin, tidak diperbolehkan menggunjing dan memfitnah, dan masih banyak yang lainnya, dijabarkan dengan cerita lucu yang menarik bagi anak.

8. Komik Sahabat Anak Muslim

komikDapatkan Bukunya di Sini!

Mengenalkan anak pada akhlak baik dapat dengan mudah disampaikan melalui komik ini. Ada beragam cerita sehari-hari yang mengisahkan tentang persahabatan. Di sini anak-anak akan belajar untuk saling mengasihi sesama makhluk hidup, bersedekah, menepati janji, tidak mengejek, dan masih banyak lagi.

9. Komik Sunnah Itu Mudah

komikDapatkan Bukunya di Sini!

Melepas sandal dengan mendahulukan kaki kiri, tidur miring ke kanan, hingga mengibaskan seprai sebelum tidur, adalah hal-hal yang termasuk dalam sunnah. Melalui komik ini, orang tua dapat memperlihatkan kebaikan menjalankan sunnah yang dapat memberikan pahala.

Sunnah adalah semua yang dilakukan Rasulullah SAW baik berupa ucapan, perbuatan, ketetapan, ataupun sifat, baik fisik, akhlak, maupun perjalanan hidup, sebelum diangkat menjadi nabi atau sesudahnya. Nah, kita bisa mengajak anak untuk mengikuti semua contoh Rasulullah SAW untuk mendapatkan pahala, dan tentunya membentuk akhlak yang baik pada anak.

10. 99 Kisah Asmaul Husna

Asmaul Husna merupakan nama-nama Allah SWT yang terdiri dari 99 nama baik yang dimiliki-Nya. Sifat-sifat luar biasa yang dimiliki Allah tersebut, disampaikan lewat cerita sehari-hari yang akan memudahkan anak-anak dalam mengetahui kebesaran Allah SWT.

komikDapatkan Bukunya di Sini!

Nah, itu dia beberapa rekomendasi komik islami yang bisa diikuti kisahnya bersama si kecil, agar mereka mampu mengenal lebih dalam pentingnya memahami agama. Kamu bisa dapatkan bukunya sekarang di Gramedia.com.

Dan jangan lupa untuk intip promo diskon yang sedang berlangsung. Sayang kalau sampai terlewatkan, lho! Langsung klik di bawah ini untuk melihat semua diskon.

kumpulanTemukan Semua Promo Spesial di Sini!


Sumber foto header: freepik.com


Enter your email below to join our newsletter